Halaman

Selasa, 18 September 2012

SILABUS BP KLS IX/2




SILABUS

Sekolah                                   ; SMP
Kelas                                       : IX
Mata Pelajaran                        : Pendidikan Budi Pekerti
Semester                                  ; 2
Standar Kompetensi               ;.2.Memahami dan menerapkan  nilai nilai konsep hubungan  manusia dengan  lingkungan..
Kompetensi Dasar
Karakter
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
                           Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tehnik
Bentuk/Instrumen
Contoh Intrumen.
2.1. Menunjukan        sikap peduli       terhadap        kerusakan        lingkungan.
Ø    Kerja Keras.
Ø    Kreatif.
Ø    Cinta Tanah Air.
Ø    Peduli Lingkungan.
Ø    Peduli Sosial.
Ø    Tanggung Jawab.
Kerusakan Lingkungan.
Ø          Mengidentifikasi kerusakan Lingkungan.

Ø          Mengidentifikasi jenis jenis  jenis kerusakan lingkungan


Ø          Mendeskripsikan  dampak dari pencemaran lingkungan hidup


Ø          Mengidentifikasi  perilaku  manusia yang cendrung merusak  lingkungan ..


Ø          Mengidentifikasi dampak dari  pencemaran  lingkungan



Ø          Mengidentifikasi  upaya mencegah kerusakan lingkungan.



Ø          Mengidentifikasi tindakan inovasi dalam mengatasi kerusakan lingkungan.



2.1.1.Menyebutkan Contoh    contoh  Kerusakan lingkungan’
2.1.2.Mengelompokan jenis jenis  jenis  kerusakan lingkungan.
2.1.3.menguraikan  dampak pencemaran   lingkungan .

2.1.4.Menyebutkan   Perilaku manusia yang berdampak merusak lingkungan  .

2.1.5. Mencegah kerusakan lingkungan.

2.1.6.Melakukan Tindakan Inovasi dalam mengatasi  kerusakan lingkungan .


Tes
Uraian
1)      Sebutkan contoh contoh kerusakan lingkungan .
2)      Sebutkan factor terjadinya pencemaran air.
3)      Jelaskan  dampak pencemaran  lingkungan bagi kesehatan.
4)      Coba jelaskan , mengapa manusia cendrung berperilaku merusak kelestarian  alam.
5)      Coba uraiakan  dampak dari pencemaran lingkungan bagi kehidupan mahluk.

6)      Apa yang harus dilakukan untuk   mencegah kerusakan lingkungan.

7)      Sebutkan  jenis tindakan yang tepat , sebagi inovasi dari upaya untuk  mengatasi kerusakan lingkungan
6x40 Mnt
Ø    Buku Pendidikan Berbudi Pekerti Oleh A.TABRANI RUSYAN,DKK
Ø    Buku Ahlak Mulia Oleh;UDI SUKRAMA .S.E.  DKK
Ø    Buku pendidikan Budi Pekerti. Oleh; SrMyriam Sylvia Juniuati. DKK
Ø    Buku yang Relevan

2.2. Mengungkapkan
       Rasa Indah
       Terhadap Alam.

Ø    Kerja Keras.
Ø    Kreatif.
Ø    Cinta Tanah Air.
Ø    Peduli Lingkungan.
Ø    Peduli Sosial.
Tanggung Jawab.
Alam yang Indah.
Ø       Menjelaskan Ciri ciri lingkungan yang sehat.



Ø       Mengidentifikasi obyek wisata  yang ada di daerah.


Ø       Menjelaskan obyek wisata budaya



Ø       Menjelaskan pengertian   wisata Bahari.





2.2.1. Mendeskripsikan
          Ciri cirri
          Lingkungan yang
          Sehat.

2.2.2. Menyebutkan
          obyek wisata
          

2.2.3. Mendeskripsikan 
          Wisata budaya.

2.2.4. Mendeskripsikan
          Contoh   Wisata
          Bahari.






1)      Jelaskan ciri ciri  lingkungan yang sehat.


2)      Sebutkan beberapa jenis obyek wisata daerah yang termasuk wisata budaya.

3)      Sebutkan jenis /contoh  wisata budaya.

4)      Menjelaskan pengertian   wisata bahari.




6x40 mnt
Ø    Buku Pendidikan Berbudi Pekerti Oleh A.TABRANI RUSYAN,DKK
Ø    Buku Ahlak Mulia Oleh;UDI SUKRAMA .S.E.  DKK
Ø    Buku pendidikan Budi Pekerti. Oleh; SrMyriam Sylvia Juniuati. DKK
Ø    Buku yang Relevan




Ø        



5)       

Ø     



Mengetahui                                                                                                                                          …………Tgl………………………………………..

Kepala SMP …………………………                                                                                               Guru Mata pelajaran. Pendidikan Budi Pekerti.






            ( ___________________________________ )                                                                      ( _________________________________________)
            NIP.                                                                                                                            NIP.

1 komentar: