SILABUS.
Sekolah :SMP.
Kelas /Semester : VII / 1
Mata Pelajaran :
Pendidikan Budi Pekerti.
Standar Kompetensi :
1. Meyakini dan menerapkan nilai nilai
hubungan manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa
Kompetensi Dasar
|
Karakter
|
Materi
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Materi Pembelajaran
|
Waktu
|
Sumber
|
||
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Intrumen
|
|||||||
1. 1. Meyakini
Adanya Tuhan Yang Maha Esa
|
Ø
Religius.
Ø
Jujur.
Ø
Toleransi..
|
Meyakini adanya Tuhan.
|
Ø
Mengidentifikasi contoh contoh perbuatan / sikap yang
mencerminkan sikap meyakini adanya
Tuhan.
Ø
Mengidentifikasi atau menyebutkan tempat suci masing masing agama.
Ø
Menjekaskan
bentuk kehidupan dalam
lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat yang mencerminkan ketakwaan terhadap Tuhan Yang maha Esa.,
Ø
Mengidentifikasi bentuk kerukunan
umat beragama. .
Ø
Membedakan
pengertian bersih dengan suci
Ø
Menjelaskan
cirri cirri orang yang jauh
dari kesucian.
|
1.1.1. Menyebutkan
contoh sikap yang mencerminkan sikap
meyakini. Adanya Tuhan yang maha Esa.
1.1.2. Menyebutkan
nama tempat suci masing masing agama.
.
1.1.3. Wujud
kehidupan umat beragama dalam
keluarga, sekolah maupun masyarakat yang mencerminkan ketakwaan.
1.1.4. Mengidentifikasi
wujud tri Kerukunan umat beragama.
1.1.5. Menjelaskan
pengertian Suci.
1.1.6. Sebutkan
beberapa cirri dari orang yang jauh
dari kesucian.
|
Tes
|
Tes Uraian
|
1.
Sebutkan bentuk
sikap atau perbuatan yang mencerminkan sikap meyakini.
2.
Sebutkan nama tempat suci masing masing agama. .
3.
Sebutkan bentuk sikap /perbuatan yang
mencerminkan ketakweaan dalam
lingkungan keluarga, sekjolah dan masyarakat.
4.
Sebutkan
bentuk perbuatan sebagai
implementasi dari tri Kerukunan Umat beragama.
5.
Apa perbedaan pengertian suci dengan bersih.
6.
Sebutkan cirri cirri dari orang yang jauh dari kesucian.
|
3 x Prt
|
Ø
Buku Pendidikan Berbudi Pekerti Oleh A.TABRANI
RUSYAN,DKK
Ø
Buku Ahlak Mulia Oleh;UDI SUKRAMA .S.E. DKK
Ø
Buku pendidikan Budi Pekerti. Oleh; SrMyriam Sylvia
Juniuati. DKK
Ø
Buku yang Relevan
|
1.2.. Mentaati aaran agama
|
Ø
Religius.
Ø
Rasa
Ingin tahu.
Ø
Peduli
lingkungan.
Ø
Tanggung
jawab.
|
Kerukunan
hidup antar umat beragama..
|
Ø
Menjelaskan pengertian Kerukunan.
Ø
Menjelaskan tujuan dari kurukunan.
Ø
Menjelaskan upaya untuk menciptakan kerukunan.
Ø
Menjelaskan pengertian keiklasan..
Ø
Menjelaskan atau mengidentifikasi sikap yang iklas.
Ø
Menjelaskan pengertian bersyukur.
Ø
Mengidentifikasi contoh sikap yang
mencerminkan bersyukur.
|
1.2.1. Pengertian kerukunan.
1.2.2. Tujuan dari kerukunan.
1.2.3. bentuk bentuk sikap
untuk menciptakan kerukunan.
1.2.4. Pengertian keiklasan.
1.2.5. Contoh sikap yang mencerminkan keiklasan.
1.2.6. Pengertian bersyukur.
1.2.7. Contoh perbuatan yang mencerminkan sikap bersyukur.
|
|
4 x Prt
|
Ø
Buku Pendidikan Berbudi Pekerti Oleh A.TABRANI
RUSYAN,DKK
Ø
Buku Ahlak Mulia Oleh;UDI SUKRAMA .S.E. DKK
Ø
Buku pendidikan Budi Pekerti. Oleh; SrMyriam Sylvia
Juniuati. DKK
Ø
Buku yang Relevan
|
Sekolah :SMP.
Kelas /Semester : VII / 1
Mata Pelajaran :
Pendidikan Budi Pekerti.
Standar Kompetensi :
2. Memahami Potensi Diri
Kompetensi Dasar
|
Karakter
|
Materi
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Indikator
|
Materi pembelajaran
|
||||
Tehnik
|
Bentuk instrumen
|
Contoh Intrumen
|
Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||||
2.1. Memiliki rasa menghargai Diri Sendiri
|
Ø
Religius.
Ø
Jujur.
Ø
Toleransi.
Ø
Disiplin.
Ø
Demokratis.
Ø
Cinta
tanah air.
Ø
Bersahabat.
Ø
Cinta
damai.
Ø
Peduli
Lingkungan.
Ø
Peduli
social.
Ø
Tanggung
jawab.
|
Menghargai Diri dengan berdisiplin.
menghargai diri dengan Saling menghormati.
.Berlaku manusiawi.
|
Ø
Menjelaskan pengertian disiplin.
Ø
Mengidentifikasi upaya untuk membentuk sikap disiplin.
Ø
Menyebutkan bentuk kedisiplinan yang
diterapkan dalam lingkungan sekolah.
Ø
Menjelaskan pengertian menghormati.
Ø
Menjelaskan tujuan menumbuhkan sikap saling
menghormati.
Ø
Menjelaskan pengertian manusiawi.
Ø
Siswa menyimakceritera yang mencerminkan sikap
manusiawi.
|
Ø
Pengertian Disiplin.
Ø
Menyebutkan kiat kiat untuk menciptakan atau
membentuk sikap disiplin.
Ø
Sebutkan bentuk kedisiplinan yang yang
ditanamkan dalam lingkungan sekolah
Ø
Pengertian Menghormati.
Ø
Tujuan sikap saling menghormati.
Ø
Pengertian manusiawi.
Ø
Menyimak ceritera yang mencermninkan sikap
manusiawi.
|
Tes
|
Tes Uraian
|
1) Pengertian
disiplin.
2) Sebutkan
usaha atau kiat kiat untuk membentuk kedisiplinan,
3) Kedisiplinan
di sekolah..
4) Jelaskan
pengertian sikap menghormati.
5) Jelaskan
tujuan sikap saling mnghormati.
6) Jelaskan
pengertian manusiawi.
7) Buatlah
ceritera yang mencerminkan sikap manusiawi.
|
3 x Prt
|
Ø
Buku Pendidikan Berbudi Pekerti Oleh A.TABRANI
RUSYAN,DKK
Ø
Buku Ahlak Mulia Oleh;UDI SUKRAMA .S.E. DKK
Ø
Buku pendidikan Budi Pekerti. Oleh; SrMyriam Sylvia
Juniuati. DKK
Ø
Buku yang Relevan
|
;
2.2. Memiliki Rasa Percaya Diri.
|
Ø
Religius.
Ø
Jujur.
Ø
Kerja
keras
Ø
Mandiri.
Ø
Cinta
Damai.
Ø
Tanggung
jawab.
|
2.2.1. Hidup Produktif\
2.2.2. Sikap
mandiri.
2.2.3.
Sportif.
|
Ø
Menjelaskan /menguraikan pengertian produktif.
Ø
Mengidentifikasi ciri ciri orang yang mandiri.
Ø
Menjelaskan pengertian sportif.
|
Ø
Pengertian produktif.
Ø
Ciri ciri orang mandiri.
Ø
Pengertian Sportif.
|
Tes
|
Tes Uraian
|
8. Jelaskan pengertian Produktif.
9). Sebutkan ciri ciri orang yang mandiri.
10.). Sebutkan perilaku yang mencerminkan sikap sportif.
|
1 x Prt
|
Ø
Buku Pendidikan Berbudi Pekerti Oleh A.TABRANI
RUSYAN,DKK
Ø
Buku Ahlak Mulia Oleh;UDI SUKRAMA .S.E. DKK
Ø
Buku pendidikan Budi Pekerti. Oleh; SrMyriam Sylvia
Juniuati. DKK
Ø
Buku yang Relevan
|
Mengetahui …...…………………Tgl………………………..
Kepala SMP…………………………. Guru Mata Pelajaran pendidikan Budi
Pekerti.
( _________________________________)
( ___________________________________ )
NIP. NIP.
Terimakasih Bapak.
BalasHapus