KATA PENGANTAR
Untuk memberikan arah pembelajaran , khususnya untuk tenaga pendidik/ guru dan anak dalam bidang pendidikan budi pekerti , yang sejak tahun 2006 belum mempunyai pegangan yang tetap , yang disebabkan oleh banyak hal seperti ; belum adanya panduan yanga mendukung keberadaan kurikulum sehingga hal ini sangat menyulitkan bagi guru dan murid untuk menjabarkan satandar kompetensi yang diisyaratkan dalam kurikulum muatan lokal tersebut.
Berlanjut pada perkembangan kurikulum yang berbasik Kompetensi ( KBK ) disempurnakan dan dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP )dan sampai pada kurikulum yang mengedepankan karakter bangsa
Menyikapi hal tersebut , kami berusaha untuk berbuat maksimal walaupun dalam keterbatasan untuk menyususn , menyiapkan atau mengadakan buku panduan atau penunjang yang khusus dipergunakan untuk keperluan sendiri. sebagai harapan agar buku ini dapat bermanfaat untuk diimplementasikan dalam hidup sehari hari oleh anak didik kami
Besar harapan kami agar buku penunjang ini bisa memberi tuntunan dalam mencapai tujuan sesuai dengan butir butir karakter bangsa. terwujudnya tujuan tersebut tidak terlepas dari peran serta dan dukungan anggota MGMP Pendidikan Budi Pekerti kabupaten Jembrana yang berkerjasama dengan penerbit ” TRI AGUNG “ Denpasar. Sebagai cerminan dari kesungguhan secara bersama untuk mencerdaskan generasi muda agar memiliki atau mempunyai jiwa yang didasari atas nilai karakter ;
1. Religius.2. Jujur.
3. Toleransi.
4. Disiplin
5. Kerja keras.
6. Kreatif.
7. Mandiri.
8. Demokratis.
9. Rasa ingin tahu
10. Semangat Kebangsaan.
11. Cinta Tanah Air.
12. Menghargai Prestasi.
13. Bersahabat /Komunikatif.
14. Cinta Damai.
15. Gemar membaca.
16. Peduli lingkungan.
17. Peduli sosial.
18. tanggung jawab.
Jembrana. 31 Mei 2012
MGMP Pendidikan Budi Pekerti.Jembrana.
Ketua
( Nyoman Muriadi S.Ag. )
PENDAHULUAN.
Masalah lingkungan di Indonesia , sudah merupakan problem khusus dan komplek bagi pemerintah dan masyarakat. Dimana lingkungan lebih banyak bergantung kepada tingkah laku manusia yang semakin lama semakin menurun baik dalam kwalitas maupun kwantitas dalam menunjang kehidupan manusia, ditambah lagi dengan melonjaknya jumlah pertambahan penduduk yang tidak terkendali dengan baik. maka keadaan lingkungan menjadi sembraut.
Berbagai upaya penggalian sumber daya alam dan pembangunan industri untuk memproduksi barang konsumsi tanpa ada upaya perlindungan terhadap pencemaran lingkungan oleh buangan yang akan menjadi racun bagi lingkungan hidup dan alam sekitarnya yang mengancam kematian bagi kelangsungan hidup mahluk.
Pertumbuhan jumlah penduduk indonesia yang begitu cepat serta tidak di imbangi dengan pertumbuhan lapangan kerja dapat menimbulkan kebrutalan manusia terhadap kelestarian lingkungan demi untuk kelangsungan hidupnya. Keadaan ini akan semakin parah dan mengkawatirkan karena akan dapat memicu sikap masabodoh.Jadi jelas adanya sikap negatif yang timbul dalam lingkungan kehidupan manusia , sebagai penyebab adanya kerusakan alam dengan segala yang ada di dalamnya. Perbedaan pola hidup orang yang kaya dan miskin , memicu pemborosan dalam penggunaan sumber daya alam. Kebodohan dan kemelaratan menyebabkan pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup sehingga mengganggu stabilitas ekosistem.
Sikap masabodoh umumnya oleh adanya sikap atau bakat individu sendiri dan oleh adanya desakan kebutuhan diluar kemampuan. Akibat desakan itu terjadilah penjarahan dan penebangan hutan secara liar , yang diperuntkan untuk lahan pertanian. Sehingga menyababkan siklus hydrologi tidak berjalan sebagaimana mestinya. Masalah yang muncul dari sikap ini yaitu menurunnya kemampuan hutan untuk menahan air hujan sebagai air tanah, yang berdampak munculnya dampak yang baru yaitu terjadinya erosi dan banjir. Kadar lumpur pada air sungai menjadi naik , warna air manjadi keruh yang membawa bibit penyakit. Sehingga apa yang kita dambakan dari sungai yaitu sungai sebagai sumber yang dapat menyediakan air untuk semua keperluan ( untuk pengairan di sawah ) menjadi terganggu . Dan akibat yang lain yang muncul yaitu sulitnya membuat sumur karena kualitas dan kwantitas air tanah menjadi berkurang.
Penyebab yang lain yang berdampak terhadap kelestarian lingkungan , yaitu kurangnya usaha dan minimnya pengetahuan untuk bagaimana caranya mengendalikan sampah atau limbah yang berdampak langsung terhadap kehidupan manusia dan mahluk lainnya. Perilaku manusia lebih dominan membawa pengaruh terhadap dapak kehidupan manusia dan mahluk hidup.
Dengan masalah dan dampak dari perilaku manusia , maka badan dunia telah pula melakukan usaha dengan menggandeng badan seperti PBB , untuk mencari / membuat solusi atau gagasan terkait dengan kerusalan lingkungan yang berpengaruh terharap alam secara global.
MEMAHAMI DAN MENERAPKAN
NILAI NILAI KONSEP HUBUNGAN MANUSIA DENGAN LINGKUNGAN.
Kompetensi dasar ;1.1. Mengelola Lingkungan dengan Baik dan Berkelanjutan.
Indikator. : 1.1.1.Mengelola Lingkungan Alam.
1.1.2. Mengelola Sampah.
1.1.3. Penanganan Sampah.
Nilai Karakter : Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Semangat kebangsaan, Cinta tanah air, Pedili lingkungan, Tanggung jawab.
1.1.1.Mengelola Sumber daya Alam .
A, Pengertian Sumber Daya Alam.
Mahluk hidup yang terdapat di alam ini , tidak dapat hidup sendiri sekalipun mereka berada dalam kelompok sendiri. Mereka memerlukan mahluk hidup yang lain dan lingkungan sekitarnya untuk menopang kelangsungan hidupnya. Misalnya, tanaman bunga dihalaman rumah agar dapat hidup /tumbuh memerlukan air, tanah, pupuk, cahaya matahari, CO 2 dan unsur unsur dari dalam tanah yang merupakan hasil penguraian sisa tumbuhan dan hewan yang mati. Segala sesuatu yang dipergunakan oleh tumbuhan tersebut dari lingkungannya. demi kelangsungan hidupnya. Inilah yang disebut dengan sumberdaya alam.Jadi sumber daya alam itu dapat didifinisikan sebagai segala sesuatu yang berasal dari alam yang dipergunakan dan dimanfaatkan untuk kelangsungan hidup semua mahluk hidup
B. Jenis Sumber Daya Alam.
Mahluk hidup memanfaatkan sumberdaya alam untuk mendukung kehidupannya . Manusia memerlukan mahluk dialam ini yang paling berkepntingan terhadap sumberdaya alam. Terutama untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya , seperti makanan, pakaian dan perumahan . Sumber daya alam ada bermacam macam dan dapat dikelompokkan menjadi beberapa kelompok sesuai dengan tujuan dari pengelompokan tersebut.
1. Berdasarkan Sifatnya..
A. . Lingkungan Biotik.
Yang dimaksud dengan lingkungan biotik adalah segala mahluk hidup yang berada disekitar kita baik manusia, hewan dan tumbuhan .Lingkungan ini selalu mengalami perubahan secara tiba tiba maupun secara perlahan lahan . Perubahan ini berhubungan erat dengan ekosistemnya yang mempunyai stabilitas tertentu . Manusia sebagai salah satu daya dukung lingkungan, seberapa banyak dapat memanfaatkan lingkungan untuk memenuhi segala kebutuhannya.karena kerusakan lingkungan dominan disebabkan oleh manusia sehingga terjadi penurunan kwalitas tanah , dan menurunnya kwalitas daya dukungnya. Untuk mengurangi hal tersebut perlu adanya suatu pedoman untuk mempertahankan kelestarian lingkungan.
1. Manusia hendaknya selalu memelihara dan memperbaiki
lingkungan untuk generasi yang akan datang.
2. Sumber alam bumi seperti udara, air, tanah , flora dan fauna harus
dihindarkan dan diselamatkan dari pencemaran dan kerusakan.
3. Dalam pemanfaatan sumber daya alam yang tak dapat diganti
perencanaan dan pengelolaannya harus sebaik baiknya.
4. Tindakan yang dapat menimbulkan pencemaran yang dapat merusak kesehatan dan lingkungan harus dihindarkan.
5. Pembangunan ekonomi hendaknya ditujukan selain untuk kesejahtraan umat juga untuk memperbaiki kualitas lingkungan.
6. Dalam mengadakan kebijaksanaan lingkungan hendaknya diarahkan kepada peningkatan potensi pembangunan yang akan datang
7. Sebagaian dari hasil pemanfaatan sumber alam hendaknya disediakan pula untuk memperbaiki lingkungan.
8. Ilmu dan tehnologi dalam penerapannya harus ditujukan demi kegunaan seluruh umat manusia.
9. Perlu ada pengembangan pendidikan, penelitian secara ilmiah dalam masalah lingkungan.
B. Sumber daya alam Non Hayati./Abiotik.
Sumber daya alam yang bukan berasal dari mahluk hidup.
a. Batu batuan,mineral, air dan udara.
b. Unsur iklim, cuaca dan suhu.
c. Kelembaban.
d. Angin. dsb.
Lingkungan fisik ini berhubungan dengan mahluk hidup yang menghuninya. misalnya mineral yang terkandung dalam tanah menentukan kesuburan yang berat hubungannya dengan tanaman yang tumbuh diatasnya. contoh lain lagi misalnya kelembabab dan curah hujan mempengaruhi penyediaan air untuk tumbuh tumbuhan , hewan dan manusia.
2. Berdasarkan kemungkinan Pemulihannya.,dapat dikelompokkan menjadi 3.
A. Sumber Daya Alam yang dapat diperbaharui, yaitu sumber daya alam yang keberadaannya dapat dipertahankan oleh alam maujpun manusia melalui budidaya atau peristiwa alam. Seperti misalnya sebuah pohon walaupun secara terus menerus ditebang tetapi masih dapat diadakan pembibitan kembali agar tidak punah. demikian pula seperti yang lainnya.
B. Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbaharui. yaitu sumber daya alam yang tidak dapat dibuat /diproduksi kembali oleh alam maupun manusia .
yaitu melalui proses alam yang memakan waktu berjuta juta tahun.
Misalnya; besi, batubara, minyak bumi. dll.
C. Sumberdaya Alam yang tidak pernah habis. walaupun dipergunakan secara terus menerus . Misalnya; Sinar matahari, angin, udara ( CO2, O2 ).
3. Berdasarkan potensi penggunaannya,untuk pembangunan ekonomi dapat dikelompokkan menjadi.
A. Sumber Daya Alam penghasil Energi.Seperti ; Air, matahari, arus laut. gas bumi, batu bara, tumbuhan dan hewan dll.
B. Sumber daya Alam penghasil bahan baku.. seperti meneral , tumbuhan dan hewan gas bumi, perairan , tanah dan sebagainya.
C. Sumber Daya Alam Lingkungan , seperti udara., perairan, dll.
I. LATIHAN SOAL.
PILIH SALAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT DIANTARA PERNYATAAN YANG TERSEDIAN DI BAWAH INI.
1. Segala sesuatu yang berasal dari alam yang dipergunakan dan dimanfaatkan untuk kelangsungan hidup semua mahluk hidup disebut:..
a). Sumber kehidupan.
b).Sumber kebahagyaan.
c). Sumber kemakmuran.
d). Sumber daya alam.
2. Berdasarkan sifatnya sumber daya alam dapat dibedakan menjadi; ..
a) 3 bagian.
b) 5. bagian.
c).2 bagian,
d). 4 bagian.
3. Tumbuh tumbuhan adalah salah satu jenis sumber daya alam yang termasuk dalam ;
a). Telepati.
b). Surapati.
c). Nabati.
d). Kodrati.
4. Sumberdaya alam hayati adalah dihasilkan dari sumberdaya alam seperti;..
a). Pohon jagung.
b) Buah kelapa.
c). Ikan.
d). Minyak sawit.
5. Contoh sumberdaya alam yang non hayati, adalah sebagai berikut,
a). Kentang.
b). Buah buahan.
c). Jagung.
d). Mineral.
6. berdasarkan kemungkinan pemulihannya sumber daya alam dapat dikelompokan menjadi;
a) 3 bagian.
b) 5. bagian.
c).2 bagian,
d). 4 bagian.
7.Contoh berikut termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.kecuali;
a). Besi.
b). Batubara.
c). Kayu besar.
d). Minyak bumi
8. Berdasarkan potensi pengguaannya untuk kepentingan pembangunan ekonomi , sumber daya alaam dapat dikelomp[okan menjadi;
a). 2. bagian.
b). 4 bagian.
c). 5 bagian.
d). 3 bagian.
9. Sumber daya alam yang tidak habis digunakan walaupun oleh seluruh umat manusia adalah ; kecuali;..
a).udara.
b). Air.
c). matahari.
d). Minyak solar.
10 . Berikut termasuk sumber daya alam yang menghasilkan energi adalah.
a). Arus air,
b). Batu bara.
c).Gas bumi.
d). batukali.
II. ESSAY.
1. Apa yang dimaksud dengan sumberdaya alam ?.
Segala sesuatu yang berasal dari alam yang dipergunakan dan dimanfaatkan untuk
.kelangsungan hidup semua mahluk hidup
2. mengapa tumbuhan dan hewan termasuk sumberdaya alam yang dapat diperbaharui. ?.
Karena keberadaannya dapat dipertahankan oleh alam maupun manusia melalui
budidaya atau peristiwa alam.
3. Apa akan terjadi jika tumbuhan dalam rantai makanan tersebut kekurangan air.
Perkembangannya tidak sempurna dan lambat laun pasti akan mati,.
1.1.2. MENGELOLA AN SAMPAH.
Pengertian Sampah.
Sampah adalah salah satu penyebab tidak seimbangnya lingkungan hidup. yang umumnya terjadi dari komposisi sisa makanan , daun daun, kain bekas, kertas, karet plastik, tanah dan lain lain. Bila dibuang dengan cara ditumpuk demikian saja akan menimbulkan bau dan mengeluarkan gas yang berbahaya bagi kesehatan manusia.
Bila dibakar akan menimbulkan pengotoran udara , apalagi bila yang terbakar itu bahan bahan sintetis lainnya yang jenisnya telah banyak muncul akibat perkembangan peradaban. Selain itu tradisi membuang sampah disungai di kali dapat mengakibatkan pendangkalan yang begitu cepat, yanag menyebabkan banjir.
Sampah industri yang kebanyakan mengandung zat zat beracun akan lebih mengganggu kesehatan masyarakat jika dibuang sembarangan.
Sampah rumah tangga seyogyanya dilakukan secara tyertib dengan menyediakan tempat sampah.
A. Sumber Sampah.
1. Sampah Pemukiman.
Umumnya sampah rumah tangga berupa sisa pengolahan makanan, bekas perlengkapan rumah tangga seperti; kertas, kardus, gelas,sampah kebun
atau halaman.
2. Sampah dari pertanian atau perkebunan.
Sampah dari pertanian tergolong sampah organik seperti jerami dan sejenisnya. Sebagaian besar sampah yang dihasilkan selama musim panen dibakar atau dimanfaatkan untuk pupuk. Untuk sampah bahan kimia seperti pestisida dan pupuk buatan perlu perlakuan khusus agar tidak mencemari lingkungan.
3. Sampah dari sisa bangunan dan Kontruksi gedung.
Sampah yang berasal dari bekas bangunan, bisa berupa bahan organik maupun anorganik. Sampah organik misalnya ; kayu / triplek , bambu. dan sampah anorganik; semen, pasir, batu bata, ubin, besi ,kaca dan kaleng.
4 . Sampah dari Perdagangan dan Perkantoran.
Sampah yang berasal dari hasil perdagangan seperti; toko dan pasar tradisional ,
warung , swalayan yang terdiri dari kardus, pembungkus kertas dan bahan organik, termasuk sampah makanan dari restoran.
5. Sampah dari Industri.
Sampah ini berasal dari seluruh rangkaian proses ( bahan bahan kimia / potongan bahan) keperluan dan pengemasan produk ( kertas, kayu, plastik, kain /lap yang jenuh dengan pelarut untuk pembersih ) Sampah industri yang penuh dengan baha kimia memerlukan perlakuan kusus karena akan dapat merusak ekositem lingkungan.
B. JENIS SAMPAH.
Berdasarkan asalnya , sampah dapat di golongkan sebagai;
1. Sampah Organik.
terdiri dari bahan penyusun tumbuhan dan hewan yang diambil dari alam atau dihasilkan dari kegiatan pertanian , perikanan atau yang laiinnya Sampah ini dengan mudah diuraikan dengan proses alami . sampah rumah tangga sebagian besar merupakan bahan organik , misalnya sampah dari dapur, sisa tepung, sayuran, kulit dan daun.
2. Sampah Anorganik.
Berasal dari sumberdaya alam tak terbarui seperti mineral dan minyak bumi , atau dari proses industri . beberapa dari bahan ini tidak terdapat dialam seperti plastik dan aluminium. Sebagai sat organik secara keseluruhan tidak dapat diuraikan oleh alam. Sedang sebagian lainnya dapat diuraikan dalam waktu yang sangat lama. Sampah jenis ini berupa Botol, botol plastik, tas plastik dan kaleng.
3.Sampah khusus/ sampah metal.
Sampah yang memerlukan penanganan khusus untuk menghindari bahaya yang akan ditimbulkannya. misalnya sampah rumah sakit, merupakan sampah biomedis . Sampah bateri berasal dari sampah rumah tangga , yang mengandung logam berat . Kogam ini sangat berbahaya bagi kesehatan . sampah bateri , bola lampu, pelarut dan cat sat kmimia pembasmi hama dan penyakit tanaman seperti pestisida, sampah dari kegiatan pertamabangan dan explorasi minyak serta bahan lain , harus diperlakukan seperti sampah khusus , karena mudah meledak.
C. MENGELOLA SAMPAH
Ahir ahir ini sering terdengar masalah sampah yang sangat pelik. terlalu banyak dan menyebabkab terjadinya penumpukan sampah yang sangat banyak. maka dari itu kita harus melakukan penanganan terhadap sampah , dengan menekan penggunaan bahan yang berasal dari unsur anorganik. Upaya yang mengarah ke arah itu hanya untuk sampah yang dapat dikatagorikan sebagai sampah anorganik, sampah tersebut dengan 4 R. yaitu;
1. Retting artinya mengumpulkan sampah.
jangan biarkan sampah mengotori
lingkungan kita. bahwa sampah itu kita pungut dan menempatkannya menjadi sekumpulan sampah agar tidak berserakan dan tidak mengganggu kenyamanan .
2. Reduse ( mengurangi.) artinya; Memilih benda yang tahan lama yang bisa
digunakan lebih dari 1 kali. Yaitu memanfaatkan kembali bekas pembungkus untuk
hal yang sama.
3. Reuse ( Menggunakan kembali ) artinya; Tindakan memaksimalkan kegunaan suatu
barang, Tindakan menggunakan barang ada dua typa yaitu; 1. Menggunakan barang
tersebut dengan fungsi aslinya.typa yang ke 2. menggunakan kembali suatu barang
dengan fungsi berbeda dengan fungsi sebelumnya.
4. Recicle ( mendaur ulang ) tindakan mengubah bentuk barang yang sudah tidak
terpakai menjadi barang baru dan dapat digunakan . Proses daur ulang biasanya
dimulai dengan menguraikan menjadi lebih kecil kemudian dibentuk menjadi sesuatu yang baru dan ada juga proses daur ulang yang dilakukan oleh pabrik. contohnya mendaur ulang kertas dan plastik.
A. PILIH SALAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT DIANTARA PERNYATAAN YANG TERSDEDIA DIBAWAH INI.
1. Ketidak mampuan suatu wilayah atau daerah terhadap tumpukan sampah yang mengakibatkan kualitas tanah menjadi rusak. dalam ilmu ekologi dapat disebut dengan;
a). Asimilasi.
b). Sanitasi.
c). Exploitasi.
d). Pencemaran lingkungan.
2. Yang bukan menjadi penyebab pencemaran lingkungan adalah;
a). Tumbuhnya industri.
b). Pertumbuhan penduduk yng terlalu cepat.
c). Perkembangana tenhnologi.
d). Tumbuhnya keasadaran masyarakat untuk mengelola sampah.
3. Perkemembangan tehnologi dapat merusak sumber alam yang berguna bagi kesehatan manusia. yang tidak termasuk dalam sumber abiotik adalah;
a). Air.
b). Udara.
c). Tanah.
d). Tumbuhan.
4. Pencemaran air yang berasal dari limbah rumah tangga adalah;
a). Pencemaran oleh pestisida.
b). Pencemaran oleh Sampah.
c). Pencemaran oleh asap kendaraan.
d). Pencemaran limbah kamar mandi.
5. Berikut ini dapat disebut sebagai sampah organik.
a). Daun Daunan.
b). Kertas koran.
c). Kulit Telur.
d). Kardus.
6. Bukan berasal dari sampah pemukiman
a). Kulit buah.
b). Kaleng bekas.
c). Sayuran.
d). Sisa makan.
7. Bukan limbah dari pertanian.
a). Jerami.
b) Pestisida.
c). Pupuk kimia.
d). Oli.
8. Tempat untuk menyerap sisa limbah cair. dapat disebut dengan;
a). Bio Fori
b). Bioskop
c). Bio Nic.
d). Bio Gas
9. Sampah yang mudah diuraikan secara alami.
a). kardus.
b). Kalemnh bekas.
c). Oli bekas.
d). Sisa makanan.
10. Sampah Anorganik adalah sampah yang sulit diurai .kecuali;
a). Arbhot
b). kaleng susu.
c). Pembalut wanita.
d). batok kelapa..
II. ESSAY.
1. Sampah dapat mencemari lingkungan. jelaskan pendapatmu !.
2. Jelaskan macam penyakit yang dapat ditularkan melalui sampah ; ....
3. Sebutkan dan Jelaskan tehnik pengolahan sampah’ ...
4. Sebutkan contoh sampah menurut sumbernya; ..
5. Jelaskan dan berikan satu contoh pemanfaatan kembali sampah..
1.1.3. PENANGANAN SAMPAH.
Sampah sebagai produk buangan . yang dapat mengancam dan mengganggu kelestarian lingkungan. Karena disamping menimbulkan bau yang sangat menyengat , juga mengganggu kesehatan serta merusak ekosistem. Oleh karena itu pemerintah dan masyarakat tentunya harus tanggap dan memikirkan bagaimana dan apa yang harus kita lakukan agar masalah sampah dapat teratasi.
Untuk didaerak atau lingkungan perkotaan , masalah sampah mungkin sudah menjadi bagian atau masalah sosial, karena berdampak kepada seluruh lapisan masyarakat. Sehingga mau tidak mau , kita hurus dengan kesadaran bagaimana caranya mengatasi masalah sampah ini. Sehingga anak, cucu atau siapapun dihari nanti dapat menikmati keadaan yang lebih baik , lebih nyaman dari hari ini.
Untuk sementara hal yang bisa diandalkan untuk mengatasi masalah sampah ada beberapa hal. Minimal usaha ini dapat mengurangi . walaupun tidak berdampak memuaskan; diantaranya ;
1. Untuk Kompos.
Sampah dapat didaur ulang untuk dijadikan kompos. proses pembentukan kompos dilakukan oleh mikro organisma .Jenis sampah yang dapat dipergunakan adalah sampah organik. Upaya yang lain untuk mengajak masyarakat bagaimana caranya agar mau secara bersama dan sadar belaku hidup bersih , yaitu dengan mengadalah lomba kebersihan lingkungan. harapannya agar masyarakat terbiasa untuk hidup bersih dan sehat.
2. Untuk pakan Ternak.
Sampah organik yang berasal dari limbah rumah tangga , seperti daun daunan, Kulit pisang, atau sisa hasil pertanian seperti jerami, tangkai sayuran, ampas tebu, buah buahan, dedaunan dapat dimanfaatkan untuk makanan ternak
3. Untuk pendaur ulang..
upaya ini untuk mengurangi sampah dan menghemat sumber dayaalam. . Sampah logam yang berasal dari rongsokan dapat dioleh menjadi bahan yang baru. sampah metal seperti botol/kaca dapat diolah menjadi yang baru. juga bahan tersebut dapat diolah menjadi barang hiasan .
Sampah plastik diolah menjadi produk plastik seperti, untuk pigura, penggaris, kantong plastik, tas, pot, dsb.
Penggunaan ulang ( Reuse ) sampah dapat dilakukan terhadap sampah anorganik, bahan keras dan metal. Misalnya kaleng bekas roti digunakan untuk tempat gula. dsb.
4. Untuk Industri.
Selain menghasilkan output yang berguna , industri juga menghasilkan sampah sebagai hasil samping dari produknya. baik dalam bentuk padat, cair maupun gas. pengolahan sampah industri ini semata untuk menghemat bahan baku dan sumberdaya alam
5. Biogas.
pengelolaan sampah yang terarah dan menguntungkan , berupa biogas dengan memanfaatkan sisa sisa / sampah organik yang diolah menjadi gas , dan bermanfaat untuk pengganti kayu bakar atau minyak. Biogas sebagai hasil dari proses pembusukan sampah organik.
6. Dll.
I. PILIH SALAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT DIANTARA PERNYATAAN YANG TERSEDIA DI BAWAH INI.
1. Bentuk kemasan yang baik yang dapat diolah menjadi kompos adalah ;
a). Kaleng . b). Daun. c). Kertas. d). Plastik.
2. Pengolahan sampah yang dapat diolah menjadi Biogas bersumber dari.
a).Limbah industri. b) Limbah Dapur.
c) Limbah Rumah sakit. d) Limbah meble.
3. Menggunakan kembali bekas kemasan untuk fungsi yang lain dapat disebut dengan;
a). Resycle. b).Reduce. c). Reuse., d).Repair.
4. Yang bertanggung jawab terhadap kemasan hasil olahan suatu produk . adalah;
a). pemerintah. b). Industri. c). Masyarakat. d). Pasar.
5. Sampah yang diolah menjadi kompos hasilnya dapat digunakan untuk.;
a) menghasilkan Biogas. b). Pemupukan tanaman.
c). Bahan Industri. d). pengganti Minyak.
6. Sampah yang diolah menjadi pakan ternak adalah.
a). Organik. b). Anorganik. c). Sampah metal. d). Sampah industri.
7. jerami yang telah dipermentasi sebagai pakan ternak merupakan sampah dari;
a. pertanian. b) Rumah Tangga. c). Industri Perkebunan. d). Industri Minyak
8. Mendaur ulang sampah menjadi barang yang baru. dapat disebut dengan.
a). Resycle., b).Reduce. c). Reuse. d).Repair.
9. Menggunakan secara berulang ulang sampah anorganik , atau menggunakan dengan fungsi yang lain disebut dengan;
a). Resycle. b).Reduce. c). Reuse., d).Repair.
10. Hasil samping olahan industri tahu berupa bahan padat dapat dipergunakan untuk;
a). Minyak desel. b. Pakan ternak. c. sayuran. d. jajan.
II. ESSAY.
1. Sebutkan beberapa keuntungan jika kita mampu mengolah sampah menjadi biogas....
2. pemanfaatan sampah organik sangat berguna untuk tanaman. dimana keuntungannya jika dibandingkan dengan pupuk kimia ( Pupuk Urea ); ....
3. Keuntungan apa saja yang dapat kita ambil dari sistem pengompsan; ....
Kompetensi dasar ; 1.2. Melestarikan Lingkungan Alam dengan Baik dan Berkelanjutan.
Indikator. : 1.2.1.Melestarikan Sumber Daya Alam.
1.2.2. Melestarikan Lingkungan Pisik.
Nilai Karakter ; Kerja keras, Kreatif, Cinta tanah air, Pedujli lingkungan, Tanggung jawab.
1.2.1.. Pelestarian Sumber Daya Alam
1. Pengertian Pelestarian Sumber Daya Alam.
Menurut UU RI No; 5 Tahun 1990, Tentang pengelolaan sumber daya alam yang tak terbarui untuk menjamin pemanfaatannya secara bijaksana dan sumber daya alam yang terbarui untuk menjamin kesinambungan tersedianya dengan tetap memelihara dan meningkatkan kualitas nilai serta keanekaragamannya.
Pelestarian sumber daya alam merupakan usaha ujntuk melindungi pemanfaatan sumber daya alam secara berlebihan tanpa mempertimbangkan akibat bagi keberadaan sumber daya alam itu sendiri dan bagi manusia. Hal ini disebabkan karena sumberdaya alam dan ekosistemnya mempunyai keterbatasan dan kemungkinan untuk rusak dan punah. Jika terjadi kepunahan dan kerusakan sumber daya alam akan menyebabkan kerugian besar bagi manusia
2. Tujuan Pelestarian Alam.
Sumber daya alam merupakan modal dasar yang diberikan Tuhan agar manusia dapat mempergunakannya untuk memenuhi keperluan hidupnya , namun agar generasi yang akan datang tetap mendapatkan hak nya untuk memanfaatkan sumber daya alam ini. Pemanfaatan hendaknya diatur agar tidak berlebihan dan semua orang secara adil dapat memanfaatkannya. Pelestarian sumber daya alam ini bukan berarti melarang penggunaannya tetapi untuk melindungi sumber daya alam tersebut dari kepunahan.
Sumberdaya alam mempunyai beberapa nilai penting, seperti; Nilai Ekologis, Biologis, Ekonomis dan Sosial Budaya. Oleh karena itu sumber daya alam perlu dilindungi kelestariannya, dengan cara dibuatkan daerah konsevasi , seperti Taman Nasional, Suaka Margasatwa, hutan lindung, ataupun kebun binatang. Tujuan dari pada perlindungan sumber daya alam adalah;
a). Terwujudnya fungsi yang optimal tiap kawasan konservasi.
b). Meningkatnya pemanfaatan tumbuhan , satwa, jasa wisata, dan lain lain yang terkendali untuk kepentingan pembangunan.
c). Terkendalinya populasi satwa dan tumbuhan liar, baik di dalam maupun di kawasan perlindungan
3. Usaha Pelestarian Sumber Daya Alam.
Sejalan dengan strategi konsevasi dunia yang dikeluarkan oleh IUCN tahun 1980. Indonesia mendeklarasikan Strategi Konsevasi Indonesia, yang tertuang dalam UU No, 5 tahun 1990;
1. Perlindungan sitem penyangga kehidupan meliputi usaha dan tindakan sebagai berikut.;
A. Perlindungan daerah pegunungan yang berlereng curam.dengan membentuk hutan lindung dan pembuatan terasering ( sengkedan )
B. Perlindungan wilayan Pantai dengan mengelola secara terkendali daerah bakau dan hutan pantai serta daerah hamparan karang.
C. Perlindungan Daerah Aliran Sungai , Lereng perbukitan dan Tepi Sungai, Danau dengan mengelola secara terkendali.
D. Pengembangan daerah aliran sungai termasuk kawasan daerah perlindungan sesuai dengan rencana pengembangan secara menyeluruh.
E. Perlindungan daerah Hutan yang luas di Taman Nasional , Suaka Margasatwa,dan Cagar Alam.
F. Perlindungan tempat yang memiliki nilai unik , keindahan alam yang sangat menarik atau ciri khas alam atau budaya daerah .
G. Mengadakan analisis menganai dampak lingkungan ( AMDAL ) sebagai Syarat mutlak untuk melaksanakan semua rencana kegiatan pembangunan kehutanan yang menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan.
2. Pengawetan Keanekaragaman jenis Tumbuhan dan Satwa beserta Ekosistemnya.
A. Pengawetan di daerah Kawasan . Kegiatannya dilakukan dalam bentuk kawasan Suaka Alam dan kawasan Pelestarian Alam , dengan tujuan menjaga keutuhan jenis tumbuhan dan satwa , serta agar proses ekosistem berjalan secara alami , Semua jenis Satwa dan Tumbuhan serta ekosistemnya di kawasan Suaka Alam dan Kawasan Pelestarian Alam di lindungi.
B. Pengawetan diluar kawasan. Kegiatannya dilakukan dengan cara melakukan pemeliharaan dan budidaya jenis jenis flora dan fauna yang terancam punah.
C. Pengawasan . Untuk mengefektifkan kegiatan , pengawetan keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa . Dilakukan pengawasan perdagangan dan ekspor tumbuhan dan satwa.
3. Pemanfaatan secara Lestari Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya .
A. Pemanfaatan lingkungan kawasan pelestarian alam untuk rekreasi , pariwisata , penelitian dan pendidikan.
B. Pemanfaatan Tumbuhan dan Satwa liar secara terkendali.
I. PILIH SALAH SATU JAWABAN HYANG PALING TEPAT DIANTARA PERNYATAAN YANG TERSEDIA DI BAWAH INI.
1. Semua benda hidup ataupun mati serta seluruh kondisi yang ada didalam ruang yang kita tempati dapat disebut dengan,
a). Kondisi.
b). Lingkungan.
c). Area
d). Dataran.
2. Sikap berikut mencerminkan sikap disiplin dan tidak mengabaikan hidup bersih dan sehat.. a).Membuang putung rokok sembarangan.
b).Merokok ditempat umum.
d). Buang air besar di kali.
d). Mengumpulkan sampah plastik menjadi satu.
3.Tindakan sekecil apapun yang kita lakukan dapat memberi pengaruh terhadap pelestarian dan kesehatan. seperti contoh;
`a). membuat hujan buatan.
b). Melakukan reboisasi,.
c). menanam hutan bakau pada didaerah pesisir pantai.
d). Menanam bunga dalam pot.
4. Limbah rumah tangga yang dapat membunuh cacing sebagai pengurai;
a). Sisa makanan.
b. Sisa minuman.
c). Sisa / limbah deterjen.
d) Limbah Wc.
5. Kebersihan air sumur harus memenuhi ketentuan jarak minimal antara sumur dan kamar mandi,
a). 5 meter.
b. 7 meter.
c). 10 meter.
d). 3 meter.
6. Untuk meminimasir pencemaran limbah Wc, Tindakan yang tidak mencerminkan kepedulian terhadap kesehatan adalah;
a). membuatkan spitenk.
b). Menguras limbah.
c). Mengalirkan ke kali / sungai.
d. Pernyataan a dan b tidak di benarkan.
7. Genangan air dapat menjadi sarang nyamuk sebagai sumber penyakit.kecuali; ...
a). Malaria.
b) Kangker.
c. Demam berdarah.
d). Muntaber.
8. Rumah yang sehat tidak harus memiliki syarat seperti .
a). Adanya tumbuhan disekitar pekarangan.
b). Harus ada pentilasi sebagai bagian silkulasi udara.
c). Ada pencahayaan.
d). Ber Ac.
9. Untuk menjaga kepunahan species tertentu dapat dilakukan dengan hal seperti berikut, kecuali; ....
a). Mengawetkan benda tersebut sebagai bukti bahwa itu pernah ada di daerah tersebut.
b).Melarang perburuan terhadap satwa disekitar daerah tersebut.
c). Membangun taman marga satwa di dfaerah tersebut.
d). memberikan sangsi yang berat terhadap pelaku pelanggaran.
10.Memanfaatkan sumber daya alam hayati adalah untuk hal seperti berikut. kecuali; ..
a). Untuk rekreasi.
b). Untuk Penelitian.
c). Pariwisata,
d). Untuk TPA.
II. ESSAY.
1. Jelaskan pengertian sumberdaya alam. ...
2. Jelaskan tujuan pelesterian sumberdaya alam.
3. Sebutkan usaha usaha pelestarian sumberdaya alam....
4. Untuk melindungi keberadaan jalak putih dari kepunahan, menurut pendpatMu apa yang harus dilakukan.jelaskan; ...
5. Bagaimana pengaruh pertambahan penduduk terhadap kelestarian lingkungan...
1.2.2. PELESTARIAN LINGKUNGAN FISIK.
Dewasa ini banyak masyarakat mengeluhkan tentang kondisi lingkungan fisik yang sudah sangat mengkawatirkan. hal ini tentu karena ulah manusia yang dengan semena mena dan tidak bertanggung jawab , tanpa memikirkan dampak yang ditimbulkannya. Pemalakan atau perabasan hutan dihulu misalnya , berakibat kurang tersedianya air, yang berdampak luas terhadap aspek kehidupan .Petani merasa sangat terpukul karena semua aktifitas dan kegiatannya berhubungan dengan air. Mulai dari dampak inilah mari kita semua memikirkan dan berbuat bagaimana upaya kita untuk mengembalikan kejayaan petani agar secara maxsimal dapat memanfaatkan lingkungan disekitarnya;
A. Pelestarikan tanah .
bencana tanah longsor dan banjir menunjukkan peristiwa yang berkaitan dengan masalah tanah. Banjir telah menyebabkan pengikisan lapisan tanah oleh aliran air yang disebut erosi yang berdampak kepada hilangnya kesuburan tanah dan terkikisnya lapisan tanah dari permukaan bumi.Tanah longsor disebabkan karena tidak ada lagi unsur yang menahan lapisan tanah pada tempatnya. sehingga menimbulkan kerusakan .Tentu ini sangat membahayakan kelangsungan hidup mahluk . untuk mengatasi masalah ini tentu dapat dilakukan beberapa alternatif.
1. Melarang penebangan .
2. Melakukan reboisasi /penghijauan kembali.
3. Melakukan terasering pada tanah yang miring
4. dll.
B. Pelestarian Udara.
Udara sebagai unsur fital bagi kehidupan . setiap organisma memerlukan udara untuk bernafas. Dengan demikian kebersihan udara sangat menentukan kesehatan. Dalam udara itu mengandung berbagai gas dan oksigen contohnya. Udara yang kotor karena debu ataupun asap sisa pembakaran menyebabkan kadar oksigen berkurang , dan hal ini sangat membahayakan bagi kelangsungan hidup . Maka perlu diupayakan tindakan riil untuk menjaga kesegaran udara , agar tetap bersih , segar dan sehat.Upaya yang dilakukan untuk menjaga agar udara tetap bersih den sehat ;
1. Menggalakan penanaman pohon ataupun tanaman hias disekita kita, untuk menyerap gas yang membahayakan bagi kesehatan manusia.
2. mengupayakan pengurangan emisi atau pembuangan gas sisa pembakaran. Baik pembakaran hutan maupun hasil buangan mesin. Hal ini sebagai penyumbang terbesar dalam pencemaran udara.
3, mengurangi atau menghindari pemakaian gas kimia yang dapat merusak lapisan oson.
C. Pelestarian Hutan.
Eksploitasi hutan yang berlangsung secara terus menerus , menyebabkan kawasan hutan menjadi rusak . Pembalakan liar yang dilakukan manusia penyebab utama terjadinya kerusakan hutan. Padahal hutan sebagai penopang kehidupan di bumi. . Karena hutan bukan hanya menyediakan bahan pangan, namun juga mengasilkan oksigen.
Upaya yang dilakukan untuk melestarikan hutan;
1. Melakukan penanaman kembali hutan yang gundul.
2. Melarang pembabatan hutan secara sewenang wenang.
3. Menerapkan sistim tebang pilih dalam menebang hutan.
4. Menerapkan sitem tebang tanam dalam penebangan hutan.
5. Memberikan sangsi yang berat terhadap mereka yang melanggar aturan.
D. Pelestarian laut dan pantai.
sama seperti hutan , bahwa laut sebagai sumber daya yang potensial . Kerusakan biota laut dan pantai banyak disebabkan karena ulah manusia . contohnya pengambilan pasir pantai , karang laut, pengerusakan hutan bakau , sebagai ulah manusioa yang mengancam kelestarian laut dan pantai. Terjadinya abrasi mengancam kelestarian pantai , karena hilangnya hutan bakau disekitar pantai sebagai pelindung alami terhadap gempuran ombak.
Upaya untuk pelestarian pantai adalah;
1. Melakukan reklamasi pantai dengan menanam kembali tanaman bakau diareal sekitar pantai.
2. Melarang pengambilan batu karang yang ada disekitar pantai maupun sekitar laut , karena karang merupakan habitan ikan dan tanaman laut.
3. Melarang pemakaian bahan peledak dan bahan kimia lainnya dalam mencari ikan.
4. Melarang menggunakan pukan harimau untuk mencari ikan.
E. Pelestarian Flora dan fauna.
Kehidupan di bumi sebagai sistem ketergantungan antara manusia, hewan dan tumbuh tumbuhan. Terputusnya mata rantai ini akan mengakibatkan terganggunya kehidupan. Oleh karena itu , kelestarian flora dan fauna merupakan hal yang mutlak diperhatikan demi kelangsungan hidup manusia . Upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian flora dan fauna diantaranya;
1. Mendirikann cagar alam dan Suaka margasatwa.
2. Melarang perburuan liar. .
3. menggalakan kegiatan penghijauan.
I. PILIH SALAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT DIANTARA
PERNYATAAN DIBAWAH INI.
1. Keberadaan lingkungan fisik dewasa ini sedah sangat memprihatinkan. faktor utama penyebab kerusakan tersebut adalah;
a). Hewan.
b). Manusia.
c). Bencana.
d. Banjir.
2. Sebagai unsur utama dalam kegiatan pertanian adalah;
a). Air.
b). Traktor.
c). Spreyer.
d). Uang.
3. Penghikisan lapisan tanah yang disebabkan oleh banjir dapat disebut dengan; ..
a). Sanitasi.
b). Erosi,
c). Reaksi.
d). Eksploitasi.
4. Upaya yang dapat dilakukan untuk pelestarian tanah adalah; kecuali...
a). Melarang penebangan.
b). Melakukan penghijauan kembali.
c). Melakukan terasring.
d). Mengoptimalkan galian C.
5. Udara menjadi kebutuhan setiap mahluk hidup. Yang dapat menjadi sumber pencemaran udara;...
a). Hutan yang gundul.
b). Tanah longsor.
c). Asap pabrik.
d). Pupuk kimia.
6. Alternatif untuk mengurangi dampak pencemaran udara adalah. kecuali; ...
a). Tetap merokok.
b). Membuat tanaman hias.
c). Mengurangi penggunaan sepeda motor.
d). Mengurangi pemakaian gas kimia.
7. Exploitasi hutan berdampak terhadap ;
a). Pelestarian hutan.
b). Pelestarian marga satwa.
c). Kerusakan hutan.
d). Melestarikan cagar budaya.
8. Menerapkan sistem tebang pilih adalah sebagai upaya ;...
a). Melestarikan lingkungan.,
b). melestarikan tanah.
c). Melestarikan hutan.
d). Melestarikan marga satwa.
9. Memberikan sangsi yang berat diberikan kepada mereka tersangkut masalah; ....
a). Peremajaan hutan.
b). Pengelola hutan.
c). Penjaga hutan.
d). penjarah hutan.
10. Hutan perlu dijadikan pilihan untuk rekreasi; ...
a). Kemah pramuka.
b). berburu.
c). Mencari kayu.
d). Mencari madu.
11. Pencurian pasir laut adalah menjadi penyumbang pertama terhadap kerusakan pantai,
a). Reklamasi.
b). Aklamasi.
c). Abrasi.
d). Multilasi.
12. Berikut adalah tidak berhubungan dengan pantai.
a) Hutan Bakau.
b).Rumput laut.
c). Abrasi.
d). Erosi.
13. Berikut adalah bukan sebagai sumber air limbah rumah tangga; ....
a). Kamar mandi.
b). Tinja.
c). Hujan / banjir.
d). Sampah
14. Yang bukan menjadi sumber pencemaran udara;
a). Asap kendaraan.
b). Rumah kaca.
c). Asap pabrik.
d). Percobaan nuklir.
15. Unsur utama yan g membentuk tanah adalah; ...
a). Air.
b). Udara.
c). Humus.
d). Mineral.
16. Faktor yang mempengaruhi kerusakan tanah ; ...
a). Manusia.
b). Organisma.
c). Hewan.
d). Tumbuhan.
17. Berikut ini bukan faktor manusia yang menyebabkab kerusakan hutan; ....
a). Pemalakan hutan.
b). pengalihan fungsi hutan.
c). Reboisasi.
d). Pemanfaatan hutan secara berlebihan.
18, Sikap berikut bukan cerminan Pelestarian flora dan fauna ; ....
a). Mendirikan cagar alam.,
b). Melarang perburuan liar,
c). Menggalakkan penghijauan .
d) Melakukan Pembakaran hutan .
19. Komponen biotik berdasarkan fungsinya, kecuali;...
a). Agen,
b). Produsen..
c) . Konsumen.
d). Pengurai.
20. Kegiatan manusia yang berimbas terhadap kerusakan hutan adalah; .....
a). Ilegalloging.
b). Perkemahan.
c). Reboisasi.
d). Pendakian.
II. Essay.
1. Menurut pendapatmu apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan kesuburan tanah; ....
2. Sebutkan sumber sumber yang menjadi penyebab pencemaran udara; ....
3. Melihat kondisi hutan saat ini sudah sangat mengkawatirkan, bagaimana dan apa yang harus dilakukan untuk mengenang kembali kejayaan petani dimasa lampau.; ....
4. Dengan melihat bencana yang menimpa umat manusia , bagaimana keterkaitan antara kelestarian lingkungan dengan bencana itu sendiri; ...
5. Terputusnya mata rantai menyebabkan terganggunya kehidupan. Menurut pendapatmu bagaimana jika hewan pemangsa ( singa, harimau ) kita putus perkembangannya; ....
Kompetensi dasar ;1.3. Memanfaatkan Sumber Daya Alam.
Indikator. ; 1.3.1. memanfaatkan Sumber Daya Alam.
1.3.2. Memanfaatkan Lingkungan Fisik Untuk pembangunan.
1.3.3. pembangunan di bidang Pertanian
1.3.4. Pembangunan di Bidang Pariwisata.
Nilai Karakter ; Kerja keras, Cinta tanah air, Peduli lingkungan.Tanggung jawab.
1.3.1. A. Manfaat Sumber Daya Alam.
Sumber alam sangat penting bagi keperluan hidup Sumber alam terdiri dari sumber alam biotik seperti tumbuh tumbuhan dan hewan dan sumber alam abiotik , seperti air, tanah , meneral dan bahan gbahan galian lainnya.Dalam hal ini terdapat sumber daya alam yang renewable ( bisa diganti atau dipertahankan ) seperti sumber alam hayati. ( air, udara , panas bumi, tenaga matahari , ) dan sumber alam yang Non renewable ( habis dipakai / tak dapat diganti ). seperti minyak bumi , batubara, dan mineral lainnya.
Untuk sumber sumber alam yang tak bisa diganti , hendaknya dalam enggunaanya diusahakan sehemat dan seefisien mungkin. Ini harus betul betul dilaksanakan , sebab dengan adnya pertambahan dan peradaban manusia yang semakin tinggi maka diperlukan sumber alam yang lebih banyak lagi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Oleh karena itu menjadi sangat penting adanya konservasi yaitu pengawetan dan pemeliharaan sumber alam seperti tanah pertanian, mineral tertentu, air, hutan dan margasatwa. pemeliharaan sumber alam ini akan menjamin lingkungan yang serasi dalam pembangunan dan memberi kesempatan untuk mengadakan perubahan perubahan dikemudian hari tanpa merusak kelestariannya. Dalam penggalian dan Pengelolaan sumber daya alam harus secara hati hati dengan melakukan kajian dan evaluasi.
B. NILAI PENTING SUMBER DAYA ALAM.
Sumberdaya alam memiliki beberapa nilai penting , terutama bagi manusia yang paling banyak memanfaatkan sumber daya alam , seperti misalnya;
1. Nilai Ekologis.
Sumberdaya alam merupakan bagian yang tak terpisahkan dari ekologi karena sebagai penyhusun komponen komponen produsen , konsumen dan pengurai dalam ekologi. Jika salah satu komponen itu terganngu maka komponen lain dalam ekosistem akan terganggu. yang sekaligus menyebabkan kerusakan lingkungan yang ahirnya merugikan manusia juga. Oleh karena itu kita harus menjaga kelestarian sumberdaya alam agar fungsi ekosistem tidak terganggu, dengan melakukan penghijauan .
2. Nilai Biologis.
Sumberdaya alam memiliki nilai biologis karena sangat menunjang kehidupan mahluk hidup terutama untuk menyediakan bahan makanan , pakaian dan bahan perumahan. Dengan semakin berkembangnya tehnologi sumberdaya alam lebih memiliki niulai biologis antara lain dengan berkembangnya rekayasa genetika untuk menghasilkan bahan obat obatan, enzim, hormon, protein dan vitamin dengan menggunakan mikro organisma.
3. Nilai Ekonomis.
Untuk kepentingan pembangunan ekonomi dan potensi penggunaannya , sumberdaya alam dapat dikelompokan menjadi;
a). Sumberdaya alam penghasil energi.
Manusia memerlukan energi dalam bentuk makanan yang diperolehnya dari tumbuh tumbuhan dan hewan. . makanan tersebut perlu diolah dan dimasak.
untuk memasaknya perlu minyak bumi, gas atau batubara yang diperoleh dari alam. Selain untuk memasak makanan batubara dan minyak bumi juga diperlukan sebagai pembangkit listrik atau industri.Contoh sumberdaya alam penghasil energi yang lain adalah; cahaya matahari, angin, air, tumbuh tumbuhan, hewan dan lain sebagainya. Sumberdaya alam penghasil energi ini jika dikelola dengan baik akan menjadi sumber pendapatan yang tingg karena semua manusia didiunia ini memerlukan energi untuk dapat hidup secara manusiawi dan layak.
b). Sumberdaya alam penghasil bahan baku,.
Beberapa tumbuhan selain sebagai bahan makanan pokok dapat pula sebagai bahan baku dalam pembuatan pakaian . misalnya kapas, serat pisang serat nanas dan sebagainya. dengan menggunakan tehnologi pengoilahan sumberdaya penghasil bahan baku akan memiliki nilai tambah yang lebih tinggi.
c). Sumberdaya alam lingkungan
Lingkungan merupakan sumberdaya alam yang memiliki nilai ekonomi ., misalnya lingkungan perairan dapat dikelola menjadi pembangkit tenaga listrik, pertambakan atau perikanan .Contoh sumber daya alam lingkungan lainnya adalah udara.
4. Nilai sosial budaya.
Nilai sosial budaya sumberdaya alam antara lain sebagai tempat wisata , untuk tepat santai .model model wisata ini kita kenal dengan agrowisata, ekowisata, wisata budaya , penyelaman dasar laut, dll.
C. PRINSIP PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM
Sumber daya alam dapat dimanfaatkan secara komersial untuk meningkatkan perekonomian masyarakat . Bahkan pemanfaatan tubuhan dan satwa liar juga dapat dilakukan sesuai dengan pasal 36 UU RI No.5 Tahun 1990 ( 5/1990) tanggal 10 Agustus 1990. tentang konservasi sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya dengan ketentuan sebagai berikut.
Pemanfaatan jenis tumbuhan dan satwaliar dapat dilaksanakan dalam bentuk;
1. Pengkajnian penelitian dan pengembangan
2. Penangkaran.
3. perburuan.
4. Perdagangan.
5. Peragaan.
6. Pertukaran.
7.Budidaya tanaman obat obatan.
8. Pemeliharaan untuk kesenangan.
Sumber dsaya alam dapat dimanfaatkan seluas mluasnya untuk kemakmuran masyarakat. dan setiap morang juga berhak untuk memanfaatkannya . Dalam memanfaatkan sumberdaya alam , manusia hendaknya bersikap bijaksana dengan memperhatikan prinsip prinsip sebagai berikut.
a). Reduce. Menguhrangi jumlah pemakaian sumberdaya alam seperlunya ,
misalnyamengurangi menggunakan bahan yang terbuat dari plastik karena plastik
sangat sulit untuk diuraikan , hemat dalam penggunaan air , listri, dan sebagainya.
b). Reuse; Mempergunakan akembali sampah yang tidak terurai seperti plastik dapat dipergunakan kembali ( beberapa kali ).
c). Recycle ( daur ulang ). dapat didaur ulang dan dibuat benda atau bahan yanag dapat dipergunakan . Misalnya daur ulang plastik yang sudah tidak bermanfaat menjadi barang yang dapat dimanfaatkan , Pemanfaatan kotoran ternak dan sampah menjadi kmompos . menggunakan kertas bekas menjadi hiasan dan masih banyak kegiatan daur ulang lainnya yang bisa kita lakukan.
d). Repair, yaitu memelihara peralatan yang kita miliki . Misalnya perawatan mobil atau motor agar awet dan tidak boros dalam penggunaan bahan bakar.
D. DAMPAK PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM.
Sumberdaya alam merupakan unsur dari lingkungan . kehidupan masyarakat atau wilayah sangat didukung oleh sumberdaya alam yang dimanfaatkan oleh masyarakat. Namun sumberdaya memiliki keterbatasan , singga akan mengalami kepunahan jika penggunaannya tidak terkendali.
Permasalahan yang dihadapi dalam penggunaan sumberdaya alam yaitu;
1. penurunnya jumlah dan jenis sumber daya alam. , karena selalu dimanfaatkan oleh manusia tanpa terkendali dan tidak diikuti oleh pengaturan pengelolaan yang baik. Akibatnya akan terjadi kepunahan
.
2. Produktifitas lahan menjadi menurun.
Hal ini disebabkan karena kesuburan tanah berkurang oleh penggunaan pupuk kimia, dan hama. ujntuk mengatasi masalah tersebut perlu dilakukan dengan bertanam tumpang sari , dengan berbagai jenis tanaman dan mempergunakan pupuk organik.
3. Pencemaran.
Peningkatan jumlah penduduk dan usaha untuk mempertinggi produksi pertanian melalui pemberantasan hama menyebabkan terjadinya pencemaran terutama karena limbah rumah tangga dan insektisida. hal ini dapat diatasi dengan pengolahan limbah agar dapat dimaanfaatkan ( reuse dan pemberantasann hama secara biologis.
I. PILIH SALAH SATU JAWABAN YANG PALING TEP[AT DIANTARA PERNYATAAN YANG TERSEDIA DI BAWAH INI.
1. Mencerminkan lingkungan yang bersih atau sehat.
a). Lingkungan yang gersang.
b). Lingkungan yang tandus.
c). Lingkungan yang hijau.
d).Lingkungan yang kering.
2. Ilmu yang mempelajari mahluk hidup sebagai satu kesatuan dengan lingkungan disebut dengan;
a). Biologi.
b). Geologi.
c). Ekologi.
d). Kosmologi.
3. Hubungan yang bersifat timbal balik antara lingkungan dengan mahluk hidup dapat disebut dengan; ...
a). Ekonomi.
b). Ekologi.
c). Sanitasi.
d). Ekosistem..
4. Kerusakan tanah sebagai akibat dari ketidak seimbangan
ekologi yang disebabkan oleh;
a). Hewan .
b). Manusia.
c). Tumbuh tumbuhan.
d) Alam yang tidak bersahabat.
5. Usaha yang paling mudah dilakukan untuk menyelaraskan atau menyeimbangkan hubungan hidup mahluk adalah;..
a). Melakukan Penghijauan.
b). Melakukan Abrasi.
c ).Melakukan Sanitasi,
d). Melakukan urbanisasi.
6. Sikap manusia yang dengan seenaknya merubah atau mempengaruhi struktur tanah untuk memenuhi keinginannya. sifat seperti ini identik dengan sikap;
a). Kulturasi.
b). Interfensi..
c). Multilasi.
d). Sanitasi.
7. Yang tidak dapat dikatagorikan sebagai lingkungan fisik adalah;
a).Cuaca.
b).Kerbau.
c).Udara.
d). Air.
8. Unsur iklim, cuaca, suhu, dan lainnya dapat disebut sebagai lingkungan;..
a). Fisik.
b). Internal.
c). External.
d). Manual.
9. Tumbuhan, hewan dan manusia dapat dikatagorikan sebagai lingkungan ; ..
a). Biologi.
b). Biotik..
c). Biola.
d). Bioskop
10. Suatu saat alam tidak dapat lagi memenuhi syarat kehidupan penghuninya, karena daya dukungnya yang mulai berkurang.Pengertian daya dukung dari kalimat tersebut adalah;
a). Tanahnya kering.
b). Tanahnya subur.
c).Tanahnya makmur.
d). Tanahnya gembur
11. Manusia sebagai mahluk yang dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.
Istilah menyesuaikan dapat disebut pula dengan;
a). Bergabung.
b). Menyamai.
c). Beradaptasi.,
d). Berbaur.
12. Bencana kekeringan adalah dampak dari kerusakan lingkungan;
a).Pedesaan.
b) Pegunungan.
c). Hutan ,
d). Perkotaan.
13. Benda mati yang berada disekitar kita dapat disebut dengan lingkungan;
a). Lingkungan hidup.
\ b). Lingkungan Biotik.
c). Lingkunga Abiotik.
d). Lingkungan Fisik,
14. Berikut yang bukan termasuk lingkungan fisik adalah;
a). Batu batuan
b). Cuaca.
c). Kelembaban.
d). Hutan,
15. Berbagai jenis hewan atau mahluk hidup yang berada disekitar kita termasuk lingkungan biotik. kecuali; ..
a). Cacing tanah.
b). kayu sakti.
c). Batu padas,
d). Pohon beringin.
d). pohon beringin.
16. Menurunnya kwalitas tanah disebabkan oleh aktifitas manusia . kecuali.
a). Dicemari bahan kimia.
b). Dicemari limbah industri.
c). Penggunakan pupuk kimia .
d). Penggunaan pupuk organik,
17. Pengelolaan lingkungan harus berpedoman.
a). Nilai Jual.
b). Nilai Estetika.
c). Jual beli.
d). Keutuhan ekosistem,
18. Berikut adalah bukan sesuatu yang dapat mencemari air.
a). Oksigen.
b). Limbah industri.
c). Limbah kamar mandi.
d). Oli .
19. Sumberdaya alam yang dapat diperbaharui adalah kecuali;
a). Aspal.
b). Udara.
c). Batu bara.
d). Minyak bumi.
20. Berikut adalah tindakan yang dapat merusak lingkungan. ..
a). Menanam sampah organik untuk pupuk.
b). Membakar sampah yang sudah kering.
c). Memilah sampah sesuai dengan jenisnya.
d). Membuang sampah tidak sembarangan.
II. Jawab Dengan Singkat dan Benar.
1. Apa yang dimaksud dengan ekologi......
2. Bagaimana pendapatmu tentang manusia sebagai perusak lingkungan; ....
3. Bagaimana cara mengatasi masalahg kekeringan; ....
4. Sebutkan beberapa unsur yang dapat disebut sebagai lingkungan fisik.....
5. Coba sebutkan beberapa jenis sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. ....
1.3.2. MEMANFAATKAN LINGKUNGAN FISIK UNTUK PEMBANGUNAN.
Pembangunan perokonomian masyarakat merupakan hal yang sangat penting terutama dalam meningkatkan kesejahtraan hidup. pengelolaan perekonomian berhubungan erat dengan berbagai masalah lingkungan.
pembangunan perekonomian meliputi penggalian sumber daya bumi , pembangunan proyek proyek industri akan mempengaruhi keseimbangan lingkungan. Tanpa penggarapan dan pengelolaan yang bijaksana , kelestarian lingkungan akan terancam kelestariannya.
pembanguan ini merupakan proses dinamis dimana apa yang terjadi pada salah satu bagian ekosistem akan mempengaruhi seluruh bagian. Kita tahu bahwa pada era dewasa ini sumber daya bumi harus dikembangkan semaximal mungkin secara bijaksana dengan lebih efisien . Tetapi dalam prakteknya perhatian dalam penggalian sumber daya ini sangat ditentukan oleh kualitas dan kwantitas produksi. Seperti berapa banyak kemungkinan yang dapat dicapai dalam volume tertentu, jadi yang dilihat hanya keuntungan semata yang bisa didapat secara langsung. Hal hal yang menyangkut pemeliharaan alam kurang diperhatikan. Sehingga tidak jarang ahirnya integritas lingkungan menjadi tidak terpelihara dan hilangnya kelestarian lingkungan.
Untuk menghindari terjadinya hal seperti ini, maka seyogyanya setiap aspek ekonomi, , dipersiapkan secara matang dalam setiap aspek pembangunan melalui suatu kajian penelitian dan evaluasi yang terintegrasi diantara hal hal yang berhubungan.
Sebagai contoh; exploitasi suatu sumberdaya dekat permukaan tanah. hal ini dapat menghancurkan nilai nilai kelestarian lingkungan, seperti industri batu bata, genteng, penggalian pasir, atau yang lainnya.Exploitasi itu sendiri akan menghasilkan dana yang banyak bagi kepentingan masyarakat, tetapi berdampak pula terhadap kelestarian lingkungan itu sendiri. Maka tindakan yang bisa digunakan untuk meminimalisir terjadinya kerusakan lingkungan , yaitu dengan menyisihkan dana dari industri tersebut , dan digunakan untuk mereabilitasi jika lahan tersebut tidak difungsikan lagi.
Jadi dalam rangka penggalian sumberdaya alam dan pembangunan suatu daerah bagi kepentingan kemakmuran hidup umat manusia perlindungan species dan komunitas alam sangat perlu. Sehingga tidak lagi terbentur kepada kesalahan besar dalam menggunakan sumber daya dengan mengorbankan nilai lingkungan untuk mendapatkan keperluan ekonomi jangka pendek.
Jadi dalam rangka pembangunan dan pemanfaatan sumber sumber alam yang dapat diperbaharui , hendaknya selalu diingat dan diperhatikan hal hal seperti berikut.
1. Generasi yang akan datang harus tetap mewarisi suatu alam yang masih penuh dengan sumber kemakmuran .
2. Tetap adanya keseimbangan dinamis diantara unsur unsur yang terdapat dalam alam.
3. Dalam penggalian sumber alam harus tetap terjamin kelestariannya.
I. PILIH SALAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT DIANTARA PERNYATAAN YANG TERSEDIAN DI BAWAH INI.
1. Orang yang hidup dipesisir pantai dan menggunakan pantai sebagai lahan untuk berusaha. Itu berarti pantai dijadikan tempat yang bernilai;
a). Nilai budaya.
b). Nilai ekonomi.
c). Nilai historis.
d). Nilai ekologis.
2. Yang tidak bisa dilakukan terkait dengan pemanfaatan lingkungan pantai adalah;
a). Budi daya kerang mutiara.
b). Budi daya rumpat laut.
c). Pelestarikan penyu.
d). Budidaya ikan air tawar.
3. Tepat yang stategis untuk usaha penangkapan ikan dan pengolahan ikan.
a). Di lingkungan kota.
b) Dilingkungan pemukiman pendudukan.
c). Dipinggir hutan.
d). Dipesisir pantai.
4. Penangkapan ikan dengan bahan peladak akan merusak karang, sehingga mengganggu populasi ikan. yang paling merasakan dampak dari kerusakan itu adalah;
a). Para pedagang ikan dipasar,
b). Petani di sawah.
c). Nelayan di pantai.
d). Para pemulung.
5, Industri yang tidak berhubungan langsung dengan penggalian sumber daya bumi adalah;
a). Industri Genteng.
b). Industri pengalengan ikan.
c). Industri batubata.
d). Industri gerabah.
6. Orentasi dari pengelolaan sumber daya bumi yang dapat merusak alam adalah;...
a). Pengelolaan yang beroentasi sanitasi
b). Pengelolaan yang berorentasi Perlindungan ekosistem.
c). Pengelolaan yang berorentasi kelestarian.
d). Pengelolaan yang hanya memikirkan keuntungan.
7. Hasil industri yang telah mampu untuk memenuhi sejumlah permintaan pasar , tetapi mengabaikan mutu produksi. maka keadaan seperti ini sesuai dengan pengertian; ...
a). Fasilitas.
b). Kuantitas.
c). Kualitas.
d). Faritas.
8. Usaha yang dibentuk dengan melihat aspek budaya adalah seperti berikut, kecuali;...
a). Menjual es saat musim panas.
b). Membangun jasa perbangkan di kota.
c). Industri perikanan di pesisir pantai
d). Penggilingan padi di tengah kota.
9. Yang bukan dampak dari usaha tanpa kajian dan evaluasi terhadap lingkungan, adalah; ...
a). keuntungan yang berlipat.
b). Tidak mendapat dukungan masyarakat
c). Pencemaran dan gangguan terhadap kesehatan
d). Lingkungan mengalami kerusakan.
10. Lapisan bumi yang mengandung partikel batuan ( meneral ) bahan organik ( senyawa organik dan organisma ), air dan udara ....
a). Tanah,
b). magma.
c). Lava.
d). Atmosfer.
11. Tanah yang tercemar mengakibatkan; ...
a). Kesuburan tanah meningkat,
b). Memudahkan penanaman.
c). Tanaman tumbuh subur.
d). Hasil panen menurun,
12. Konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistem diatur dalam; ...
a). UU RI No, 4 Tahun 1989.
b). UU RI No, 5 Tahun 1990,
c). UU RI No, 6 Tahun 1991.
d). UU RI No, 7 Tahun 1997.
13. Pelestarian sumberdaya alam dilakukan untuk; ....
a). Melarang penggunaannya.
b). Melarang penangkarannya.
c). Melarang penyebarannya.
d) Melindungi dari kepunahannya.
14.Berikut adalah bukan usaha perlindungan sistem penyangga kehidupan ;...
a).Buatan terasering.
b). Memelihara hutan bakau.
c). Membuat sarana pariwisata.
d). Melindungi hutan yang luas.
15. Berikut bukan termasuk sumber pencemaran tanah adalah
a). Sampah plastik.
b). Sampah organik.
c). Limbahg minyak.
d). Limbah pestisida.
16. Upaya yang dilakukan untuk mencegah tanah longsor.
a). Reboisasi.
b). Perladangan.
c). Pembabatan hutan,
d). Pembalakan hutan.
17. Berikut adalah bukan sumber energi tak terbaharui.;
a). Minyak bumi.
b). panas bumi.
c). Gas bumi.
d) .Angin.
18. Naiknya suhu permukaan bumi, karena meningkatnya efek rumah kaca disebut dengan;
a). Daerah kutub mencair.
b). Pemanasan Global.
c). Gelombang keras.
d). Air surut.
19. Sistem pertanian yang hanya satu jenis tanaman dalam satu musim tanam disebut; ...
a). pertanian monokultur.
b). Pertanian multikultur
c). pertanian tumpangsari.
d). Pertaniaan sampiungan.
20. Peristiwa makan dan dimakan dalam suatu ekosistem dengan urutan tertentu disebut;
a). Rantai makanan.
b). Jaring jaring makanan.
c). Piramida makanan.
d.). Siklus makanan
II. Essay.
1. Coba sebutkan beberapa hal yang dapat dianggap sebagai linghkungan fisik.; ....
2. Berikan pendapat tentang kondisi disekitar tempat tinggal. Apa myang mungkin bisa dilakukan terkait dengan pemanfaatan lingkungan fisik; ....
3. Apa yang bisa terjadi, jika pemanfaatan lingkungan fisik tanpa melalui suatu kajian atau suatu evaluasi ;beri contohnya; ....
4. Apa yang dimaksud dengan exsploitasi; ....
5. Hal yang perlu diperhatikan terkait dengan pemanfaatan sumber daya alam yang dapat diperbarui ;.....
1.3.3. PEMBANGUNAN DI BIDANG PERTANIAN.
Faktor lingkungan adalahsaling pengaruh mempengaruhi satu dengan yang lainnya, seperti faktor air, udara, dengan mahluk hidup disekitarnya saling mmpengaruhi dan saling diperukan , seperti contoh , misalnya jenis spicies tertentu yang hampir punah dan dengan bantuan manusia didukung oleh faktor alam yang cocok atau sesuai dengan karakter species tersebut maka kepunahan itu dapat dihindari.
Dalam usaha pembangunan pertanian , umumnya usaha ditujukan untuk meningkatkan produktifitas pertanian, yaitu dengan mengadakan pembaharuan dalam proses pengolahannya, dari cara yang sederhana dan klasik ke cara yang modern. Pemanfaatan lingkungan untuk pertanian sebagai korelasi dari faktor biotik dan abiotik , yang memungkinkan terjadinya proses yang berkalanjutan. Pembangunan dibidang pertanian ini juga melibatkan pihak terkait, seperti ketrlibatan pemerintah dengan kebijakannya yang berpihak kepada pelestarian hutan sebagai pendukung pertanian.
pemerintah dengan kebijakannya memberikan apresiasi terhadap pembangunan dibidang pertanian. dengan tujuan; ...
1. Pembangunan dibidang pertanian dilanjutkan dalam rangka meningkatkan ekspor, meningkatkan penghasilan petani dan memungkinkan sebagai dukungan yang kuat terhadap pembangunan industri.
2. Peningkatan produksi pangan seperti beras dan palawija , produksi pangan yang berasal dari holtikurtura , perkebunan, peternakan dan perikanan bertujuan untuk mencukupi kebutuhan pangan menuju swasembada dan memperbaiki tingkat hidup petani , memperlujas kesempatan kerja dan menjamin penyediaan pangan untuk masyarakat pada tingkat yang layak bagi petani produsen maupun konsumen. ( GambarPalawija )
3. Peningkatan produksi perkebunan , kehutanan dan perikanan disamping untuk peningkatan perluasan lapangan kerja dan penghasilan masyarakat , juga untuk menunjang pembangunan industri serta meningkatkan ekspor. ( Gambar Kebun coklat
4. Disamping pemanfaatan hasil hutan untuk pembangunan. perhatian penuh perlu diberikan kepada pembinaan masalah hutan sebagai sumber alam , dengan melakukan penertiban terhadap penebangan hutan. penanaman kembali hutan hutan yang rusak serta konversi sebagian hutan alam menjadi hutan buatan , sehingga rakyat secara langsung menikmati dan bertanggung jawab.
( gambar Reboisasi).
5. Dalam pembangunan dibidang pertanian perlu adanya perbaikan tanah kritis yang ditujukan untuk mempertahankan sumber air dan sumber alam lainnya. Rehabilitasi tanah kritis harus disertai dengan peningkatan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya kelestarian sumber alam , sehingga masyarakat ikut berperan serta dalam merehabilitasi lahan yang kritis. yaitu melaluai penghijauan.
I. PILIH SALAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT DIANTARA PERNYATAAN YANG TERSEDIA DIBAWAH INI.
1.. Organisasi yang khusus dikelola oleh petani disebut dengan;
a. Koprasi.
b. KUD.
c. Subak.
d. PDAM.
2. Untuk membatasi hak kepemilikan sawah disebut dengan;
a. tanggul.
b. Bendungan.
c. Parit.
d. Pematang.
3. Para petani meyakini bahwa kemakmuran petani tidak terlepas dari berkah Tuhan dalam brabawanya sebagai sakti dewa Wisnu yaitu;
a, dewi Durga.
b. dewi Uma.
c. dewi Parwati.
d. Dewi Sri.
4. Tanpa petani kita tidak makan nasi, oleh karena itu kita harus dapat menghormati profesi sebagai petani. sikap berikut tidak mencerminkan menghargai /menghormati petani;
a. Melestarikan hutan.
b. Memakan nasi sampai habis.
c. Membeli prroduk petani.
d. Mengkonsumsi makanan impor
5. Ruanglingkup pertanian mencakup beberapa hal, kecuali;
a. Perikanan.
b. Perkebunan.
c. Peternakan.
d. Perdagangan.
6. Mampu menghasilkan / memenuhi kebutuhan pangan sendiri.dapat diistilahkan dengan
a. Swakarya.
b. Swakarsa.
c. Swadharma.
d. Swasembada
7. Tidak termasuk hasil perkebunan.
a. kakau.
b. Penyu.
c. Karet.
d. Kelapa.
8. Manfaat untuk merehabilitasi lahan kritis adalah;
a. mempertahankan sumber air.
b. Mempertahankan sumber daya alam.
c. Memenuhi kebutuhan air untuk petani.
d. Menambah volume air laut.
9. Berikut adalah salah satu sisi kondisi bendungan benel, yang berpungsi untuk menampung air. Keberadaanbendungan tersebut berada di kecamatan;
a. Pekutatan.
b. Negara.
c. Mendoyo.
d. Melaya.
10.Gambar dibawah ini adalah TPA yang ada di Jembrana yaitu tepatnya di desa;
a. Desa Manistutu.
b. Desa manggis sari.
c. Desa Peh.
d. Desa Brangbang.
1.3.4. PEMBANGUNAN DIBIDANG PARIWISATA.
Pembangunan pariwisata merupakan salah satu pembangunan yang perlu dikembangkan , karena dari faktor ini dapat meningkatkan penerimaan devisa negara. memperluas lapangan kerja , serta memperkenalkan kebudayaan dan tanah iar.
dalam pembangunan dan pengembangan pariwisata nilai budaya bangsa harus tetap terpelihara disamping adanya peningkatan fasilitas, mutu dan kelancaran pelayanan agar banyak menarik wisatawan baik asing maupun domistik.
Pembangunan pariwisata memiliki masalah ekologi yang khusus , sumberdaya lingkungan yang dieksplotasi untuk pariwisata harus mempunyai daya tarik dan keindahan yang menonjol agar menarik pengunjung. Pendirian hotel dan restoran , tempat peristirahatan dan lain lain .
perencanaan lingkungan untuk pariwisata harus memperhitungkan berbagai daerah lingkungan fisik. seperti; vegetasinya, margasatwanya, sungai sungai, atau tempat tempat bersejarah, dan lingkungan sosio budaya didaerah yang bersangkutan, untuk menjaga kelestariannya dalam rangka perlindungan spesies dan ekosistem dari daerah yang digunakan untuk tujuan pariwisata.
Dalam perencanaan dan pengelolaan daerah pariwisata perlu diperhatikan ;
1. Apakan daerah yang direncanakan dapat dengan mudah dicapai.
2. Apakah daerah ini bebas dari pencemaran .,
3. Apakan kehidupan spisies mahluk dan pemandanganalamnya
cukup berpariasi dan indah.
4. Apakah daerah ini cukup terjamin keamanannya.
5. Apakah daerah ini ada nilai budaya yang bisa diketengahkan
A. Wisata Bahari.
daerah pantai dengan pemandangan indah dan iklim yang baik akan menarik perhatian besar sejumlah wisatawan. Pantai menjadi tempat ideal untuk olah raga air, berjemur diri , dan untuk rekreasi. Aspek ekologi yang bisa timbul sebagai akibat pembangunan pariwisata bahari adalah mulai dari pendirian hotel , restoran dan fasilitas lainnya.
B. Wisata Pegunungan.
Wisata pegunungan sebagai salah satu obyek yang potensial untuk dikembangkan sebagai sasaran pembangunan pariwisata. Banyak dijumpai daerah yang memiliki panorama alam , seperti danau, bendungan, air terjun, goa goa, taman marga satwa dan tempat laainnya yang berada didaerah pegunungan .
Pembangunan pariwisata dengan menjual panorama alam pegunungan sebai menu utama, melakukan eksploitasi mengabaikan kelestariannya., yang justru akan menghilangkan keasliannya, sehingga akan mengurangi daya tarik wisatawan untuk menikmati kenyamanan, keindahan panorama pegunungan. seperti pembangunan hotel dan restoran dan juga warung kecil penjual hasil kerajinan .
Ada beberapa hal yang menjadi acuan yang perlu untuk diperhatikan .
1. Inventarisasi kekayaan alam dan sejarah.
2. Restorasi dan stabilisasi tempat tempat bersejarah.
3. Konstruksi jalan dan pasilitas untuk tempat rtempat rekreasi.
4. Bantuan tehnik dan planologi dalam pembangunan tempat tempat rekreasi , bangunan hotel, restoran dan fasilitas lainnya.
5. Pemeliharaan lingkungan dan tempat tempat bersejarah beserta nilai nilai budayanya.
6. Pengawetan dan perlindungan flora dan faunanya.
7. Memperhatikan dan mempertahankan adat serta tradisi daerah asal.
I. PILIH SALAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT DIANTARA PERNYATAAN YANG TERSEDIA DI BAWAH INI.
1. Yang bukan menjadi tujuan pembangunan dibidang pariwisata adalah;
a. Sebagai sumber devisa.
b. Untuk memciptakan lapangan kerja.
c. menunjang Pendapatan asli daerah. ( PAD ).
d. Sebagai jalur tranportasi Narkoba.
2. Menunjukkan hasil /potensi daerah seperti kerajinan atau kesenian adalah wujud pariwisata ;
a. Alam.
b. Bahari.
c. Budaya.
d. Pegunungan.
3. Jawaban berikut bukan Pendukung pariwisata yang baik
a. Transportasi/ jalan .
b. Restoran.
c. Hotel.
d. Warung remang remang.
4. Wisatawan yang datang yang berasl dari daerah sendiri dapat disebut sebagai wisatawan.
a. mancanegara.
b. Domestik.
c. Lokal.
d. Internasional.
5. Pembangunan museum sebagai promosi wisata digolongkan sebagai wisata;
a. Alam.
b. Bahari.
c. Wisata Budaya.
d. Wisata pegunungan
6. Yang bukan dikatagorikan sebagai wisata budaya;
a. Keindahan pantai.
b. Hasil kerajinan masyarakat.
c. Tradisi makepung.
d. Seni Jegog.;nsportasi/ jalan.
7. Perencanaan pembangunan pariwisana yang perlu direncanakan adalah sebagai berikut; kecuali
a.. Apakan daerah yang direncanakan dapat dengan mudah dicapai.
b. Apakah daerah ini bebas dari pencemaran .,
c. Apakan kehidupan spisies mahluk dan pemandanganalamnya
cukup berpariasi dan indah.
d. Daearah itu tidak aman.
8. Bukan obyek wisata yang ada dijembrana.
a. pantai Rening.
b. Pantai medewi.
c. pantai Lovina,
d. Pantai Purancak.
9. Cagar budaya dan marga satwa maskot jembrana.
a. Makepung.
b. Tenun endek.
c. Jalak putih.
d. Seni jegog.
10. Daerah bali yang dikenal sebagai lumbung beras adalah;
a. bangli.
b. Tabanan.
c. Jembrana.
d, Semara pura,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar