RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KE –.1
Nama Sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/ Semester
Tahun Pelajaran
|
:
:
:
:
|
SMP ;
.............................
Pendidikan Budi Pekerti
VIII / 1
2012/2013
|
Standar kompetensi
|
:
|
Memahami dan menerapkan
Nilai nilai konsep hubungan manusia
dengan maanusia.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1.Memiliki dan
mengembangkan sikap toleransi
|
Indikator
|
:
|
1.1.1.Pengertian Toleransi.
1.1.2. Contoh Contoh Toleransi.
1.1.3.Manfaat toleransi.
1.1.4. Memiliki sikap toleransi.
1.1.5. Butir butir pancasila yang menyangkut
toleransi beragama.
1.1.6. Tri kerukunan umat
beragama.
1.1.7. Mengembangkan
sikap toleransi beragama
|
Alokasi Waktu
|
:
|
3 x pertemuan.
|
I. . Materi Pembelajaran ; Meyakini Adanya Tuhan.
II . Strategi Pembelajaran :
NO
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
TSRATEGI PEMBELAJARAN
|
1
|
Pendahuluan.
Ø
Guru memberi penekanan kepada siswa agar rajin belajar.
Ø
Guru mengecek absensi siswa.
Ø
Guru menyampaikan SK/KD.
Ø
Dengan Guru menyampaikan indikator .
Ø
Guru memberikan appersepsi
,
Kegiatan Inti.
Explorasi.
Ø
Peserta didik membuka buku
pelajaran dengan mencari materi mengenai keyakinan terhadap Tuhan.
Elaborasisa
Ø
Peserta didik belajar dalam
kelompok yang terdiri dari 5 orang.
Ø
Peserta didik berdiskusi tentang
ciptaan tuhan.
Ø
Peserta didik menuliskan hasil diskusinya dan
dibacakan oleh masing masing
ketua kelompoknya
Konpirmasi
Ø
Guru menguatkan tentang keberadaan Tuhan.
Ø
Guru memberikan penghargaan kepada peserta didik yang ikut aktif dalam
proses pembelajaran.
Ø
Guru meluruskan pendapat siswa
yang belum mendekati kebenaran tentang Keberadaan Tuhan .
Kegiatan Akhir
Ø
Guru merefleksi proses
pembelajaran yang sudah berlangsung. ..
Ø
Guru dan siswa menyimpulkan
materi pembelajaran yang telah
disajikan. .
Ø
Mengimpormasikan materi pelajaran dalam pertemuan berikutnya
.
Ø
Guru menutup pelajaran.
|
5 menit
30 menit
5 menit
|
Ceramah/tanya jawab
Tanya jawab antar kelompok.
Tanya jawab dan penugasan.
|
III. Media / Sumber pembelajaran
Ø
Buku Pendidikan Berbudi Pekerti Oleh A.TABRANI
RUSYAN,DKK
Ø
Buku Ahlak Mulia Oleh;UDI SUKRAMA .S.E. DKK
Ø
Buku pendidikan Budi Pekerti. Oleh; SrMyriam Sylvia
Juniuati. DKK
Ø
Buku yang Relevan
IV . Penilaian
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Tehnik Penilaian
|
Bentuk Intsrumen
|
Instrumen
|
K.Jawaban
|
|
Memiliki dan mengembangkan
sikap toleransi.
|
1.1.1. Pengertian Toleransi.
1.1.2. Contoh Contoh
Toleransi.
1.1.3.Manfaat toleransi.
1.1.4. Memiliki sikap
toleransi.
1.1.5. Butir butir pancasila
yang menyangkut
toleransi beragama.
1.1.6.
Tri kerukunan umat
beragama
1.1.7 Mengembangkan
sikap toleransi
beragama
|
Tes
|
Uraian
|
1.
Jelaskan
pengertian toleransi.
2.
Sebutkanlah
beberapa contoh sikap toleransi.
3.
Jelaskan
manfaat toleransi.
4.
Jelaskan bentuk
toleransi.
5.
Jelaskan bentuk
/contoh toleransi dalam pancasila.
6.
Sebutkan dan
jelaskan Tri kerukunan umat beragama.
7.
Sebutkan bentuk perbuatan yang
mencerminkan toleransi beragama
|
|
v
Skor
penilaian;
v
Masing
masing soal skornya 10
v
NILAI= Jumlah Skor perolehan/Skor Max x100%
NO
|
JUMLAH SKOR
|
NILAI
|
NO
|
JUMLAH SKOR
|
NILAI
|
1
|
10
|
100
|
6
|
5
|
50
|
2
|
9
|
90
|
7
|
4
|
40
|
3
|
8
|
80
|
8
|
3
|
30
|
4
|
7
|
70
|
9
|
2
|
20
|
5
|
6
|
60
|
10
|
1
|
10
|
Mengetahui
Guru mata
pelajaran
Kepala SMP ; ...................... Pendidikan Budi
Pekerti.
(_______________________) (_______________________ )
NIP………………………………. Nip..........................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KE –.2
Nama Sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/ Semester
Tahun Pelajaran
|
:
:
:
:
|
SMP
Pendidikan Budi Pekerti
VIII/ 1
2012/2013
|
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1.
Memaha
|
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.2. Menumbuhkan Cinta dan
kasih Sayang
|
|
Indikator
|
:
|
1.2.1. contoh contoh
cinta dan kasih sayang
1.2.2. FalentineDay.
1.2.3. Peranan cinta dan
kasih sayang.
1.2.4. Objek kasih
sayang
1.2.5 .Tentang Tat
Twam Asi.
1.2.5. Makna Kasih
Sayang.
1.2.6. Menumbuhkan Cinta dan kasih sayang
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
3x 40 menit ( 1 x Pertemuan
)
|
I. . Materi Pembelajaran ;
Ciptaan Tuhan
II. Strategi Pembelajaran :
NO
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
TSRATEGI PEMBELAJARAN
|
1
|
Pendahuluan.
Ø
Guru memberi penekanan kepada siswa agar rajin belajar.
Ø
Guru mengecek absensi siswa.
Ø
Guru menyampaikan SK/KD.
Ø
Guru menyampaikan indikator .
Ø
Guru memberikan appersepsi
,
Kegiatan Inti.
Explorasi.
Ø
Peserta didik membuka buku
pelajaran mencari
materi mengenai .Mentaati ajaran agama.
Elaborasisa
Ø
Peserta didik belajar dalam
kelompok yang terdiri dari 5 orang.
Ø
Peserta didik berdiskusi tentang
ciptaan tuhan.
Ø
Peserta didik menuliskan hasil diskusinya dan
dibacakan oleh masing masing
ketua kelompoknya .
Konpirmasi
Ø
Guru menguatkan tentang ciptaan Tuhan. .
Ø
Guru memberikan penghargaan kepada peserta didik yang ikut aktif dalam
proses pembelajaran.
Ø
Guru meluruskan pendapat
siswa yang belum mendekati
kebenaran tentang mentaati ajaran
Agama.
Kegiatan Akhir
Ø
Guru merefleksi proses
pembelajaran yang sudah berlangsung. ..
Ø
Guru dan siswa menyimpulkan
materi pembelajaran yang telah
disajikan.
Ø
Mengimpormasikan materi pelajaran dalam pertemuan berikutnya
Ø
Guru menutup pelajaran.
|
5 menit
25 menit
10 menit
|
Ceramah/tanya jawab
Tanya jawab antar kelompok.
Tanya jawab dan penugasan.
|
III . Media / Sumber pembelajaran
Ø
Buku Pendidikan Berbudi Pekerti Oleh A.TABRANI
RUSYAN,DKK
Ø
Buku Ahlak Mulia Oleh;UDI SUKRAMA .S.E. DKK
Ø
Buku pendidikan Budi Pekerti. Oleh; SrMyriam Sylvia
Juniuati. DKK
Ø
Buku yang Relevan
IV. Penilaian
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Tehnik Penilaian
|
Bentuk Intsrumen
|
Instrumen
|
K.Jawaban
|
1
|
|
1.2.1.contoh contoh
cinta dan
kasih
sayang
1.2.2.FalentineDay.
1.2.3.Peranan cinta
dan kasih
sayang.
1.2.4.Objek
kasih
sayang
1.2.5 .Tat
Twam Asi.
1.2.6Makna Kasih
Sayang.
1.2.7. Menumbuhkan Cinta dan kasih sayang
|
Tes
|
Uraian
|
1.
Sebutkankah
contoh contoh kasih sayang.
2.
Jelaskan
pengertian Falentines Day.
3.
Jelaskan peranan cinta dan kasih sayang.
4.
Sebutkan Objek
kasih sayang.
5.
Jelaskan pengertianTatwam
masi..
6.
Jelaskan makna
kasih sayang.
7.
Jelaskanlah bentuk kasih sayang dalam lingkungan
keluarga, sekolah.
|
|
1. Skor penilaian;
2. Masing masing soal skornya 10
3. NILAI= Jumlah Skor perolehan/Skor Max x100%
NO
|
JUMLAH SKOR
|
NILAI
|
NO
|
JUMLAH SKOR
|
NILAI
|
1
|
10
|
100
|
6
|
5
|
50
|
2
|
9
|
90
|
7
|
4
|
40
|
3
|
8
|
80
|
8
|
3
|
30
|
4
|
7
|
70
|
9
|
2
|
20
|
5
|
6
|
60
|
10
|
1
|
10
|
Mengetahui
Guru mata pelajaran
Kepala SMP ; ......................
Pendidikan Budi Pekerti.
(_______________________) (_______________________ )
NIP………………………………. Nip..........................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KE –.3
Nama Sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/ Semester
Tahun Pelajaran
|
:
:
:
:
|
SMP ;
.............................
Pendidikan Budi Pekerti
VIII /1
2012/2013
|
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1.memahami dan
menerapkan Nilai Nilai Konsep Hubungan Manusia dengan Manusia.
|
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1,3. Memiliki Kebersamaan dan Gotong
Royong.
|
|
Indikator
|
:
|
1 3.1. Contoh-
contoh Kebersamaan.
1.3.2. Pengertian Kebersamaan
1.3..3 Pentingnya
kebersamaan.
1.3.4 Rasa rebersamaan
1.3.5. Cntoh- contoh gotong-
royong
1.3.6. Pengertian gotong royong
1.3.7. Perbedaan antar kebersamaan
dan gotong-
royong
1.3.8. Gotong- royong dalam Pancasila
1.3.9. Pelaksanaan gotong- royong
1.3.10. Sikap gotong- royong
1.3.11.Contoh- tontoh sikap tolong- menolong
1.3.12. Pengertian tolong- menolong
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
3 x 40 menit ( 1 x Pertemuan
)
|
I. . Materi Pembelajaran ;Kebersamaan
Dan Gotong Royong.
II. Kegiatan Pembelajaran.
NO
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
TSRATEGI PEMBELAJARAN
|
1
|
Pendahuluan.
Ø
Guru memberi penekanan agar rajin belajar.
Ø
Guru mengecek absensi siswa.
Ø
Guru menyampaikan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
Ø
Guru menyempaikan indikator
Ø
Guru memberikan appersepsi mengenai keagungan Tuhan.
Ø
Kegiatan Inti.
Explorasi.
Ø
Peserta didik membuka buku
pelajaran dan mencari
materi mengenai Keagungan Tuhan..
Ø
Peserta didik menemukan
pengertian Keagungan Tuhan.
Elaborasi
Ø
Peserta didik belajar
dalam kelompok yang terdiri dari 5
orang.
Ø
Peserta didik berdiskusi tentang
Keagungan Tuhan.
Ø
Peserta didik menuliskan hasil diskusinya dan
dibacakan oleh masing masing
ketua kelompoknya
Konpirmasi
Ø
Guru menguatkan tentang
pengerian .Kemaha kuasaan Tuhan.
Ø
Guru memberikan
penghargaan kepada peserta didik yang
ikut aktif dalam proses pembelajaran..
Ø
Guru meluruskan pendapat
siswa yang belum mendekati kebenaran tentang kemaha kuasaan Tuhan..
Kegiatan Akhir
Ø
Guru merefleksi proses
pembelajaran yang sudah berlangsung..
Ø
Guru dan siswa menyimpulkan
materi pembelajaran yang telah
disajikan.
Ø
Guru memberikan
pertanyaan / Evaluasi.
Ø
Guru memberikan tugas rumah, mengerjakan LKS
|
5 menit
25 menit
10 menit
|
Ceramah/tanya jawab
Tanya jawab antar kelompok.
Tanya jawab dan penugasan.
|
III.Media
/ Sumber pembelajaran
Ø
Buku Pendidikan Berbudi Pekerti Oleh A.TABRANI
RUSYAN,DKK
Ø
Buku Ahlak Mulia Oleh;UDI SUKRAMA .S.E. DKK
Ø
Buku pendidikan Budi Pekerti. Oleh; SrMyriam Sylvia
Juniuati. DKK
Ø
Buku yang Relevan
IV . Penilaian
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Tehnik Penilaian
|
Bentuk Intsrumen
|
Instrumen
|
K.
jawaban
|
1
|
|
1 3.1. Contoh-
contoh Kebersamaan.
1.3.2. Pengertian Kebersamaan
1.3..3 Pentingnya
kebersamaan.
1.3.4 Rasa rebersamaan
1.3.5. Cntoh- contoh gotong-
royong
1.3.6. Pengertian gotong royong
1.3.7. Perbedaan antar kebersamaan
dan gotong-
royong
1.3.8. Gotong- royong dalam Pancasila
1.3.9. Pelaksanaan gotong- royong
1.3.10. Sikap gotong- royong
1.3.11.Contoh- tontoh sikap tolong- menolong
1.3.12. Pengertian tolong- menolong
|
Tes
|
Uraian
|
1. Sebutkan contoh contoh kebersamaan
2. Jelaskan pengertian kebersamaan.
3. Jelaskan pentingnya kebersamaan.
4. Sebutkan rasa kebersamaan dalam kegiatan disekolah.
5. Sebutkan contoh gotong royong dalam pembangunan.
6. Jelaskan pengertian gotong royong.
7. Jelaskan perbedaan
kebersamaan dan gotong royong.
8. Beri contong sikap gotong royong yang mencerminkan implemestasi dari sila
pancasila.
9. Jelaskan
dengan contoh sikap Gotong Royong.
10. Jelaskan pengertian Gotong Royong. .
11. Sebutkan contoh sikap yang mencerminkan tolong
menolong.
12. Jelaskan pengertian Tolong menolong.
|
|
> Skor
penilaian;
Masing masing soal skornya 10
NILAI=
Jumlah Skor perolehan/Skor Max x100%
NO
|
JUMLAH SKOR
|
NILAI
|
NO
|
JUMLAH SKOR
|
NILAI
|
1
|
10
|
100
|
6
|
5
|
50
|
2
|
9
|
90
|
7
|
4
|
40
|
3
|
8
|
80
|
8
|
3
|
30
|
4
|
7
|
70
|
9
|
2
|
20
|
5
|
6
|
60
|
10
|
1
|
10
|
Mengetahui Guru mata pelajaran
Kepala SMP ; ...................... Pendidikan Budi Pekerti.
(_______________________) (_______________________ )
NIP………………………………. Nip..........................................
pak kalau rpp BP untuk semester 2 kelas VIII ada tidak??
BalasHapus