RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KE –.1
Nama Sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/ Semester
Tahun Pelajaran
|
:
:
:
:
|
SMP ;
.............................
Pendidikan Budi Pekerti
VII / 1
2012/2013
|
Standar kompetensi
|
:
|
1. Meyakini dan menerapkan nilai nilai hubungan
manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1. meyakini adanya Tuhan
Yang maha Esa,.
|
Indikator
|
:
|
1.1.1. Menyebutkan
contoh sikap yang mencerminkan sikap
meyakini. Adanya Tuhan yang maha Esa.
1.1.2. Menyebutkan
nama tempat suci masing masing agama.
1.1.3. Wujud
kehidupan umat beragama dalam
keluarga, sekolah maupun masyarakat yang mencerminkan ketakwaan.
1.1.4. Mengidentifikasi
wujud tri Kerukunan umat beragama.
1.1.5. Menjelaskan
pengertian Suci.
1.1.6.
Sebutkan beberapa cirri dari orang yang jauh dari kesucian.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
3 x pertemuan.
|
I. . Materi Pembelajaran ; Meyakini Adanya Tuhan.
II . Strategi Pembelajaran :
NO
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
TSRATEGI PEMBELAJARAN
|
1
|
Pendahuluan.
Ø
Guru memberi penekanan kepada siswa agar rajin belajar.
Ø
Guru mengecek absensi siswa.
Ø
Guru menyampaikan SK/KD.
Ø
Dengan Guru menyampaikan indikator .
Ø
Guru memberikan appersepsi
,
Kegiatan Inti.
Explorasi.
Ø
Peserta didik membuka buku
pelajaran dengan mencari materi mengenai keyakinan terhadap Tuhan.
Elaborasisa
Ø
Peserta didik belajar dalam
kelompok yang terdiri dari 5 orang.
Ø
Peserta didik berdiskusi tentang
ciptaan tuhan.
Ø
Peserta didik menuliskan hasil diskusinya dan
dibacakan oleh masing masing
ketua kelompoknya
Konpirmasi
Ø
Guru menguatkan tentang keberadaan Tuhan.
Ø
Guru memberikan penghargaan kepada peserta didik yang ikut aktif dalam
proses pembelajaran.
Ø
Guru meluruskan pendapat siswa
yang belum mendekati kebenaran tentang Keberadaan Tuhan .
Kegiatan Akhir
Ø
Guru merefleksi proses
pembelajaran yang sudah berlangsung. ..
Ø
Guru dan siswa menyimpulkan
materi pembelajaran yang telah
disajikan. .
Ø
Mengimpormasikan materi pelajaran dalam pertemuan berikutnya
.
Ø
Guru menutup pelajaran.
|
10 menit
50 menit
20 menit
|
Ceramah/tanya jawab
Tanya jawab antar kelompok.
Tanya jawab dan penugasan.
|
III. Media / Sumber pembelajaran
Ø
Buku Pendidikan Berbudi Pekerti Oleh A.TABRANI
RUSYAN,DKK
Ø
Buku Ahlak Mulia Oleh;UDI SUKRAMA .S.E. DKK
Ø
Buku pendidikan Budi Pekerti. Oleh; SrMyriam Sylvia
Juniuati. DKK
Ø
Buku yang Relevan
IV . Penilaian
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Tehnik Penilaian
|
Bentuk Intsrumen
|
Instrumen
|
K.Jawaban
|
1.1
|
Meyakini adanya Tuhan Yang Maha
esa
|
1.1.1.Menyebutkan contoh
sikap yang
mencerminkan sikap
meyakini. Adanya
Tuhan yang maha
Esa.
1.1.2.Menyebutkan nama
tempat suci
masing
masing
agama.
1.1.3.Wujud kehidupan
umat
beragama dalam
keluarga,
sekolah
maupun
masyarakat
yang
mencerminkan
ketakwaan.
1.1.4.Mengidentifikasi
wujud tri Kerukunan
umat
beragama.
1.1.5. Menjelaskan
pengertian
Suci.
1.1.6.Sebutkan beberapa
cirri dari orang yang
jauh dari kesucian.
|
Tes
|
Uraian
|
1.
Sebutkan bentuk
sikap atau perbuatan yang mencerminkan sikap meyakini.
2.
Sebutkan nama tempat suci masing masing agama. .
3.
Sebutkan bentuk sikap /perbuatan yang
mencerminkan ketakweaan dalam
lingkungan keluarga, sekjolah dan masyarakat.
4.
Sebutkan
bentuk perbuatan sebagai
implementasi dari tri Kerukunan Umat beragama.
5.
Apa perbedaan pengertian suci dengan bersih.
6.
Sebutkan cirri cirri dari orang yang jauh dari kesucian.
|
|
v
Skor
penilaian;
v
Masing
masing soal skornya 10
v
NILAI= Jumlah Skor perolehan/Skor Max x100%
NO
|
JUMLAH SKOR
|
NILAI
|
NO
|
JUMLAH SKOR
|
NILAI
|
1
|
10
|
100
|
6
|
5
|
50
|
2
|
9
|
90
|
7
|
4
|
40
|
3
|
8
|
80
|
8
|
3
|
30
|
4
|
7
|
70
|
9
|
2
|
20
|
5
|
6
|
60
|
10
|
1
|
10
|
Mengetahui
Guru mata pelajaran
Kepala SMP ; ...................... Pendidikan Budi Pekerti.
(_______________________) (_______________________ )
NIP………………………………. Nip..........................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KE –.2
Nama Sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/ Semester
Tahun Pelajaran
|
:
:
:
:
|
SMP ;
.............................
Pendidikan Budi Pekerti
VII / 1
2012/2013
|
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1
|
Meyakini dan menerapkan nilai nilai hubungan manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.2
|
Mentaati ajaran Agama.
|
Indikator
|
:
|
1.2.1.
1.2.2
1.2.3.
1.2.4.
1.2.5.
1.2.6.
1.2.7.
|
Pengertian kerukunan.
Tujuan dari kerukunan.
bentuk bentuk sikap
untuk menciptakan kerukunan.
Pengertian keiklasan.
Contoh sikap yang mencerminkan keiklasan.
Pengertian bersyukur.
Contoh perbuatan yang mencerminkan sikap bersyukur.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
3x 40 menit ( 1 x Pertemuan
)
|
I. . Materi Pembelajaran ;
Ciptaan Tuhan
II. Strategi Pembelajaran :
NO
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
TSRATEGI PEMBELAJARAN
|
1
|
Pendahuluan.
Ø
Guru memberi penekanan kepada siswa agar rajin belajar.
Ø
Guru mengecek absensi siswa.
Ø
Guru menyampaikan SK/KD.
Ø
Guru menyampaikan indikator .
Ø
Guru memberikan appersepsi
,
Kegiatan Inti.
Explorasi.
Ø
Peserta didik membuka buku
pelajaran mencari
materi mengenai .Mentaati ajaran agama.
Elaborasisa
Ø
Peserta didik belajar dalam
kelompok yang terdiri dari 5 orang.
Ø
Peserta didik berdiskusi tentang
ciptaan tuhan.
Ø
Peserta didik menuliskan hasil diskusinya dan
dibacakan oleh masing masing
ketua kelompoknya .
Konpirmasi
Ø
Guru menguatkan tentang ciptaan Tuhan. .
Ø
Guru memberikan penghargaan kepada peserta didik yang ikut aktif dalam
proses pembelajaran.
Ø
Guru meluruskan pendapat
siswa yang belum mendekati
kebenaran tentang mentaati ajaran
Agama.
Kegiatan Akhir
Ø
Guru merefleksi proses
pembelajaran yang sudah berlangsung. ..
Ø
Guru dan siswa menyimpulkan
materi pembelajaran yang telah
disajikan.
Ø
Mengimpormasikan materi pelajaran dalam pertemuan berikutnya
Ø
Guru menutup pelajaran.
|
5 menit
25 menit
10 menit
|
Ceramah/tanya jawab
Tanya jawab antar kelompok.
Tanya jawab dan penugasan.
|
III . Media / Sumber pembelajaran
Ø
Buku Pendidikan Berbudi Pekerti Oleh A.TABRANI
RUSYAN,DKK
Ø
Buku Ahlak Mulia Oleh;UDI SUKRAMA .S.E. DKK
Ø
Buku pendidikan Budi Pekerti. Oleh; SrMyriam Sylvia
Juniuati. DKK
Ø
Buku yang Relevan
IV. Penilaian
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Tehnik Penilaian
|
Bentuk Intsrumen
|
Instrumen
|
K.Jawaban
|
1
|
1.2. Mentaati Ajaran Agama.
|
1.2.1.Pengertian
kerukunan.
1.2.2.Tujuan dari
kerukunan.
1.2.3.bentuk
bentuk sikap
untuk
menciptakan
kerukunan.
1.2.4.Pengertian
keiklasan.
1.2.5.Contoh sikap
yang
mecerminkan
keiklasan.
1.1.6.Pengertian
bersyukur.
1.1.7.Contoh
perbuatan
yang
mencerminkan
sikap
bersyukur.
|
Tes
|
Uraian
|
7. Sebutkan bentuk
sikap yang
mencerminkan
sikap bersyukur
|
|
1. Skor penilaian;
2. Masing masing soal skornya 10
3. NILAI= Jumlah Skor perolehan/Skor Max x100%
NO
|
JUMLAH SKOR
|
NILAI
|
NO
|
JUMLAH SKOR
|
NILAI
|
1
|
10
|
100
|
6
|
5
|
50
|
2
|
9
|
90
|
7
|
4
|
40
|
3
|
8
|
80
|
8
|
3
|
30
|
4
|
7
|
70
|
9
|
2
|
20
|
5
|
6
|
60
|
10
|
1
|
10
|
Mengetahui Guru mata
pelajaran
Kepala SMP ; ...................... Pendidikan Budi Pekerti.
(_______________________) (_______________________ )
NIP………………………………. Nip..........................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KE –.3
Nama Sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/ Semester
Tahun Pelajaran
|
:
:
:
:
|
SMP ;
.............................
Pendidikan Budi Pekerti
VII /1
2012/2013
|
|
Standar Kompetensi
|
:
|
2
|
Memahami Potensi Diri.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
2.1.
|
Memiliki rasa menghargai
diri sendiri
|
Indikator
|
:
|
2.1.1.
2.1.2.
2.1.3.
2.1.4.
2.1.5.
2.1.6.
2.1.7.
|
Ø
Pengertian Disiplin.
Ø
Menyebutkan kiat kiat untuk menciptakan atau
membentuk sikap disiplin.
Ø
Sebutkan bentuk kedisiplinan yang yang
ditanamkan dalam lingkungan sekolah
Ø
Pengertian Menghormati.
Ø
Tujuan sikap saling menghormati.
Ø
Pengertian manusiawi.
Ø
Menyimak ceritera yang mencerminkan sikap manusiawi.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
3 x 40 menit ( 1 x Pertemuan
)
|
I. . Materi Pembelajaran ;1.
Menghargai diri sendiri dengan berdisiplin.
2. Menghargai diri dengan saling menghormati.
3. Berlaku manusiawi.
II. Kegiatan Pembelajaran.
NO
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
TSRATEGI PEMBELAJARAN
|
1
|
Pendahuluan.
Ø
Guru memberi penekanan agar rajin belajar.
Ø
Guru mengecek absensi siswa.
Ø
Guru menyampaikan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
Ø
Guru menyempaikan indikator
Ø
Guru memberikan appersepsi mengenai keagungan Tuhan.
