SILABUS
Sekolah ;
SMP
Kelas :
IX
Mata Pelajaran :
Pendidikan Budi Pekerti
Semester ;
2
Standar Kompetensi ;.2.Memahami
dan menerapkan nilai nilai konsep
hubungan manusia dengan lingkungan..
Kompetensi Dasar
|
Karakter
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Tehnik
|
Bentuk/Instrumen
|
Contoh Intrumen.
|
|||||||
2.1.
Menunjukan sikap peduli terhadap kerusakan lingkungan.
|
Ø
Kerja Keras.
Ø
Kreatif.
Ø
Cinta Tanah
Air.
Ø
Peduli
Lingkungan.
Ø
Peduli Sosial.
Ø
Tanggung Jawab.
|
Kerusakan Lingkungan.
|
Ø
Mengidentifikasi
kerusakan Lingkungan.
Ø
Mengidentifikasi
jenis jenis jenis kerusakan lingkungan
Ø
Mendeskripsikan
dampak dari pencemaran lingkungan
hidup
Ø
Mengidentifikasi perilaku
manusia yang cendrung merusak
lingkungan ..
Ø
Mengidentifikasi
dampak dari pencemaran lingkungan
Ø
Mengidentifikasi upaya mencegah kerusakan lingkungan.
Ø
Mengidentifikasi
tindakan inovasi dalam mengatasi kerusakan lingkungan.
|
2.1.1.Menyebutkan Contoh contoh Kerusakan lingkungan’
2.1.2.Mengelompokan jenis jenis jenis
kerusakan lingkungan.
2.1.3.menguraikan
dampak pencemaran lingkungan .
2.1.4.Menyebutkan Perilaku manusia yang berdampak merusak
lingkungan .
2.1.5. Mencegah kerusakan lingkungan.
2.1.6.Melakukan Tindakan Inovasi dalam
mengatasi kerusakan lingkungan .
|
Tes
|
Uraian
|
1)
Sebutkan contoh contoh kerusakan lingkungan .
2)
Sebutkan factor terjadinya pencemaran air.
3)
Jelaskan
dampak pencemaran lingkungan bagi
kesehatan.
4)
Coba jelaskan , mengapa manusia cendrung berperilaku
merusak kelestarian alam.
5)
Coba uraiakan
dampak dari pencemaran lingkungan bagi kehidupan mahluk.
6)
Apa yang harus dilakukan untuk mencegah kerusakan lingkungan.
7)
Sebutkan jenis
tindakan yang tepat , sebagi inovasi dari upaya untuk mengatasi kerusakan lingkungan
|
6x40 Mnt
|
Ø
Buku Pendidikan Berbudi Pekerti Oleh A.TABRANI
RUSYAN,DKK
Ø
Buku Ahlak Mulia Oleh;UDI SUKRAMA .S.E. DKK
Ø
Buku pendidikan Budi Pekerti. Oleh; SrMyriam Sylvia
Juniuati. DKK
Ø
Buku yang Relevan
|
2.2. Mengungkapkan
Rasa Indah
Terhadap Alam.
|
Ø
Kerja Keras.
Ø
Kreatif.
Ø
Cinta Tanah
Air.
Ø
Peduli
Lingkungan.
Ø
Peduli Sosial.
Tanggung Jawab.
|
Alam yang Indah.
|
Ø
Menjelaskan
Ciri ciri lingkungan yang sehat.
Ø
Mengidentifikasi
obyek wisata yang ada di daerah.
Ø
Menjelaskan
obyek wisata budaya
Ø
Menjelaskan
pengertian wisata Bahari.
|
2.2.1. Mendeskripsikan
Ciri cirri
Lingkungan
yang
Sehat.
2.2.2. Menyebutkan
obyek
wisata
2.2.3. Mendeskripsikan
Wisata
budaya.
2.2.4. Mendeskripsikan
Contoh Wisata
Bahari.
|
|
|
1)
Jelaskan ciri ciri
lingkungan yang sehat.
2)
Sebutkan beberapa jenis obyek wisata daerah yang
termasuk wisata budaya.
3)
Sebutkan jenis /contoh wisata budaya.
4)
Menjelaskan pengertian wisata bahari.
|
6x40 mnt
|
Ø
Buku Pendidikan Berbudi Pekerti Oleh A.TABRANI
RUSYAN,DKK
Ø
Buku Ahlak Mulia Oleh;UDI SUKRAMA .S.E. DKK
Ø
Buku pendidikan Budi Pekerti. Oleh; SrMyriam Sylvia
Juniuati. DKK
Ø
Buku yang Relevan
|
|
|
|
Ø
|
|
|
|
5)
|
|
Ø
|
Mengetahui …………Tgl………………………………………..
Kepala SMP ………………………… Guru Mata pelajaran. Pendidikan Budi
Pekerti.
(
___________________________________ ) (
_________________________________________)
NIP. NIP.
share dong pak rpp bp semester genap ktspnya
BalasHapus