RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KE 1
Nama Sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/ Semester
Tahun Pelajaran
|
:
:
:
:
|
SMP ;
.............................
Pendidikan Budi Pekerti
IX/ 1
2012/2013
|
Standar kompetensi
|
:
|
1.
Memahami
dan menerapkan Nilai Nilai Konsep
Hubungan manusia dengan lingkungan.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1.
Mengelola
lingkungan dengan baik dan berkelanjutan.
|
Indikator
|
:
|
1.1.1.
Pengertian
sumberdaya alam.
Ø
Pengertian
sumberdaya alam.
Ø
Jenis
sumberdaya alam.
1.1.2.
Pengertian
Sampah.
Ø
Sumber sampah
Ø
Jenis sampah.
Ø
Mengelola
sampah.
1.1.3.
Penanganan
Sampah.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
3 x pertemuan.
|
I. . Materi Pembelajaran ; Mengelola Sumber Daya Alam.
II . Strategi Pembelajaran :
NO
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
TSRATEGI PEMBELAJARAN
|
1
|
Pendahuluan.
Ø
Guru memberi penekanan kepada siswa agar rajin belajar.
Ø
Guru mengecek absensi siswa.
Ø
Guru menyampaikan SK/KD.
Ø
Dengan Guru menyampaikan indikator .
Ø
Guru memberikan appersepsi
,
Kegiatan Inti.
Explorasi.
Ø
Peserta didik membuka buku
pelajaran dengan mencari materi mengenai Sumber daya alam.
Elaborasisa
Ø
Peserta didik belajar dalam
kelompok yang terdiri dari 5 orang.
Ø
Peserta didik berdiskusi tentang
sumberdaya alam.
Ø
Peserta didik menuliskan hasil diskusinya dan
dibacakan oleh masing masing
ketua kelompoknya
Konpirmasi
Ø
Guru menguatkan tentang sumberdaya alam.
Ø
Guru memberikan penghargaan kepada peserta didik yang ikut aktif dalam
proses pembelajaran.
Ø
Guru meluruskan pendapat siswa
yang belum mendekati kebenaran tentang sumberdaya alam..
Kegiatan Akhir
Ø
Guru merefleksi proses pembelajaran
yang sudah berlangsung. ..
Ø
Guru dan siswa menyimpulkan
materi pembelajaran yang telah
disajikan. .
Ø
Mengimpormasikan materi pelajaran dalam pertemuan berikutnya
.
Ø
Guru menutup pelajaran.
|
5 menit
30 menit
5 menit
|
Ceramah/tanya jawab
Tanya jawab antar kelompok.
Tanya jawab dan penugasan.
|
III. Media / Sumber pembelajaran
Ø
Buku Pendidikan Berbudi Pekerti Oleh A.TABRANI
RUSYAN,DKK
Ø
Buku Ahlak Mulia Oleh;UDI SUKRAMA .S.E. DKK
Ø
Buku pendidikan Budi Pekerti. Oleh; SrMyriam Sylvia
Juniuati. DKK
Ø
Buku yang Relevan
IV . Penilaian
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Tehnik Penilaian
|
Bentuk Intsrumen
|
Instrumen
|
K.Jawaban
|
1.1.1.Pengertian sumberdaya
alam.
>.
Pengertian Sumberdaya
alam.
Ø
Jenis sumberdaya
alam.
1.1.2.
Pengertian
Sampah.
Ø
Sumber sampah
Ø
Jenis sampah.
Ø
Mengelola
sampah.
1.1.3.
Penanganan
Sampah.
|
Tes
|
Uraian
|
1.
Jelaskan pengertian sumberdaya alam
2.
Sebutkan jenis sumberdaya alam
3.
Jelaskan pengertian sampah
4.
Sebutkan sumber sampah.
5.
Jelaskan upaya mengelola
6.
Jelaskan pendapatmu apa dan
bagaimana upaya kita untuk mengatasi
masalah sampah
|
v
Skor
penilaian;
v
Masing
masing soal skornya 10
v
NILAI= Jumlah Skor perolehan/Skor Max x100%
NO
|
JUMLAH SKOR
|
NILAI
|
NO
|
JUMLAH SKOR
|
NILAI
|
1
|
10
|
100
|
6
|
5
|
50
|
2
|
9
|
90
|
7
|
4
|
40
|
3
|
8
|
80
|
8
|
3
|
30
|
4
|
7
|
70
|
9
|
2
|
20
|
5
|
6
|
60
|
10
|
1
|
10
|
Mengetahui
Guru mata
pelajaran
Kepala SMP ; ...................... Pendidikan Budi Pekerti.
(_______________________) (_______________________ )
NIP………………………………. Nip..........................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KE –.2
Nama Sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/ Semester
Tahun Pelajaran
|
:
:
:
:
|
SMP ;
.............................
Pendidikan Budi Pekerti
IX / 1
2012/2013
|
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1.
|
Memahami
dan menerapkan Nilai Nilai Konsep
Hubungan manusia dengan lingkungan.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.2
|
Melestarikan
Lingkungan Alam Alam yang berkelanjutan.
|
Indikator
|
:
|
1.2.1. Pelestarian Sumberdaya Alam.
Ø
Tujuan Pelestarian Alam.
Ø
Usaha
Pelstarian Alam.
1.2.2. Pelestarian Lingkungan Fisik.
Ø
Pelestarian
Tanah
Ø
Pelestarian
Udara.
Ø
Pelestarian
Hutan.
Ø
Pelestarian
Pantai.
Ø
Pelestarian
Flora dan fauna.
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
3x 40 menit ( 1 x Pertemuan
)
|
I. . Materi Pembelajaran ;
Pelestarian Sumber Daya Alam.
II. Strategi Pembelajaran :
NO
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
TSRATEGI PEMBELAJARAN
|
1
|
Pendahuluan.
Ø
Guru memberi penekanan kepada siswa agar rajin belajar.
Ø
Guru mengecek absensi siswa.
Ø
Guru menyampaikan SK/KD.
Ø
Guru menyampaikan indikator .
Ø
Guru memberikan appersepsi
,
Kegiatan Inti.
Explorasi.
Ø
Peserta didik membuka buku
pelajaran mencari
materi mengenai .Mentaati Pelestarian sumberdaya alam.
Elaborasisa
Ø
Peserta didik belajar dalam
kelompok yang terdiri dari 5 orang.
Ø
Peserta didik berdiskusi tentang
pelestarian Lingkungan.
Ø
Peserta didik menuliskan hasil diskusinya dan
dibacakan oleh masing masing
ketua kelompoknya .
Konpirmasi
Ø
Guru menguatkan tentang Pelestarian
lingkungan..
Ø
Guru memberikan penghargaan kepada peserta didik yang ikut aktif dalam
proses pembelajaran.
Ø
Guru meluruskan pendapat
siswa yang belum mendekati
kebenaran tentang pelestarian
lingkungan.
Kegiatan Akhir
Ø
Guru merefleksi proses
pembelajaran yang sudah berlangsung. ..
Ø
Guru dan siswa menyimpulkan
materi pembelajaran yang telah
disajikan.
Ø
Mengimpormasikan materi pelajaran dalam pertemuan berikutnya
Ø
Guru menutup pelajaran.
|
5 menit
25 menit
10 menit
|
Ceramah/tanya jawab
Tanya jawab antar kelompok.
Tanya jawab dan penugasan.
|
III . Media / Sumber pembelajaran
Ø
Buku Pendidikan Berbudi Pekerti Oleh A.TABRANI
RUSYAN,DKK
Ø
Buku Ahlak Mulia Oleh;UDI SUKRAMA .S.E. DKK
Ø
Buku pendidikan Budi Pekerti. Oleh; SrMyriam Sylvia
Juniuati. DKK
Ø
Buku yang Relevan
IV. Penilaian
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Tehnik Penilaian
|
Bentuk Intsrumen
|
Instrumen
|
K.Jawaban
|
1
|
1.2.3. Pelestarian Sumberdaya Alam.
Ø
Tujuan Pelestarian Alam.
Ø
Usaha
Pelstarian Alam.
1.2.4. Pelestarian Lingkungan Fisik.
Ø
Pelestarian
Tanah
Ø
Pelestarian
Udara.
Ø
Pelestarian
Hutan.
Ø
Pelestarian
Pantai.
Ø
Pelestarian
Flora dan fauna.
|
Tes
|
Uraian
|
1. Jelaskan pengertian sumberdaya alam.
2. Jelaskan tujuan pelestarian alam.
3. Sebutkan usaha untuk
melestarikan alam.
4.
Coba uraikan menurut pendapatmu tentang apa dan bagaimana agar lingkungkungan fisik
dapat lestari;
a.
Pelestarian
tanah.
b.
Pelestarian
hutan.
c.
Pelestarian
pantai.
d.
Pelestarian
flora dan fauna.
|
1. Skor penilaian;
2. Masing masing soal skornya 10
3. NILAI= Jumlah Skor perolehan/Skor Max x100%
NO
|
JUMLAH SKOR
|
NILAI
|
NO
|
JUMLAH SKOR
|
NILAI
|
1
|
10
|
100
|
6
|
5
|
50
|
2
|
9
|
90
|
7
|
4
|
40
|
3
|
8
|
80
|
8
|
3
|
30
|
4
|
7
|
70
|
9
|
2
|
20
|
5
|
6
|
60
|
10
|
1
|
10
|
Mengetahui
Guru mata
pelajaran
Kepala SMP ; ...................... Pendidikan Budi Pekerti.
(_______________________) (_______________________ )
NIP………………………………. Nip..........................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KE –.3
Nama Sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/ Semester
Tahun Pelajaran
|
:
:
:
:
|
SMP ;
.............................
Pendidikan Budi Pekerti
IX/1
2012/2013
|
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1.
|
Memahami . dan
menerapkan Nbiulai Nilkai Konsep
Hubungan manusia dengan Lingkungan.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.3. Memanfaatkan lingkungan Alam yang berkelanjutan.
|
|
Indikator
|
:
|
1.3.1.Manfaat Sumberdaya alam.
Ø
Manfaat
sumberdaya alam.
Ø
Nilai penting
sumberdaya alam.
Ø
Prinsip
pemanfaatan sumberdaya alam.
Ø
Dampak
pemanfaatan sumberdaya alam.
1.3.2. Memanfaatkan lingkungan fisik untuk pembangunan
1.3.3. Pembangunan dibidang pertanian.
1.3.4. Pembangunan dibidang pariwisata.
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
3 x 40 menit ( 1 x Pertemuan
)
|
I. . Materi Pembelajaran ; Manfaat
Sumberdaya Alam.
.
II. Kegiatan Pembelajaran.
NO
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
TSRATEGI PEMBELAJARAN
|
1
|
Pendahuluan.
Ø
Guru memberi penekanan agar rajin belajar.
Ø
Guru mengecek absensi siswa.
Ø
Guru menyampaikan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
Ø
Guru menyempaikan indikator
Ø
Guru memberikan appersepsi mengenai Jenius sumberdaya alam..
Ø
Kegiatan Inti.
Explorasi.
Ø
Peserta didik membuka buku
pelajaran dan mencari
materi mengenai Sumber daya alam..
Ø
Peserta didik menemukan materi tentang sumberdaya alam.
Elaborasi
Ø
Peserta didik belajar
dalam kelompok yang terdiri dari 5 orang.
Ø
Peserta didik berdiskusi tentang cara
atau memanfaatkan sumberdaya alam.
Ø
Peserta didik menuliskan hasil diskusinya dan
dibacakan oleh masing masing
ketua kelompoknya
Konpirmasi
Ø
Guru menguatkan tentang
pengerian . sumber daya alam.
Ø
Guru memberikan
penghargaan kepada peserta didik yang
ikut aktif dalam proses pembelajaran..
Ø
Guru meluruskan pendapat
siswa yang belum mendekati
kebenaran tentang pemanfaatan
sumberdaya alam...
Kegiatan Akhir
Ø
Guru merefleksi proses
pembelajaran yang sudah berlangsung..
Ø
Guru dan siswa menyimpulkan
materi pembelajaran yang telah
disajikan.
Ø
Guru memberikan
pertanyaan / Evaluasi.
Ø
Guru memberikan tugas rumah, mengerjakan LKS
|
5 menit
25 menit
10 menit
|
Ceramah/tanya jawab
Tanya jawab antar kelompok.
Tanya jawab dan penugasan.
|
III.Media
/ Sumber pembelajaran
Ø
Buku Pendidikan Berbudi Pekerti Oleh A.TABRANI
RUSYAN,DKK
Ø
Buku Ahlak Mulia Oleh;UDI SUKRAMA .S.E. DKK
Ø
Buku pendidikan Budi Pekerti. Oleh; SrMyriam Sylvia
Juniuati. DKK
Ø
Buku yang Relevan
IV . Penilaian
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Tehnik Penilaian
|
Bentuk Intsrumen
|
Instrumen
|
K.
jawaban
|
1
|
Memanfaatkan
Lingkungan Alam yang berkelanjutan.
|
1.3.1.Manfaat Sumberdaya alam.
Ø
Manfaat
sumberdaya alam.
Ø
Nilai penting
sumberdaya alam.
Ø
Prinsip
pemanfaatan sumberdaya alam.
Ø
Dampak
pemanfaatan sumberdaya alam.
1.3.2.Memanfaatkan
lingkungan fisik
untuk pembangunan
1.3.3.Pembangunan
dibidang pertanian.
1.3.4.Pembangunan dibidang pariwisata.
|
Tes
|
Uraian
|
1. Sebutkan jenis sumberdaya alam.
2. Jelaskan nilai penting sumberdaya alam.
3. Jelaskan prinsip prinsip pemanfaatan
sumber daya alam.
4. Jelaskan pendapatmu tentang pemanfaatan sumberdaya
alam ( penggalian pasir laut )untuk
pembangunan.
5. Sebutkan contoh pemanfaatan lingkungan fisik untuk pembangunan yang ada
di daerah mu.
6. Coba sebutkan
produk unggulan yang ada didaerahmu.,
7.
Coba sebutkan
obyek wisata yang bisa ditawarkan untuk wisatawan yang ada didaerahmu.
|
> Skor
penilaian;
Masing masing soal skornya 10
NILAI=
Jumlah Skor perolehan/Skor Max x100%
NO
|
JUMLAH SKOR
|
NILAI
|
NO
|
JUMLAH SKOR
|
NILAI
|
1
|
10
|
100
|
6
|
5
|
50
|
2
|
9
|
90
|
7
|
4
|
40
|
3
|
8
|
80
|
8
|
3
|
30
|
4
|
7
|
70
|
9
|
2
|
20
|
5
|
6
|
60
|
10
|
1
|
10
|
Mengetahui
Guru mata
pelajaran
Kepala SMP ; ...................... Pendidikan Budi Pekerti.
(_______________________) (_______________________ )
NIP………………………………. Nip..........................................
Terimakasih bapak.
BalasHapus