Senin, 20 Agustus 2012

RENCANA PEMBELAJARAN KLS VII/1.2012-2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KE –.1

Nama Sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/ Semester
Tahun Pelajaran
:
:
:
:
SMP ; .............................
Pendidikan Budi Pekerti
VII / 1
2012/2013
Standar kompetensi
:
1.    Meyakini dan menerapkan nilai nilai  hubungan  
        manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa

Kompetensi Dasar
:
1.1. meyakini adanya Tuhan Yang maha Esa,.
Indikator
:
1.1.1.      Menyebutkan contoh sikap yang mencerminkan  sikap meyakini. Adanya Tuhan yang maha Esa.
1.1.2.      Menyebutkan nama tempat suci masing masing agama.
1.1.3.      Wujud kehidupan  umat beragama dalam keluarga, sekolah maupun masyarakat yang mencerminkan ketakwaan.
1.1.4.      Mengidentifikasi wujud  tri Kerukunan umat beragama.
1.1.5.      Menjelaskan pengertian Suci.
1.1.6.        Sebutkan beberapa cirri  dari orang yang jauh dari kesucian.

Alokasi Waktu
:
3 x pertemuan.


I. . Materi Pembelajaran                      ;  Meyakini Adanya Tuhan.

II . Strategi Pembelajaran                   :
NO
KEGIATAN
WAKTU
TSRATEGI PEMBELAJARAN
1
Pendahuluan.
Ø       Guru memberi penekanan  kepada siswa  agar rajin belajar.
Ø       Guru mengecek  absensi siswa.
Ø       Guru    menyampaikan SK/KD.
Ø       Dengan  Guru menyampaikan indikator .
Ø       Guru memberikan  appersepsi  ,
Kegiatan Inti.
Explorasi.
Ø       Peserta didik membuka buku pelajaran  dengan mencari  materi mengenai  keyakinan terhadap Tuhan.
Elaborasisa
Ø       Peserta didik belajar   dalam kelompok  yang terdiri dari 5 orang.
Ø       Peserta didik berdiskusi  tentang  ciptaan tuhan.
Ø       Peserta didik   menuliskan hasil diskusinya  dan  dibacakan oleh  masing masing ketua kelompoknya
 Konpirmasi
Ø       Guru menguatkan tentang  keberadaan Tuhan.
Ø       Guru memberikan penghargaan    kepada peserta didik yang ikut aktif dalam proses pembelajaran.
Ø       Guru meluruskan pendapat siswa  yang belum mendekati kebenaran  tentang  Keberadaan Tuhan .
Kegiatan Akhir
Ø       Guru merefleksi proses pembelajaran yang sudah berlangsung. ..
Ø       Guru dan siswa menyimpulkan materi pembelajaran  yang telah disajikan. .
Ø       Mengimpormasikan  materi pelajaran dalam pertemuan berikutnya  .
Ø       Guru menutup pelajaran.

10 menit






50 menit













20 menit
Ceramah/tanya jawab





Tanya jawab antar kelompok.












Tanya jawab dan penugasan.
III. Media / Sumber pembelajaran
               
Ø    Buku Pendidikan Berbudi Pekerti Oleh A.TABRANI RUSYAN,DKK
Ø    Buku Ahlak Mulia Oleh;UDI SUKRAMA .S.E.  DKK
Ø    Buku pendidikan Budi Pekerti. Oleh; SrMyriam Sylvia Juniuati. DKK
Ø    Buku yang Relevan


IV . Penilaian
No.
Kompetensi Dasar
Indikator
Tehnik Penilaian
Bentuk Intsrumen
Instrumen
K.Jawaban
1.1
Meyakini adanya Tuhan Yang Maha esa
1.1.1.Menyebutkan contoh
         sikap yang
         mencerminkan  sikap
         meyakini. Adanya
         Tuhan yang maha
         Esa.
1.1.2.Menyebutkan nama
         tempat suci masing
         masing agama.



1.1.3.Wujud kehidupan 
         umat beragama dalam
         keluarga, sekolah
         maupun masyarakat
         yang mencerminkan
          ketakwaan.






1.1.4.Mengidentifikasi  
         wujud  tri Kerukunan
         umat beragama.





1.1.5. Menjelaskan
          pengertian Suci.


1.1.6.Sebutkan beberapa
         cirri  dari orang yang
         jauh dari kesucian.


Tes
Uraian
1.            Sebutkan bentuk  sikap atau perbuatan yang mencerminkan   sikap meyakini.
2.           Sebutkan nama tempat suci masing masing agama. .
3.           Sebutkan bentuk sikap /perbuatan yang mencerminkan  ketakweaan dalam lingkungan keluarga, sekjolah dan masyarakat.
4.           Sebutkan  bentuk perbuatan   sebagai implementasi dari tri Kerukunan Umat beragama.
5.           Apa perbedaan pengertian suci  dengan bersih.
6.           Sebutkan cirri cirri dari orang yang jauh dari  kesucian.



v      Skor penilaian;
v      Masing masing soal  skornya 10
v      NILAI=  Jumlah Skor perolehan/Skor Max x100%


NO
JUMLAH SKOR
NILAI
NO
JUMLAH SKOR
NILAI
1
10
100
6
5
50
2
9
90
7
4
40
3
8
80
8
3
30
4
7
70
9
2
20
5
6
60
10
1
10





Mengetahui                                                                                                        Guru mata pelajaran 
Kepala SMP ; ......................                                                                             Pendidikan Budi Pekerti.
                                                                                     


 (_______________________)                                                     (_______________________ )
   NIP……………………………….                                                            Nip..........................................















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KE –.2

Nama Sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/ Semester
Tahun Pelajaran
:
:
:
:
SMP ; .............................
Pendidikan Budi Pekerti
VII / 1
2012/2013
Standar Kompetensi
:
1
Meyakini dan menerapkan nilai nilai  hubungan manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa

Kompetensi Dasar
:
1.2
Mentaati ajaran Agama.
Indikator
:

1.2.1.
1.2.2
1.2.3.

1.2.4.
1.2.5.
1.2.6.
1.2.7.

Pengertian kerukunan.
Tujuan dari kerukunan.
bentuk bentuk sikap  untuk menciptakan  kerukunan.
Pengertian keiklasan.
Contoh sikap yang mencerminkan  keiklasan.
Pengertian bersyukur.
Contoh perbuatan yang mencerminkan sikap bersyukur.
Alokasi Waktu
:
3x 40 menit ( 1 x Pertemuan )

I. . Materi Pembelajaran                    ; Ciptaan Tuhan
II. Strategi Pembelajaran        :
NO
KEGIATAN
WAKTU
TSRATEGI PEMBELAJARAN
1
Pendahuluan.
Ø       Guru memberi penekanan  kepada  siswa agar rajin belajar.
Ø       Guru mengecek  absensi siswa.
Ø       Guru    menyampaikan SK/KD.
Ø       Guru menyampaikan indikator .
Ø       Guru memberikan  appersepsi  ,
Kegiatan Inti.
Explorasi.
Ø       Peserta didik membuka buku pelajaran   mencari  materi mengenai .Mentaati ajaran agama.
Elaborasisa
Ø       Peserta didik belajar  dalam kelompok  yang terdiri dari 5 orang.
Ø       Peserta didik berdiskusi  tentang  ciptaan tuhan.
Ø       Peserta didik   menuliskan hasil diskusinya  dan  dibacakan oleh  masing masing ketua kelompoknya  .
 Konpirmasi
Ø       Guru menguatkan tentang  ciptaan Tuhan. .
Ø       Guru memberikan penghargaan   kepada peserta didik yang ikut aktif dalam proses pembelajaran.
Ø       Guru meluruskan pendapat siswa  yang belum mendekati kebenaran  tentang mentaati ajaran Agama.
Kegiatan Akhir
Ø       Guru merefleksi proses pembelajaran yang sudah berlangsung. ..
Ø       Guru dan siswa menyimpulkan materi pembelajaran  yang telah disajikan.
Ø       Mengimpormasikan  materi pelajaran dalam pertemuan berikutnya
Ø       Guru menutup pelajaran.

5 menit






25 menit













10 menit
Ceramah/tanya jawab





Tanya jawab antar kelompok.












Tanya jawab dan penugasan.
III . Media / Sumber pembelajaran
               
Ø    Buku Pendidikan Berbudi Pekerti Oleh A.TABRANI RUSYAN,DKK
Ø    Buku Ahlak Mulia Oleh;UDI SUKRAMA .S.E.  DKK
Ø    Buku pendidikan Budi Pekerti. Oleh; SrMyriam Sylvia Juniuati. DKK
Ø    Buku yang Relevan


IV. Penilaian
No.
Kompetensi Dasar
Indikator
Tehnik Penilaian
Bentuk Intsrumen
Instrumen
K.Jawaban
1
1.2. Mentaati Ajaran Agama.
1.2.1.Pengertian   
         kerukunan.
1.2.2.Tujuan dari
         kerukunan.
1.2.3.bentuk
         bentuk sikap
         untuk
         menciptakan
         kerukunan.
1.2.4.Pengertian
         keiklasan.
1.2.5.Contoh sikap
         yang   
        mecerminkan
         keiklasan.
1.1.6.Pengertian
         bersyukur.
1.1.7.Contoh
         perbuatan
         yang
         mencerminkan
         sikap
         bersyukur.
Tes
Uraian
  1. Jelaskan pengertian kerukunan.
  2. Apa tujuan  dari hidup rukun.
  3. Sebutkan  perbuatan yang mencerminkan kerukunan
  4. Jelaskan pengertian keiklasan.
  5. Sebutkan contoh sikap yang mencerminkan keiklasan.
  6. Jelaskan pengertian  syukur.
7.      Sebutkan bentuk
      sikap yang
       mencerminkan  
       sikap bersyukur



1.       Skor penilaian;
2.       Masing masing soal  skornya 10
3.       NILAI=  Jumlah Skor perolehan/Skor Max x100%


NO
JUMLAH SKOR
NILAI
NO
JUMLAH SKOR
NILAI
1
10
100
6
5
50
2
9
90
7
4
40
3
8
80
8
3
30
4
7
70
9
2
20
5
6
60
10
1
10







Mengetahui                                                                                                        Guru mata pelajaran 
Kepala SMP ; ......................                                                                             Pendidikan Budi Pekerti.
                                                                                     


 (_______________________)                                                     (_______________________ )
   NIP……………………………….                                                            Nip..........................................






























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KE –.3

Nama Sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/ Semester
Tahun Pelajaran
:
:
:
:
SMP ; .............................
Pendidikan Budi Pekerti
VII /1
2012/2013
Standar Kompetensi
:
2
Memahami Potensi Diri.
Kompetensi Dasar
:
2.1.
Memiliki rasa menghargai diri sendiri
Indikator
:
2.1.1.
2.1.2.

2.1.3.

2.1.4.
2.1.5.
2.1.6.
2.1.7.
Ø      Pengertian Disiplin.
Ø      Menyebutkan kiat kiat untuk menciptakan atau membentuk sikap disiplin.
Ø      Sebutkan bentuk kedisiplinan yang yang ditanamkan dalam lingkungan sekolah
Ø      Pengertian Menghormati.
Ø      Tujuan sikap saling menghormati.
Ø      Pengertian manusiawi.
Ø      Menyimak ceritera yang mencerminkan  sikap manusiawi.

Alokasi Waktu
:
3 x 40 menit ( 1 x Pertemuan )

I. . Materi Pembelajaran                    ;1. Menghargai diri sendiri dengan berdisiplin.
                                                                 2. Menghargai diri dengan saling menghormati.
                                                                 3. Berlaku manusiawi.

II. Kegiatan Pembelajaran.
NO
KEGIATAN
WAKTU
TSRATEGI PEMBELAJARAN
1
Pendahuluan.
Ø       Guru memberi penekanan  agar rajin belajar.
Ø       Guru mengecek absensi siswa.
Ø       Guru    menyampaikan  Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
Ø       Guru menyempaikan indikator
Ø       Guru memberikan  appersepsi mengenai keagungan Tuhan.
Ø       Kegiatan Inti.
Explorasi.
Ø       Peserta didik membuka buku pelajaran    dan mencari  materi mengenai Keagungan Tuhan..
Ø       Peserta didik menemukan pengertian Keagungan Tuhan.
Elaborasi
Ø       Peserta didik   belajar dalam kelompok  yang terdiri dari 5 orang.
Ø       Peserta didik berdiskusi   tentang  Keagungan Tuhan.
Ø       Peserta didik  menuliskan hasil diskusinya  dan  dibacakan oleh  masing masing ketua kelompoknya
 Konpirmasi
Ø       Guru menguatkan tentang pengerian .Kemaha kuasaan Tuhan.
Ø       Guru memberikan penghargaan  kepada peserta didik yang ikut aktif dalam proses pembelajaran..
Ø       Guru   meluruskan pendapat siswa  yang belum mendekati kebenaran  tentang kemaha kuasaan Tuhan..
Kegiatan Akhir
Ø       Guru merefleksi proses pembelajaran yang sudah berlangsung..
Ø       Guru dan siswa menyimpulkan materi pembelajaran  yang telah disajikan.
Ø       Guru memberikan pertanyaan  / Evaluasi.
Ø       Guru memberikan tugas  rumah, mengerjakan LKS

5 menit






25 menit




















10 menit
Ceramah/tanya jawab






Tanya jawab antar kelompok.

















Tanya jawab dan penugasan.


III.Media / Sumber pembelajaran
Ø    Buku Pendidikan Berbudi Pekerti Oleh A.TABRANI RUSYAN,DKK
Ø    Buku Ahlak Mulia Oleh;UDI SUKRAMA .S.E.  DKK
Ø    Buku pendidikan Budi Pekerti. Oleh; SrMyriam Sylvia Juniuati. DKK
Ø    Buku yang Relevan

IV . Penilaian
No.
Kompetensi Dasar
Indikator
Tehnik Penilaian
Bentuk Intsrumen
Instrumen
K.
jawaban
1

Ø      Pengertian Disiplin.
Ø      Menyebutkan kiat kiat untuk menciptakan atau membentuk sikap disiplin.
Ø      Sebutkan bentuk kedisiplinan yang yang ditanamkan dalam lingkungan sekolah
Ø      Pengertian Menghormati.
Ø      Tujuan sikap saling menghormati.
Ø      Pengertian manusiawi.
Ø      Menyimak ceritera yang mencerminkan  sikap manusiawi.

Tes
Uraian
1)       Pengertian disiplin.
2)      Sebutkan usaha atau kiat kiat untuk membentuk kedisiplinan,


3)      Kedisiplinan di sekolah..






4)      Jelaskan pengertian sikap menghormati.
5)      Jelaskan tujuan  sikap saling mnghormati.
6)      Jelaskan pengertian manusiawi.
7)      Buatlah ceritera yang mencerminkan sikap manusiawi.




> Skor penilaian;
   Masing masing soal  skornya 10
    NILAI=  Jumlah Skor perolehan/Skor Max x100%

NO
JUMLAH SKOR
NILAI
NO
JUMLAH SKOR
NILAI
1
10
100
6
5
50
2
9
90
7
4
40
3
8
80
8
3
30
4
7
70
9
2
20
5
6
60
10
1
10


Mengetahui                                                                                                        Guru mata pelajaran 
Kepala SMP ; ......................                                                                             Pendidikan Budi Pekerti.
                                                                                    


 (_______________________)                                                     (_______________________ )
   NIP……………………………….                                                            Nip..........................................




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KE –4

Nama Sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/ Semester
Tahun Pelajaran
:
:
:
:
SMP ; .............................
Pendidikan Budi Pekerti
VII / 1
2012/2013
Standar Kompetensi
:
2.
Memahami Potensi Diri.
Kompetensi Dasar
:
 2.2.

Memiliki Rasa Percaya diri
Indikator
:

Ø      Pengertian produktif.
Ø      Ciri ciri orang mandiri.
Ø      Pengertian Sportif.

Alokasi Waktu
:
3 x 40 menit ( 1 x Pertemuan )

I. . Materi Pembelajaran                    ; 2.2.1. Hidup Produktif\
                                                 2.2.2. Sikap mandiri.
                                                 2.2.3. Sportif.
II. Strategi Pembelajaran   :
NO
KEGIATAN
WAKTU
TSRATEGI PEMBELAJARAN
1
Pendahuluan.
Ø       Guru memberi penekanan  agar rajin belajar.
Ø       Guru mengecek absensi siswa.
Ø       Guru menyampaikan SK/KD.
Ø       Guru menyempaikan indikator
Ø       Guru memberikan  appersepsi 
Kegiatan Inti.
Explorasi.
Ø       Peserta didik membuka buku pelajaran  dan mencari  materi mengenai Hidup produktif, Sikap mandiri dan Sikap sportif.
Elaborasi
Ø       Peserta didik belajar dalam kelompok  yang terdiri dari 5 orang.
Ø       Peserta didik berdiskusi mengenaisikap produktif. mandiri, dan Sportif.
Ø       Peserta didik  menuliskan hasil diskusinya  dan  dibacakan oleh  masing masing ketua kelompoknya
 Konpirmasi
Ø       Guru menguatkan tentang Sikap  produktif, mandiri dan Sportif.
Ø       Guru memberikan penghargaan  kepada peserta didik yang ikut aktif dalam proses pembelajaran.
Ø       Guru meluruskan pendapat siswa  yang belum mendekati kebenaran  tentang  pengertian  produktif, mandiri dan Sportif.

Kegiatan Akhir
Ø       Guru merefleksi proses pembelajaran yang sudah berlangsung..
Ø       Guru dan siswa menyimpulkan materi pembelajaran  yang telah disajikan.
Ø       Guru memberikan pertanyaan  / Evaluasi.
Ø       Guru memberikan tugas  rumah, mengerjakan LKS

5 menit






25 menit























10 menit
Ceramah/tanya jawab






Tanya jawab antar kelompok.






















Tanya jawab dan penugasan.


III.Media / Sumber pembelajaran

Ø    Buku Pendidikan Berbudi Pekerti Oleh A.TABRANI RUSYAN,DKK
Ø    Buku Ahlak Mulia Oleh;UDI SUKRAMA .S.E.  DKK
Ø    Buku pendidikan Budi Pekerti. Oleh; SrMyriam Sylvia Juniuati. DKK
Ø    Buku yang Relevan

IV . Penilaian
No.
Kompetensi Dasar
Indikator
Tehnik Penilaian
Bentuk Intsrumen
Instrumen
K
jawaban
1

1.      Pengertian produktif.
2.      Ciri ciri orang mandiri.
3.      Pengertian Sportif.
             
 Tes
Tes Uraian
1. Jelaskan pengertian
    Produktif.

2). Sebutkan ciri ciri
     orang yang mandiri.

3.). Jelaskan pengertian
      Sportif.


V.      Skor penilaian;
Masing masing soal  skornya 10
NILAI=  Jumlah Skor perolehan/Skor Max x100%
NO
JUMLAH SKOR
NILAI
NO
JUMLAH SKOR
NILAI
1
10
100
6
5
50
2
9
90
7
4
40
3
8
80
8
3
30
4
7
70
9
2
20
5
6
60
10
1
10


Mengetahui                                                                                                        Guru mata pelajaran 
Kepala SMP ; ......................                                                                             Pendidikan Budi Pekerti.
                                                                                    


 (_______________________)                                                     (_______________________ )
   NIP……………………………….                                                            Nip..........................................




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar