Selasa, 14 Agustus 2012

Materi Budi Pekerti kls IX Semester 1

KATA PENGANTAR

    Untuk memberikan arah  pembelajaran , khususnya untuk tenaga pendidik/ guru  dan anak   dalam bidang pendidikan budi pekerti , yang sejak tahun 2006  belum mempunyai pegangan yang tetap , yang disebabkan oleh banyak hal  seperti ; belum adanya panduan  yanga mendukung keberadaan kurikulum sehingga hal ini sangat menyulitkan bagi guru dan murid  untuk menjabarkan  satandar kompetensi yang diisyaratkan dalam kurikulum muatan lokal  tersebut.
    Berlanjut pada perkembangan kurikulum yang berbasik Kompetensi ( KBK ) disempurnakan dan dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP )dan sampai pada kurikulum  yang mengedepankan  karakter bangsa 
     Menyikapi hal tersebut , kami berusaha  untuk berbuat maksimal walaupun dalam keterbatasan untuk  menyususn , menyiapkan  atau mengadakan  buku panduan atau penunjang  yang khusus dipergunakan untuk keperluan sendiri. sebagai harapan agar buku ini dapat bermanfaat  untuk diimplementasikan dalam hidup sehari hari  oleh anak didik kami
    Besar harapan kami  agar buku  penunjang ini bisa memberi tuntunan  dalam mencapai tujuan  sesuai dengan butir butir karakter bangsa. terwujudnya tujuan tersebut tidak terlepas dari peran serta  dan dukungan anggota MGMP Pendidikan Budi Pekerti  kabupaten Jembrana yang berkerjasama dengan penerbit  ” TRI AGUNG “ Denpasar.  Sebagai cerminan dari kesungguhan  secara bersama   untuk mencerdaskan  generasi muda agar memiliki atau mempunyai jiwa  yang didasari atas nilai karakter ;
1. Religius.
2. Jujur.
3. Toleransi.
4. Disiplin
5. Kerja keras.
6. Kreatif.
7. Mandiri.
8. Demokratis.
9. Rasa ingin tahu
10. Semangat Kebangsaan.
11. Cinta Tanah Air.
12. Menghargai Prestasi.
13. Bersahabat /Komunikatif.
14. Cinta Damai.
15. Gemar membaca.
16. Peduli lingkungan.
17. Peduli sosial.
18. tanggung jawab.

        Jembrana. 31 Mei 2012
        MGMP Pendidikan Budi Pekerti.Jembrana.
        Ketua


        ( Nyoman Muriadi S.Ag. )


PENDAHULUAN.

    Masalah lingkungan di Indonesia , sudah merupakan problem khusus dan komplek bagi pemerintah dan masyarakat. Dimana lingkungan lebih banyak bergantung kepada  tingkah laku manusia yang semakin lama semakin menurun  baik dalam kwalitas maupun kwantitas  dalam menunjang kehidupan manusia, ditambah lagi dengan melonjaknya jumlah pertambahan penduduk  yang tidak terkendali dengan baik.  maka keadaan lingkungan menjadi sembraut.

    Berbagai  upaya penggalian sumber daya alam dan pembangunan  industri untuk  memproduksi barang konsumsi  tanpa ada upaya perlindungan terhadap pencemaran lingkungan oleh buangan  yang akan menjadi racun bagi lingkungan hidup dan alam sekitarnya yang mengancam kematian bagi kelangsungan  hidup mahluk.
    Pertumbuhan jumlah penduduk indonesia yang begitu cepat serta tidak di imbangi dengan  pertumbuhan lapangan kerja  dapat menimbulkan   kebrutalan manusia terhadap kelestarian lingkungan demi untuk kelangsungan hidupnya. Keadaan ini akan semakin parah  dan mengkawatirkan karena akan dapat memicu sikap masabodoh.Jadi jelas adanya sikap negatif yang timbul dalam lingkungan kehidupan manusia , sebagai penyebab adanya kerusakan alam dengan segala yang ada di dalamnya. Perbedaan pola hidup orang yang kaya dan miskin , memicu pemborosan  dalam penggunaan sumber daya alam. Kebodohan dan kemelaratan  menyebabkan pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup sehingga mengganggu stabilitas ekosistem.
    Sikap masabodoh umumnya oleh adanya sikap atau bakat individu sendiri dan oleh adanya desakan kebutuhan diluar kemampuan. Akibat desakan itu  terjadilah penjarahan  dan penebangan hutan secara liar , yang diperuntkan untuk lahan pertanian. Sehingga menyababkan siklus hydrologi  tidak berjalan sebagaimana mestinya. Masalah yang muncul dari sikap ini  yaitu menurunnya kemampuan hutan untuk menahan air hujan sebagai air tanah, yang berdampak munculnya dampak yang baru yaitu terjadinya erosi dan banjir. Kadar lumpur pada air sungai menjadi naik , warna air manjadi keruh yang membawa bibit penyakit. Sehingga apa yang kita dambakan dari sungai  yaitu sungai sebagai sumber yang dapat menyediakan air  untuk semua keperluan (  untuk pengairan di sawah ) menjadi  terganggu . Dan akibat yang lain yang muncul  yaitu sulitnya membuat sumur karena kualitas dan kwantitas air tanah menjadi berkurang.
    Penyebab yang lain yang berdampak terhadap kelestarian lingkungan , yaitu kurangnya usaha dan  minimnya pengetahuan untuk  bagaimana caranya  mengendalikan  sampah atau limbah yang berdampak langsung terhadap  kehidupan  manusia dan mahluk lainnya. Perilaku manusia lebih dominan  membawa pengaruh terhadap dapak kehidupan manusia dan mahluk hidup.
    Dengan masalah dan dampak dari perilaku manusia , maka badan dunia telah pula melakukan  usaha dengan menggandeng badan seperti  PBB , untuk mencari / membuat solusi atau gagasan  terkait dengan kerusalan  lingkungan yang berpengaruh  terharap alam  secara global.   

MEMAHAMI DAN MENERAPKAN 
NILAI NILAI KONSEP HUBUNGAN  MANUSIA DENGAN LINGKUNGAN.







Kompetensi dasar ;1.1. Mengelola  Lingkungan  dengan Baik dan                                           Berkelanjutan.

Indikator.          :      1.1.1.Mengelola Lingkungan Alam.
                     1.1.2. Mengelola Sampah.
             1.1.3. Penanganan Sampah.
Nilai Karakter     : Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Semangat kebangsaan,                             Cinta tanah air, Pedili lingkungan, Tanggung jawab.

1.1.1.Mengelola Sumber daya  Alam  .
               A, Pengertian Sumber Daya Alam.
Mahluk hidup yang terdapat  di alam ini , tidak dapat hidup sendiri  sekalipun mereka berada  dalam kelompok sendiri. Mereka memerlukan mahluk hidup yang lain  dan lingkungan sekitarnya untuk menopang kelangsungan hidupnya. Misalnya,  tanaman  bunga dihalaman rumah  agar dapat hidup /tumbuh memerlukan air, tanah, pupuk,  cahaya matahari, CO 2  dan unsur unsur dari dalam tanah  yang merupakan hasil penguraian  sisa tumbuhan dan hewan  yang mati. Segala sesuatu yang dipergunakan  oleh tumbuhan tersebut  dari lingkungannya.  demi kelangsungan hidupnya. Inilah yang disebut dengan sumberdaya alam.Jadi sumber daya alam itu dapat didifinisikan sebagai segala sesuatu  yang berasal dari alam  yang dipergunakan dan dimanfaatkan  untuk kelangsungan hidup  semua mahluk hidup
    B. Jenis Sumber Daya Alam.
         Mahluk hidup memanfaatkan  sumberdaya alam  untuk mendukung kehidupannya . Manusia memerlukan  mahluk dialam ini  yang paling berkepntingan  terhadap sumberdaya alam. Terutama untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya , seperti makanan,  pakaian dan perumahan . Sumber daya alam ada bermacam macam  dan dapat dikelompokkan menjadi  beberapa kelompok sesuai  dengan tujuan  dari pengelompokan tersebut.
1. Berdasarkan Sifatnya..  
    A. . Lingkungan Biotik.
    Yang dimaksud dengan lingkungan biotik adalah segala mahluk hidup yang berada disekitar kita  baik  manusia, hewan dan tumbuhan .Lingkungan ini selalu mengalami perubahan  secara tiba tiba  maupun secara perlahan lahan . Perubahan ini  berhubungan erat dengan  ekosistemnya  yang mempunyai stabilitas tertentu . Manusia sebagai salah satu daya dukung lingkungan, seberapa banyak dapat memanfaatkan lingkungan untuk memenuhi  segala kebutuhannya.karena kerusakan lingkungan  dominan disebabkan oleh manusia  sehingga terjadi  penurunan kwalitas tanah , dan menurunnya kwalitas daya dukungnya. Untuk mengurangi hal tersebut perlu adanya suatu pedoman  untuk mempertahankan kelestarian lingkungan.
1. Manusia hendaknya selalu  memelihara dan memperbaiki
    lingkungan untuk generasi yang akan datang.
2. Sumber alam bumi seperti udara, air, tanah , flora dan fauna harus
   dihindarkan dan diselamatkan  dari pencemaran dan  kerusakan.
3. Dalam pemanfaatan sumber daya alam yang tak dapat diganti
   perencanaan dan pengelolaannya  harus sebaik baiknya.
4. Tindakan yang dapat menimbulkan pencemaran  yang dapat merusak        kesehatan              dan lingkungan  harus dihindarkan.
5. Pembangunan ekonomi  hendaknya ditujukan selain untuk        kesejahtraan umat          juga untuk memperbaiki kualitas  lingkungan.
6. Dalam mengadakan kebijaksanaan lingkungan hendaknya diarahkan        kepada         peningkatan  potensi pembangunan yang akan datang
7. Sebagaian dari hasil pemanfaatan  sumber alam  hendaknya            disediakan         pula untuk memperbaiki lingkungan.
8. Ilmu dan tehnologi dalam penerapannya  harus ditujukan demi         kegunaan  seluruh         umat manusia.
9. Perlu ada pengembangan pendidikan, penelitian  secara ilmiah dalam        masalah         lingkungan.   
    B. Sumber daya alam Non Hayati./Abiotik.
         Sumber daya alam yang bukan berasal  dari mahluk hidup.
         a. Batu batuan,mineral, air dan udara.
         b. Unsur iklim, cuaca dan suhu.
         c. Kelembaban.    
        d. Angin. dsb.
Lingkungan fisik ini berhubungan dengan  mahluk hidup yang menghuninya. misalnya  mineral yang terkandung  dalam tanah  menentukan kesuburan yang berat hubungannya dengan tanaman yang tumbuh diatasnya.  contoh lain lagi misalnya kelembabab dan curah hujan  mempengaruhi penyediaan air  untuk tumbuh tumbuhan , hewan dan manusia.
 2. Berdasarkan kemungkinan Pemulihannya.,
     dapat dikelompokkan menjadi  3.
    A. Sumber Daya Alam yang dapat diperbaharui, yaitu sumber daya alam  yang             keberadaannya dapat  dipertahankan oleh alam maujpun manusia  melalui               budidaya atau peristiwa  alam. Seperti misalnya sebuah pohon  walaupun secara              terus menerus ditebang  tetapi masih dapat diadakan pembibitan  kembali agar              tidak punah. demikian pula seperti yang lainnya.
    B. Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbaharui. yaitu sumber daya alam              yang tidak dapat dibuat /diproduksi kembali oleh alam  maupun manusia .
                yaitu melalui proses alam  yang memakan waktu berjuta juta tahun.
                 Misalnya; besi, batubara, minyak bumi. dll.
    C. Sumberdaya Alam yang tidak pernah habis. walaupun dipergunakan secara              terus menerus . Misalnya; Sinar matahari, angin, udara ( CO2, O2 ).
 3. Berdasarkan potensi penggunaannya,
     untuk pembangunan ekonomi  dapat    dikelompokkan menjadi.
    A. Sumber Daya Alam penghasil Energi.Seperti ; Air, matahari, arus laut. gas bumi,             batu bara,  tumbuhan dan hewan dll.
    B. Sumber daya Alam penghasil bahan baku.. seperti meneral , tumbuhan dan             hewan gas bumi, perairan , tanah dan sebagainya.
    C. Sumber Daya Alam Lingkungan  , seperti udara., perairan, dll.
 I. LATIHAN SOAL.
PILIH SALAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT DIANTARA PERNYATAAN YANG TERSEDIAN DI BAWAH INI.

1.  Segala sesuatu yang berasal dari alam  yang dipergunakan  dan dimanfaatkan            untuk kelangsungan hidup  semua mahluk hidup disebut:.. 
           a).  Sumber kehidupan.
    b).Sumber  kebahagyaan.
    c). Sumber kemakmuran.
    d). Sumber daya alam.
2. Berdasarkan sifatnya  sumber daya alam dapat dibedakan menjadi; ..
    a) 3 bagian.
    b) 5. bagian.
    c).2 bagian,
    d). 4 bagian.
3. Tumbuh tumbuhan adalah salah satu jenis sumber daya alam  yang termasuk         dalam ;
    a). Telepati.
    b). Surapati.
    c). Nabati.
    d). Kodrati.
4. Sumberdaya alam  hayati   adalah dihasilkan dari sumberdaya alam seperti;..
    a). Pohon jagung.
    b) Buah kelapa.
    c). Ikan.
    d). Minyak sawit.
5. Contoh sumberdaya alam yang  non hayati, adalah sebagai berikut,
    a). Kentang.
    b). Buah buahan.
    c). Jagung.
    d). Mineral.
6. berdasarkan kemungkinan pemulihannya  sumber daya alam dapat dikelompokan         menjadi;
    a) 3 bagian.
            b) 5. bagian.
    c).2 bagian,
    d). 4 bagian.
7.Contoh berikut termasuk sumber daya alam yang  tidak dapat         diperbaharui.kecuali;
    a). Besi.
    b). Batubara.
    c). Kayu besar.
    d). Minyak bumi
8. Berdasarkan potensi pengguaannya  untuk kepentingan pembangunan ekonomi ,         sumber daya alaam dapat dikelomp[okan menjadi;
    a). 2. bagian.
    b). 4 bagian.
    c). 5 bagian.
    d). 3 bagian.
9. Sumber daya alam yang tidak habis digunakan walaupun oleh seluruh umat manusia adalah    ; kecuali;..
    a).udara.
    b). Air.
    c). matahari.
    d). Minyak solar.
10 . Berikut termasuk sumber daya alam yang menghasilkan energi adalah.
    a). Arus air,
    b). Batu bara.
    c).Gas bumi.
    d). batukali.
II. ESSAY.

1. Apa yang dimaksud dengan sumberdaya alam ?.
    Segala sesuatu  yang berasal dari alam  yang dipergunakan dan dimanfaatkan  untuk   
     .kelangsungan    hidup  semua mahluk hidup

2. mengapa tumbuhan dan hewan termasuk   sumberdaya alam  yang dapat         diperbaharui. ?.
    Karena keberadaannya dapat  dipertahankan oleh alam maupun manusia  melalui   
    budidaya atau peristiwa  alam.
3. Apa akan terjadi  jika tumbuhan dalam rantai makanan  tersebut kekurangan air.
     Perkembangannya tidak sempurna  dan lambat laun pasti akan mati,.
1.1.2. MENGELOLA     AN SAMPAH.
        Pengertian Sampah.
              Sampah adalah salah satu penyebab  tidak seimbangnya lingkungan hidup.  yang umumnya terjadi dari komposisi  sisa makanan , daun daun,  kain bekas, kertas, karet plastik, tanah dan lain lain. Bila dibuang dengan cara ditumpuk  demikian saja akan menimbulkan bau  dan mengeluarkan gas   yang berbahaya bagi kesehatan manusia.
    Bila dibakar  akan menimbulkan pengotoran udara , apalagi bila yang terbakar itu bahan bahan sintetis  lainnya  yang jenisnya  telah banyak  muncul akibat perkembangan  peradaban. Selain itu tradisi membuang sampah  disungai di kali  dapat mengakibatkan pendangkalan   yang begitu cepat,  yanag menyebabkan banjir.
Sampah industri  yang kebanyakan mengandung  zat zat beracun  akan lebih mengganggu kesehatan  masyarakat jika dibuang sembarangan. 
Sampah rumah tangga seyogyanya  dilakukan secara tyertib  dengan menyediakan tempat sampah.
                  


A. Sumber Sampah.
1.  Sampah Pemukiman.    
      Umumnya sampah rumah tangga  berupa sisa pengolahan makanan, bekas                   perlengkapan      rumah tangga seperti; kertas, kardus, gelas,sampah kebun
       atau halaman.
2.  Sampah dari pertanian atau perkebunan.
      Sampah dari pertanian tergolong sampah organik seperti jerami dan sejenisnya.           Sebagaian  besar sampah yang dihasilkan selama musim panen dibakar atau               dimanfaatkan    untuk   pupuk. Untuk sampah bahan kimia seperti pestisida dan               pupuk       buatan perlu perlakuan  khusus agar     tidak mencemari lingkungan.
3.   Sampah dari sisa bangunan dan Kontruksi  gedung.
        Sampah yang berasal dari  bekas bangunan, bisa berupa bahan organik maupun              anorganik.      Sampah organik misalnya ; kayu / triplek , bambu. dan sampah              anorganik; semen, pasir,       batu bata, ubin, besi ,kaca dan kaleng.
4 .   Sampah dari Perdagangan dan Perkantoran.
        Sampah yang berasal dari hasil perdagangan seperti;  toko dan pasar tradisional ,
         warung , swalayan yang terdiri dari kardus, pembungkus kertas dan bahan organik,                termasuk sampah  makanan  dari restoran.
5.   Sampah dari Industri.
       Sampah ini berasal dari seluruh rangkaian proses   ( bahan bahan kimia / potongan                bahan)           keperluan dan  pengemasan produk  ( kertas, kayu, plastik, kain /lap                     yang jenuh dengan          pelarut untuk pembersih ) Sampah industri yang                  penuh dengan baha kimia memerlukan          perlakuan kusus karena akan  dapat                merusak ekositem lingkungan.
           
B. JENIS SAMPAH.

    Berdasarkan asalnya , sampah dapat di golongkan  sebagai;    

     1. Sampah Organik.
          terdiri dari bahan  penyusun tumbuhan  dan hewan  yang diambil dari alam  atau dihasilkan dari kegiatan pertanian , perikanan atau yang laiinnya Sampah ini dengan mudah diuraikan  dengan proses alami . sampah rumah tangga sebagian besar  merupakan bahan organik , misalnya sampah dari dapur, sisa tepung, sayuran, kulit dan daun.

    2. Sampah Anorganik.
             Berasal dari sumberdaya alam tak terbarui   seperti mineral dan minyak bumi , atau dari proses industri . beberapa dari bahan ini  tidak terdapat dialam seperti plastik dan aluminium. Sebagai sat organik  secara keseluruhan tidak dapat diuraikan  oleh alam. Sedang sebagian lainnya  dapat diuraikan dalam waktu  yang sangat lama. Sampah jenis ini  berupa Botol, botol plastik, tas plastik dan kaleng.

3.Sampah khusus/ sampah metal.
        Sampah yang memerlukan penanganan khusus  untuk menghindari bahaya yang akan  ditimbulkannya. misalnya sampah rumah sakit, merupakan sampah biomedis . Sampah bateri berasal dari sampah rumah tangga , yang mengandung logam berat . Kogam ini sangat berbahaya  bagi kesehatan . sampah bateri , bola lampu, pelarut dan cat sat kmimia pembasmi  hama  dan penyakit tanaman seperti pestisida, sampah dari kegiatan pertamabangan  dan explorasi minyak  serta bahan lain , harus diperlakukan seperti sampah khusus , karena mudah meledak.

 C.  MENGELOLA  SAMPAH
     Ahir ahir ini sering terdengar masalah sampah yang sangat pelik. terlalu banyak dan menyebabkab terjadinya penumpukan sampah yang sangat banyak.   maka dari itu kita harus melakukan penanganan terhadap sampah , dengan menekan  penggunaan bahan yang berasal dari unsur anorganik. Upaya yang mengarah  ke arah itu  hanya untuk sampah yang dapat dikatagorikan sebagai sampah anorganik, sampah tersebut  dengan 4 R. yaitu;

1. Retting artinya mengumpulkan sampah.
    jangan biarkan sampah mengotori
    lingkungan kita. bahwa sampah itu kita pungut dan menempatkannya menjadi          sekumpulan sampah  agar tidak berserakan  dan tidak mengganggu kenyamanan .
2. Reduse  ( mengurangi.) artinya; Memilih benda yang tahan lama yang bisa
     digunakan lebih dari 1 kali. Yaitu memanfaatkan kembali bekas pembungkus untuk
    hal yang sama.
3. Reuse ( Menggunakan kembali ) artinya; Tindakan memaksimalkan kegunaan suatu
     barang, Tindakan menggunakan barang ada  dua typa yaitu; 1. Menggunakan barang
      tersebut dengan fungsi aslinya.typa yang ke 2. menggunakan kembali suatu barang
     dengan fungsi berbeda dengan fungsi sebelumnya.
4. Recicle ( mendaur ulang ) tindakan mengubah bentuk barang  yang sudah tidak
    terpakai  menjadi barang baru dan dapat digunakan . Proses daur ulang biasanya
     dimulai dengan menguraikan menjadi lebih kecil  kemudian dibentuk menjadi          sesuatu     yang baru dan ada juga proses daur ulang yang dilakukan oleh pabrik.          contohnya     mendaur ulang kertas dan plastik.

A. PILIH SALAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT DIANTARA                  PERNYATAAN YANG TERSDEDIA DIBAWAH INI.

1. Ketidak mampuan suatu wilayah  atau daerah terhadap tumpukan sampah  yang          mengakibatkan  kualitas tanah menjadi rusak. dalam ilmu ekologi dapat disebut dengan;
    a). Asimilasi.
    b). Sanitasi.
    c). Exploitasi.
    d). Pencemaran lingkungan.
2. Yang bukan menjadi  penyebab pencemaran lingkungan adalah;
    a). Tumbuhnya industri.
    b). Pertumbuhan penduduk yng terlalu cepat.
    c). Perkembangana tenhnologi.
    d). Tumbuhnya keasadaran masyarakat untuk mengelola sampah.
3. Perkemembangan tehnologi dapat merusak sumber  alam yang berguna bagi kesehatan         manusia. yang tidak termasuk dalam sumber abiotik adalah;
    a). Air.
    b). Udara.
    c). Tanah.
    d). Tumbuhan.
4. Pencemaran air  yang berasal dari limbah rumah tangga adalah;
    a). Pencemaran oleh pestisida.
    b). Pencemaran oleh Sampah.
    c). Pencemaran  oleh asap kendaraan.
    d). Pencemaran limbah kamar mandi.

5. Berikut ini dapat disebut sebagai sampah organik.
    a). Daun Daunan.
    b). Kertas koran.
    c). Kulit Telur.
    d). Kardus.
6. Bukan berasal dari sampah pemukiman
    a). Kulit buah.
    b). Kaleng bekas.
    c). Sayuran.
    d). Sisa makan.
7. Bukan limbah dari  pertanian.
    a). Jerami.
    b)  Pestisida.
    c). Pupuk kimia.
    d). Oli.
8. Tempat untuk menyerap sisa limbah cair.  dapat disebut dengan;
    a). Bio Fori
    b). Bioskop
    c). Bio Nic.
    d). Bio Gas

9. Sampah yang mudah diuraikan secara alami.
    a). kardus.
    b). Kalemnh bekas.
    c). Oli bekas.
    d). Sisa makanan.
10. Sampah Anorganik  adalah sampah yang sulit diurai .kecuali;
    a). Arbhot
    b). kaleng susu.
    c). Pembalut wanita.
    d). batok kelapa..

II. ESSAY.

1.  Sampah dapat mencemari lingkungan. jelaskan pendapatmu !.
2. Jelaskan macam penyakit yang dapat ditularkan melalui sampah ; ....
3. Sebutkan dan  Jelaskan  tehnik pengolahan sampah’ ...
4. Sebutkan contoh sampah menurut sumbernya; ..
5. Jelaskan dan berikan  satu contoh pemanfaatan  kembali sampah..
 1.1.3. PENANGANAN SAMPAH.

    Sampah sebagai produk buangan  . yang dapat mengancam dan mengganggu kelestarian lingkungan. Karena disamping menimbulkan bau yang sangat menyengat , juga mengganggu kesehatan  serta merusak ekosistem. Oleh karena itu pemerintah  dan masyarakat  tentunya harus tanggap dan memikirkan  bagaimana dan apa yang harus kita lakukan agar masalah sampah dapat teratasi. 
    Untuk didaerak atau lingkungan perkotaan , masalah sampah mungkin sudah menjadi  bagian  atau masalah sosial, karena berdampak kepada seluruh lapisan masyarakat. Sehingga mau tidak mau , kita hurus dengan kesadaran  bagaimana caranya mengatasi masalah sampah ini. Sehingga anak, cucu atau siapapun  dihari nanti dapat menikmati keadaan yang lebih baik , lebih nyaman dari hari ini.
    Untuk sementara  hal yang bisa diandalkan untuk mengatasi masalah sampah  ada beberapa hal. Minimal usaha ini dapat mengurangi . walaupun tidak berdampak memuaskan; diantaranya ;

1. Untuk Kompos.
    Sampah dapat didaur ulang untuk  dijadikan kompos. proses  pembentukan  kompos  dilakukan oleh mikro organisma .Jenis sampah yang dapat dipergunakan adalah sampah organik.  Upaya yang lain untuk mengajak masyarakat  bagaimana caranya agar mau secara bersama dan sadar  belaku hidup bersih , yaitu dengan mengadalah lomba kebersihan lingkungan. harapannya agar masyarakat terbiasa   untuk  hidup bersih dan sehat.

2. Untuk pakan Ternak.
     Sampah organik yang berasal dari  limbah rumah tangga , seperti daun daunan, Kulit pisang, atau sisa hasil pertanian seperti jerami, tangkai sayuran, ampas tebu, buah buahan, dedaunan dapat dimanfaatkan untuk makanan ternak

3. Untuk pendaur ulang..
    upaya ini untuk mengurangi sampah dan menghemat  sumber dayaalam. . Sampah logam yang berasal dari rongsokan  dapat dioleh menjadi bahan yang baru. sampah metal seperti  botol/kaca dapat diolah menjadi yang baru. juga bahan tersebut dapat diolah menjadi barang hiasan .
Sampah plastik  diolah menjadi produk plastik seperti, untuk pigura, penggaris, kantong plastik, tas, pot, dsb.
Penggunaan ulang ( Reuse ) sampah dapat dilakukan  terhadap sampah anorganik, bahan keras dan metal. Misalnya kaleng bekas roti digunakan untuk tempat gula. dsb.

4. Untuk Industri.
    Selain menghasilkan  output yang berguna , industri juga menghasilkan sampah  sebagai hasil samping dari produknya. baik dalam  bentuk padat, cair maupun gas. pengolahan sampah industri ini semata untuk menghemat bahan baku dan sumberdaya alam
5. Biogas.
    pengelolaan sampah  yang terarah dan menguntungkan , berupa biogas dengan memanfaatkan sisa sisa / sampah organik  yang diolah menjadi gas , dan bermanfaat untuk  pengganti kayu bakar atau minyak. Biogas sebagai  hasil dari proses pembusukan  sampah organik.

6. Dll.

I.  PILIH SALAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT DIANTARA PERNYATAAN         YANG TERSEDIA DI BAWAH INI.

1.  Bentuk kemasan yang baik yang dapat diolah menjadi  kompos adalah ;
    a). Kaleng .    b). Daun.     c). Kertas.     d). Plastik.
2. Pengolahan sampah yang dapat diolah menjadi Biogas bersumber dari.
    a).Limbah industri.        b) Limbah Dapur.
    c) Limbah Rumah sakit.     d) Limbah  meble.
3. Menggunakan kembali bekas kemasan untuk   fungsi yang lain dapat disebut dengan;
    a). Resycle.    b).Reduce.    c). Reuse.,    d).Repair.
4. Yang bertanggung jawab terhadap  kemasan hasil olahan suatu produk . adalah;
    a). pemerintah.     b). Industri.    c). Masyarakat.     d). Pasar.
 5. Sampah yang diolah menjadi kompos hasilnya dapat digunakan untuk.;
    a) menghasilkan Biogas.    b). Pemupukan tanaman.
    c). Bahan Industri.        d). pengganti Minyak.
6. Sampah yang diolah menjadi pakan ternak adalah.
    a). Organik.    b). Anorganik.         c). Sampah metal.    d). Sampah industri.
7. jerami yang telah dipermentasi sebagai pakan ternak  merupakan sampah dari;
    a. pertanian.    b) Rumah Tangga. c). Industri Perkebunan.  d). Industri Minyak
8. Mendaur ulang sampah menjadi barang yang baru. dapat disebut dengan.
    a). Resycle.,    b).Reduce.    c). Reuse.    d).Repair.
9. Menggunakan secara berulang ulang sampah anorganik , atau menggunakan dengan fungsi yang lain disebut dengan;
    a). Resycle.    b).Reduce.    c). Reuse.,    d).Repair. 
10. Hasil samping olahan industri tahu berupa bahan padat dapat dipergunakan untuk;
    a). Minyak desel.    b. Pakan ternak.    c. sayuran.    d. jajan.

II. ESSAY.
1.  Sebutkan beberapa keuntungan jika kita mampu  mengolah sampah  menjadi          biogas....
2.  pemanfaatan sampah organik sangat berguna untuk tanaman. dimana          keuntungannya jika dibandingkan dengan pupuk kimia ( Pupuk Urea ); ....
3. Keuntungan apa saja  yang dapat kita ambil  dari sistem pengompsan; ....



          Kompetensi dasar ;  1.2. Melestarikan   Lingkungan  Alam dengan Baik dan                                                        Berkelanjutan.
Indikator.         :  1.2.1.Melestarikan Sumber Daya Alam.
                        1.2.2. Melestarikan Lingkungan Pisik.

Nilai Karakter ;     Kerja keras, Kreatif, Cinta tanah air,  Pedujli lingkungan,                             Tanggung jawab.



1.2.1.. Pelestarian Sumber Daya Alam

          1. Pengertian Pelestarian  Sumber Daya Alam.

          Menurut UU RI  No; 5 Tahun 1990, Tentang  pengelolaan sumber daya alam yang tak terbarui  untuk menjamin pemanfaatannya  secara bijaksana  dan sumber daya alam yang terbarui  untuk menjamin kesinambungan  tersedianya dengan tetap memelihara dan meningkatkan kualitas nilai serta keanekaragamannya.
Pelestarian sumber daya  alam merupakan  usaha ujntuk melindungi pemanfaatan sumber daya alam  secara berlebihan tanpa mempertimbangkan  akibat bagi keberadaan  sumber daya alam itu sendiri dan bagi manusia. Hal ini disebabkan karena sumberdaya alam dan  ekosistemnya mempunyai keterbatasan  dan kemungkinan untuk rusak dan punah. Jika terjadi kepunahan  dan kerusakan sumber daya alam  akan menyebabkan kerugian besar bagi manusia  

          2. Tujuan Pelestarian Alam.

           Sumber daya alam merupakan modal dasar  yang diberikan Tuhan  agar manusia dapat mempergunakannya  untuk memenuhi keperluan hidupnya , namun agar generasi yang akan datang  tetap mendapatkan hak nya  untuk memanfaatkan sumber daya alam ini. Pemanfaatan hendaknya diatur  agar tidak berlebihan  dan semua orang secara adil  dapat memanfaatkannya. Pelestarian sumber daya alam ini  bukan berarti melarang penggunaannya  tetapi untuk melindungi sumber daya  alam tersebut dari kepunahan.
   
         Sumberdaya alam mempunyai beberapa nilai penting,  seperti; Nilai Ekologis, Biologis, Ekonomis  dan Sosial Budaya. Oleh karena itu sumber daya alam perlu dilindungi  kelestariannya, dengan cara  dibuatkan daerah konsevasi , seperti Taman Nasional, Suaka Margasatwa, hutan lindung,  ataupun kebun binatang. Tujuan dari pada  perlindungan  sumber daya alam adalah;

a). Terwujudnya fungsi  yang optimal  tiap kawasan konservasi.

b). Meningkatnya pemanfaatan  tumbuhan , satwa, jasa wisata,  dan lain lain           yang   terkendali untuk kepentingan  pembangunan.

c). Terkendalinya populasi satwa  dan tumbuhan  liar,  baik di dalam maupun           di kawasan   perlindungan

        3. Usaha Pelestarian Sumber Daya Alam.

           Sejalan dengan strategi konsevasi dunia  yang dikeluarkan oleh IUCN  tahun 1980. Indonesia mendeklarasikan Strategi Konsevasi Indonesia, yang tertuang dalam UU No, 5 tahun 1990;

1. Perlindungan sitem penyangga  kehidupan  meliputi usaha  dan         tindakan         sebagai         berikut.;

    A. Perlindungan daerah pegunungan yang berlereng curam.dengan                    membentuk hutan lindung dan pembuatan terasering ( sengkedan )

    B. Perlindungan wilayan Pantai  dengan mengelola secara terkendali                    daerah bakau     dan  hutan pantai serta daerah hamparan karang.

    C. Perlindungan Daerah Aliran Sungai , Lereng perbukitan dan Tepi                    Sungai, Danau      dengan mengelola secara  terkendali.
        D. Pengembangan daerah aliran sungai  termasuk kawasan daerah                             perlindungan     sesuai dengan rencana  pengembangan secara                          menyeluruh.
        E.  Perlindungan daerah Hutan yang luas di Taman Nasional , Suaka                       Margasatwa,dan Cagar Alam.
        F.   Perlindungan tempat yang memiliki nilai unik , keindahan alam  yang                   sangat      menarik  atau ciri khas alam atau budaya daerah . 
        G.  Mengadakan analisis menganai dampak lingkungan ( AMDAL ) sebagai                   Syarat     mutlak  untuk melaksanakan semua rencana  kegiatan                        pembangunan kehutanan   yang menimbulkan dampak  negatif terhadap                    lingkungan.

2.  Pengawetan Keanekaragaman jenis Tumbuhan  dan Satwa  beserta          Ekosistemnya.
        A. Pengawetan di daerah Kawasan . Kegiatannya dilakukan dalam bentuk                  kawasan Suaka Alam dan kawasan Pelestarian Alam  , dengan tujuan                       menjaga     keutuhan  jenis tumbuhan dan satwa , serta agar proses                      ekosistem berjalan secara alami , Semua jenis Satwa dan Tumbuhan  serta                  ekosistemnya  di kawasan Suaka Alam dan Kawasan Pelestarian Alam  di                   lindungi. 
        B.  Pengawetan diluar kawasan.  Kegiatannya dilakukan dengan cara                       melakukan pemeliharaan  dan budidaya  jenis jenis flora  dan fauna  yang                              terancam punah.
        C.  Pengawasan . Untuk mengefektifkan kegiatan , pengawetan                           keanekaragaman  jenis tumbuhan  dan satwa . Dilakukan pengawasan                   perdagangan  dan ekspor tumbuhan dan satwa.
3. Pemanfaatan secara Lestari Sumber Daya Alam  Hayati dan Ekosistemnya .
         A. Pemanfaatan lingkungan kawasan  pelestarian  alam untuk rekreasi ,                  pariwisata , penelitian dan pendidikan.
         B. Pemanfaatan Tumbuhan  dan Satwa liar  secara terkendali.



I.  PILIH SALAH SATU JAWABAN HYANG PALING TEPAT DIANTARA                 PERNYATAAN YANG TERSEDIA DI BAWAH INI.

1. Semua benda hidup ataupun mati serta seluruh kondisi  yang ada didalam ruang  yang kita tempati dapat disebut dengan,
    a). Kondisi.
    b). Lingkungan.
    c). Area
    d). Dataran.
2. Sikap berikut  mencerminkan sikap disiplin  dan tidak mengabaikan hidup bersih dan sehat..        a).Membuang putung rokok sembarangan.
    b).Merokok ditempat umum.
    d). Buang air besar di kali.
    d). Mengumpulkan  sampah plastik menjadi satu.

3.Tindakan sekecil apapun  yang kita lakukan dapat memberi pengaruh terhadap pelestarian dan kesehatan. seperti contoh;
    `a). membuat hujan buatan.
    b). Melakukan reboisasi,.
    c). menanam hutan bakau pada didaerah pesisir pantai.
    d). Menanam bunga dalam pot.
4. Limbah rumah tangga yang dapat membunuh cacing  sebagai pengurai;
    a). Sisa makanan.
    b. Sisa minuman.
    c). Sisa / limbah deterjen.
    d) Limbah Wc.
5.  Kebersihan air sumur  harus memenuhi ketentuan  jarak minimal antara  sumur dan kamar mandi,   
    a). 5 meter.
    b. 7 meter.
    c). 10 meter.
    d). 3 meter.
6. Untuk meminimasir pencemaran limbah  Wc, Tindakan yang tidak mencerminkan  kepedulian terhadap kesehatan adalah;
    a). membuatkan spitenk.
    b). Menguras limbah.
    c). Mengalirkan ke kali / sungai.
    d. Pernyataan a dan b tidak di benarkan.
7. Genangan air dapat menjadi sarang nyamuk sebagai  sumber penyakit.kecuali; ...
    a). Malaria.
    b) Kangker.
    c. Demam berdarah.
    d). Muntaber.
8. Rumah yang sehat tidak  harus memiliki syarat seperti .
    a). Adanya tumbuhan  disekitar pekarangan.
    b). Harus ada pentilasi sebagai bagian silkulasi udara.
c). Ada pencahayaan.
    d). Ber Ac.
9. Untuk menjaga kepunahan species tertentu dapat dilakukan dengan hal seperti berikut, kecuali; ....
    a). Mengawetkan benda tersebut sebagai bukti bahwa itu pernah ada di                      daerah tersebut.
    b).Melarang perburuan terhadap  satwa disekitar  daerah tersebut.
    c). Membangun taman marga satwa di dfaerah tersebut.
    d). memberikan sangsi yang berat terhadap pelaku pelanggaran.
10.Memanfaatkan sumber daya alam hayati  adalah untuk hal seperti berikut. kecuali; ..
    a). Untuk rekreasi.
    b). Untuk Penelitian.
    c). Pariwisata,
    d). Untuk TPA.

II. ESSAY.

1.  Jelaskan pengertian sumberdaya alam. ...
2. Jelaskan tujuan pelesterian sumberdaya alam.
3. Sebutkan usaha usaha pelestarian  sumberdaya alam....
4. Untuk melindungi keberadaan jalak putih dari kepunahan, menurut pendpatMu          apa yang harus dilakukan.jelaskan; ...
5. Bagaimana pengaruh  pertambahan penduduk  terhadap kelestarian lingkungan...

1.2.2.    PELESTARIAN LINGKUNGAN FISIK.

    Dewasa ini banyak masyarakat mengeluhkan  tentang kondisi lingkungan fisik yang sudah  sangat mengkawatirkan. hal ini tentu karena ulah manusia yang dengan semena mena dan tidak bertanggung jawab , tanpa memikirkan dampak yang ditimbulkannya. Pemalakan atau perabasan hutan dihulu misalnya , berakibat  kurang tersedianya air, yang berdampak  luas terhadap aspek kehidupan .Petani  merasa sangat terpukul karena semua aktifitas dan kegiatannya berhubungan dengan air. Mulai dari dampak inilah mari kita semua memikirkan  dan berbuat  bagaimana upaya kita untuk  mengembalikan kejayaan  petani agar secara maxsimal dapat memanfaatkan lingkungan disekitarnya;

A. Pelestarikan tanah  .
    bencana tanah longsor  dan banjir menunjukkan  peristiwa yang berkaitan dengan masalah tanah. Banjir telah menyebabkan pengikisan lapisan tanah oleh aliran air yang disebut erosi  yang berdampak kepada hilangnya kesuburan tanah dan terkikisnya  lapisan tanah dari permukaan bumi.Tanah longsor disebabkan  karena tidak ada lagi unsur  yang menahan lapisan tanah pada tempatnya. sehingga  menimbulkan kerusakan .Tentu ini sangat membahayakan kelangsungan  hidup mahluk . untuk mengatasi masalah  ini tentu dapat dilakukan beberapa alternatif.
1. Melarang penebangan .
2. Melakukan reboisasi /penghijauan kembali.
3. Melakukan terasering pada tanah yang miring
4. dll.

B. Pelestarian Udara.
    Udara sebagai unsur fital  bagi kehidupan . setiap organisma memerlukan udara untuk bernafas. Dengan demikian  kebersihan udara  sangat menentukan kesehatan. Dalam udara itu mengandung berbagai gas  dan oksigen contohnya. Udara yang kotor karena debu  ataupun asap  sisa pembakaran menyebabkan  kadar oksigen berkurang , dan hal ini sangat membahayakan bagi kelangsungan hidup . Maka perlu diupayakan tindakan riil  untuk menjaga kesegaran udara , agar tetap bersih , segar dan sehat.Upaya yang dilakukan untuk menjaga  agar udara tetap bersih  den sehat ;
1. Menggalakan penanaman  pohon  ataupun tanaman hias  disekita kita, untuk             menyerap gas         yang membahayakan bagi kesehatan manusia.
2. mengupayakan pengurangan emisi  atau pembuangan gas  sisa pembakaran. Baik         pembakaran hutan maupun hasil buangan mesin. Hal ini sebagai penyumbang              terbesar         dalam pencemaran udara.
3, mengurangi atau menghindari pemakaian  gas kimia  yang dapat merusak lapisan         oson.
C. Pelestarian Hutan.
    Eksploitasi hutan  yang berlangsung secara terus menerus , menyebabkan kawasan hutan menjadi rusak . Pembalakan liar  yang dilakukan manusia  penyebab utama terjadinya kerusakan hutan. Padahal hutan sebagai penopang kehidupan di bumi. . Karena hutan bukan hanya  menyediakan bahan pangan, namun juga mengasilkan oksigen.

Upaya yang dilakukan untuk  melestarikan hutan;
1. Melakukan penanaman kembali hutan yang gundul.
2. Melarang pembabatan hutan secara sewenang wenang.
3. Menerapkan sistim tebang pilih  dalam menebang hutan.
4. Menerapkan sitem tebang tanam  dalam penebangan hutan.
5. Memberikan sangsi yang berat  terhadap mereka yang melanggar aturan.

D. Pelestarian laut dan pantai.
    sama seperti hutan , bahwa laut sebagai  sumber daya yang potensial . Kerusakan biota laut dan pantai  banyak disebabkan karena ulah manusia . contohnya pengambilan pasir pantai , karang laut, pengerusakan hutan bakau , sebagai ulah manusioa yang mengancam  kelestarian laut dan pantai. Terjadinya abrasi  mengancam kelestarian pantai , karena hilangnya hutan bakau  disekitar pantai  sebagai pelindung alami terhadap gempuran  ombak.
Upaya untuk pelestarian pantai adalah;
1. Melakukan reklamasi  pantai dengan menanam  kembali tanaman  bakau diareal         sekitar    pantai.
2. Melarang pengambilan batu karang  yang ada disekitar pantai  maupun sekitar laut ,          karena         karang merupakan habitan ikan dan tanaman laut.
3. Melarang pemakaian bahan peledak  dan bahan kimia lainnya  dalam mencari ikan.
4. Melarang menggunakan pukan harimau  untuk mencari ikan. 

E. Pelestarian Flora dan fauna.
Kehidupan di bumi sebagai sistem ketergantungan antara  manusia, hewan dan tumbuh tumbuhan. Terputusnya mata rantai ini akan mengakibatkan terganggunya  kehidupan. Oleh karena itu , kelestarian flora dan fauna  merupakan hal yang mutlak  diperhatikan demi kelangsungan hidup manusia . Upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga  kelestarian flora  dan fauna diantaranya;
1. Mendirikann cagar alam  dan Suaka margasatwa.
2. Melarang perburuan liar. .
3. menggalakan kegiatan penghijauan.

I. PILIH SALAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT DIANTARA    
   PERNYATAAN    DIBAWAH INI.

1. Keberadaan lingkungan fisik  dewasa ini sedah sangat  memprihatinkan. faktor         utama  penyebab kerusakan tersebut adalah;
    a). Hewan.
    b). Manusia.
    c). Bencana.
    d. Banjir.
2. Sebagai unsur utama dalam kegiatan pertanian adalah;
    a). Air.
    b). Traktor.
    c). Spreyer.
    d). Uang.
3. Penghikisan lapisan tanah  yang disebabkan oleh banjir dapat disebut dengan; ..
    a). Sanitasi.
    b). Erosi,
    c). Reaksi.
    d). Eksploitasi.
4. Upaya yang dapat dilakukan untuk pelestarian tanah adalah; kecuali...
    a). Melarang penebangan.
    b). Melakukan penghijauan kembali.
    c). Melakukan terasring.
    d). Mengoptimalkan  galian C.
5. Udara menjadi kebutuhan setiap mahluk hidup. Yang dapat menjadi sumber pencemaran udara;...
    a). Hutan yang gundul.
    b). Tanah longsor.
    c). Asap pabrik.
    d). Pupuk kimia.
6. Alternatif  untuk mengurangi dampak pencemaran udara  adalah. kecuali; ...
    a). Tetap merokok.
    b). Membuat tanaman hias.
    c). Mengurangi penggunaan sepeda motor.
    d). Mengurangi pemakaian gas kimia.
7. Exploitasi hutan berdampak  terhadap ;
    a). Pelestarian hutan.
    b). Pelestarian marga satwa.
    c). Kerusakan hutan.
    d). Melestarikan cagar budaya.
8. Menerapkan sistem tebang pilih adalah sebagai upaya ;...
    a). Melestarikan lingkungan.,
    b). melestarikan tanah.
    c). Melestarikan hutan.
    d). Melestarikan marga satwa.
9. Memberikan sangsi yang berat  diberikan kepada mereka tersangkut masalah; ....
    a). Peremajaan hutan.
    b). Pengelola hutan.
    c). Penjaga hutan.
    d). penjarah hutan.
10. Hutan  perlu dijadikan pilihan  untuk rekreasi; ...
    a). Kemah pramuka.
    b). berburu.
    c). Mencari kayu.
    d). Mencari madu.
11. Pencurian pasir laut  adalah menjadi  penyumbang pertama  terhadap kerusakan pantai,
    a). Reklamasi.
    b). Aklamasi.
    c). Abrasi.
    d). Multilasi.
12. Berikut adalah tidak berhubungan dengan pantai.
    a)  Hutan Bakau.
    b).Rumput laut.
    c). Abrasi.
    d). Erosi.
13. Berikut adalah bukan sebagai sumber air limbah rumah tangga; ....
    a). Kamar mandi.
    b). Tinja.
    c). Hujan / banjir.
    d). Sampah
14. Yang bukan menjadi sumber pencemaran udara;
    a). Asap kendaraan.
    b). Rumah kaca.
    c). Asap pabrik.
    d). Percobaan nuklir.
15. Unsur utama yan g membentuk tanah adalah; ...
    a). Air.
    b). Udara.
    c). Humus.
    d). Mineral.
16. Faktor yang mempengaruhi kerusakan tanah ; ...
    a). Manusia.
    b). Organisma.
    c).  Hewan.
    d). Tumbuhan.
17. Berikut ini bukan faktor manusia yang menyebabkab kerusakan hutan; ....
    a). Pemalakan hutan.
    b). pengalihan fungsi hutan.
    c). Reboisasi.
    d). Pemanfaatan hutan  secara berlebihan.
18, Sikap berikut bukan cerminan Pelestarian flora dan fauna ; ....
    a). Mendirikan cagar  alam.,
    b). Melarang perburuan liar,
    c). Menggalakkan  penghijauan .
    d) Melakukan Pembakaran hutan .
19. Komponen biotik  berdasarkan fungsinya, kecuali;...
    a). Agen,
    b). Produsen..
    c) . Konsumen.
    d). Pengurai.
20. Kegiatan manusia yang berimbas terhadap kerusakan hutan adalah; .....
    a). Ilegalloging.
    b). Perkemahan.
    c). Reboisasi.
    d). Pendakian.

II. Essay.

1.  Menurut pendapatmu apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan kesuburan tanah; ....
2.  Sebutkan  sumber sumber yang menjadi penyebab pencemaran udara; ....
3.  Melihat kondisi hutan saat ini sudah sangat mengkawatirkan, bagaimana dan apa yang          harus dilakukan  untuk mengenang kembali kejayaan petani  dimasa lampau.; ....
4. Dengan melihat bencana yang menimpa umat manusia , bagaimana  keterkaitan antara           kelestarian lingkungan dengan  bencana itu sendiri; ...
5. Terputusnya mata rantai  menyebabkan terganggunya  kehidupan. Menurut pendapatmu         bagaimana jika hewan pemangsa ( singa, harimau ) kita putus perkembangannya; ....

Kompetensi dasar     ;1.3. Memanfaatkan  Sumber Daya Alam.

Indikator.        ; 1.3.1. memanfaatkan Sumber Daya Alam.
                      1.3.2. Memanfaatkan Lingkungan Fisik Untuk                                 pembangunan.
                             1.3.3. pembangunan di bidang Pertanian
                            1.3.4. Pembangunan di Bidang Pariwisata.
Nilai Karakter          ; Kerja keras, Cinta tanah air, Peduli                                           lingkungan.Tanggung jawab.
1.3.1. A. Manfaat Sumber Daya Alam.

        Sumber alam sangat penting  bagi keperluan hidup  Sumber alam terdiri dari  sumber alam biotik  seperti tumbuh tumbuhan dan hewan  dan sumber alam abiotik , seperti air, tanah , meneral dan bahan gbahan galian lainnya.Dalam hal ini terdapat sumber daya alam  yang renewable ( bisa diganti atau dipertahankan ) seperti sumber alam hayati. ( air, udara , panas bumi, tenaga matahari , ) dan sumber alam yang Non renewable  ( habis dipakai / tak dapat diganti ). seperti minyak bumi , batubara, dan mineral lainnya.   
        Untuk sumber sumber alam yang tak bisa diganti , hendaknya dalam enggunaanya  diusahakan sehemat dan seefisien  mungkin. Ini harus betul betul dilaksanakan , sebab dengan adnya pertambahan dan peradaban manusia  yang semakin tinggi  maka diperlukan sumber alam  yang lebih banyak lagi  untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
        Oleh karena itu menjadi sangat penting  adanya konservasi  yaitu pengawetan dan pemeliharaan  sumber alam seperti tanah pertanian, mineral tertentu, air, hutan dan margasatwa. pemeliharaan sumber alam ini  akan menjamin lingkungan yang serasi dalam pembangunan  dan memberi kesempatan untuk mengadakan perubahan perubahan dikemudian hari tanpa merusak kelestariannya. Dalam penggalian dan Pengelolaan sumber daya alam  harus secara hati hati  dengan melakukan kajian dan evaluasi.  
    B. NILAI PENTING SUMBER DAYA ALAM.

            Sumberdaya alam memiliki  beberapa nilai penting , terutama bagi manusia yang paling banyak memanfaatkan  sumber daya alam , seperti misalnya;
1. Nilai Ekologis.
    Sumberdaya alam merupakan  bagian yang tak terpisahkan dari ekologi  karena sebagai penyhusun  komponen komponen produsen , konsumen dan pengurai dalam ekologi. Jika salah satu komponen itu terganngu  maka komponen lain dalam ekosistem  akan terganggu. yang sekaligus menyebabkan kerusakan lingkungan  yang  ahirnya merugikan manusia juga. Oleh karena itu kita harus menjaga kelestarian sumberdaya alam  agar fungsi ekosistem tidak terganggu, dengan melakukan penghijauan  .
2. Nilai Biologis.
    Sumberdaya alam memiliki nilai biologis karena sangat menunjang kehidupan mahluk hidup terutama untuk menyediakan bahan makanan , pakaian dan bahan perumahan. Dengan semakin berkembangnya tehnologi sumberdaya alam lebih memiliki niulai biologis antara lain dengan berkembangnya  rekayasa genetika untuk menghasilkan bahan obat obatan, enzim, hormon, protein dan vitamin  dengan menggunakan mikro organisma.
3. Nilai Ekonomis.
      Untuk kepentingan pembangunan  ekonomi dan potensi  penggunaannya , sumberdaya alam dapat dikelompokan  menjadi;

   a). Sumberdaya alam penghasil energi.
    Manusia memerlukan energi  dalam bentuk makanan yang diperolehnya dari         tumbuh tumbuhan dan hewan. . makanan  tersebut perlu diolah dan dimasak.
untuk memasaknya perlu minyak bumi, gas atau batubara yang diperoleh dari alam. Selain untuk memasak makanan  batubara dan minyak bumi juga diperlukan sebagai pembangkit listrik  atau industri.Contoh sumberdaya alam penghasil energi yang lain adalah; cahaya matahari, angin, air, tumbuh tumbuhan, hewan dan lain sebagainya. Sumberdaya alam penghasil energi ini  jika dikelola dengan baik akan menjadi sumber pendapatan yang tingg  karena semua  manusia didiunia ini memerlukan energi  untuk dapat hidup secara manusiawi dan layak.
 b). Sumberdaya alam penghasil bahan baku,.
    Beberapa tumbuhan selain sebagai bahan makanan pokok dapat pula sebagai bahan baku dalam pembuatan pakaian . misalnya kapas, serat pisang serat nanas  dan sebagainya.  dengan menggunakan tehnologi pengoilahan sumberdaya penghasil bahan baku  akan memiliki nilai tambah yang lebih tinggi.
     c). Sumberdaya alam lingkungan
    Lingkungan merupakan sumberdaya alam yang memiliki nilai ekonomi ., misalnya lingkungan perairan  dapat dikelola menjadi  pembangkit tenaga listrik, pertambakan atau perikanan .Contoh sumber daya alam lingkungan  lainnya adalah  udara.
4. Nilai sosial budaya.
    Nilai sosial budaya  sumberdaya alam antara lain sebagai tempat wisata , untuk tepat santai .model model wisata ini kita kenal dengan agrowisata, ekowisata, wisata budaya , penyelaman dasar laut, dll. 

C. PRINSIP  PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM

Sumber daya alam dapat dimanfaatkan  secara komersial  untuk meningkatkan perekonomian  masyarakat . Bahkan pemanfaatan tubuhan  dan satwa liar  juga dapat dilakukan  sesuai dengan pasal 36 UU RI  No.5 Tahun 1990 ( 5/1990) tanggal 10  Agustus 1990. tentang konservasi  sumberdaya alam hayati  dan ekosistemnya  dengan ketentuan sebagai berikut.
Pemanfaatan jenis tumbuhan  dan satwaliar  dapat dilaksanakan dalam bentuk;
1. Pengkajnian penelitian dan pengembangan
2. Penangkaran.
3. perburuan.
4. Perdagangan.
5. Peragaan.
6. Pertukaran.
7.Budidaya tanaman obat obatan.
8. Pemeliharaan untuk kesenangan.

Sumber dsaya alam dapat dimanfaatkan seluas mluasnya  untuk kemakmuran masyarakat. dan setiap morang juga berhak  untuk memanfaatkannya . Dalam memanfaatkan sumberdaya alam , manusia hendaknya bersikap bijaksana  dengan memperhatikan prinsip prinsip sebagai berikut.
a). Reduce. Menguhrangi jumlah pemakaian  sumberdaya alam seperlunya ,    
     misalnyamengurangi menggunakan bahan yang terbuat dari plastik karena plastik
     sangat sulit  untuk diuraikan , hemat dalam penggunaan air , listri, dan sebagainya.
b). Reuse; Mempergunakan akembali  sampah yang tidak terurai seperti plastik dapat          dipergunakan  kembali ( beberapa kali ).
c). Recycle ( daur ulang ). dapat didaur ulang  dan dibuat benda atau  bahan yanag          dapat dipergunakan . Misalnya daur ulang  plastik yang sudah tidak bermanfaat          menjadi barang yang dapat dimanfaatkan , Pemanfaatan kotoran ternak  dan          sampah menjadi kmompos . menggunakan kertas bekas menjadi  hiasan dan masih          banyak  kegiatan daur ulang  lainnya yang bisa kita lakukan.
d). Repair, yaitu memelihara peralatan yang kita miliki . Misalnya perawatan mobil           atau motor agar awet dan tidak boros  dalam penggunaan bahan bakar.

D. DAMPAK PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM.

    Sumberdaya alam  merupakan unsur dari lingkungan . kehidupan masyarakat atau wilayah sangat didukung oleh sumberdaya alam  yang dimanfaatkan oleh masyarakat. Namun sumberdaya memiliki keterbatasan , singga akan mengalami kepunahan jika penggunaannya  tidak terkendali.

Permasalahan yang dihadapi dalam penggunaan sumberdaya alam  yaitu;

1.  penurunnya jumlah dan jenis sumber daya alam. , karena selalu dimanfaatkan oleh           manusia  tanpa terkendali dan tidak diikuti oleh pengaturan  pengelolaan yang baik.           Akibatnya akan terjadi kepunahan
.
2.  Produktifitas lahan  menjadi menurun.
       Hal ini disebabkan karena kesuburan tanah         berkurang  oleh         penggunaan pupuk             kimia, dan hama.  ujntuk mengatasi masalah         tersebut         perlu dilakukan  dengan           bertanam tumpang sari  , dengan berbagai jenis         tanaman dan mempergunakan           pupuk organik.

3. Pencemaran.
    Peningkatan jumlah penduduk  dan usaha untuk mempertinggi         produksi             pertanian  melalui pemberantasan hama  menyebabkan terjadinya pencemaran              terutama karena limbah rumah tangga  dan insektisida.  hal ini dapat  diatasi             dengan pengolahan limbah  agar dapat dimaanfaatkan  ( reuse dan                 pemberantasann hama secara biologis.

I.  PILIH SALAH SATU JAWABAN YANG PALING TEP[AT DIANTARA         PERNYATAAN YANG TERSEDIA DI BAWAH INI.
1. Mencerminkan lingkungan yang bersih atau sehat.
    a). Lingkungan yang gersang.
    b). Lingkungan yang tandus.
    c). Lingkungan yang hijau.
    d).Lingkungan yang kering.
2. Ilmu yang mempelajari mahluk hidup sebagai satu kesatuan dengan         lingkungan disebut dengan;
    a). Biologi.
    b). Geologi.
    c). Ekologi.
    d). Kosmologi.
3. Hubungan yang bersifat timbal balik antara lingkungan  dengan         mahluk hidup  dapat disebut dengan; ...
    a). Ekonomi.
    b). Ekologi.
    c). Sanitasi.
    d). Ekosistem..
4. Kerusakan tanah sebagai akibat dari ketidak seimbangan
    ekologi yang disebabkan oleh;
    a). Hewan .
    b). Manusia.
    c). Tumbuh tumbuhan.
    d) Alam yang tidak bersahabat.
5. Usaha  yang paling mudah dilakukan untuk menyelaraskan atau         menyeimbangkan hubungan  hidup mahluk adalah;..
    a). Melakukan   Penghijauan.
    b). Melakukan Abrasi.
    c ).Melakukan Sanitasi,
    d). Melakukan urbanisasi.
6. Sikap manusia yang dengan seenaknya merubah atau mempengaruhi         struktur tanah untuk memenuhi keinginannya. sifat seperti ini identik         dengan sikap;
    a). Kulturasi.
    b). Interfensi..
    c). Multilasi.
    d).  Sanitasi.
7. Yang tidak  dapat dikatagorikan sebagai lingkungan fisik adalah;
    a).Cuaca.
    b).Kerbau.
    c).Udara.
    d). Air.
8. Unsur iklim, cuaca, suhu, dan lainnya dapat disebut sebagai             lingkungan;..
    a). Fisik.
    b). Internal.
    c). External.
    d). Manual.
9. Tumbuhan, hewan dan manusia dapat dikatagorikan sebagai             lingkungan ; ..
    a). Biologi.
    b). Biotik..
    c). Biola.
    d). Bioskop
10. Suatu saat alam tidak dapat lagi  memenuhi syarat kehidupan           penghuninya, karena daya dukungnya yang mulai                  berkurang.Pengertian daya dukung dari kalimat tersebut adalah;
    a). Tanahnya kering.
    b). Tanahnya subur.
    c).Tanahnya makmur.
    d). Tanahnya gembur
11. Manusia sebagai mahluk yang dapat menyesuaikan diri   dengan lingkungan baru.
      Istilah menyesuaikan  dapat disebut pula  dengan;
    a). Bergabung.
    b). Menyamai.
    c). Beradaptasi.,
    d). Berbaur.
12. Bencana kekeringan  adalah dampak dari kerusakan lingkungan;
    a).Pedesaan.
    b) Pegunungan.
    c). Hutan ,
    d). Perkotaan.
13. Benda mati yang berada disekitar kita dapat disebut dengan lingkungan;
    a). Lingkungan hidup.
\    b). Lingkungan Biotik.
    c). Lingkunga Abiotik.
    d). Lingkungan Fisik,
14. Berikut yang bukan termasuk lingkungan fisik adalah;
    a). Batu batuan
    b). Cuaca.
    c). Kelembaban.
    d). Hutan,
15. Berbagai jenis hewan atau mahluk hidup yang berada disekitar kita termasuk lingkungan           biotik. kecuali; ..
    a). Cacing tanah.
    b). kayu sakti.
    c). Batu padas,
    d). Pohon beringin.
    d).  pohon beringin.
16. Menurunnya kwalitas tanah  disebabkan  oleh aktifitas manusia . kecuali.
    a). Dicemari bahan kimia.
    b). Dicemari limbah industri.
    c). Penggunakan pupuk  kimia .
    d). Penggunaan pupuk organik,
17. Pengelolaan lingkungan harus berpedoman.
    a). Nilai Jual.
    b). Nilai Estetika.
    c). Jual beli.
    d). Keutuhan  ekosistem,
18. Berikut adalah bukan sesuatu yang dapat mencemari  air.
    a). Oksigen.
    b). Limbah industri.
    c). Limbah kamar mandi.
    d). Oli .
    19. Sumberdaya alam yang dapat diperbaharui adalah kecuali;
    a). Aspal.
    b). Udara.
    c). Batu bara.
    d). Minyak bumi.
20. Berikut adalah tindakan yang dapat merusak lingkungan. ..
    a). Menanam sampah  organik untuk pupuk.
    b). Membakar sampah yang sudah kering.
    c). Memilah sampah  sesuai dengan jenisnya.
    d). Membuang sampah  tidak sembarangan.

II. Jawab Dengan Singkat dan Benar.

1. Apa yang dimaksud dengan  ekologi......
2. Bagaimana pendapatmu  tentang manusia sebagai perusak lingkungan; ....
3. Bagaimana cara  mengatasi masalahg kekeringan; ....
4. Sebutkan  beberapa unsur yang dapat disebut sebagai lingkungan fisik.....
5. Coba sebutkan  beberapa jenis  sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. ....

  1.3.2. MEMANFAATKAN LINGKUNGAN FISIK UNTUK PEMBANGUNAN.

    Pembangunan  perokonomian  masyarakat  merupakan hal yang sangat penting terutama dalam meningkatkan  kesejahtraan hidup. pengelolaan perekonomian  berhubungan erat dengan  berbagai masalah lingkungan.
    pembangunan perekonomian  meliputi penggalian sumber  daya bumi , pembangunan proyek proyek industri  akan mempengaruhi keseimbangan lingkungan. Tanpa penggarapan dan pengelolaan  yang bijaksana ,  kelestarian lingkungan akan terancam  kelestariannya.
    pembanguan ini merupakan proses dinamis  dimana apa yang terjadi pada salah satu bagian ekosistem  akan mempengaruhi seluruh bagian. Kita tahu bahwa pada era dewasa ini  sumber daya bumi harus dikembangkan  semaximal mungkin secara bijaksana  dengan lebih efisien . Tetapi dalam prakteknya  perhatian dalam penggalian sumber daya ini sangat ditentukan oleh kualitas dan kwantitas  produksi. Seperti berapa banyak kemungkinan  yang dapat dicapai dalam  volume tertentu, jadi yang dilihat hanya keuntungan semata yang bisa didapat secara langsung. Hal hal yang menyangkut pemeliharaan  alam kurang diperhatikan. Sehingga tidak jarang ahirnya  integritas lingkungan menjadi tidak terpelihara  dan  hilangnya kelestarian lingkungan.
    Untuk menghindari terjadinya hal seperti ini, maka seyogyanya setiap aspek  ekonomi, , dipersiapkan secara matang dalam setiap aspek pembangunan melalui suatu kajian penelitian dan  evaluasi yang terintegrasi diantara hal hal yang berhubungan.
    Sebagai contoh; exploitasi suatu sumberdaya  dekat permukaan tanah. hal ini dapat menghancurkan nilai  nilai kelestarian lingkungan, seperti industri batu bata, genteng, penggalian pasir,  atau yang lainnya.Exploitasi itu sendiri akan menghasilkan dana yang banyak  bagi kepentingan masyarakat, tetapi berdampak pula terhadap kelestarian lingkungan itu sendiri. Maka tindakan  yang bisa digunakan  untuk meminimalisir  terjadinya kerusakan lingkungan , yaitu dengan menyisihkan dana  dari industri tersebut , dan digunakan untuk  mereabilitasi jika  lahan tersebut tidak difungsikan lagi. 
    Jadi dalam rangka penggalian sumberdaya alam dan pembangunan suatu daerah  bagi kepentingan kemakmuran hidup umat manusia  perlindungan species dan komunitas alam  sangat perlu. Sehingga tidak lagi terbentur  kepada kesalahan besar dalam menggunakan sumber daya  dengan mengorbankan nilai lingkungan  untuk mendapatkan keperluan ekonomi  jangka pendek.
    Jadi dalam rangka pembangunan dan pemanfaatan sumber sumber alam yang dapat diperbaharui , hendaknya selalu diingat  dan diperhatikan hal hal seperti berikut.

1. Generasi yang akan datang harus tetap  mewarisi suatu alam yang masih penuh         dengan  sumber kemakmuran  .
2. Tetap adanya keseimbangan dinamis diantara  unsur unsur yang terdapat dalam         alam.
3. Dalam penggalian sumber alam harus tetap terjamin kelestariannya.

I.  PILIH SALAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT DIANTARA                 PERNYATAAN    YANG TERSEDIAN DI BAWAH INI.

1. Orang yang hidup dipesisir pantai dan menggunakan pantai sebagai  lahan untuk berusaha.          Itu berarti pantai dijadikan tempat yang bernilai;
    a). Nilai budaya.
    b). Nilai ekonomi.
    c). Nilai historis.
    d). Nilai ekologis.
2. Yang tidak bisa dilakukan terkait dengan pemanfaatan lingkungan pantai adalah;
    a). Budi daya kerang mutiara.
    b). Budi daya rumpat laut.
    c). Pelestarikan penyu.
    d). Budidaya ikan air tawar.
3. Tepat yang stategis untuk usaha  penangkapan ikan dan pengolahan ikan.
    a). Di lingkungan kota.
    b)  Dilingkungan pemukiman pendudukan.
    c). Dipinggir hutan.
    d). Dipesisir pantai.
4. Penangkapan ikan dengan bahan peladak akan merusak karang, sehingga  mengganggu         populasi ikan.  yang paling merasakan dampak dari  kerusakan itu adalah;
    a). Para pedagang ikan dipasar,
    b). Petani di sawah.
    c). Nelayan di pantai.
    d). Para pemulung.
5, Industri yang tidak berhubungan langsung dengan penggalian  sumber daya bumi adalah;
    a). Industri Genteng.
    b). Industri pengalengan ikan.
    c). Industri batubata.
    d). Industri gerabah.
6. Orentasi dari pengelolaan sumber daya bumi yang dapat merusak  alam adalah;...
    a).  Pengelolaan yang beroentasi sanitasi
    b). Pengelolaan  yang berorentasi Perlindungan ekosistem.
    c).  Pengelolaan yang berorentasi kelestarian.
    d). Pengelolaan yang hanya memikirkan keuntungan.
7. Hasil industri  yang telah mampu untuk memenuhi sejumlah permintaan pasar , tetapi             mengabaikan mutu produksi. maka keadaan seperti ini sesuai dengan pengertian; ...
    a).  Fasilitas.
    b).  Kuantitas.
    c).  Kualitas.
    d).  Faritas.
8. Usaha yang dibentuk dengan  melihat aspek budaya adalah seperti berikut, kecuali;...
    a). Menjual es saat musim panas.
    b). Membangun  jasa perbangkan di kota.
    c). Industri perikanan di pesisir pantai
    d). Penggilingan padi di tengah kota.
9. Yang bukan dampak dari usaha tanpa kajian  dan evaluasi terhadap lingkungan,  adalah; ...
    a).  keuntungan yang berlipat.
    b). Tidak mendapat dukungan masyarakat
    c). Pencemaran dan gangguan terhadap kesehatan
    d). Lingkungan mengalami kerusakan.
10. Lapisan bumi yang mengandung partikel batuan ( meneral ) bahan organik  ( senyawa           organik dan organisma ), air dan udara ....
    a). Tanah,
    b). magma.
    c). Lava.
    d). Atmosfer.
11. Tanah yang tercemar  mengakibatkan; ...
    a). Kesuburan tanah meningkat,
    b). Memudahkan penanaman.
    c). Tanaman tumbuh subur.
    d). Hasil panen menurun,
12. Konservasi sumber daya alam  hayati dan  ekosistem  diatur dalam; ...
    a). UU RI No, 4 Tahun 1989.
    b). UU RI No, 5 Tahun 1990,
    c). UU RI No, 6  Tahun 1991.
    d). UU RI No, 7 Tahun 1997.
13. Pelestarian sumberdaya alam  dilakukan untuk; ....
    a). Melarang penggunaannya.
    b). Melarang penangkarannya.
    c). Melarang  penyebarannya.
    d) Melindungi dari kepunahannya.
14.Berikut adalah bukan  usaha perlindungan  sistem penyangga kehidupan ;...
    a).Buatan terasering.
    b). Memelihara hutan bakau.
    c). Membuat sarana pariwisata.
    d). Melindungi hutan yang luas.
15. Berikut bukan termasuk sumber pencemaran tanah  adalah
    a). Sampah plastik.
    b). Sampah organik.
    c). Limbahg minyak.
    d). Limbah pestisida.
16. Upaya yang dilakukan untuk mencegah tanah longsor.
    a). Reboisasi.
    b). Perladangan.
    c). Pembabatan hutan,
    d). Pembalakan hutan.
17.  Berikut adalah bukan sumber energi tak terbaharui.;
    a). Minyak bumi.
    b). panas bumi.
    c). Gas bumi.
    d) .Angin.
18. Naiknya  suhu permukaan  bumi, karena meningkatnya efek rumah kaca  disebut dengan;
    a). Daerah kutub mencair.
    b). Pemanasan Global.
    c). Gelombang keras.
    d). Air surut.
19. Sistem pertanian yang hanya  satu jenis tanaman  dalam satu musim tanam  disebut; ...
    a). pertanian monokultur.
    b). Pertanian multikultur
c). pertanian tumpangsari.
    d). Pertaniaan sampiungan.
20. Peristiwa makan dan dimakan dalam suatu ekosistem  dengan urutan tertentu disebut;
    a). Rantai makanan.
    b). Jaring jaring makanan.
    c). Piramida makanan.
    d.). Siklus makanan

II. Essay.

1.  Coba sebutkan  beberapa hal yang dapat dianggap sebagai linghkungan fisik.; ....
2.  Berikan pendapat tentang kondisi disekitar tempat tinggal. Apa myang mungkin bisa              dilakukan terkait dengan pemanfaatan lingkungan fisik; ....
3.  Apa yang bisa terjadi, jika pemanfaatan  lingkungan fisik  tanpa melalui suatu kajian  atau          suatu evaluasi ;beri contohnya; ....
4. Apa yang dimaksud dengan exsploitasi; ....
5. Hal yang perlu diperhatikan  terkait dengan pemanfaatan sumber daya   alam yang dapat         diperbarui ;.....
   1.3.3. PEMBANGUNAN DI BIDANG PERTANIAN.
    Faktor lingkungan adalahsaling  pengaruh mempengaruhi satu dengan yang lainnya, seperti faktor air, udara,  dengan mahluk hidup disekitarnya saling mmpengaruhi dan saling diperukan , seperti contoh , misalnya jenis spicies tertentu  yang hampir punah dan dengan bantuan manusia didukung oleh faktor alam yang cocok atau sesuai dengan karakter species tersebut  maka kepunahan itu dapat dihindari.
    Dalam usaha pembangunan pertanian , umumnya usaha ditujukan  untuk meningkatkan produktifitas pertanian, yaitu dengan mengadakan pembaharuan  dalam proses pengolahannya, dari cara yang sederhana dan klasik ke cara yang modern. Pemanfaatan lingkungan untuk pertanian  sebagai korelasi dari faktor  biotik dan abiotik , yang memungkinkan terjadinya proses yang berkalanjutan. Pembangunan dibidang pertanian ini juga melibatkan pihak terkait, seperti ketrlibatan pemerintah dengan kebijakannya yang berpihak kepada  pelestarian  hutan sebagai pendukung pertanian. 
pemerintah dengan kebijakannya  memberikan apresiasi  terhadap pembangunan dibidang pertanian.  dengan tujuan; ...

1. Pembangunan dibidang pertanian  dilanjutkan  dalam rangka  meningkatkan ekspor, meningkatkan penghasilan  petani dan memungkinkan  sebagai dukungan yang kuat terhadap  pembangunan industri.




2. Peningkatan produksi pangan  seperti beras dan palawija , produksi pangan yang berasal dari holtikurtura , perkebunan, peternakan dan perikanan  bertujuan untuk mencukupi  kebutuhan pangan menuju  swasembada dan memperbaiki tingkat hidup petani , memperlujas kesempatan kerja dan menjamin penyediaan pangan  untuk masyarakat  pada tingkat yang layak bagi petani produsen maupun konsumen. ( GambarPalawija )
3. Peningkatan produksi perkebunan , kehutanan dan perikanan  disamping untuk peningkatan perluasan  lapangan kerja dan penghasilan masyarakat , juga untuk menunjang pembangunan industri  serta meningkatkan ekspor. ( Gambar Kebun coklat
4. Disamping  pemanfaatan hasil hutan  untuk pembangunan.  perhatian penuh perlu diberikan kepada pembinaan masalah hutan sebagai sumber alam , dengan melakukan penertiban terhadap penebangan hutan. penanaman kembali hutan hutan  yang rusak  serta konversi sebagian hutan alam menjadi hutan buatan , sehingga rakyat secara langsung menikmati dan bertanggung jawab.
( gambar Reboisasi).
5. Dalam pembangunan dibidang pertanian perlu adanya perbaikan tanah kritis  yang ditujukan untuk mempertahankan  sumber air dan sumber alam lainnya. Rehabilitasi tanah kritis harus disertai dengan peningkatan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya  kelestarian sumber alam , sehingga masyarakat ikut berperan serta dalam merehabilitasi lahan yang kritis. yaitu melaluai penghijauan.
I.  PILIH SALAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT DIANTARA          PERNYATAAN YANG TERSEDIA DIBAWAH INI.

1.. Organisasi yang khusus dikelola oleh  petani disebut dengan;
    a. Koprasi.
    b. KUD.
    c. Subak.
    d. PDAM.
2. Untuk membatasi hak kepemilikan sawah disebut dengan;
    a. tanggul.
    b. Bendungan.
    c. Parit.
    d. Pematang.
3. Para petani meyakini bahwa kemakmuran petani tidak terlepas dari berkah Tuhan dalam brabawanya sebagai  sakti dewa Wisnu yaitu;
    a, dewi Durga.
    b. dewi Uma.
    c. dewi Parwati.
    d. Dewi Sri.
4. Tanpa petani kita tidak makan nasi, oleh karena itu kita harus dapat menghormati profesi sebagai petani. sikap berikut tidak mencerminkan menghargai /menghormati petani;
    a. Melestarikan hutan.
    b. Memakan nasi sampai habis.
    c. Membeli prroduk petani.
    d. Mengkonsumsi  makanan impor
5. Ruanglingkup  pertanian mencakup beberapa hal,  kecuali;
    a. Perikanan.
    b. Perkebunan.
    c. Peternakan.
    d. Perdagangan.
6. Mampu menghasilkan /  memenuhi kebutuhan  pangan  sendiri.dapat diistilahkan dengan
    a. Swakarya.
    b. Swakarsa.
    c. Swadharma.
    d. Swasembada 
7. Tidak termasuk hasil perkebunan.
    a. kakau.
    b. Penyu.
    c. Karet.
    d. Kelapa.
8. Manfaat untuk merehabilitasi lahan kritis adalah; 
    a. mempertahankan sumber air.
    b. Mempertahankan sumber daya alam.
    c. Memenuhi kebutuhan air untuk petani.
    d. Menambah volume air laut.
9. Berikut adalah salah satu sisi kondisi bendungan benel, yang berpungsi untuk  menampung air. Keberadaanbendungan tersebut berada di kecamatan;
    a. Pekutatan.
    b. Negara.
    c. Mendoyo.
    d. Melaya.  
10.Gambar dibawah ini adalah TPA  yang ada di Jembrana yaitu tepatnya di desa;
a. Desa Manistutu.
b. Desa manggis sari.
c. Desa Peh.
d. Desa Brangbang.
1.3.4. PEMBANGUNAN DIBIDANG PARIWISATA.

    Pembangunan pariwisata merupakan salah satu pembangunan yang perlu dikembangkan , karena dari faktor ini dapat meningkatkan  penerimaan devisa negara.  memperluas lapangan kerja , serta memperkenalkan kebudayaan  dan tanah iar.
    dalam pembangunan dan pengembangan pariwisata  nilai budaya bangsa  harus tetap terpelihara  disamping adanya peningkatan  fasilitas, mutu  dan kelancaran pelayanan agar banyak menarik wisatawan baik asing maupun domistik.
    Pembangunan pariwisata memiliki masalah  ekologi yang khusus , sumberdaya lingkungan yang dieksplotasi untuk pariwisata harus mempunyai daya tarik dan keindahan yang menonjol  agar menarik pengunjung. Pendirian hotel dan restoran , tempat peristirahatan dan lain lain .
    perencanaan lingkungan untuk pariwisata harus memperhitungkan berbagai  daerah lingkungan fisik. seperti; vegetasinya, margasatwanya, sungai sungai, atau tempat tempat bersejarah, dan lingkungan sosio budaya  didaerah yang bersangkutan, untuk menjaga kelestariannya  dalam rangka perlindungan spesies dan ekosistem  dari daerah yang digunakan  untuk tujuan pariwisata.
    Dalam perencanaan  dan pengelolaan  daerah pariwisata  perlu diperhatikan ;
1. Apakan daerah yang direncanakan dapat dengan mudah dicapai.
2. Apakah daerah ini  bebas dari pencemaran .,
3. Apakan  kehidupan spisies  mahluk dan pemandanganalamnya
    cukup  berpariasi dan indah.
4. Apakah daerah ini cukup terjamin  keamanannya.
5. Apakah daerah ini ada nilai budaya yang bisa diketengahkan
     A. Wisata Bahari.
    daerah pantai dengan pemandangan indah  dan iklim yang baik akan menarik perhatian besar  sejumlah wisatawan. Pantai menjadi tempat ideal  untuk olah raga air, berjemur diri , dan untuk rekreasi. Aspek ekologi yang bisa timbul  sebagai akibat pembangunan pariwisata bahari adalah  mulai dari pendirian hotel , restoran dan fasilitas lainnya.
B. Wisata Pegunungan.
    Wisata pegunungan  sebagai salah satu obyek  yang potensial untuk dikembangkan  sebagai sasaran pembangunan pariwisata. Banyak dijumpai daerah yang memiliki panorama  alam , seperti  danau, bendungan, air terjun, goa goa, taman marga satwa dan  tempat laainnya yang berada  didaerah pegunungan .
    Pembangunan pariwisata dengan menjual panorama alam pegunungan sebai menu utama, melakukan eksploitasi mengabaikan kelestariannya., yang justru akan menghilangkan keasliannya, sehingga akan mengurangi daya tarik wisatawan untuk menikmati kenyamanan, keindahan panorama pegunungan. seperti pembangunan hotel dan restoran  dan juga warung kecil penjual hasil kerajinan .
    Ada beberapa hal yang menjadi acuan yang perlu untuk diperhatikan .
1. Inventarisasi kekayaan alam dan sejarah.
2. Restorasi dan stabilisasi  tempat tempat bersejarah.
3. Konstruksi jalan dan pasilitas untuk tempat rtempat rekreasi.
4. Bantuan tehnik dan planologi dalam pembangunan  tempat tempat rekreasi ,         bangunan hotel, restoran dan  fasilitas  lainnya.
5. Pemeliharaan lingkungan dan tempat tempat bersejarah  beserta nilai nilai         budayanya.
6. Pengawetan dan perlindungan  flora dan faunanya.
7. Memperhatikan dan  mempertahankan  adat serta tradisi daerah asal.  


I.  PILIH SALAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT DIANTARA  PERNYATAAN         YANG TERSEDIA DI BAWAH INI.

1. Yang bukan menjadi tujuan  pembangunan dibidang pariwisata adalah;
    a. Sebagai sumber devisa.
    b. Untuk memciptakan lapangan kerja.
    c. menunjang Pendapatan asli daerah. ( PAD ).
    d. Sebagai jalur tranportasi Narkoba.
2. Menunjukkan hasil /potensi daerah  seperti kerajinan atau kesenian  adalah wujud pariwisata ;
    a. Alam.
    b. Bahari.
    c. Budaya.
    d. Pegunungan.
3. Jawaban berikut bukan Pendukung pariwisata yang baik
    a. Transportasi/ jalan .
    b. Restoran.
    c. Hotel.
    d. Warung remang remang.
4. Wisatawan yang datang  yang berasl dari daerah sendiri dapat disebut sebagai wisatawan.
    a. mancanegara.
    b. Domestik.
    c. Lokal.
    d. Internasional.
5. Pembangunan museum  sebagai promosi wisata digolongkan sebagai wisata;
    a. Alam.
    b. Bahari.
    c. Wisata Budaya.
    d. Wisata pegunungan
6. Yang bukan dikatagorikan sebagai wisata budaya;
    a. Keindahan pantai.
    b. Hasil kerajinan masyarakat.
    c. Tradisi makepung.
    d. Seni Jegog.;nsportasi/ jalan.
7. Perencanaan pembangunan  pariwisana yang perlu direncanakan  adalah sebagai berikut; kecuali
    a.. Apakan daerah yang direncanakan dapat dengan mudah dicapai.
    b. Apakah daerah ini  bebas dari pencemaran .,
    c. Apakan  kehidupan spisies  mahluk dan pemandanganalamnya
                cukup  berpariasi dan indah.
    d. Daearah itu tidak aman.
8.  Bukan obyek wisata yang ada dijembrana.
    a. pantai Rening.
    b. Pantai medewi.
    c. pantai Lovina,
    d. Pantai Purancak.
9. Cagar budaya dan marga satwa maskot jembrana.
    a. Makepung.
    b. Tenun endek.
    c. Jalak putih.
    d. Seni jegog.
10. Daerah bali yang dikenal sebagai lumbung beras adalah;
    a. bangli.
    b. Tabanan.
    c. Jembrana.
    d, Semara pura,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar