SILABUS
Sekolah ; SMP
Kelas : VII
Mata Pelajaran : Pendidikan Budi Pekerti
Semester ;
2
Standar Kompetensi ;.3. Memahami Potensi
Diri.
Kompetensi Dasar
|
Karakter
|
Materi Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Tehnik
|
Bentuk/Instrumen
|
Contoh Intrumen.
|
|||||||
3.1. Memiliki
Disiplin Diri.
|
Ø Jujur.
Ø Kerja Keras.
Ø Mandiri.
Ø Demokratis.
Ø Semangat Kebangsaan.
Ø Peduli Sosial.
Ø Tanggung Jawab.
|
Disiplin.
|
Ø Mendeskripsikan pengertian Disiplin.
Ø Mengidentifikasi
sikap yang mencerminkan kedisiplinan.
Ø Menyebutkan bentuk kedisiplinan.dalam kegiatan poses
belajr di kelas.
|
3.1.1.Pengertian
Disiplin .
3.1.2.Mengidentifikasi
sikap yang
mencerminkan
kedisiplinan
3.1.3.Mengidentifikasi
Bentuk
Kedisiplinan .
|
Tes
|
Tes Uraian
|
1. Jelaskan pengertian Disiplin.
2.
Sebutkan sikap
yang mencerminkan kedisiplinandala kegiatan pembelajaran di kelas..
3.
Sebutkan usaha
yang kamu lakukan dalam meningkatkan
prestasi belajar
|
3x 40 mnt
|
Ø
Buku Pendidikan Berbudi Pekerti Oleh A.TABRANI
RUSYAN,DKK
Ø
Buku Ahlak Mulia Oleh;UDI SUKRAMA .S.E. DKK
Ø
Buku pendidikan Budi Pekerti. Oleh; SrMyriam Sylvia
Juniuati. DKK
Ø
Buku yang Relevan
|
3.2. Memiliki
Rasa Malu.
|
Ø Jujur.
Ø Toleransi
Ø Kratif.
Ø Mandiri.
Ø Semangat Kebangsaan.
Ø Peduli Sosial
Ø Tanggung Jawab.
|
Rasa Malu.
|
Ø Mendeskripsikan pengertian rasa malu.
Ø Mengidentifikasi factor factor pemicu munculnya rasa malu.
Ø Mengidentifikasi sikap untuk mengatasi rasa malu.
|
3.2.1. Pengertian Rasa
Malu.
3.2.2. Mengidentifikasi
munculnya rasa
malu.
3.2.3. Mengatasi rasa
malu.
|
tes
|
Uraian
|
1) Jelaskan pengertian rasa malu.
2) Sebutkan hah yang memicu timbulnya rasa malu.
3) Jelaskan upaya untuk mengatasi rasa malu.
|
3x 40 mnt
|
Ø
Buku Pendidikan Berbudi Pekerti Oleh A.TABRANI
RUSYAN,DKK
Ø
Buku Ahlak Mulia Oleh;UDI SUKRAMA .S.E. DKK
Ø
Buku pendidikan Budi Pekerti. Oleh; SrMyriam Sylvia
Juniuati. DKK
Ø
Buku yang Relevan
|
3.3.
Memiliki
etos
Belajar
/Kerja.
|
Ø
Disiplin.
Ø
Kerja keras.
Ø
Mandiri.
Ø
Semangat
Kebangsaan.
Ø
Peduli Sosial.
Ø
Tanggung Jawab.
|
Etos Kerja
|
Ø
Mendeskripsikan
pengertian Etos Kerja.
Ø
Mendeskripsikan Manfaat Etos kerja / belajar
Ø
Menjelaskan
hubungan etos kerja/ belajar dengan
Kesuksesan.
|
3.3.1.Pengertian Etos
belajar / kerja.
3.3.2.Manfaat Etos
kerja / Belajar.
3.3.3.Mendeskripsikan
hubungan etos
belajar/kerja dengan
kesuksesan.
|
tes
|
Uraian
|
1)
Jelaskan
pengertian Etos kerja.
2)
Sebutkan manfaat etos kerja
3)
Jelaskan hubungan
etos kerja /belajar dengan kesuksesan.
|
3x 40 mnt
|
Ø
Buku Pendidikan Berbudi Pekerti Oleh A.TABRANI
RUSYAN,DKK
Ø
Buku Ahlak Mulia Oleh;UDI SUKRAMA .S.E. DKK
Ø
Buku pendidikan Budi Pekerti. Oleh; SrMyriam Sylvia
Juniuati. DKK
Ø
Buku yang Relevan
|
3.4. Memiliki
Rasa
Keterbukaan.
|
Ø
Jujur.
Ø
Disiplin.
Ø
Toleransi.
Ø
Mandiri.
Ø
Demokratis.
Ø
Komunikatif.
Ø
Cinta Damai.
Ø
Peduli Sosial
Ø
Tanggung jawab.
|
Keterbukaan
|
Ø
Mendeskripsikan
pengertian Terbuka.
Ø
Mengidentifikasi
perilaku yang mencerminkan keterbukaan
Ø
Mengidentifikasi
sikap keterbukaan dalam hidup
bermasyarakat.
|
3.4.1.Menjelaskan
pengertian
keterbukaan.
3.4.2.Menyebutkan
perilaku yang
mencerminkan
keterbukaan.
3.4.3.Menyebutkan
sikap keterbukaan
dalam bidang
hidup
bermasyarakat
|
Tes
|
Uraian
|
1) Jelaskan pengertian keterbukan.
2) Sebutkan
perilaku yang mencerminkan keterbukaan.
3) Sebutkan
beberapa contoh
keterbukaan dalam hidup bermasyarakat.
1)
|
3x 40 mnt
|
Ø
Buku Pendidikan Berbudi Pekerti Oleh A.TABRANI
RUSYAN,DKK
Ø
Buku Ahlak Mulia Oleh;UDI SUKRAMA .S.E. DKK
Ø
Buku pendidikan Budi Pekerti. Oleh; SrMyriam Sylvia
Juniuati. DKK
Ø
Buku yang Relevan
|
Mengetahui ……......... Tgl……………………………….
Kepala SMP; ………………………………….. Guru Mata Pelajaran Pendidikan
Budi Pekerti
( ________________________________ ) (
__________________________________ )
NIP………………………………… NIP. ………………………………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar