Halaman

Senin, 20 Agustus 2012

RENCANA PEMBELAJARAN .KLS VIII/1.2012-2013




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KE –.1

Nama Sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/ Semester
Tahun Pelajaran
:
:
:
:
SMP ; .............................
Pendidikan Budi Pekerti
VIII / 1
2012/2013
Standar kompetensi
:
Memahami dan menerapkan Nilai nilai konsep hubungan  manusia dengan maanusia.
Kompetensi Dasar
:
1.1.Memiliki dan mengembangkan sikap toleransi

Indikator
:
              1.1.1.Pengertian Toleransi.
             1.1.2. Contoh Contoh Toleransi.
             1.1.3.Manfaat toleransi.
             1.1.4. Memiliki sikap toleransi.
             1.1.5. Butir butir pancasila yang menyangkut                        toleransi beragama.
             1.1.6. Tri kerukunan umat beragama.
                        1.1.7. Mengembangkan sikap toleransi beragama
Alokasi Waktu
:
3 x pertemuan.


I. . Materi Pembelajaran                      ;  Meyakini Adanya Tuhan.
II . Strategi Pembelajaran                   :
NO
KEGIATAN
WAKTU
TSRATEGI PEMBELAJARAN
1
Pendahuluan.
Ø       Guru memberi penekanan  kepada siswa  agar rajin belajar.
Ø       Guru mengecek  absensi siswa.
Ø       Guru    menyampaikan SK/KD.
Ø       Dengan  Guru menyampaikan indikator .
Ø       Guru memberikan  appersepsi  ,
Kegiatan Inti.
Explorasi.
Ø       Peserta didik membuka buku pelajaran  dengan mencari  materi mengenai  keyakinan terhadap Tuhan.
Elaborasisa
Ø       Peserta didik belajar   dalam kelompok  yang terdiri dari 5 orang.
Ø       Peserta didik berdiskusi  tentang  ciptaan tuhan.
Ø       Peserta didik   menuliskan hasil diskusinya  dan  dibacakan oleh  masing masing ketua kelompoknya
 Konpirmasi
Ø       Guru menguatkan tentang  keberadaan Tuhan.
Ø       Guru memberikan penghargaan    kepada peserta didik yang ikut aktif dalam proses pembelajaran.
Ø       Guru meluruskan pendapat siswa  yang belum mendekati kebenaran  tentang  Keberadaan Tuhan .
Kegiatan Akhir
Ø       Guru merefleksi proses pembelajaran yang sudah berlangsung. ..
Ø       Guru dan siswa menyimpulkan materi pembelajaran  yang telah disajikan. .
Ø       Mengimpormasikan  materi pelajaran dalam pertemuan berikutnya  .
Ø       Guru menutup pelajaran.

5 menit






30 menit













5 menit
Ceramah/tanya jawab





Tanya jawab antar kelompok.












Tanya jawab dan penugasan.
III. Media / Sumber pembelajaran
               
Ø    Buku Pendidikan Berbudi Pekerti Oleh A.TABRANI RUSYAN,DKK
Ø    Buku Ahlak Mulia Oleh;UDI SUKRAMA .S.E.  DKK
Ø    Buku pendidikan Budi Pekerti. Oleh; SrMyriam Sylvia Juniuati. DKK
Ø    Buku yang Relevan


IV . Penilaian
No.
Kompetensi Dasar
Indikator
Tehnik Penilaian
Bentuk Intsrumen
Instrumen
K.Jawaban

Memiliki dan mengembangkan sikap toleransi.
1.1.1. Pengertian Toleransi.
 1.1.2. Contoh Contoh
           Toleransi.
 1.1.3.Manfaat toleransi.
 1.1.4. Memiliki sikap
           toleransi.
 1.1.5. Butir butir pancasila
           yang menyangkut
           toleransi beragama.
1.1.6. Tri kerukunan umat
           beragama 
1.1.7  Mengembangkan
          sikap toleransi
          beragama

Tes
Uraian
1.       Jelaskan pengertian toleransi.
2.       Sebutkanlah beberapa contoh sikap  toleransi.
3.       Jelaskan manfaat toleransi.
4.       Jelaskan bentuk toleransi.
5.       Jelaskan bentuk /contoh toleransi dalam pancasila.
6.       Sebutkan dan jelaskan Tri kerukunan umat beragama.
7.           Sebutkan bentuk perbuatan  yang mencerminkan toleransi beragama


v      Skor penilaian;
v      Masing masing soal  skornya 10
v      NILAI=  Jumlah Skor perolehan/Skor Max x100%


NO
JUMLAH SKOR
NILAI
NO
JUMLAH SKOR
NILAI
1
10
100
6
5
50
2
9
90
7
4
40
3
8
80
8
3
30
4
7
70
9
2
20
5
6
60
10
1
10

Mengetahui                                                                                                        Guru mata pelajaran 
Kepala SMP ; ......................                                                                             Pendidikan Budi Pekerti.   
                                                                 
 (_______________________)                                                     (_______________________ )
   NIP……………………………….                                    Nip..........................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KE –.2

Nama Sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/ Semester
Tahun Pelajaran
:
:
:
:
SMP
Pendidikan Budi Pekerti
VIII/ 1
2012/2013
Standar Kompetensi
:
1.       Memaha

Kompetensi Dasar
:
1.2. Menumbuhkan Cinta dan kasih Sayang

Indikator
:

1.2.1.       contoh contoh cinta dan kasih sayang
1.2.2.      FalentineDay.
1.2.3.      Peranan cinta dan  kasih sayang.
1.2.4.      Objek     kasih sayang
1.2.5  .Tentang Tat  Twam  Asi.
1.2.5.      Makna Kasih  Sayang.
1.2.6.      Menumbuhkan Cinta dan kasih    sayang




Alokasi Waktu
:
3x 40 menit ( 1 x Pertemuan )

I. . Materi Pembelajaran                    ; Ciptaan Tuhan
II. Strategi Pembelajaran        :
NO
KEGIATAN
WAKTU
TSRATEGI PEMBELAJARAN
1
Pendahuluan.
Ø       Guru memberi penekanan  kepada  siswa agar rajin belajar.
Ø       Guru mengecek  absensi siswa.
Ø       Guru    menyampaikan SK/KD.
Ø       Guru menyampaikan indikator .
Ø       Guru memberikan  appersepsi  ,
Kegiatan Inti.
Explorasi.
Ø       Peserta didik membuka buku pelajaran   mencari  materi mengenai .Mentaati ajaran agama.
Elaborasisa
Ø       Peserta didik belajar  dalam kelompok  yang terdiri dari 5 orang.
Ø       Peserta didik berdiskusi  tentang  ciptaan tuhan.
Ø       Peserta didik   menuliskan hasil diskusinya  dan  dibacakan oleh  masing masing ketua kelompoknya  .
 Konpirmasi
Ø       Guru menguatkan tentang  ciptaan Tuhan. .
Ø       Guru memberikan penghargaan   kepada peserta didik yang ikut aktif dalam proses pembelajaran.
Ø       Guru meluruskan pendapat siswa  yang belum mendekati kebenaran  tentang mentaati ajaran Agama.
Kegiatan Akhir
Ø       Guru merefleksi proses pembelajaran yang sudah berlangsung. ..
Ø       Guru dan siswa menyimpulkan materi pembelajaran  yang telah disajikan.
Ø       Mengimpormasikan  materi pelajaran dalam pertemuan berikutnya
Ø       Guru menutup pelajaran.

5 menit






25 menit













10 menit
Ceramah/tanya jawab





Tanya jawab antar kelompok.












Tanya jawab dan penugasan.
III . Media / Sumber pembelajaran
               
Ø    Buku Pendidikan Berbudi Pekerti Oleh A.TABRANI RUSYAN,DKK
Ø    Buku Ahlak Mulia Oleh;UDI SUKRAMA .S.E.  DKK
Ø    Buku pendidikan Budi Pekerti. Oleh; SrMyriam Sylvia Juniuati. DKK
Ø    Buku yang Relevan


IV. Penilaian
No.
Kompetensi Dasar
Indikator
Tehnik Penilaian
Bentuk Intsrumen
Instrumen
K.Jawaban
1

1.2.1.contoh contoh
         cinta dan    
         kasih sayang
1.2.2.FalentineDay.
1.2.3.Peranan cinta
         dan  kasih
         sayang.
1.2.4.Objek    
         kasih sayang
1.2.5  .Tat
         Twam  Asi.
1.2.6Makna Kasih
         Sayang.
1.2.7.      Menumbuhkan Cinta dan kasih    sayang


Tes
Uraian
1.       Sebutkankah contoh contoh kasih sayang.

2.       Jelaskan pengertian Falentines Day.

3.       Jelaskan  peranan cinta dan kasih sayang.

4.       Sebutkan Objek kasih sayang.

5.       Jelaskan pengertianTatwam masi..

6.       Jelaskan makna kasih sayang.

7.          Jelaskanlah bentuk kasih sayang dalam lingkungan keluarga, sekolah.



1.       Skor penilaian;
2.       Masing masing soal  skornya 10
3.       NILAI=  Jumlah Skor perolehan/Skor Max x100%


NO
JUMLAH SKOR
NILAI
NO
JUMLAH SKOR
NILAI
1
10
100
6
5
50
2
9
90
7
4
40
3
8
80
8
3
30
4
7
70
9
2
20
5
6
60
10
1
10







Mengetahui                                                                                             Guru mata pelajaran 
Kepala SMP ; ......................                                                                 Pendidikan Budi Pekerti.
                                                                                    


 (_______________________)                                                      (_______________________ )
   NIP……………………………….                                           Nip..........................................







































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KE –.3

Nama Sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/ Semester
Tahun Pelajaran
:
:
:
:
SMP ; .............................
Pendidikan Budi Pekerti
VIII /1
2012/2013
Standar Kompetensi
:
1.memahami dan menerapkan  Nilai Nilai  Konsep Hubungan Manusia dengan Manusia.


Kompetensi Dasar
:
1,3. Memiliki Kebersamaan dan  Gotong Royong.

Indikator
:
1 3.1.   Contoh- contoh  Kebersamaan.
1.3.2.   Pengertian  Kebersamaan
1.3..3   Pentingnya   kebersamaan.  
1.3.4    Rasa  rebersamaan 
1.3.5.   Cntoh- contoh  gotong- royong
1.3.6.   Pengertian  gotong royong
1.3.7.   Perbedaan antar   kebersamaan  
            dan    gotong-  royong
1.3.8.   Gotong- royong  dalam Pancasila  
1.3.9.   Pelaksanaan    gotong- royong
1.3.10. Sikap gotong- royong
1.3.11.Contoh- tontoh  sikap tolong-  menolong
1.3.12. Pengertian  tolong- menolong


Alokasi Waktu
:
3 x 40 menit ( 1 x Pertemuan )

I. . Materi Pembelajaran                    ;Kebersamaan Dan Gotong Royong.
II. Kegiatan Pembelajaran.
NO
KEGIATAN
WAKTU
TSRATEGI PEMBELAJARAN
1
Pendahuluan.
Ø       Guru memberi penekanan  agar rajin belajar.
Ø       Guru mengecek absensi siswa.
Ø       Guru    menyampaikan  Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
Ø       Guru menyempaikan indikator
Ø       Guru memberikan  appersepsi mengenai keagungan Tuhan.
Ø       Kegiatan Inti.
Explorasi.
Ø       Peserta didik membuka buku pelajaran    dan mencari  materi mengenai Keagungan Tuhan..
Ø       Peserta didik menemukan pengertian Keagungan Tuhan.
Elaborasi
Ø       Peserta didik   belajar dalam kelompok  yang terdiri dari 5 orang.
Ø       Peserta didik berdiskusi   tentang  Keagungan Tuhan.
Ø       Peserta didik  menuliskan hasil diskusinya  dan  dibacakan oleh  masing masing ketua kelompoknya
 Konpirmasi
Ø       Guru menguatkan tentang pengerian .Kemaha kuasaan Tuhan.
Ø       Guru memberikan penghargaan  kepada peserta didik yang ikut aktif dalam proses pembelajaran..
Ø       Guru   meluruskan pendapat siswa  yang belum mendekati kebenaran  tentang kemaha kuasaan Tuhan..
Kegiatan Akhir
Ø       Guru merefleksi proses pembelajaran yang sudah berlangsung..
Ø       Guru dan siswa menyimpulkan materi pembelajaran  yang telah disajikan.
Ø       Guru memberikan pertanyaan  / Evaluasi.
Ø       Guru memberikan tugas  rumah, mengerjakan LKS

5 menit






25 menit




















10 menit
Ceramah/tanya jawab






Tanya jawab antar kelompok.

















Tanya jawab dan penugasan.


III.Media / Sumber pembelajaran
Ø    Buku Pendidikan Berbudi Pekerti Oleh A.TABRANI RUSYAN,DKK
Ø    Buku Ahlak Mulia Oleh;UDI SUKRAMA .S.E.  DKK
Ø    Buku pendidikan Budi Pekerti. Oleh; SrMyriam Sylvia Juniuati. DKK
Ø    Buku yang Relevan

IV . Penilaian
No.
Kompetensi Dasar
Indikator
Tehnik Penilaian
Bentuk Intsrumen
Instrumen
K.
jawaban
1

1 3.1.   Contoh- contoh  Kebersamaan.
1.3.2.   Pengertian  Kebersamaan
1.3..3   Pentingnya   kebersamaan.  
1.3.4    Rasa  rebersamaan 
1.3.5.   Cntoh- contoh  gotong- royong
1.3.6.   Pengertian  gotong royong
1.3.7.   Perbedaan antar   kebersamaan  
            dan    gotong-  royong
1.3.8.   Gotong- royong  dalam Pancasila




1.3.9.   Pelaksanaan    gotong- royong

1.3.10. Sikap gotong- royong

1.3.11.Contoh- tontoh  sikap tolong-  menolong

1.3.12. Pengertian  tolong- menolong

Tes
Uraian
1.   Sebutkan contoh contoh kebersamaan

2.   Jelaskan pengertian kebersamaan.
3.   Jelaskan pentingnya kebersamaan.
4.   Sebutkan rasa kebersamaan dalam kegiatan disekolah.
5.   Sebutkan contoh gotong royong dalam pembangunan.
6.   Jelaskan pengertian gotong royong.
7.   Jelaskan perbedaan  kebersamaan dan gotong royong.

8.   Beri contong sikap gotong royong yang  mencerminkan implemestasi dari sila pancasila.


9.    Jelaskan dengan contoh  sikap Gotong Royong.

10.    Jelaskan pengertian Gotong Royong. .

11.    Sebutkan contoh sikap yang mencerminkan tolong menolong.


12.    Jelaskan pengertian Tolong menolong.





> Skor penilaian;
   Masing masing soal  skornya 10
    NILAI=  Jumlah Skor perolehan/Skor Max x100%

NO
JUMLAH SKOR
NILAI
NO
JUMLAH SKOR
NILAI
1
10
100
6
5
50
2
9
90
7
4
40
3
8
80
8
3
30
4
7
70
9
2
20
5
6
60
10
1
10


Mengetahui                                                                                        Guru mata pelajaran 
Kepala SMP ; ......................                                                              Pendidikan Budi Pekerti.
                                                                                     


 (_______________________)                                                      (_______________________ )
   NIP……………………………….                                            Nip..........................................














1 komentar: