Halaman

Rabu, 09 Januari 2013

KUNCI BAHAN AJAR BP KELAS ; IX /2

LKS ,1.

I.
  1. D
  2. A
  3. A
  4. B
  5. A
  6. D
  7. D
  8. A
  9. A
  10. A
  11. D
  12. A
  13. D
  14. C
  15. D.
II.

      1. Akibat penambangan liar dan penambangan tanpa izin , sehingga lingkungan menjadi rusak
          dan untuk mengembalikan  menjadi lahan  hijau memerlukan  waktu yang sangat lama.
      2. Isinya mewajibkan pemerintah  daerah  untuk melaksanakan pengendalian  lingkungan hidup.    
      3. - Sosialisasi  pentingnya pengetahuan  tentang lingkungan hidup yang lestari dan    
             bahaya kerusakan lingkungan. Sosialisasi ini hendaknyua dilakukan  dari sejak usia dini
          - Menyusun peraturan perundang undangan seperti penguatan dan pengayaan   peraturan                  
             atau Undang-Undang  yang sudah ada.
          - Mereformasi Sisdiknas  yang dapat menghasilkan SDM  siaop pakai dan mengembangkan
             pendidikan ketampilan  sesuai dengan budaya daerah.
          - Pemberian sangsi hukum yang berat  dan tegas tanpa pandang bulu  kepada para
             penjahat lingkungan
          - Perlu ada " statement " dan komitmen politik dari pemerintah  yang menyatakan bahwa
             para pelaku kejahatan  lingkungan sebagai pelaku  kejahatan luar biasa  yang
             harus diperangi bersama.
      4. Karena sering terjadi banjir , terjadi erosi di bagian hulu dan pendangkalan di bagian hilir ,
          adanya letusan gunung merapi dan lain sebagainya.
      5. - Ban karet bekas dapat digunakan menjadi sandal , tempat sampah,  ember, meja,kursi.
          - serbuk gergaji  kayu dapat digunakan  sebagai media tanaman  jamur tiram.
          - Kulit jagung dapat digunakan  sebagai bungkus dodol  atau dijadikan bunga hiasan.
      6. - menghemat sumber daya alam , terutama sumber daya alam yang tak terpulihkan.
          - Mengurangi sampah  sehingga mencegah pencemaran.
      7. - Secara administratif , pada umumnya dilakukan oleh pemerintah , dengan  cara
             mengeluarkan kebijakan kebijakan  dalam bentuk undang-undang  dan peraturan-peraturan
             untuk mencegah  pencemaran lingkungan serta eksplorasi sumber daya alam
             secara berlebihan. 
          - Secara teknologis  dapat dilakukan dengan mengadakan unit pengolahan limbah
             terhadap limbah yang ditimbulkan  oleh suatu industri  sebelum dibuang ke lingkungan ,
             agar limbah tersebut  tidak mencemari lingkungan.
          - Secara edukatif /pendidikan  misalnya melalui berbagai kegiatan  penyhuluhan masyarakat
            dan kompanye mengenai  pentingnya lingkungan yang bersih . indah sehat dan lestari .
      8. Bencana alam berupa kekeringan , kebanjiran, erosi,  punahnya satwa langka, terjadi
          pemanasan global.
     9.  Biodervisitas  adalah terganggunya mkondisi pisik  habitat,  terputusnya mata rantai makanan
          berkurangnya populasi , bertambahnya populasi yang tidak wajar,  berkurangnya jenis biotik
          langka, rekayasa genetika, kultur jaringan, hidroponik, dan lain sebagainya.
    10. Meningkatnya populasi manusia/ kepadatan penduduk  akan meningkatkan pula
          kebutuhan pangan, bahan bakar,  pemukiman dan kebutuhan dasar lainnya. yang nantinya
          akan berpengaruh juga terhadap meningkatnya  limbah rumah tangga  dan limbah industri ,
         Peningkatan limbah ini akan berpengaruh pula  terhadap perubahan kualitas  lingkungan hidup ,
         terutama di negara negara yang sedang berkembang  seperti Indonesia.

LKS 2. MENGUNGKAPKAN RASA INDAH TERHADAP ALAM.

             Asah Suara Hati.
1. Caranya.
    a. Tampung bakat dan  hobinya  dalam perlombaan.
    b. berikan penghargaan  kelas yang lestari.
    c. Setiap warga sekolah  wajib mengingatkan  pentingnya kelestarian lingkungan.
2. Caranya.
    a. Setiap warga sekolah mengambil bagian untuk  kelesatarian sekolah.
    b. Adanya pejabat dan guru  membudayakan kebersihan.
3. Keindahan bermanfaat.
    a. Kesehatan.
    b. Ekonomi/pariwisata.
    c. Budaya maju / modern.
4. Secara bijak.
    a. jika menebang satu tanam dua pohon.
    b. jangan dieksploitasi seenaknya.
    c. Jaga dan lindungi habitatnya.
5. Berdasarkan pengamatan.
I.   1. C.                6.A.                       11.C
     2. C.                7. D.                      12. A.
     3. A.                8. C.                      13. A.
     4. B                 9. A.                      14. D.
     5. D .              10.C.                      15. B.

II. 1. H ( Karangasem ).                                         6. B. ( Gianyar ).
    2. L ( kota Denpasar ).                                       7. D ( Suputra )
    3. F ( Klungkung ).                                             8. J. ( Tabanan ).
    4. A ( Buleleng ).                                                9. E ( Bangli ).
    5. C ( Jembrana )                                              10. G ( P Serangan )

III. 1. Niti Mandala Renon.                                      6. Greand Bali Beach.
      2. P. Menjangan.                                                7. Prasasti Blanjong.
      3. Sabtu Kliwon.                                                8. Selatan.
      4. Subak.                                                           9. Museum Lemayeur.
      5. Prof .I.B. Mantra,                                          10.Sanur.

IV. Tugas Siswa.


V. Tugas Individu dan kelompok untuk siswa.

LKS 3. ( Soal-soal pengayaan ).

I.
  1. C
  2. C
  3. A
  4. C
  5. C
  6. A
  7. A
  8. D
  9. B
  10. A
  11. C
  12. B
  13. A
  14. B
  15. D
  16. D
  17. C
  18. B
  19. A
  20. C
  21. C
  22. B
  23. A
  24. C
  25. C.
  26. A
  27. B
  28. D
  29. A
  30. D
  31. B
  32. A
  33. C
  34. A
  35. B
  36. A
  37. A
  38. C
  39. C
  40. A
  41. D
  42. C
  43. A
  44. D
  45. D
  46. A
  47. A
  48. A
  49. A
  50. B.
II.
  1. Suaka marga satwa.
  2. Ledakan penduduk.
  3. Limbah rumah tangga.
  4. Tumbuh-tumbuhan.
  5. menanam pohon bakau.
  6. Tuhan Yang Maha Esa.
  7. Dimana saja kita berada.
  8. Pulau serangan.
  9. karangasem.
  10. menanggulang bahaya banjir.
  11. Melestarikannya.
  12. Sungai di pegunungan.
  13. Sifat sumber pencemaran.
  14. Salinitas.
  15. Pencemaran air.
  16. Niti Mandala Renon.
  17. P. Menjangan. 
  18. Grend Bali Beach
  19. Subak.
  20. prof. I.B. Mantra
   21.  1. Memanfaatkan sumberdaya alam yang dapat dapat diperbaharui, dengan hati
              hati dan efisien. misalnya tanah, air dan udara.
          2. menggunakan bahan pengganti  misalnya hasil  metalurgi ( campuran ).
          3. Mengembangkan metoda menambang  dan memprosesm yang efisien  serta
              pendaurulangan.
          4. Melaksanakan etika  linglkungan berdasarkan filsafat  secara damai dengan alam
              , yang dalam masyarakat bali tercantum  dalam ajaran tri hita karana .
  22, Reboisasi.
  23. Konsevasi sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya.
  24. manusia sadar lingkungan.
  25. Adipura.
  26. kalpataru.
  27. Lingkungan sedunia.
  28. Tabanan.
  29. Monumen.
  30. Botani.
  31. Air.
  32. Udara.
  33. Lingkungan sehat.
  34. Pencemaran udara , tanah, air, polusi/udara.
  35. Etis terhadap lingkungan.
  36. Dampak pencemaran.
  37. kimiawi berupa zat radioaktif, logam biologi, berupa mikroorganisma, fisik, berupa
        kaleng kaleng, botol, plastik dan karet.
  38. Tangan manusia.
  39. bahan pencemaran /polutan.
  40. kotor/ternoda.
III.  1. Segala sesuatu yang diperoleh dari   lingkungan  untuk memenuhi kebutuhan 
            hidup manusia.
        2. 1. Penggunaan tanah baik untuk pertanian  maupun pemukiman  hendaknya 
                selalu mempertimbangkan  akibat baik dan buruknya.
            2. Melakukan reboisasi , diupayakan tidak merusak  lingkungan dan sebagainya.
            3. Memberikan kesadaran kepada masyarakat  tentang pentingnya arti lingkungan 
                hidup bagi kepentingan manusia .
                masyarakat Hindu di Bali mengimplemetasikan  pemeliharaan lingkungannya
                dengan melaksanakan upacara  seperti tawur kesanga , tumpek wariga, Tumpek uye.
       3. Sayur kol , sawi, buncis,  wortel, dan lain-lain.
       4. 1. Unsur-unsur yang tidak dapat dinetralisasikan  harus dibuang dengan cara ditanam  
               di dalam tanah yang jauh dari air .
           2. Pengaturan lokasi industri  yang jauh dari pemukiman penduduk .
           3. Industri yang menimbulkan air limbah , diwajibkan memasang peralatan  pengendali
               pencemaran air.
      5. 1. Tumbuhan dan padang rumput banyak yang mati sehingga mengancam usaha 
              peternakan.
          2. Sumur dan sumber air menjadi kering.
          3. Sungai dan danau serta areal pertanian menjadi kering.
          4. Kebakaran hutan.
          5. Gagal panen bagi petani sawah tadah hujan.
     6. Kemarau panjang adalah penyimpangan  iklim / musim yang menimpa pada suatu daerah
         sehingga mengakibatkan waktu musim  kemarau lebih panjang dari semestinya.
     7. 1. Terputusnya sarana dan prasarana  umum ( jalan raya, jembatan , tanggul, jaringan
              telepon, jaringan listrik dan air minum ).
         2. Rusaknya rumah dan  gedung-gedung.
         3.Rusaknya areal pertanian , perkebunan dan peternakan.
    8.  Agar ekologi dapat berjalan dengan baik  manusia sebagai mahluk Tuhan  yang
         paling sempurna  hendaknya mampu menjaga lingkungan  dengan baik agar dapat 
         memberikan manfaat  secara berkesinambungan
    9.  Peristiwa berubahnya  keadaan alam ( udara, air dan tanah )karena adanya unsur baru.
   10. Erosi merupakan hilangnya  lapisan atas dari tanah yang disebabkan oleh air  angin
         maupun es.
   11. Manfaatnya  dapat menenangkan pikiran , tempat refressing  menghilangkan stress.
   12. Panorama alam gunung Batur , Gunung Agung, Danau Bratan , Danau Batur,
         Kebun Raya bedugul,  dan lain -lainnya.
   13. Berdasarkan pengamatan masing-masing siswa.
   14. Setiap anggota keluarga  mengambil tugas masing-masing  untuk menjaga
         kebersihan  lingkungan sekitar rumah.
   15. Akibat penambangan liar dan penambangan tanpa ijin , sehingga lingkungan menjadi
         rusak  dan untuk mengembalikan menjadi lahan  hijau  memerlukan waktu yang
         sangat lama.
   16. Isinya mewajibkan  pemerintah  daerah untuk melaksanakan  pengendalian
         lingkungan hidup.
   17. - Sosialisasi  pentingnya pengetahuan  tentang lingkungan hidup yang lestari dan 
           bahayanya kerusakan lingkungan . Sosialisasi ini hendaknya dilakukan dari
           usia sejak dini.
        - Menyusun peraturan perundang undangan  seperti penguatan dan pengayaan
           peraturan atar undang-undang yang sudah ada.
        -  Merepormasi Sisdiknas  yang dapat menghasilkan SDM  siap pakai dan
           mengembangkan  pendidikan ketrampilan  sesuai dengan budaya daerah.
        -  Memberikan sangsi hukum  yang berat dan tegas tanpa pandang bulu
            kepada para penjahat lingkungan.
       -   Perlu ada ' statement " dan komitmen politik  dari pemerintah yang menyatakan
           bahwa para pelaku kejahatan  lingkungan sebagai  pelaku kejahatan luar biasa
           yang harus diperangi bersama.
    18. Karena sering terjadi banjir , terjadi erosi di bagian hulu dan pendangkalan
          di bagian hilir , adanya letusan gunung  merapi dan lain sebagainya.
    19. - Ban karet bekas dapat digunakan menjadi sandal, tempat sampah, ember, meja, kursi.
          - Serbuk gergaji kayu  dapat digunakan sebagai media  tanaman jamur tiram.
          - Kulit jagung dapat digunakan sebagai pembungkus  dodol atau dijadikan  bungan hiasan.
    20. - Menghemat sumber daya alam , terutama sumberdaya alam yang tak terpulihkan.
          - Mengurangi sampah  sehingga mencegah pencemaran.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar