Selasa, 14 Agustus 2012
Materi BP Kelas VIII semester 1
1.1. MEMILIKI DAN MENGEMBANGKAN SIKAP TOLERANSI..
1.1.1. Mendeskripsikan pengertian toleransi.
Toleransi berasal dari bahasa Latin; tolerare artinya menahan diri, bersikap sabar, membiarkan orang berpendapat lain, dan berhati lapang terhadap orang- orang yang memiliki pendapat berbeda.
Secara umum toleransi diartikan sebagai sikap untuk menghormati pendirian atau keyakinan orang lain yang bertindak sesuai dengan ajaran agama. Yang artinya kita harus mengakui keberadaan orang lain dengan segala perbedaannya. Tidak saling mengganggu dan tidak saling menyalahkan. Dengan terbentuknya dan terjalinnya sikap seperti ini akan terimplementasi sikap tenggang rasa.
Masyarakat Indonesia memeluk berbagai macam agama dan keyakinan yang berbeda beda . perbedaan tersebut tidak harus dipertentangkan , karena masalah agama dan kepercayaan terhadap tuhan Yang Maha Esa adalah masalah keyakinan yang tidak boleh dan tidak dapat dipaksakan. Perbedaan itu akan tetap ada , namun yang perlu kita usahakan bagaimana perbedaan itu tetap dapat dipersatukan , karena penyatuan keragaman itu akan dapat menimbulkan kesan yang sangat indah. Dalam kitab Sutasoma terdapat semboyan “ Bhinneka Tunggal Ika “ yang artinya Berbeda tapi tetap satu. Semboyan itu sebenarnya menggambarkan keanekaragaman rakyat Indonesia dalam agama, suku, adat, budaya dan sebagainya.
Dalam rangka menumbuhkan dan mengembangkan toleransi antar umat beragama , maka hal yang perlu dikembangkan adalah;
1. Meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan ajaran yang dianut.
2. Membina sikap saling menghormati dan saling menghargai antar pemeluk agama.
3. membina kerjasama dan toleransi antar pemeluk agama.
4. Membina kerukunan antar umat beragama.
5. mengakui hubungan antara manusia dengan Tuhan sebagai hak pribadi yang hakiki.
6. mengakui setiap warga negara bebas menjalankan ibadah sesuai dengan ajaran agamanya.
7. Tidak memaksakan suatu agama atau kepercayaan kepada orang lain.
1.1.2. Menyebutkan contoh contoh perbuatan yang mencerminkan sikap toleransi.
Implementasi dari toleransi dalam kehidupan sehari hari memunculkan banyak jenis dan ragam, Seperti;
1. Toleransi dalam kehidupan keluarga.
Agar kedluarga hidup rukun dan damai para anggota keluarga diwajibkan mewujudkan suasana;
a. Saling penuh pengertian.
b. Saling memberi dan menerima.
c. menghindari sikap dan suasana saling curiga mencurigai.
d. Menjauhkan sikap saling mencemoh /menghina
2. Toleransi dalam kehidupan masyarakat.
a. Saling menghormati antar gtetangga.
b. Mewujudkan kerukunan dan ketenangan antar sesama pemeluk agama.
3. Toleransi dalam kehidupan bernegara.
a. Menerima hasil musyawarah dan mufakat dengan lapang dada.
b. Mengharhargai pendapat orang lain.
Toleransi kepada sesama berarti emupuk sifat sabar, pemaaf dan peduli dengan yang lain. Dalam pergaulan hendaknya diusahakan untuk bertenggang rasa dengan siapapun serta menghindari sikap apatis .Jika semua orang memiliki dan memupuk sikap troleransi maka tidak ada fanatisma berlebihan yang menimbulkan ketidak seimbangan dalam pergaulan.
1.1.3. Menguraikan manfaat toleransi.
Kita hidup dalam negara yang penuh keragaman, baik dari suku, agama, maupun budaya. Untuk hidup damai dan berdampingan, tentu dibutuhkan toleransi satu sama lain
Kerukunan berdampak pada toleransi; atau sebaliknya toleransi menciptakan kerukunan; keduanya menyangkut hubungan antar sesama manusia.
Jika toleransi antar umat beragama dapat terjalin dengan baik dan benar, maka akan tercipta masyarakat yang rukun satu sama lain.
1.1.4. Memiliki sikap toleransi
Setiap siswa hendaknya memiliki dan mengembangkan sikap toleransi, agar tercipta suasana yang harmonis antar sesama.
Bentuk – bentuk toleransi yang harus dimiliki dan dikembangkan oleh siswa adalah sbb:
1. Toleransi antar sesama teman sekelas
2. Toleransi antar sesama teman satu sekolah
3. Toleransi terhadap bapak/ ibu guru
4. Toleransi terhadap ayah, ibu, kakak atau adik
5. Toleransi terhadap masyarakat seagama
6. Toleransi terhadap masyarakat yang berbeda agama
7. Toleransi terhadap masyarakat yang berbeda suku
1.1.5. Menjelaskan butir butir Pancasila tentang toleransi beragama.
Butir- butir Pancasila tentang toleransi beragama
Butir- butir Sila Ketuhanan Yang Maha Esa sebagai berikut:
1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaannya dan ketaqwuaannya
terhadap Tuhan Yang Maha Esa
2. Manusia Indonesia percaya dan taqwua terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing- masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.
3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama antara pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda- beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
4. Membina kerukunan hidup diantara sesama umat beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
5. Agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa adalah masalah yang menyangkut hubungan pribadi manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa.
6. Mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing- masing.
7. Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa kepada orang lain.
Dari butir- butir sila di atas yang manakah yang merupakan butir- butir Pancasila tentang toleransi beragama? Diskusikan dengan temanmu!
1.1.6. Menjelaskan tri kerukunan umat beragama.
Yang termasuk Tri Kerukunan Umat Beragama adalah:
1. Antar umat beragama
2. Intern umat seagama
3. Umat beragama dengan pemerintah
Jika Tri Kerukunan Umat Beragama ini terbangun serta diaplikasikan pada hidup
dan kehidupan sehari- hari, maka akan tercipta toleransi antar umat beragama.
1.1.7. Mengembangkan sikap toleransi beragama
Toleransi antar umat beragama harus tercermin pada tindakan- tindakan atau perbuatan yang menunjukkan umat saling menghargai, saling menghormati, saling menolong, saling mengasihi dan lain- lain. Termasuk didalamnya menghormati
agama dan iman orang lain; menghormati ibadah yang dijalankan oleh orang lain;
tidak merusak tempat ibadah; tidak menghina ajaran agama orang lain serta
memberi kesempatan kepada pemeluk agama menjalankan ibadahnya.
I.. PILIH SALAAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT DIANTARA PERNYATAAN YANG TERSEDIAN DI BAWAH INI .
1. Menahan diri, bersikap sabar dan berhati lapang terhadap orang- orang yang memiliki pendapat berbeda disebut....
a.Empatib.
b.simpati
c.toleransi
d.tenggang rasa
2. Sewaktu melihat ada orang sembahyang pada tempat suci yang agamanya berbeda dengan agama yang kita anut, maka sebaiknya kita....
a.tidak membuat keributan
b.menontonnya sampai selesai c.mengikuti prosesi sembahyang
d.mengejeknya karena lucu
3. Di dalam kita bergaul hendaknya diusahakan untuk bertenggang rasa pada siapapun serta perlu menghindari sikap.... a. apatis
b.toleransi
c.saling menghormatid.
d.saling memberi dan menerima
4.Toleransi sangat bermanfaat bagi kehidupan berbangsa dan bernegara, karena akan tercipta sikap.... a.saling menyayangi
b.tenggang rasa c.hormat menghormati
d.persatuan dan kesatuan
5. Sikap toleransi dari seseorang tercermin dari prilakunya setiap hari dalam pergaulan, hal ini merupakan ciri dari....
a.keadilan
b.keakraban c.keterbukaan
d.kebijaksanaan
6.Bila kita selalu mengabaikan sifat dan sikap toleransi dalam hidup ini, maka kemungkinan yang akan terjadi adalah....
a. berbagai konflik akan merebak
b.hidup damai dan sejahtera akan terwujud c. kerukunan hidup akan terjaga
d.bangsa kita akan bebas dari krisis multi dimensi
7.Perbuatan yang sebaiknya dilakukan oleh umat lain yang tidak seagama, pada saat saudaranya merayakan hari raya agamanya adalah....
a.tolong menolong
b.bersama- sama merayakan saat itu
c.ikut serta merayakannya dengan cara lain
d.mengucapkan selamat kepada yang merayakannya
8. Toleransi juga berati menghormati dan belajar dari orang lain, serta menghargai perbedaan. Manfaat toleransi adalah sebagai berikut, kecuali....
a.menghasilkan kerukunan beragama
b.membentuk sikap saling menghargai
c.mewujudkan kesejahteraan lahir dan bathin
d..memungkinkan untuk hidup damai dan berdampingan
9 Berikut ini termasuk Tri Kerukunan Umat Beragama, kecuali....
a .kerukunan umat seagama
b. kerukunan antar umat berbeda agama c.kerukunan umat beragama dengan pemerintah
d. kerukunan antar suku yang berbeda agama
10 Berikut ini yang merupakan butir Pancasila tentang toleransi beragama, adalah....
a.Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaannya dan ketaquaannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa
b. Manusia Indonesia percaya dan taqua terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing- masing menurut dasar kemanusiaan yangadil dan beradab c. Membina kerukunan hidup diantara sesama umat beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
d. Agama dan kepercayaan Tuhan Yang Maha Esa adalah masalah yang menyangkut hubungan pribadi manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa
II, Isilah titik titik dibawah ini dengan jawaban yang singkat dan tepat.
1. Sikap yang perlu dikembangkan dalam toleransi yang positif adalah; ....
2. Toleransi perlu dibina dan dikembangkan mulai dari lingkungan ; ....
3. Dalam bertoleransi hal yang utama harus dipelajari seseorang adalah sifat; ....
4. Toleransi yang harus diperhatikan bersumber dari ajaran ; .....
5. Agama Hindu memberikan toleransi bersembahyang tiga kali disebut ; .....
6. Zakat yang dikeluarkan pada awal ramadan disebut; ....
7. Diantara agama agama sangat perlu bertoleransi untuk menjaga; ....
8. Toleransi merupakan kebajikan yanag selaras dengan ; ....
9. Semboyan Bhineka Tunggal Ika artinya; ....
10.Kata Toleransi berasal dari bahasa latin dari kata; ....
III. Jawablah pertanyan berikut ini dengan tepat dan benar
1. Sikap toleransi sangat diperlukan di negara Indonesia , karena masyarakat Indonesia adalah; ; .................................................................................................................
...............................................................................................................................
2. Toleransio sangat diperlukan , terutama toleransi antar umat beragama berarti ?
Jawab; ....................................................................................................................
...............................................................................................................................
3. Apakah bertoleransi dalam masyarakat berbangsa dan bernegara diperlukan;
Jawab; ....................................................................................................................
...............................................................................................................................
Kompetensi dasar ; 1.2. Memahami dan menerapkan konsep hubungan manusia dengan manusia.
Nilai Karakter ; Toleransi, Disiplin, Kerja keras,Mandiri, Demokratis, Semangat kebangsaan, Cinta tanah air, Bersahabat, Cinta damai, Peduli lingkungan, Peduli sosial. Tanggung Jawab.
Indikator : 1.2.1. Menyebutkan contoh contoh cinta dan kasih sayang.
1.2.2. Menjelaskan tentang Falentines Day
1.2.3. Menjelaskan peranan cinta dan kasih sayang.
1.2.4. Menjelaskan objek kasih sayang
1.2.5. Menjelaskan tentang Tat Twam Asi.
1.2.6. Menjelaskan Makna Kasih Sayang.
1.2.7. Menumbuhkan Cinta dan kasih sayang
Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran Siswa dapat :
1. Menyebutkan contoh contoh cinta dan kasih sayang.
2. Menjelaskan tentang Falentines Day
3. Menjelaskan peranan cinta dan kasih sayang.
4. Menjelaskan objek kasih sayang
5. Menjelaskan tentang Tat Twam Asi.
6. Menjelaskan Makna Kasih Sayang.
7. Menumbuhkan Cinta dan kasih sayang.
Kasih ibu,
Kepada beta
Tak terhingga sepanjang masa
Hanya memberi,
Tak harap kembali,
Bagai sang surya, menyinari dunia.
1.2. 1. Contoh contoh Cinta dan Kasih Sayang.
a. Seorang ibu mencintai dan mengasihi anaknya sepanjang masa
b. Guru mendidik siswa dengan penuh kasih sayang
c. Dll
1.2.2.. Pengertian Falentines Day
Asal Mula Hari Valentine.
St.Valentine hidup pada masa kaisar Claudius yang terkenal kejam. Kaisar Claudius berkeinginan untuk memiliki sebuah pasukan tempur atau angkatan perang yang besar dan kuat. Dan untuk memenuhi ambisinya tersebut, dia menginginkan semua pria dikerajaannya untuk bergabung dengan pasukannya. Namun semua tak berjalan sesuai dengan keinginannya.
Para pemuda tidak mau bergabung dengan angkatan perangnya, karena tidak rela meninggalkan keluarga dan kekasih yang dicintainya.
Mendapat tanggapan yang tak sesuai keinginannya, kaisar Claudius kemudian mengeluarkan larangan bagi para pemuda untuk menikah. Tentu saja hal yang dipandang tidak manusiawi ini ditentang oleh para pasangan muda dan para pendeta, termasuk St. Valentine sendiri. Meskipun sudah dilarang, St. Valentine sebagai seorang pendeta tetap melaksanakan tugasnya sebagai pendeta, yaitu menikahkan pasangan yang saling jatuh cinta, meskipun itu secara sembunyi- sembunyi. Sampai pada akhirnya, kegiatan rahasianya ini diketahui oleh sang kaisar, sehingga dia ditangkap dan dijebloskan ke dalam penjara, juga divonis hukuman mati, dengan cara dipenggal kepalanya.
Meskipun dipenjara orang- orang tetap mendukung dan bersimpati kepadanya. Salah satu orang yang percaya padanya adalah seorang gadis, putri kepala penjara yang rutin mengunjunginya. Pada hari hukuman matinya, tanggl 14 februari, dia sempat mengirimkan pesan kepada sang gadis putri kepala penjara atas semua dukungan, bantuan, dan perhatian yang telah diberikannya, semasa dipenjara. Di akhir pesan itu, dia menuliskan “ Dengan Cinta, dari Valentinemu”.
Sejak saat itulah, tanggal 14 Februari dirayakan sebagai “Hari Valentine” ( hari kasih sayang), untuk mengenang St. Valentine yang memperjuangkan cinta.
1.2.3.Peranan Cinta dan Kasih Sayang.
Cinta dan kasih sayang merupakan pondasi dalam kehidupan masyarakat. Kekuatan cinta dan kasih sayang adalah sumber energi yang jauh melampaui apapun, membuat yang tidak mungkin menjadi mungkin. Maka siraman kasih sayang seorang ibu maupun ayah merupakan salah atu faktor terbesar bagi kebahagiaan anak dalam hidupnya. Nah ucapan yang penuh kasih sayang dari seorang ibu dan ayah yang selalu terdengar menyejukkan, sesungguhnya mengajarkan cara berbicara yang baik dan bergaul yang baik kepada sang anak.
1.2.4.Pengertian Objek Kasih Sayang
Bacalah puisi di bawah ini dengan seksama!
PUISI KASIH SAYANG
Kasih Sayang tidak kita curahkan kepada pujaan hati saja.
Kasih Sayang tak hanya kita berikan kepada orang tua saja .
Kasih Sayang tak hanya kita berikan kepada sahabat karib.....
tapi kasih sayang harus kita berikan kepada seluruh insan di dunia
entah dia kaya ataupun miskin
tua, muda, pengemis, maupun pengusaha
semua berhak mendapatkan kasih sayang
Setiap hari adalah hari kasih sayang. Kasih sayang peminpin kepada rakyat yang dipimpinnya. Kasih sayang murid kepada gurunya dan begitupun sebaliknya. Banyak sekali kita temui kasih sayang setiap harinya. Kasih sayang anak sepanjang galah, kasih sayang ibu sepanjang jaman. Begitulah pepatah yang sering kali kita baca dan dengar saat berbicara mengenai kasih sayang ibu dan kasih sayang anak.
1.2.5. Pengertian Tat Twam Asi.
Tat Twam Asi artinya “ aku adalah engkau, engkau adalah aku” . Filosofi yang termuat dari ajaran ini adalah bagaimana kita bisa berempati, merasakan apa yang tengah dirasakan oleh orang yang dekat dengan kita. Ketika kita menyakiti orang lain, maka diri kitapun tersakiti. Ketika kita mencela orang lain, maka kitapun tercela.
Anda mungkin salah satu orang yang pernah merasakan kasih sayang sahabat. Arti sahabat dalam kehidupan memang sangatlah besar. Memiliki seorang sahabat tentu menyenangkan dan membuat hidup lebih berwarna. Kita tidak akan merasa kesepian dan punya tempat berbagi tentang hal apapun.
1.2.6. Makna Kasih Sayang
Kasih sayang adalah modal utama pembentukan keluarga harmonis, tanpa itu hidup ini akan berjalan seperti robot.
1.2.7. Menumbuhkan cinta dan Kasih Sayang.
Sebagai seorang siswa hendaknya kalian menumbuhkan rasa cinta dan kasih sayang dilingkungan;
a. teman sekelas
b. teman satu sekolah
c. keluarga
d. masyarakat sekitar
A Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d pada jawaban yang paling tepat!
1. Hari Valentines diperingati setiap tanggal....
a.12 Februari
b. 4 Februari
c. 15 Februari
d. 16 Februari
2.Valentines day diperingati untuk....
a.Mengenang jasa Valentines menegakkan kebenaran
b.Mengenang jasa Valentines yang memperjuangkan cinta dan kasih sayang
c.Memberi kesempatan kepada anak- anak muda untuk menyatakan cinta
d.Menumbuhkan rasa cinta dan kasih sayang
3.Cinta dan kasih sayang merupakan sikap mulia yang dimiliki oleh setiap manusia yang kita berikan kepada....
a.Musuh
b.Sahabat karib
c. Semua orang
d. Orang yang kita senangi
4. Cinta dan kasih sayang merupakan pondasi dalam kehidupan keluarga. Contohnya sebagai berikut, kecuali....
a.Cinta anak pada orang tua
b.Cinta orang tua terhadap anaknya
c.Cinta seorang murid terhadap gurunya
d.Cinta dan kasih sayang antar orang yang bertalian darah
5. Teman sejati adalah seseorang yang menyukaimu, karena hal- hal berikut, kecuali....
a. Ada kepentingan tertentu
b. Kamu dapat menjadi diri sendiri c. Menghargai kebaikan- kebaikanmu
d. Tidak keberatan dengan kekuranganmu
6.Arti seorang sahabat dalam kehidupan memang sangatlah besar, karena....
a.Memiliki seorang sahabat tentu menyenangkan dan membuat hidup lebih berwarna
b.Kita dapat memanfaatkan untuk memenuhi segala harapan kita
c.Kita bisa memanfaatkannya terutama dalam kesusahan
d.Sahabat pasti dapat menyelesaikan semua masalah kita
7.Dengan memberikan kasih sayang kepada anggota keluarganya setiap hari, maka akan terjadi hal- hal berikut, kecuali....
a.Tak ada hari tanpa kasih sayang
b.Setiap hari adalah hari kasih sayang c. Kasih sayang orang tua kepada anaknya dan sebaliknya
d. Sebuah rasa yang dimilki oleh sedikit orang
8. Kasih sayang anak sepanjang galah, kasih sayang ibu sepanjang jaman. Arti pepatah itu adalah.... a. Hanya sedikit anak yang bisa mengerti kasih sayang ibunya
b. Sepanjang jaman lahir ibu- ibu yang menyayangi anakny
c. Sepanjang hayatnya seorang ibu pasti akan menyayangi anaknya
d. Umumnya anak tidak memiliki kasih sayang yang tulus terhadap ibunya
9 Tat Twam Asi artinya “engkau adalah aku” maksudnya adalah....
a.Milikmu juga adalah milikk
b.Jika kamu marah aku juga akan marah c.Jika kamu susah, aku juga susah
d.Jika kita menyakiti orang lain, maka kitalah yang tersakiti
10.Jika semua orang dapat menerapkan cinta dan kasih sayang dalam kehidupan, maka....
a.Kehidupan akan tentram
b.Semua orang bersaudara
c.Tak akan ada orang yang susah
d.Tak diperlukan polisi, jaksa dan hakim
Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan jelas!
1.Tuliskan 4 contoh kasih sayang!
Jawab :.....................................................................................................................
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................
2. Jelaskan tentang Falentines Day
Jawab :.....................................................................................................................
.................................................................................................................................
...................................................................................................................................
3.Jelaskan Makna Kasih Sayang !
Jawab: .......................................................................................................................
...................................................................................................................................
...................................................................................................................................
4. Kepada siapa saja kasih sayang harus diberikan?
Jawab : ......................................................................................................................
...................................................................................................................................
...................................................................................................................................
5. Jelaskan tentang Tat Twam Asi!
Jawab : ......................................................................................................................
.....................................................................................................................................
.....................................................................................................................................
Kompetensi dasar 1.3. Memiliki Kebersamaan dan gotong royong.
Nilai Karakter : Toleransi, Disiplin, Kerja keras,Mandiri, Demokratis, Semangat kebangsaan, Cinta tanah air, Bersahabat, Cinta damai, Peduli lingkungan, Peduli sosial. Tanggung Jawab.
Indikator :1 3.1. Menyebutkan contoh- contoh kebersamaan
1.3.2. Menjelaskan pengertian kebersamaan
1.3..3 Menjelaskan alasan pentingnya kebersamaan.
1.3.4 .Menunjukkan rasa kebersamaan
1.3.5. Menyebutkan contoh- contoh gotong- royong
1.3.6. Menjelaskan pengertian gotong royong
1.3.7. Mendeskripsikan perbedaan antara kebersamaan dan gotong- royong
1.3.8 .Mendeskripsikan gotong- royong dalam Pancasila
1.3.9. Menjelaskan pelaksanaan gotong- royong
1.3.10. Menunjukkan sikap gotong- royong
1.3.11. Menyebutkan contoh- contoh sikap tolong- menolong
1.3.12. Menjelaskan pengertian tolong- menolong
Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran Siswa dapat :
1.3.1. Menyebutkan contoh- contoh kebersamaan
1.3.2. Menjelaskan pengertian kebersamaan
1.3.3. Menjelaskan alasan pentingnya kebersamaan
1.3.4. Menunjukkan rasa kebersamaan
1.3.5. Menyebutkan contoh- contoh gotong- royong
1.3.6. Menjelaskan pengertian gotong royong
1.3.7. Mendeskripsikan perbedaan antara kebersamaan dan gotong- royong
1.3.8. Mendeskripsikan gotong- royong dalam Pancasila
1.3.9. Menjelaskan pelaksanaan gotong- royong
1.3.10. Menunjukkan sikap gotong- royong
1.3.11. Menyebutkan contoh- contoh sikap tolong- menolong
1.3.12. Menjelaskan pengertian tolong- menolong
MEMBACA PUISI
ARTI KEBERSAMAAN
Arti kebersamaan adalah kebahagiaan bagi ku...
Tiada yang indah selain ku dengan semua kisah ku yang terukir dalam hati ku saat bersama dengan smua sahabat ku...
Meski kini kita terpisah jarak dan waktu...
Namun tak kan pernah bisa tuk menghentikanku tuk slalu berharap kita kan slalu
abadi slamanya...
RINGKASAN MATERI.
1.3.1. Contoh- Contoh Kebersamaan
1. Bila teman kena musibah, kita ikut merasakannya.
2. Bila teman kesusahan kita wajib membantunya.
3. Bila teman sakit, kita tidak bisa menjenguknya, maka perasaan kita jadi tidak enak.
4. Dll
1.3.2 Pengertian Kebersamaan
Hidup dalam kebersamaan, berarti ada yang disetujui bersama dan ada yang tidak disetujui. Pertentangan bermula bila ada yang tidak disetujui bersama, yang kemudian pertentangan diselesaikan setelah disetujui bersama. Untuk hidup dalam kebersamaan dibutuhkan kesamaan pandangan tentang sesuatunya.
1.3.3 Pentingnya Kebersamaan
Rasa kebersamaan itu penting. Rasa kebersamaan adalah sakti. Rasa kebersamaan
adalahsesuatu yang ideal, berisi kewajiban saling membantu, saling merasakan, dan saling
menghargai.
1.3.4 Menunjukkan rasa kebersamaan
Sebagai seorang siswa kalian perlu menunjukkan sikap kebersamaan baik di sekolah, di rumah maupun di masyarakat. Di sekolah misalnya teman kalian melakukan kegiatan kebersihan pagi, maka kalian merasa tidak enak jika tidak ikut melakukannya. Demikian pula jika di rumah ada salah satu anggota keluarga yang sakit, sedangkan kalian sudah terlanjur janji sama teman untuk bepergian, maka dengan ikhlas kalian mengurungkan niat untuk bepergian.
MENYANYI BERSAMA
Gotong Royong
Mari kawan- kawan buruh nelayan
Gotong royong bersama menangkap ikan
Ambil dayung- ambil dayung untuk mengemudi sampan
Dayung- dayung- dayung sampane dayung 2 x
1.3.5 Contoh- contoh Gotong- royong
1. Gotong royong membersihkan rumah warga yang terkena banjir.
2. Gotong royong membuat tempat suci
3. Gotong royong menyiapkan tempat perpisahan kelas IX
4. Dll
1.3.6 Pengertian Gotong royong
Gotong royong adalah suatu kegiatan yang dilakukan bersama- sama secara sukarela tanpa mengharapkan imbalan/ pamerih.
1.3.7 Perbedaan antara Kebersamaan dan Gotong- royong `
Kebersamaan merupakan sesuatu yang ideal, berisi kewajiban saling membantu, saling merasakan, dan saling menghargai. Sedangkan gotong royong bersifat sukarela, tidak ada kewajiban.
1.3.8 Gotong- royong dalam Pancasila.
Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia
(1). Mengembangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotong- royongan
(2). Mengembangkan sikap adil terhadap sesama
(3). Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban
(4). Menghormati hak orang lain
(5). Suka memberi pertolongan kepada orang lain agar dapat berdiri sendiri
1.3.9 Pelaksanaan Gotong- Royong.
Gotong royong biasanya lebih banyak dilaksanakan ketika ada warga yang kena musibah seperti peristiwa di bawah ini:
1) Rumah rusak milik warga korban bencana banjir dan tanah longsor di Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri, kembali didirikan melalui kerja bakti gotong royong masyarakat, sehingga diharapkan para penghuninya tidak perlu mengungsi
“ Empat rumah yang roboh diterjang banjir dan yang rusak karena bencana tanah longsor, semuanya telah dilakukan percepatan pendirian dan perbaikan melalui gotong royong kerja bakti warga”.
2) Sedikitnya 7 rumah warga ludes dilalap sang jago merah yang mengamuk dini hari tadi di wilayah Gandaria, Jakarta Selatan. Belum diketahui pasti penyebab kebakaran, namun diduga dari konsleting listrik akibat ngecas HP milik salah satu warga.
Pantauan detikcom, warga terlihat sedang bergotong royong membersihkan puing- puing bekas kebakaran yang terjadi sekitar pukul 00.30 WIB. Api yang berkobar berhasil dipadamkan kurang dari 1 jam. Namun angin kencang membuat api merambat cepat ke rumah- rumah disekitarnya, sehingga warga tidak sempat menyelamatkan barang- barang berharganya.
1.3.10. Pengertian Tolong- menolong
Tolong menolong merupakan kewajiban bagi setiap manusia. Dengan tolong menolong kita akan dapat membantu orang lain dan jika kita perlu bantuan tentunya orangpun akan menolong kita.
Dengan tolong menolong kita dapat memupuk rasa kasih sayang antar tetangga, antar teman, antar rekan kerja. Singkat kata tolong menolong adalah sifat hidup bagi setiap orang.
Tolong menolong sebagai wujud kebersamaan dan gotong royong. Bangun suasana yang akrab dan kekeluargaan dengan saudara, tetangga dan orang- orang di lingkungan kita karena manusia adalah makhluk sosial. Lingkungan sosial yang baik akan membantu kita hidup saling tolong-menolong satu sama lain, bergotong royong, musyawarah untuk mufakat, saling menjaga, dan lain sebagainya.
Saling tolong menolong sesama teman memang itu seharusnya. Jangankan teman dengan orang yang belum kenalpun bila memungkinkan harus tolong menolong. Bukankah dari dulu, sejak kita masuk sekolah dasar hingga perguruan tinggi selalu mendapat mata pelajaran yang materinya berisi cara bagaimana kita sebagai makhluk sosial untuk berbuat baik, berbudi pekerti baik, sopan dan santun serta saling tolong menolong antar manusia? Karena memang sangat penting, maka ajaran tolong menolong antar manusia masih perlu dan harus dipertahankan, bahkan ditingkatkan lagi menjadi sebuah kewajiban.
1.3.11. Pentingnya Tolong- menolong
Tolong menolong merupakan kewajiban bagi setiap manusia. Dengan tolong menolong, kita akan dapat membantu orang lain dan jika kita perlu bantuan tentunya orangpun akan menolong kita. Dengan tolong menolong kita akan dapat membina hubungan yang baik dengan semua orang. Dengan tolong menolong kita akan dapat memupuk rasa kasih sayang antar tetangga, antar teman, antar rekan kerja. Singkat kata tolong menolong adalah sifat hidup bagi setiap orang.
tolong menolong adalah sifat hidup bagi setiap orang.
Dengan menolong orang lain kita akan mendapatkan kepuasan yang amat sangat, kebahagiaan yang tak terkira, juga ada rasa bahwa kita ini ada dan diperlukan oleh orang lain. Rasa bahwa kita ini berguna bagi orang lain. Juga dengan mau menolong orang, pasti ada yang mau menolong kita. Jadi disini berlaku “hukum sebab akibat” . jika kita menolong A , belum tentu A yang akan menolong kita, tapi bisa saja B yang menolong kita.
1.3.12. Menunjukkan Sikap Tolong- menolong
Tolong menolong atau bantu membantu menunjukkan pada pencapaian tujuan perorangan, sedangkan gotong royong lebih bertujuan sosial, bukan bertujuan ekonomi. Tetapi kalau koperasi mempunyai tujuan ekonomi yang lebih kongkrit. Koperasi adalah usaha bersama untuk memperbaiki nasib penghidupan ekonomi berdasarkan tolong menolong. Semangat tolong menolong tersebut didorong oleh keinginan memberi jasa kepada kawan berdasarkan” seorang buat semua dan semua buat seorang”.
Koperasi sebagai organisasi tolong menolong yang menjalankan “urusniaga”
Secara kumpulan, yang berdasarkan konsep tolong menolong. Aktivitas dalam urus niaga semata- mata bertujuan ekonomi, bukan sosial seperti yang dikandung gotong royong.
A Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d pada jawaban yang paling tepat
1.Prinsip- prinsip yang dipegang teguh dalam gotong royong adalah bekerja secara tulus ikhlas yang hasilnya....
a.Disumbangkan b.Dinikmati sendiri c.Minikmati oleh pengusaha
d.Dinikmati bersama oleh warga
2.Adapun manfaat gotong royong/ tolong menolong seperti dibawah ini, kecuali....
a. Dapat pujian dari orang lain
b. Dapat memupuk rasa kekeluargaan c. Pekerjaan berat terasa lebih ringan
d. Dapat meringankan beban penderitaan orang lain
3.Salah satu bentuk kehidupan yang didasarkan pada sikap dan prilaku adanya kebersamaan yaitu adanya prilaku....
a.Persaingan
b.individualisme
c.tolong menolong
d.saling menjauhi
4. Salah satu wujud prilaku yang tidak mencerminkan adanya kebersamaan adalah... a. berkawan
b. hidup bermasyarakat
c. membantu orang lain
d. mementingkan diri sendiri
5.Dalam hidup seseorang dimasyarakat, diharapkan memiliki sikap prilaku yang baik, untuk tujuan....
a. kedamaian
b. kemajuan c. kekayaan
d. kepopuleran
6. Gotong royong merupakan ciri khas kepribadian bangsa Indonesia yang sudah diwarisi sejak jaman dahulu. Hal ini bisa bertahan sampai sekarang karena bangsa Indonesia....
a.banyak memiliki waktu luang
b.memiliki semangat kekeluargaan yang kental
c.termasuk bangsa kompetitif
d.menjunjung tinggi sifat individualis
7. Gotong royong pembersihan jalan dan selokan yang dilakukan oleh warga banjar di Bali untuk mempersiapkan suatu lomba kebersihan lingkungan, karena....
a.kesadaran dan keinsyafan warga
b. agar dapat mengenal warga banjar lebih dekat c. untuk mencari nama agar suatu saat terpilih sebagai kelian banjar
d. untuk memenuhi awig- awig banjar
8 Di bawah ini yang bukan merupakan unsur dari adanya gotong royong adalah....
a.adanya kerjasama
b.adanya tujuan bersama
c. adanya persamaan darah
d.bersifat sukarela dan tanpa pamerih
10 Yang memotivasi pelaksanaan gotong royong di masyarakat adalah sikap....
a.kesetiakawanan
b. menonjolkan diri c. mau menang sendiri
d. mementingkan diri sendiri
11, Gotong royong sebagai kegiatan azas kekeluargaan akan melahirkan sifat....
a.spontanitas bersama
b. solidaritas bersama
c.antipati
d.empati
12.Kehidupan gotong royong pada jaman sekarang ini sangat sulit untuk dilakukan, karena....
a. warga masyarakat sangat sibuk dengan pekerjaan
b. warga yang satu dengan yang lain tidak saling mengenal c. terlalu mudahnya orang membuat alasan untuk tidak bergotong royong
d. menurunnya kesadaran dan keinsyafan warga akan pentingnya kebersamaan
13 Jika gotong royong terus dapat digalakkan disemua aktivitas, bila ditinjau dari keutuhan bangsa dan negara, akan termasuk dalam sila ke.... Pancasila.
a.II.
b.III.
c.IV.
d. V.
14 Gotong royong merupakan kegiatan yang telah dilakukan dan dikenal oleh masyarakat Indonesia sejak jaman dahulu, yang juga telah menjadi bagian dari tradisi bangsa. Hal ini tidak terlepas, karena gotong royong merupakan kegiatan yang....
a.Digunakan untuk bersilaturahmi
b. Bersifat kebersamaan dan keterikatan c. Mengharuskan seseorang untuk bekerja
d. Bersifat kekeluargaan dan selalu mengutamakan kepentingan bersama
15. Manfaat yang didapat dari gotong royong adalah, kecuali....
a.Pekerjaan cepat selesai
b.Beban kerja lebih ringan
c.Menghemat uang
d.Menghemat waktu
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan jelas!
1.Sebutkan 2 contoh sikap kebersamaan!
Jawab 1. :................................................................................................................. ..................................................................................................................
..................................................................................................................
2. .................................................................................................................. ..................................................................................................................
..................................................................................................................
2.Jelaskan pengertian kebersamaan!
Jawab : ..................................................................................................................... .....................................................................................................................
.....................................................................................................................
.....................................................................................................................
3.Jelaskan alasan pentingnya kebersamaan!
Jawab : ...................................................................................................................... ......................................................................................................................
......................................................................................................................
......................................................................................................................
4.Tunjukkan rasa kebersamaan yang kalian lakukan sebagai siswa!
Jawab : ......................................................................................................................
......................................................................................................................
......................................................................................................................
......................................................................................................................
......................................................................................................................
5.Sebutkan 2 contoh sikap gotong- royong!
Jawab :1. ......................................................................................................................
.......................................................................................................................
2 ......................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................ 6. Jelaskan pengertian gotong royong!
Jawab : .............................................................................................................
.............................................................................................................
............................................................................................................. 7. Jelaskanlah perbedaan antara kebersamaan dan gotong- royong!
Jawab : ...............................................................................................................
...............................................................................................................
...............................................................................................................
8.Jelaskan pengertian gotong- royong dalam Pancasila!
Jawab : .................................................................................................................
................................................................................................................. 9.Jelaskanlah pelaksanaan gotong- royong !
Jawab :.................................................................................................................
.................................................................................................................
10.Tunjukkan 2 buah sikap gotong- royong yang kalian lakukan pada saat jum’at atau sabtu bersih!
Jawab :1. .............................................................................................................
2. .............................................................................................................
11.Sebutkan 2 buah contoh sikap tolong- menolong!
Jawab : 1. ...........................................................................................................
2. ...........................................................................................................
12.Jelaskan pengertian sikap tolong- menolong ! Jawab:..................................................................................................................
..................................................................................................................
13. Jelaskan dengan singkat pentingnya sikap tolong- menolong ! Jawab:...............................................................................................................
................................................................................................................
14. Tunjukkan 2 buah sikap tolong- menolong yang kalian lakukan sebagai siswa Jawab :..............................................................................................................
................................................................................................................
Proyek1. 1. Siswa diminta membuat kelompok 3 sampai 5 orang.
2. Masing-masing kelompok diberi tugas membuat kliping tentang pertentangan politik yang terjadi di masyarakat .
3. Masing-masing kelompok membuat kesimpulan dari kliping.
4. Masing-masing kelompok membuat laporan dan mempresentasikannya di depan kelas
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Dunia ini adalah tempat yang kejam nyata. Saya telah menderita masalah Perkawinan selama 9 bulan sekarang karena tidak mengetahui sahabat saya telah menjadi penyebab utama masalah saya. Kisah saya mungkin berguna bagi Anda, mohon luangkan waktu Anda dan baca.
BalasHapusSaya Ny. Felicia, saya telah menikah dengan suami saya selama 8 tahun dan kami memiliki seorang putra berusia 4 tahun. Pernikahan saya sangat indah dengan suami saya karena kami begitu saling mencintai sampai suami saya berubah secara otomatis ke arah saya dan putra saya. Dia mulai tidur larut malam dan berhenti merawatku dan putra kami
Beberapa kali saya bertanya apa masalahnya tapi dia tidak pernah punya alasan untuk kelakuan salahnya terhadap saya dan putra kami. Dia terus mengatakan kepada saya bahwa kepalanya berat dan dia lelah dengan pernikahan kami. Dia mengatakan dia ingin bercerai. Saya memohon beberapa kali dan mengingatkannya tentang kehidupan lampau kami yang indah, tetapi dia tidak pernah mendengarkan saya ataupun tangisan putra kami. Suatu hari seorang teman saya datang ke kota kemudian saya menceritakan kepadanya tentang situasi saya. Dia menghubungkan saya dengan seorang pria hebat yang disebut Dr Okosu. Dia mengatakan kepada saya bahwa pria ini telah membantunya mendapatkan mantannya kembali dan mendapatkan pekerjaan yang baik juga. Dia menyarankan saya untuk memberikan dia pengadilan. Saya menghubungi orang ini melalui emailnya: drokosu01@gmail.com
Dia mengatakan kepada saya bahwa sahabat saya adalah penyebab masalah saya. Bahwa sahabat saya menggunakan pesona cinta pada suami saya untuk menghancurkan perkawinan saya. Ohh ini membuat saya benar-benar bingung tetapi bersyukur kepada Tuhan bahwa Dr Okosu mampu mematahkan pesona dan dalam 2 hari suami saya kembali ke rumah dan memulihkan dirinya sendiri dia menunjukkan betapa dia mencintaiku seperti yang dia gunakan. Semuanya bekerja dengan sempurna dan kita semua hidup sekarang sebagai satu keluarga bahagia. Beberapa hari kemudian teman saya juga datang kepada saya untuk mengkonfirmasikan perbuatan jahatnya dan memohon pengampunan saya. Dr Okosu memintaku untuk memaafkannya dan aku melakukannya.
Saya akan terus berbicara tentang perbuatan baik Anda, Man Dr Okosu yang hebat. Dan semoga Tuhan Yang Maha Kuasa terus menggunakan Anda untuk membantu orang lain di dunia ini.
Tolong orang saya tidak menderita dalam diam, Anda juga dapat mencoba pria ini saya percaya itu akan bekerja untuk Anda seperti itu berhasil bagi saya. Ini adalah emailnya: drokosu01@gmail.com
Dr Okosu juga bagus untuk solusi pada banyak masalah lainnya
(1) Apakah menginginkan mantan Anda kembali.
(2) Apakah Anda ingin menjadi kaya
(3) Anda ingin menemukan cinta sejati
(4) Menginginkan seorang anak.
(5) Anda ingin beruntung dalam semua yang Anda lakukan
(6) Apakah Anda ingin mendapatkan uang Anda yang hilang kembali atau mendapatkan pembayaran Anda.
(7) membutuhkan bantuan keuangan.
(8) Apakah Anda ingin mengendalikan pernikahan Anda
(9) Obat untuk penyakit apa saja.
Hubungi DR Okosu hari ini dan saya yakin Anda tidak akan menyesal. Email: drokosu01@gmail.com atau whatsaap +2348119663571
Adakah anda sangat tertanya-tanya, "Bagaimana untuk mendapatkan kembali suami saya?" selepas banyak masa berlalu tanpa suami anda kembali kepada anda? Sekarang anda terjebak dalam keadaan yang sangat terdesak, kerana minda anda terasa lelah, sementara tubuh anda sanggup pergi sejauh mana untuk mendapatkan kembali suami anda mengapa tidak menghubungi ejaan Dr.Yakaya yang e-melnya: Yakayatemple@gmail.com atau tambah dia di WhatsApp +2347050270227 dan dapatkan suami anda kembali dalam masa 24 jam
BalasHapus