Ø
Kegiatan Inti.
Explorasi.
Ø
Peserta didik membuka buku
pelajaran dan mencari
materi mengenai Keagungan Tuhan..
Ø
Peserta didik menemukan
pengertian Keagungan Tuhan.
Elaborasi
Ø
Peserta didik belajar
dalam kelompok yang terdiri dari 5
orang.
Ø
Peserta didik berdiskusi tentang
Keagungan Tuhan.
Ø
Peserta didik menuliskan hasil diskusinya dan
dibacakan oleh masing masing
ketua kelompoknya
Konpirmasi
Ø
Guru menguatkan tentang
pengerian .Kemaha kuasaan Tuhan.
Ø
Guru memberikan
penghargaan kepada peserta didik yang
ikut aktif dalam proses pembelajaran..
Ø
Guru meluruskan pendapat siswa yang belum mendekati kebenaran tentang kemaha kuasaan Tuhan..
Kegiatan Akhir
Ø
Guru merefleksi proses
pembelajaran yang sudah berlangsung..
Ø
Guru dan siswa menyimpulkan
materi pembelajaran yang telah
disajikan.
Ø
Guru memberikan pertanyaan / Evaluasi.
Ø
Guru memberikan tugas rumah, mengerjakan LKS
|
5 menit
25 menit
10 menit
|
Ceramah/tanya jawab
Tanya jawab antar kelompok.
Tanya jawab dan penugasan.
|
III.Media
/ Sumber pembelajaran
Ø
Buku Pendidikan Berbudi Pekerti Oleh A.TABRANI
RUSYAN,DKK
Ø
Buku Ahlak Mulia Oleh;UDI SUKRAMA .S.E. DKK
Ø
Buku pendidikan Budi Pekerti. Oleh; SrMyriam Sylvia
Juniuati. DKK
Ø
Buku yang Relevan
IV . Penilaian
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Tehnik Penilaian
|
Bentuk Intsrumen
|
Instrumen
|
K.
jawaban
|
1
|
|
Ø
Pengertian Disiplin.
Ø
Menyebutkan kiat kiat untuk menciptakan atau
membentuk sikap disiplin.
Ø
Sebutkan bentuk kedisiplinan yang yang
ditanamkan dalam lingkungan sekolah
Ø
Pengertian Menghormati.
Ø
Tujuan sikap saling menghormati.
Ø
Pengertian manusiawi.
Ø
Menyimak ceritera yang mencerminkan sikap manusiawi.
|
Tes
|
Uraian
|
1) Pengertian disiplin.
2) Sebutkan
usaha atau kiat kiat untuk membentuk kedisiplinan,
3) Kedisiplinan
di sekolah..
4) Jelaskan
pengertian sikap menghormati.
5) Jelaskan
tujuan sikap saling mnghormati.
6) Jelaskan
pengertian manusiawi.
7) Buatlah
ceritera yang mencerminkan sikap manusiawi.
|
|
> Skor
penilaian;
Masing masing soal skornya 10
NILAI=
Jumlah Skor perolehan/Skor Max x100%
NO
|
JUMLAH SKOR
|
NILAI
|
NO
|
JUMLAH SKOR
|
NILAI
|
1
|
10
|
100
|
6
|
5
|
50
|
2
|
9
|
90
|
7
|
4
|
40
|
3
|
8
|
80
|
8
|
3
|
30
|
4
|
7
|
70
|
9
|
2
|
20
|
5
|
6
|
60
|
10
|
1
|
10
|
Mengetahui
Guru mata
pelajaran
Kepala SMP ; ...................... Pendidikan Budi Pekerti.
(_______________________) (_______________________ )
NIP………………………………. Nip..........................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KE –4
Nama Sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/ Semester
Tahun Pelajaran
|
:
:
:
:
|
SMP ;
.............................
Pendidikan Budi Pekerti
VII / 1
2012/2013
|
|
Standar Kompetensi
|
:
|
2.
|
Memahami Potensi Diri.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
2.2.
|
Memiliki Rasa Percaya diri
|
Indikator
|
:
|
|
Ø
Pengertian produktif.
Ø
Ciri ciri orang mandiri.
Ø
Pengertian Sportif.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
3 x 40 menit ( 1 x Pertemuan
)
|
I. . Materi Pembelajaran ; 2.2.1. Hidup
Produktif\
2.2.2. Sikap mandiri.
2.2.3.
Sportif.
II.
Strategi Pembelajaran :
NO
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
TSRATEGI
PEMBELAJARAN
|
1
|
Pendahuluan.
Ø
Guru memberi penekanan agar rajin belajar.
Ø
Guru mengecek absensi siswa.
Ø
Guru menyampaikan SK/KD.
Ø
Guru menyempaikan indikator
Ø
Guru memberikan appersepsi
Kegiatan Inti.
Explorasi.
Ø
Peserta didik membuka buku
pelajaran dan mencari materi mengenai Hidup produktif, Sikap
mandiri dan Sikap sportif.
Elaborasi
Ø
Peserta didik belajar dalam
kelompok yang terdiri dari 5 orang.
Ø
Peserta didik berdiskusi mengenaisikap
produktif. mandiri, dan Sportif.
Ø
Peserta didik menuliskan hasil diskusinya dan
dibacakan oleh masing masing
ketua kelompoknya
Konpirmasi
Ø
Guru menguatkan tentang Sikap produktif, mandiri dan Sportif.
Ø
Guru memberikan penghargaan kepada peserta didik yang ikut aktif dalam
proses pembelajaran.
Ø
Guru meluruskan pendapat
siswa yang belum mendekati
kebenaran tentang pengertian
produktif, mandiri dan Sportif.
Kegiatan Akhir
Ø
Guru merefleksi proses
pembelajaran yang sudah berlangsung..
Ø
Guru dan siswa menyimpulkan
materi pembelajaran yang telah
disajikan.
Ø
Guru memberikan
pertanyaan / Evaluasi.
Ø
Guru memberikan tugas rumah, mengerjakan LKS
|
5 menit
25 menit
10 menit
|
Ceramah/tanya jawab
Tanya jawab antar kelompok.
Tanya jawab dan penugasan.
|
III.Media /
Sumber pembelajaran
Ø
Buku Pendidikan Berbudi Pekerti Oleh A.TABRANI
RUSYAN,DKK
Ø
Buku Ahlak Mulia Oleh;UDI SUKRAMA .S.E. DKK
Ø
Buku pendidikan Budi Pekerti. Oleh; SrMyriam Sylvia
Juniuati. DKK
Ø
Buku yang Relevan
IV . Penilaian
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Tehnik Penilaian
|
Bentuk Intsrumen
|
Instrumen
|
K
jawaban
|
1
|
|
1. Pengertian
produktif.
2. Ciri
ciri orang mandiri.
3. Pengertian
Sportif.
|
Tes
|
Tes Uraian
|
1. Jelaskan pengertian
Produktif.
2). Sebutkan ciri ciri
orang yang
mandiri.
3.). Jelaskan pengertian
Sportif.
|
|
V. Skor penilaian;
Masing masing soal
skornya 10
NILAI= Jumlah
Skor perolehan/Skor Max x100%
NO
|
JUMLAH SKOR
|
NILAI
|
NO
|
JUMLAH SKOR
|
NILAI
|
1
|
10
|
100
|
6
|
5
|
50
|
2
|
9
|
90
|
7
|
4
|
40
|
3
|
8
|
80
|
8
|
3
|
30
|
4
|
7
|
70
|
9
|
2
|
20
|
5
|
6
|
60
|
10
|
1
|
10
|
Mengetahui
Guru mata
pelajaran
Kepala SMP ; ...................... Pendidikan Budi Pekerti.
(_______________________) (_______________________ )
NIP………………………………. Nip..........................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar