LKS 1.
I.
I.
- C
- A
- C
- A
- C
- B
- A
- B
- B
- B
- B
- A
- B
- D
- C
- C
- D
- B
- D
- A.
- i.
- j
- a
- b
- f
- c
- e
- d
- g
- h
- Diri sendiri
- OSIS.
- Sore hari.
- Pandai.
- Kebersihan kelas.
- tata tertib sekolah.
- Teratur.
- Kegiatan harian.
- Batin.
- Disiplin.
b. Disiplin makanan.
c. Disiplin istirahat..
2. a. Norma agama.
b. Norma hukum.
c. Norma kesopanan.
d. Norma kesusilaan.
3. Agar para siswa dapat mengikuti pelajaran dengan tertib dan lancar serta menumbuhkan
rasa dan kebiasaan berdisiplin para siswa.
4. a. Pakaian seragam haria yang telah ditentukan.
b. Waktu istirahat semua siswa ada diluar kelas.
c. Pulang sekolah dan masuk kelas sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
5. Organisasi Siswa Intra Sekolah.
V. 1. karena belajar sambil makan atau ada makanan didekat belajar dapat mengganggu
konsentrasi belajar kita.
2. Karena melanggar peraturan atau tata tertib sekolah, nyontek akan dapat menyenangkan
sementara ( nilai bagus ) tapi dapat menyengsarakan di kemudian hari ( karena tidak dapat ilmunya ).
3. Cita cita adalah sesuatu yang diinginkan seseorang . Tujuan cita cita bagi setiap orang , adalah untuk
mendorong dan mengarahkan kegiatan hidupnya untuk mencapai cita-cita tersebut. Misalnya seorang
siswa SMP bercita-cita jadi dokter . lewat belajar di SMA tersebut , Dan selanjutnya dapat
diterima di fakultas kedokteran.
4. Untuk membentuk kepribadian yang baik serta menumbuhkan disiplin diri bagi setiap anak yang
harus dimulai dari sejak kanak-kanak oleh orang tua masing-masing dengan memberikan contoh
dan tauladan yang baik kepada setiap anak.
5. Berdisiplin artinya selalau belajar dan bekerja keras , selalu melakukan pekerjaan dengan penuh
rasa tanggung jawab dan teratur , serta mengetahui segala peraturan , dapat mentaati dan
melaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.
VI. Jawaban Ada pada siswa.
LKS. 2.
I.
VI. Jawaban Ada pada siswa.
LKS. 2.
I.
- b
- a
- b
- c
- b
- a
- a
- d
- c
- b.
- c
- d
- i
- j
- k
- g
- f
- e
- a
- b.
III.
- Berprestasi.
- Non sosial.
- Psikologis.
- Fisiologis.
- Pergaulan.
- Minta maaf.
- Bertanya.
- Salah.
- Korupsi.
- Sendiri.
IV,
- Karena manusia mempunyai pikiran sehingga dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.
- Belajar dan berlatih.
- Bekerja keras adalah selalu melakukan pekerjaan secara teratur dan bertanggung jawab.
- Bekerja keras.
- Keadaan udara, suhu udara, cuaca dll.
- keadaan jasmani yakni sehat atau tidak sehat.
- Kebijakan guru.
- Kebijakan guru.
- Kebijakan guru.
- Rasa malu yaitu; sikap dan perilaku yang tidak mengenakkan hati, karena berbuat sesuatu yang kurang baik atau tidak pada tempatnya.
V.
1. - Malu bertanya.
- Malu kedepan kelas.
- malu menjawab pertanyaan yang diajukan guru secara lisan .
2. - Mencontek pada saat ulangan.
- Tidak bisa menjawab pertanyaan yang diajukan
- Datang terlambat kesekolah.
- Sering tidak mengikuti pelajaran.
- Sering tidak masuk kelas.
3. - Mendapat nilai jelek.
- Tidak lulus sekolah.
- Tidak naik kelas.
- Mendapat hukuman karena tidak membuat PR..
- Suka bolos sekolah.
4. - Faktor non sosial seperti keadaan udara, suhu udara, cuaca , tempat dan alat-alat pendukung.
- Faktor sosial adalah faktor manusia ( sesama manusia )baik menusia itu ada ( hadir maupun
tidak hadir secara langsung ), dapat mengganggu belajar dan prestasi belajar
- Faktor fisiologis. Faktor ini ada dua macam yaitu tonus jasmani dan keadaan fungsi-fungsi
fisiologis.
- Faktor psikologis seperti ingin yahui, kreatif, simpati, rasa aman dan sebagainya.
5. - Mencari pekerjaan.
- Memiliki inisuatif dan kreatif.
- Pantang menyerah , tekun dan tidak mengenal putus asa.
- Melaksanakan tugas dengan semangat dan sebaik baiknya.
VI. Kebijakan Guru.
LKS .3
VI. Kebijakan Guru.
LKS .3
- B
- D
- A
- A
- A
- C
- A
- A
- D
- D
- C
- A
- A
- B
- D
- C
- B
- A
- B
- C
- C
- B
- A
- B
- C
- B
- A
- B
- D
- C
II
- Memotong rambutnya.
- Lutut.
- Malu.
- Belajar lebih giat lagi.
- Rendah diri.
- Disiplin.
- 3 kali.
- Kebaktian.
- Berhenti.
- 21.00
III.
- Percaya diri adalah sikap dan perilaku yang didasarkan pada kepekaan dalam mengukur keselarasan antara apa yang ingin dicapai dan kemampuan yang biasanya menghasilkan rasa keberhasilan ( sukses )
- Malu tidak jujur , malu berpakaian tidak sopan, malu banyak musuh, dll.
- Hidup kita akan teratur dan dapat mencapai prestasi yang kita inginkan.
- Agar kita dapat mnyelesaikan tugas sesuai dengan waktu yang diberikan dan mendapatr hasil yang memuaskan.
- Selalu menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya.
LKS. 4
I
- C
- A
- D
- C
- D
- B
- B
- B
- C
- A
- D
- A
- B
- B
- A
- C
- D
- C
- C
- A.
- e
- g
- l
- j
- a
- d
- k
- b
- c
- f
III.
- Nelayan.
- Petani.
- Belajar.
- Minta maaf.
- Belajar.
- Belajar seumur hidup.
- Pilot.
- Mahatiada.
- Kerja.
- Belajar.
IV.
- Kesungguhan serta ketahanan yang tinggi dalam menghadapiu sesuatu masalah yang sulit dengan semangat kerja yang tinggi.
- Bekerja atau berbuat lebih baik dari pada tidak bekerja janganlah takut salah asal jangat sengaja berbuat kesalahan .
- Tidak ada orang yang bisa menghindarkan diri untuk tidak bekerja walaupun diwaktu tidur . karena jantung tetap bekerja.
- kerja tanpa pamerih untuk kepentingan diri sendiri.
- Berani berbuat berani bertanggung jawab.
- Segala sesuatunya dikerjakan dengan penuh keyakinan dan keiklasan.
- Kewajuban warga negara terhadap agamanya masing -masing.
- Kerja tanpa pamerih untuk kepentingan diri sendiri.
- Kewajiban warga negara terhadap negaranya.
- Pada saat siswa sudah selesai bertanya atau berbicara dengan gurunya.
V.
- Sikap perilaku yang bertindak tidak berlebih-lebihan mampu mengendalikan diri dan berbuat sewajarnya dan mampuy memilih mana yang benar -benar dibutuhkandan mana yang tidak dibutuhkan , kesederhanaan akan membawa kita kearah yang lebih hemat.
- Belajar berani dapat dilakukan dengan bertanya, mencoba memahami pengetahuan baru, , mengembangkan bakat, minat dan memutuskan untuk bertindak yang positif.
- Saling membantu utnuk meringankan beban penderitaan , supaya dapat melakukan sesuatu dan untuk menyelamatkan diri dari bahaya serta dapat meringankan beban berkaitan dengan masalah masalah yang dihadapi.
- Seseorang yang mampu mngendalikan emosi serta dapat menerima kritik dan saran dari orang lain adalah sikap seseorang yang dapat membuka diri dan berpikir positif terhadap apa yang ingin dilakukannya.
- Membantu pekerjaan dirumah , mengerjakan PR , belajar dengan baik/sungguh-sungguh dan memanfaatkan waktu dengan baik. dll.
VI. Tugas Untuk Siswa.
LKS 5
I.
- C
- D
- C
- B
- D
- A
- B
- A
- B
- A
- A
- A
- D
- C
- B
- D
- B
- C
- B
- A
II.
- d.
- f
- g
- j
- b
- l
- c
- e
- a
- h.
III.
- Kebersamaan.
- Diri sendiri.
- Perbedaan tetap merupakan kesatuan.
- Gotong royong.
- Rahmat Tuhan Yang Maha Esa.
- kehidupan masyarakat yang mandani.
- persatuan dan kesatuan bangsa.
- Tat Twam Asi.
- Masyarakat.
- Tenggang rasa.
IV,
- Hubungan timbal balik antara orang dengan orang lain /kelompok yang saling mempengaruhi dan didasarkan pada untuk saling menolong
- Musyawarah yang dilakukan didesa secara teratur untuk membicarakan masalah masalah yang dihadapi desa.
- Dalam menyelesaikan masalah tidak menggunakan menggunakan pendekatan otoriter.
- Harus bersikap dan berbuat jujur serta mempunyai nurani yang tinggi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
- Aspek yang mengungkapkan seperangkat norma atau kaidah yang membingbing dan menjadi kriteria pencapaian tujuan.
- Membuat keputusan tidak berat sebelah , selalu bersikap dan berbuat yang sebenarnya.
- mau menerima kritik , saran dan pendapat orang lain dalam pergaulan dan tidak menutup diri dari pergaulan.
- Indonesia memperoleh bantuan dari negara lain dengan mengirimkan pelajar pelajar kita untuk belajar kesuatu negara tetangga , begitu pula sebaliknya , pemerintah Indonesia memberikan beasiswa bagi pemuda negara tetangga untuk belajar di Universitas yang ada di Indonesia.
- Bangsa Indonesia menerima unsur-unsur bangsa asing . tetapi unsur yang masuk harus diselaraskan dengan Pancasila.
- Gilik saguluk atau paras paros sarpanaya.
1. a. Peraturan hidup yang diuanggap bersumber dari hati nurani manusia ( insan kamil
atau menyangkut hasrat-hasrat rohaniah yang tidak dapat atau tidak perlu kelihatan )
b. Timbul akibat pergaulan segolongan manusia . Norma Kesopanan ( Kaidah sopan
santun yang lahir dari suatu kebiasaan ( apa -apa yang biasa didalam hidup
antar pribadi ) manusia tetapi tidak semua kebiasaan adalah sopan santun.
2. a. Pada era ini kemajuan tehnologi informasi makin pesat. sehingga hubungan
warga dunia tidak dapat dibatasi oleh apapun.
b. Kebijakan domestik suatu negara ( bangsa ) tak bisa dilepaskan begitu saja dari
pertimbangan pandangan internasional.
3. Selalu menggunakan waktu sebaik-baiknya , menyadari keseimbvangan hak dan
kewajiban , mempertimbangan rasio atas keputusan yang diambil dan memiliki
kepedulian atas pekerjaannya
4. Keuntungannya terhadap diri sendiri , keluarga, masyarakat, lingkungan dan
lainnya yang sejak dahulu diajak hidup bersama dimasyarakat.
5. Gotong royong adalah melakukan pekerjaan bersama-sama tanpa pamerih yang
hasilnya dapat bermanfaat bagi semua orang.
LKS. 6
I.
- B
- A
- B
- D
- A
- C
- C
- B
- C
- B
- D
- B
- C
- C
- D
- B
- B
- D
- C
- C
- B
- D
- D
- D
- B
- A
- C
- B
- A
- A.
II.
- Etos kerja.
- malu.
- Malu bertanya sesat dijalan.
- Bertanya.
- Warga kampung.
- Dikerjakan.
- Rambu-rambu lalu lintas.
- Berani.
- Disiplin.
- Nelayan.
- Petani.
- Belajar,
- Belajar seumur hidup
- kerja.
- Belajar.
III.
- Gotong royong adalah melakukan pekerjaan bersama-sama tanpa pamerih yang hasilnya dapat bermanfaat bagi semua orang.
- Malu tidak jujur, malu berpakaian tidak sopan , malu banyak musuh , malu dikucilkan oleh teman dll.
- Etos belajar adalah suatu pandangan dan sikap suatu bangsa atau suatu umat terhadap belajar yaitu mengambil manfaat dari setiap aktifitas baik dimasa lalu , sekarang maupun yang akan datang.
- Etos kerja adalah suatu pandangan dan sikap suatu bangsa atau suatu umat terhadap kerja.
- Menjadi orang yang sehat lahir batin , cukup pangan, , sandang, papan, dan kebutuhan hidup lainnya.
- Percaya diri adalah sikap dan perilaku yang didasarkan pada kepekaan dalam mengukur keseleraan antara apa yang ingin dicapai dan kemampuan yang biasanya menghasilkan rasa keberhasilan.
- - Mencontek saat ulangan.-Dihukum oleh ibuguru karena tidak mengerjakan PR.
- - Selalu mengerjakan PR. , Tidak pernah datang terlambat ke sekolah, Tidak pernah telat sampai dirumah.
- mempergunakan waktu sebaik baiknya.
- kekayaan, kebahagyaan, kemualiaan, dan kedamaian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar