Halaman

Senin, 20 Agustus 2012

SILABUS BP KLS VII/1.2012-2013




SILABUS.

Sekolah                                   :SMP.
Kelas   /Semester                     : VII / 1
Mata Pelajaran                        : Pendidikan Budi Pekerti.
Standar Kompetensi               : 1. Meyakini dan menerapkan nilai nilai  hubungan manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa

Kompetensi Dasar

Karakter
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Materi Pembelajaran
Waktu
Sumber
Tehnik
Bentuk Instrumen
Contoh Intrumen
1. 1. Meyakini Adanya Tuhan Yang Maha Esa


Ø        Religius.
Ø        Jujur.
Ø        Toleransi..






Meyakini adanya Tuhan.






























Ø       Mengidentifikasi  contoh contoh perbuatan / sikap yang mencerminkan  sikap meyakini adanya Tuhan.

Ø       Mengidentifikasi atau menyebutkan  tempat suci masing masing agama.

Ø       Menjekaskan  bentuk kehidupan dalam  lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat yang mencerminkan  ketakwaan terhadap Tuhan Yang maha Esa.,



Ø       Mengidentifikasi bentuk  kerukunan  umat  beragama. .

Ø       Membedakan pengertian bersih dengan suci

Ø       Menjelaskan  cirri cirri  orang yang jauh dari  kesucian.






1.1.1.      Menyebutkan contoh sikap yang mencerminkan  sikap meyakini. Adanya Tuhan yang maha Esa.


1.1.2.      Menyebutkan nama tempat suci masing masing agama.
.


1.1.3.      Wujud kehidupan  umat beragama dalam keluarga, sekolah maupun masyarakat yang mencerminkan ketakwaan.







1.1.4.      Mengidentifikasi wujud  tri Kerukunan umat beragama.

1.1.5.      Menjelaskan pengertian Suci.

1.1.6.      Sebutkan beberapa cirri  dari orang yang jauh dari kesucian.



Tes
Tes Uraian
1.           Sebutkan bentuk  sikap atau perbuatan yang mencerminkan   sikap meyakini.

2.           Sebutkan nama tempat suci masing masing agama. .

3.           Sebutkan bentuk sikap /perbuatan yang mencerminkan  ketakweaan dalam lingkungan keluarga, sekjolah dan masyarakat.



4.           Sebutkan  bentuk perbuatan   sebagai implementasi dari tri Kerukunan Umat beragama.
5.           Apa perbedaan pengertian suci  dengan bersih.
6.           Sebutkan cirri cirri dari orang yang jauh dari  kesucian.

3 x Prt

Ø    Buku Pendidikan Berbudi Pekerti Oleh A.TABRANI RUSYAN,DKK
Ø    Buku Ahlak Mulia Oleh;UDI SUKRAMA .S.E.  DKK
Ø    Buku pendidikan Budi Pekerti. Oleh; SrMyriam Sylvia Juniuati. DKK
Ø    Buku yang Relevan

1.2.. Mentaati aaran agama

Ø      Religius.
Ø      Rasa Ingin tahu.
Ø      Peduli lingkungan.
Ø      Tanggung jawab.

Kerukunan hidup  antar umat beragama..

Ø      Menjelaskan pengertian  Kerukunan.
Ø      Menjelaskan tujuan dari kurukunan.
Ø      Menjelaskan upaya untuk menciptakan kerukunan.
Ø      Menjelaskan pengertian keiklasan..

Ø      Menjelaskan atau mengidentifikasi sikap  yang iklas.

Ø      Menjelaskan pengertian bersyukur.

Ø      Mengidentifikasi contoh sikap yang mencerminkan  bersyukur.


1.2.1. Pengertian kerukunan.


1.2.2. Tujuan dari kerukunan.

1.2.3. bentuk bentuk sikap  untuk menciptakan  kerukunan.
1.2.4. Pengertian keiklasan.



1.2.5. Contoh sikap yang mencerminkan  keiklasan.




1.2.6. Pengertian bersyukur.


1.2.7. Contoh perbuatan yang mencerminkan sikap bersyukur.


  1. Jelaskan pengertian kerukunan.
  2. Apa tujuan  dari hidup rukun.
  3. Sebutkan  perbuatan yang mencerminkan kerukunan
  4. Jelaskan pengertian keiklasan.
  5. Sebutkan contoh sikap yang mencerminkan keiklasan.
  6. Jelaskan pengertian  syukur.
  7. Sebutkan bentuk sikap yang mencerminkan   sikap bersyukur
4 x Prt

Ø    Buku Pendidikan Berbudi Pekerti Oleh A.TABRANI RUSYAN,DKK
Ø    Buku Ahlak Mulia Oleh;UDI SUKRAMA .S.E.  DKK
Ø    Buku pendidikan Budi Pekerti. Oleh; SrMyriam Sylvia Juniuati. DKK
Ø    Buku yang Relevan





Sekolah                                   :SMP.
Kelas   /Semester                     : VII / 1
Mata Pelajaran                        : Pendidikan Budi Pekerti.
Standar Kompetensi               : 2. Memahami Potensi Diri

Kompetensi Dasar
Karakter
Materi
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Materi pembelajaran

Tehnik
Bentuk instrumen
Contoh Intrumen
Waktu
Sumber Belajar
2.1. Memiliki rasa menghargai Diri Sendiri
Ø      Religius.
Ø      Jujur.
Ø      Toleransi.
Ø      Disiplin.
Ø      Demokratis.
Ø      Cinta tanah air.
Ø      Bersahabat.
Ø      Cinta damai.
Ø      Peduli Lingkungan.
Ø      Peduli social.
Ø      Tanggung jawab.
 Menghargai Diri  dengan berdisiplin.










 menghargai diri dengan Saling menghormati.


.Berlaku manusiawi.








Ø      Menjelaskan pengertian disiplin.
Ø      Mengidentifikasi upaya untuk  membentuk sikap disiplin.
Ø      Menyebutkan bentuk kedisiplinan yang diterapkan dalam lingkungan sekolah.





Ø      Menjelaskan pengertian menghormati.
Ø      Menjelaskan tujuan menumbuhkan sikap saling menghormati.
Ø      Menjelaskan pengertian manusiawi.
Ø      Siswa menyimakceritera yang mencerminkan sikap manusiawi.
Ø      Pengertian Disiplin.
Ø      Menyebutkan kiat kiat untuk menciptakan atau membentuk sikap disiplin.
Ø      Sebutkan bentuk kedisiplinan yang yang ditanamkan dalam lingkungan sekolah
Ø      Pengertian Menghormati.
Ø      Tujuan sikap saling menghormati.
Ø      Pengertian manusiawi.

Ø      Menyimak ceritera yang mencermninkan sikap manusiawi.
Tes
Tes Uraian
1)      Pengertian disiplin.
2)      Sebutkan usaha atau kiat kiat untuk membentuk kedisiplinan,
3)      Kedisiplinan di sekolah..







4)      Jelaskan pengertian sikap menghormati.
5)      Jelaskan tujuan  sikap saling mnghormati.
6)      Jelaskan pengertian manusiawi.
7)      Buatlah ceritera yang mencerminkan sikap manusiawi.



3 x Prt

Ø    Buku Pendidikan Berbudi Pekerti Oleh A.TABRANI RUSYAN,DKK
Ø    Buku Ahlak Mulia Oleh;UDI SUKRAMA .S.E.  DKK
Ø    Buku pendidikan Budi Pekerti. Oleh; SrMyriam Sylvia Juniuati. DKK
Ø    Buku yang Relevan

;
2.2.  Memiliki Rasa Percaya Diri.

Ø        Religius.
Ø        Jujur.
Ø        Kerja keras
Ø        Mandiri.
Ø        Cinta Damai.
Ø        Tanggung jawab.


2.2.1. Hidup Produktif\

2.2.2. Sikap mandiri.

2.2.3.
Sportif.

Ø      Menjelaskan /menguraikan pengertian produktif.
Ø      Mengidentifikasi  ciri ciri orang yang mandiri.
Ø      Menjelaskan pengertian sportif.

Ø      Pengertian produktif.
Ø      Ciri ciri orang mandiri.
Ø      Pengertian Sportif.
Tes
Tes Uraian
8. Jelaskan pengertian Produktif.

9). Sebutkan ciri ciri orang yang mandiri.

10.). Sebutkan perilaku yang mencerminkan sikap sportif.
1 x Prt

Ø    Buku Pendidikan Berbudi Pekerti Oleh A.TABRANI RUSYAN,DKK
Ø    Buku Ahlak Mulia Oleh;UDI SUKRAMA .S.E.  DKK
Ø    Buku pendidikan Budi Pekerti. Oleh; SrMyriam Sylvia Juniuati. DKK
Ø    Buku yang Relevan



            Mengetahui                                                                                                                      …...…………………Tgl………………………..
            Kepala SMP………………………….                                                                                                                                       Guru Mata Pelajaran pendidikan Budi Pekerti.


   ( _________________________________)     ( ___________________________________ )
            NIP.                                                   NIP.

1 komentar: