1. MEMILIKI RASA KESETIAKAWANAN.
RINGKASAN MATERI.
Tangan yang indah adalah tangan yang selalu menymbang kepada orang lain. kepala yang agung selalu menunduk di depan guru. Keindahan bibir adalah yang selalu berkata benar , bahu yang indah adalah memiliki kekuatanuntuk menang , hati yang baik adalah memiliki belas kasihan . telingan yang indah adalah mendengan pengetahuan yang benar . Bagi orang orang yang baik keindahan-keindahan tersebut merupakan busana yang terbaik , bukan kekayaan ( Bhartrihari ).
kesetiakawanan sikap setia, taat, patuh dan jujur kepada teman , kita harus mempunyai respek yang tinggi kepada nilai nilai kesetiakawanan karena negara Indonesia termasuk negara yang rawan musibah bencana alam. . Caranya mulai diajar memberi dari yang sangat sederhana , umpamanya anak dikasih satu kue disuruh membagi dengan anak anak yang lainnya, anak sekolah sewaktu waktu mengadakan aksi sosial kepanti jompo, panti asuhan, korban bencana alam dan lain lainnya.
Kesetiakawanan tumbuh dan berkembang dengan subur bila ada sikap kesetiakawanan yaitu merasa iba bila melihat orang lain menderita, bergerak jiwa dan raganya untuk membantu ( tepo seliro ).
Sikap tenggangrasa membentuk karekterkita menjadi menghormati orang lain , merasakan penderitaan orang lain, mencintai orang lain, jujur, setia, taat, patuh kepada orang lain.
UJI KOMPETENSI
I. Pilihan Ganda.
Silanglah ( X ) pada huruf . a. b. c. atau d. didepan jawaban yang paling benar.
1. Dibawah ini semua bencana alam disebabkan oleh air. kecuali....
a). banjir bandang.
b). tsunami.
c). puting beliung.
d. tanang longsor.
2. Organisasi masyarakat di Bali yang paling banyak bergerak dalam bidang kesetiakawanan adalah.....
a). Sekolah.
b). banjar.
c). koporasi.
d). pesantian.
3. Contoh bencana alam yang dapat menumbuhkan rasa kesetiakawanan adalah kecuali. ....
a). gempa bumi di sumatra barat.
b). tsunami di aceh.
c). lumpur lapindo di jawa timur.
d) reboisasi hutan di Kalimantan Timur.
4. Dalam ceritera tersebut diatas , yang banyak kehilangan telur / anaknya adalah. ....
a). ayam hutan.
b). burung kadasih.
c). burung gagak.
d). merpati.
5. Dalam salah satu bagian ceritera tantri , ada disebutkan bahwa Si Gajah besar berbuat " Nyapa kadi
Aku " artinya gajah berbuat. ....
a). sewenang wenang.
b). tenggang rasa.
c). tolong menolong.
d). individual.
6. Contoh kegiatan yang banyak mengandung nilai kesetiakawanan adalah. ....
a). pekerjaan borongan.
b). gotong royong.
c). kerja rodi.
d). buruh harian.
7. Dalam kabinet Indonesia Bersatu , kementerian yang banyak adalah. ....
a). kementerian agama.
b). kementerian pendidikan.
c). kemeterian perdagangan.
d). kemeterian sosial.
8. Organisasi /kelompok petani yang menangani rasa kesetiakawananan disawah disebut. ....
a). Banjar.
b). RT.
c). Subak.
d). KK.
9. Organisasi yang menangani rasa kesetiakawanan disekolah adalah. ....
a). Pramuka.
b).PMR.
c). OSIS.
d). PMI.
10.Contoh kegiatan OSIS yang banyak mengandung nilai nilai kesetiakawanan adalah. ....
a). mengikuti lomba dalam PSR.
b). mengikuti lomba dalam PORSENI.
c). mengadakan lomba kebersihan kelas.
d). mengadakan kunjungan ke panti asuhan dan menymnbangkan pakaian bekas.
11. Mengirim karangan bunga yang berisi tulisan . selamat dan sukses selalu kepada teman yang baru saja
memenangkan PILKADA adalah contoh perbuatan kesetiakawanan yang bersifat. ....
a). menyedihkan.
b). menyenangkan.
c). biasa saja.
d). memperihatinkan.
12. Salah satu contoh rasa kesetiakawanan yang mengembirakan adalah. ....
a). mendoakan teman agar selalu sukses.
b). mengucapkan selamat kepada teman yang menjadi juara kelas.
c). ikut prihatin atas musibah yang dialami teman.
d). mengirim karangan bunga kepada teman yang ditinggal selama lamanya oeleh orang tuanya.
13. Kesetiakawanan yang dapat berarti peduli terhadap kejadian yang. ....
a). menyenangkan.
b). menyedihkan.
c). menyengsarakan.
d). menyenangkan dan menyedihkan.
14. Dalam kata-kata mutiara yang diuraikan oleh Bhartrihari bahwa orang-orang yang baik ( bijaksana )
akan selalu berkata yang benar , menggunakan tangannya nuntuk selalu menyumbang kepada orang
lain serta selalu. .....
a). mendengar nasehat guru.
b). menunduk di depan guru.
c). menentang nasehat guru.
d). hormat kepada guru di dalam kelas.
15. Rasa kesetiakawanan sebaiknya dimulai. ....
a). di rumah.
b). di sekolah.
c). di masyarakat.
d). setelah berkeluarga.
16. Hari kesetiakawanan sosial yang kita peringati setiap tahun adalah untuk menumbuhkan rasa . ....
a). kebebasan.
b). kekeluargaan.
c). hormat menghormati.
d). kesetiakawanan
17.Saling membantu dalam menyelesaikan tugas kebersihan di rumah adalah contoh kesetiakawanan
di dalam. ....
a). sekolah.,
b). keluarga.
c). masyarakat.
d). banjar.
18, Rasa kesetiakawanan yang sangat penting dimiliki oleh setiap orang , karena kita sebagai mahluk. .....
a). individu.
b). sosial.
c). Tuhan.
d). umat beragama.
19. lain kata dari kawan adalah. ....
a). sahabat.
b). saudara.
c). keluarga.
d). tetangga.
20. Berusaha untuk tidak ingkar janji atau terbiasa menepati janji adalah arti dari dari. ...
a). setiakawan.
b). setia.
c). kawan.
d). kesetiakawanan.
II. Menjodohkan.
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang telah disediakan di sampingnya.
No
|
Pernyataan
|
Jawaban
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
Kesetiakawanan adalah
sikap setia , jujur dan patuh
kepada. …..
Kesetiakawanan dapat terjadi baik yang menyenangkan aupun dalam keadaan. ….
Untuk menumbuhkan rasa kesetia kawanan pada anak dapat dilakukan melalui pendidikan di keluarga , masyarakat dan di . …..
Menurut Bhartrihari , bibir yang indah adalah selalu
berkata. ….
Telinga yang indah adalah mendengarkan. ….
Untuk menumbuhkan rasa kesetiakawanan pada anak , maka
perlu diajak menengok. …..
OSIS mengumpulkan uang dari siswa secara sukarela , karena ada orang
tua siswa yang meninggal , ini adalah pendidikan untuk menumbuhkan rasa kesetiakawanan sebagai ungkapan. ….
Karena tempatnya sangat jauh maka rasa kesetiakawanan dapat disampaikan melalui. ….
Panti asuhan untuk
orang tua yang tidak ada yang mengurusi di keluarganya disebut. ….
Untuk menyelamatkan
masa anak – anak yatim piatu sebaiknya dititipkan di salah satu. …..
|
|
III . Isian Singkat.
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar. !.
- Yang harus kita lakukan apa bila menemukan orang buta yang kehilangan tongkatnya di tengah jalan adalah. ......
- Kota jakarta setiap musim hujan sering terkena. .....
- Gelombang laut yang tinggi akibat gempa yang kuat seperti di Sumatra barat baru-baru ini disebut. .....
- Sebagai rasa ikut bersyukur kepada teman yang menduduki jabatan baru maka kita menyampaikan. .,...
- Kepada teman yang kehilangan orang yang sangat dicintai untuk selama lamanya maka kita harus ikut. ......
- Telinga yang indah adalah telinga yang selalu. ....
- hati yang baik adalah hati yang memiliki. ......
- Bibir yang selalu berkata benar adalah. .....
- Kepala yang agung adalah kepala yang selalu menunduk . .....
- Tangan yang indah adalah tangan yang selalu. ......
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang singkat.
1. Sebutkan tiga jenis penyakit yang sering menimpa saudara kita di pengungsian !.
a. ...................................................................................................................................................
b. ...................................................................................................................................................
c. ...................................................................................................................................................
2.Sebutkan empat jenis benda yang dapat disampaikan kepada saudara kita yang kena tsunami !
a. ....................................................................................................................................................
b. ....................................................................................................................................................
c. ....................................................................................................................................................
d. ....................................................................................................................................................
3. Sebutkan tiga jenis barang yang umumnya diberikan apa bila menjenguk temannya di rumah sakit. !
a. ....................................................................................................................................................
b. ....................................................................................................................................................
c. ....................................................................................................................................................
4. Sebutkan lima jenis keberhasilan teman yang wajib hukumnya bagi kita untuk menyampaikan ucapan
selamat dan sukses. !
a. ......................................................................................................................................................
b. ......................................................................................................................................................
c. ......................................................................................................................................................
d. .....................................................................................................................................................
e. .....................................................................................................................................................
5. Sebutkan empat jenis bencana alam yang kamu ketahui !.
a. ......................................................................................................................................................
b. ......................................................................................................................................................
c. ......................................................................................................................................................
d. .....................................................................................................................................................
V. Jawablah pertanyaan - pertanyaan di bawah ini dengan benar !.
..........................................................................................................................................
2.Apa kepanjangan WHO dan sebutkan tugas pokokny .?
Jawab. ............................................................................................................................................ ..............................................................................................................................................
3.Sebutkan dua kemeterian yang banyak bertugas menangani kerawanan sosial akibat bencana alam!.
Jawab. ............................................................................................................................................. ................................................................................................................................................
4. Apakah yang dimaksud dengan kesetiakawanan sosial ?.
Jawab. ............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
5. Apakah artinya rasa kesetiakawanan ?.
Jawab. ..............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
VI .Tugas mandiri
Buat karangan ringkasan tentang PMI.
Tempat mengarang.
a. ....................................................................................................................................................
b. ....................................................................................................................................................
c. ....................................................................................................................................................
d. ....................................................................................................................................................
3. Sebutkan tiga jenis barang yang umumnya diberikan apa bila menjenguk temannya di rumah sakit. !
a. ....................................................................................................................................................
b. ....................................................................................................................................................
c. ....................................................................................................................................................
4. Sebutkan lima jenis keberhasilan teman yang wajib hukumnya bagi kita untuk menyampaikan ucapan
selamat dan sukses. !
a. ......................................................................................................................................................
b. ......................................................................................................................................................
c. ......................................................................................................................................................
d. .....................................................................................................................................................
e. .....................................................................................................................................................
5. Sebutkan empat jenis bencana alam yang kamu ketahui !.
a. ......................................................................................................................................................
b. ......................................................................................................................................................
c. ......................................................................................................................................................
d. .....................................................................................................................................................
V. Jawablah pertanyaan - pertanyaan di bawah ini dengan benar !.
- Apa kepanjangan PMI dan sebutkan tugas pokoknya. ?
..........................................................................................................................................
2.Apa kepanjangan WHO dan sebutkan tugas pokokny .?
Jawab. ............................................................................................................................................ ..............................................................................................................................................
3.Sebutkan dua kemeterian yang banyak bertugas menangani kerawanan sosial akibat bencana alam!.
Jawab. ............................................................................................................................................. ................................................................................................................................................
4. Apakah yang dimaksud dengan kesetiakawanan sosial ?.
Jawab. ............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
5. Apakah artinya rasa kesetiakawanan ?.
Jawab. ..............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
VI .Tugas mandiri
Buat karangan ringkasan tentang PMI.
Tempat mengarang.
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
III. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang singkat.
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
Untuk itu sebagai bagian dari penduduk Indonesia sikap saling menghormati di masyarakat harus kita lakukan dengan cara tindakan nyata seperti di bawah ini ;
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
2. MENUNJUKKAN SIKAP SALING MENGHORMATI
RINGKASAN MATERI.
Saling menghormati berarti ada kesetaraan hidup yang mau dibangun dengan prinsip " duduk sama rendah berdiri sama tinggi ".
Tamu adalah orang yang dihormati . Menemani tamu atau bila kita bertamu kerumah orang lain maka haruslam memperhatikan tata cara bertamu seperti; waktu bertamu,pakaian yang digunakan , perhatikan situasi, kondisi saat bertamu.
Sebagai pribadi yang baik orang harus mempunyai perilaku ' hormat " sikap hormat bisa diwujudkan dalam tiga katagori yang besar yaitu;
1. Hormat kepada Tuhan Yang Maha Esa berarti pantang melanggar perintah/larangannya.
2. Hormat kepada sesama seperti pada orang tua , guru, pemerintah , orang yang lebih tua atau pada teman
sederajat.
3. Hormat kepada lingkungan artinya kita dengan penuh kesadaran menjadikan lingkungan yang bersih ,
aman, lestari, dan indah.
- Menggunakan jalan harus menghormati tata aturan lalulintas secara baik dan cerdas seperti ; bila mengendarai sepeda motor pastikan sudah punya SIM , pakai helm, sperpartnya standar , suara kendaraannya standar, dan mendukung untuk mencegah polusi udara , mengendarai sepeda motor tidak lebih memuat dari dua orang.
- Bila menyebrang jalan pastikan sudah ada Zebra cross, berjalan disebelah kiri , tidak berjajar lebih dari dua orang , bila perlu gunakan trotoar jalan yang ada.
- Bila terlibat percakapan perhatikan umur , bila lebih tua gunakan bahasa yang santun, tekanannya lembut, dan jangan sampai menyela pembicaraanorang tua, Bila se umur jangan menggunakan bahasa kasar , mengejek, menghina, meremehkan lawan bicara , hormati perasaan lawan bicara . dan ditempatkan pada pilihan yang cerdas , bila kurang nyambung tutup pembicaraan dengan cara yang elegan , maaf sayua ada urusan penting tidak dapat melanjutkan pembicaraan ini lain kali kita sambung lagi.
- Bila berada dalam situasi belajar atau jam jam pelajaran perhatika: tekanan bicara, hindari keras, lantang kasar, atau percakapan yang ngalor ngidul yang tak berguna , hargai teman kelas , kelas-kelas lain sangat memerlukan ketenangan dan kenyamanan konsentrasi untuk dapat menyerap ilmu yang diajarkan oleh gurunya.
Sikap saling menghormati bisa dipraktekkan didalam kehidupan keluarga dibawah kendali orang tua sebagai pendidik pertama dan utama.
Sikap saling menghormati di sekolah bisa diawali dengan sikap keteladanan warga sekolah mulai dari kepala sekolah , wakil kepala sekolah , guru, pegawai dan seluruh staf diikuti oleh siswa siswinya.
Sikap saling menghormati di masyarakat diawal dengan sikap keteladanan oleh orang-orang tua, tokoh masyarakat , pejabat, abdi negara yang lain sejalan dengan apa yang dipikirkan , diucapkan nyambung dengan pelaksanaannya.
UJI KOMPETENSI
I. Pilihan Ganda
Silanglah ( x )pada huruf , a. b. c. atau d. didepan jawaban yang paling benar.
1. Perilaku menjaga keharmonisan antgar umat dapat dilakukan dengan berbagai cara terbaik
adalah.
a). menjungjung tinggi pendapat orang lain.
b). menjungjung tinggi nilai nilai kemanusiaan.
c). toleransi antar umat beragama.
d). memberikan kemudakan kepada seseorang.
2. Dalam tata kehidupan bermasyarakat , derajat manusia adalah. ...
a). berbeda beda.
b. tergantung tingkat pendidikan.
c). tergantung lingkungan.
d). sama tingginya.
3. Kelebihan manusia sebagai mahluk Tuhan dibandingkan dengan mahluk lainnya adalah
karena manusia memiliki. ...
a).cipta, rasa dan karsa.
b). perasaan dan keturunan.
c). jasmani dan rohani yang sempurna.
d). kasih sayang dengan sesamanya.
4. Setiap orang hendaknya dapat mempertahankan harga dirinya karena manusia mempunyai . ..
a). kekuasaan.
b). kewajiban.
c). hak.
d). kemauan.
5. Beriman dan bertaqwa bagi setiap umat manusia adalah contoh perbuatan yang hormat
kepada. ..
a). sesama manusia.
b). sesama mahluk.
c). lingkungan.
d). Tuhan Yang maha Esa.
6. Memberi salam kepada guru yang masuk kelas kita ini berarti sudah melakukan
penghormatan kepada. ...
a). lingkungan.
b). Tuhan yang maha Esa.
c). Sesama manusia.
d). sesama mahluk hidup.
7. Kita ikut gotong royong membersihkan got dan taman pinggir jalan , ini berarti kita telah
ikut menghormati. ..
a). sesama manusia.
b). pada lingkungan.
c). pada Tuhan Yang Maha Esa..
d). Pada ibu pertiwi.
8. Saling menghormati antar sesama pemeluk agama merupakan sikap mulia yang tercermin
dalam sikap. ....
a). kebersamaan.
b). toleransi.
c). gotong royong.
d). tenggang rasa.
9. Sikap saling menghormati antar suku bangsa merupakan kewajiban dalam pergaulan antar
sesama manusia , terutama disebabkan oleh. ...
a). selalu berbeda pendapat.
b). selalu membantu.
c). menerima sifat perbedaan.
d). dapat berkawan dengan baik.
10. Ciri ciri dalam satu keluarga adanya saling menghormati adalah apabila dalam keluarga
tersebut terjadi. ..
a). perceraian orang tua.
b). hidup rukun.
c). saling caci maki.
d). sering terjadi keributan.
11. Semua pernyataan dibawah nini adalah bagian dari tri kerukunan umat beragama di
Indonesia. kecuali. ...
a). rukun tetangga ( RT )
b). rukun antar penganut agama satu dengan agama lainnya.
c). rukun dengan penganut umat beragama dengan pemerintah..
d). rukun antar penganut dalam satu agama.
12. Perbuatan yang dapat merusak sikap saling menghormati adalah. ....
a). pengemis.
b). teroris.
c). pedagang.
d). pendidik,
13. Pernyataan dibawah ini yang tergolong perbuatan saling menghormati adalah, ....
a). menerima tamu dari dalam pagar.
b). mempersilahkan tamu untuk duduk , sebelum diajak bicara.
c). mempersilahkan tamu untuk duduk .tanpa diajak bicara.
d). melarang tamu masuk pekarangan. karena merasa terganggu.
14. Bentuk perbuatan saling menghormati adalah. ..
a). saling mencibir.
b). saling bersalaman.
c). saling ejek.
d). saling caci maki.
15. Prinsip hidup duduk sama rendah berdiri sama tinggi adalah contoh perbuatan kepada. ....
a). lingkungan.
b). sesama manusia.
c). Tuhan Yang Maha Esa.
d). manusia dengan lingkungannya.
16. Hidup yang harmonis didunia ini apa bila kita dapat menjalankan ajaran. ...
a). Tri Sandhya.
b), Tri Kona.
c). Tri Hita karana.
d). Tri Mala.
17. Sikap menjaga harga diri dan kehormatan bangsa serta negara adalah merupakan
kewajiban dari. ....
a). Seluruh warga negara Indonesia.
b). para birokrasi kita.
c). pemerintah.
d). Tentara nasional Indonesia.
18. Sikap myang dapat memecah belah persatuan bangsa hendaknya kita hindari seperti....
a). menghormati orang yang berbeda agama.
b). sikap tenggang rasa.
c). saling penuh pengertian.
d). fanatisma berlebih.
19. Kesanggupan dan kerelaan berkorban untuk bangsa dan negara merupakan cerminan
sikap ..
a). merasa diri kuat.
b). tidak mementingkan diri sendiri.
c). tidak sukan di jajah.
d). tidak suka ditindas.
20. Sloka " Bhineka Tunggal Ika " yang tertera dalam lambang negara kita merupakan bukti
bahwa negara kita. ...
a). mengakui adanya perbedaan tetapi tetap merupakan kesatuan.
b). mengakui bahwa setiap manusia memiliki perbedaan.
c). mengakui bahwa cara melaksanakan aturan berbeda.
d). mengakui bahwa setiap manusia memiliki perbedaan.
II. Menjodohkan.
Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang telah disediakan disampingnya.!
No
|
Pernyataan
|
Jawaban
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
Sikap toleransi adalah
sikap saling menghormati dalam
hidup ….
Sikap saling menghargai
antara sesame manusia adalah
bentuk pelaksanaan., ….
Yang dianggap sebagai pertama dan utama adalah. ….
Sikap saling menghormati
disekolah harus diawali dari
keteladanan. ….
Ikut menjaga lingkungan yang BALI
( bersih, aman, lestari, dan indah
adalah sikap hormat. ….
Mentaati tata tertib berlalu lintas , ini berarti kita
telah menghormati. ….
Biasa melakukan ibadah
atau sembahyang sesuai dengan agama masing masing dengan tertib dan teratur artinya. ….
Terbiasa berdoa dalam keadaan apapun yang dialami artinya. ….
Biasa bersikap dan berbuat sesuai dengan norma norma yang berlaku …..
Selalu berpikir, berkata dan bertindak dalam keadaan
banar ….
|
a.
Orang tua.
b.
Warga sekolah
c.
Lingkungan.
d.
Guru wisesa(pemerintah).
e.
Mengekang/mengendalikan diri.
f.
Sikap hormat.
g.
Teguh hati /kukuh hati.
h.
Sikap adil.
i.
Rasa malu.
j.
Bersyukur.
k.
Beriman.
l.
Beragama.
m.
Sikap saling menghormati.
|
- Dalam forum-forum resmi , para pemimpin atau pembicara biasanya mengucapkan salam beberapa agama sesuai dengan agama para peserta forum tersebut. Jadi berarti pemimpin atau pembicara telah menunjukan sikap. .....
- Dalam salah satu desa atau kampung yang penduduknya terdiri dari beberapa menganur agama tertentu, maka ada tradisi ngejot ( saling memberi makanan ) Budaya ngejot adalah salah satu bentuk toleransi beragama dalam. .........
- Penggunaan SOR/SINGGIH ( kasar/halus )dalam bahasa daerah adalah alat untuk menunjukkansikap saling menghormati karena perbedaan. .........
- Yang mengendalikan praktek saling menghormati di keluarga adalah. .......
- Demi keselamatamn dan menghormati peraturan pemerintah kita harus menyebrang jalan pada. .....
- Dalam berdiskusi kita harus menghargai perbedaan pendapat , ini adalah bentuk pelaksanaan . ........
- Sebagai umat beragama , kita wajib beriman , artinya. .......
- Hormat kepada orang tua , guru , pemerintah ( masyarakat ) , adalah arti9 dari hormat kepada. ....
- Waktu untuk bertemu yang baik adalah. .........
- Duduk sama rendah, berdiri sama tinggi artinya,. .........
IV. Soal uraian.
Jawablah pertanyaan -pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang benar.
1. Catur Guru Bhakti adalah sikap hormat dan berbakti kepada empat orang guru yang sangat berjasa
dalam kehidupan kita . Sebutkan bagian-bagian catur giru Bhakti beserta artinya. ...
Jawab. a. .........................................................................................................................................
b..........................................................................................................................................
c. ........................................................................................................................................
d. .......................................................................................................................................
2. Sebutkan tiga kewajiban orang tua kepada anaknya agar anaknya menjadi dewasa secara fisik
maupun mental . ....
Jawab. a. .........................................................................................................................................
b..........................................................................................................................................
c. ........................................................................................................................................
d. .......................................................................................................................................
3. Sebutkan empat contoh perbuatan yang harus dilakukan seorang anak sebagai wujud sikap hormat
kepada orang tua. .....
Jawab. a. .......................................................................................................................................
b........................................................................................................................................
c. ......................................................................................................................................
d. ......................................................................................................................................
c. ......................................................................................................................................
d. ......................................................................................................................................
4. Sebutkan bagian-bagian Tri Kerukunan umat beragama di Indonesia. .....
jawab. a.
.......................................................................................................................................
b........................................................................................................................................
c. ......................................................................................................................................
c. ......................................................................................................................................
5. Secara garis besarnyasikap hormat dapat dibagi menjadi tiga katagori, sebutkan. ....
Jawab. a.
.......................................................................................................................................
b........................................................................................................................................
c. ......................................................................................................................................
c. ......................................................................................................................................
V. Tugas Mandiri.
Sekarang banyak anak melakukan ulang tahunnya di sekolah. Coba sebutkan nilai -nilai positif ditinjau
dari sikap saling menghormati pada pelaksanaan ulang tahun di sekolah.
Nilai-nilai positif yang dapat diambil.
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
4. Sebutkan 4 ( empat ) contoh perbuatan Bhakti ( taqwa ).!
a. .........................................................................................................................................
b..........................................................................................................................................
c. ........................................................................................................................................
d. .......................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
3. LATIHAN ULANGAN TENGAH SEMESTER GENAP.
I. Silanglah ( x) pada huruf, a, b, c atau d, didepan jawaban yang paling benar.!
1. Diantara sampah yang paling membahayakan kelestarian lingkungan adalah....
a. limbah rumah tangga.
b. sampah plastik.
c. limbah pertanian.
d. limbah meubel.
2. Upaya sekolah menjaga kelestarian lingkungan sekolah dengan cara menerapkan peranan ......
a. jumat bersih.
b. sabtu bersih.
c. senin apel bendera.
d. lomba antar kelas.
3. Kita harus membiasakan diri membuang sampah ke dalam dua bagian , bagian organik dan
Non organik . yang dimaksud dengan sampah organik adalah. ....
a. plastik.
b. kaleng bekas.
c. bekas bangunan.
d. daun-daunan.
4. Jika kita peduli terhadap kelestarian alam ,berarti kita peduli terhadap. ...
a. alam.
b. lingkungan.
c. tata ruang.
d. tata bangunan.
5. Jika teman kita corat-coret pasilitas sekolah segeralah kita menegurnya , sikap kita tergolong . ......
a. menghormati fasilitas.
b. menghormati guru.
c. menghormati pemerintah.
d. menghormati warga sekolah.
6. Pemerintah sangat peduli pada sarana dan prasarana pendidikan , rumah sakit dan lain-lainnya.
Jika kita menghormati perhatian pemerintah seharusnya kita. .....
a. memanfaatkannya.
b. merawatnya.
c. menjaganya.
d. memanfaatkan, menjaga dan merawat.
7. Menyela pembicaraan atau perbincangan orang tanpa permisi menunjukan sikap. ......
a. tidak hormat.
b. tidak perhatian.
c. tidak mengerti.
d. tidak sayang,
8. Jika kita sedang menumpang kendaraan umum ada orang tua berdiri sepatutnya kita yang berdiri
dan orang tua dipersilahkan duduk . Hal ini bentuk sikap ...... pada orang tua.
a. perhatian.
b. menghargai.
c. penghormatan.
d. sanjungan.
9. Jika umat muslim mengucapkan " Alhamdullila" maka umat hindu mengucapkan.....
a. astungkara.
b. suksma.
c. cantih.
d. Om Swastyastu.
10. Jika kita mengendarai kendaraan atau sepeda sewajarnyalah kita menempatkan diri pada posisi jalan
disebelah kiri dan berjalan maksimal 2 ( dua ) orang . sikap semacam ini perlu dibiasakan karena. ....
a. menghormati tata tertib.
b. menghormati pemakai jalan.
c. menghormati orang asing.
d. menghormati pemerintah.
11. Walaupan Yanto merasa tersinggung dengan ucapan temannya namun Ia masih bisa menahan
amarahnya dan menerima kesalahannya temannya itu dengan lapang dada. Yanto bersikap. ...
a. penakut.
b. pengecut.
c. pemberani.
d. berjiwa besar.
12. Murid kelas delapan ( VIII ) dengan seksama menyimak sambutan kepala sekolah setelah apel
bendera . Walaupun panas dan pegal-pegal berdiri . Sikap ini gambaran dari kelas VIII telah
dapat. .......
a. berdiri lama walaupun panas.
b. menghormati kepala sekolahnya.
c. menghormati bendera merah putihnya.
d. cari perhatian kepala sekolahnya.
13, Seorang siswa atau siswi SMP sangat patuh pada tete tertib lalau lintas berarti siswa / siswi itu
patuh pada peraturan. ........
a. orang tuanya.
b. gurunya.
c. pemerintahnya.
d. dirinya sendiri.
14. Semua ucapan salam yang meluncur dari mulut siswa yang penuh keiklasan adalah wujud hormat
pada. ....
a. orang tuanya.
b. gurunya.
c. pemerintahnya.
d. pemimpinnya.
15. Menghormati sesama adalah wajib hukumnya . dibawah ini termasuk sesama , kecuali. .....
a. orang tua.
b. guru.
c. pemerintah.
d. alam lingkungan.
16. Sembahyang atau sholat /kebaktian adalah perwujudan hormat manusia pada. .....
a. Tuhan.
b. Sesama.
c. Lingkungan.
d. Masyarakat.
17. Seorang anak mengajak seluruh keluarganya bersama-sama makan hal ini tentu. ....
a. membuang-buang energi.
b. membuang-buang waktu.
c. menghormati seluruh keluarga.
d. menghormati dirinya sendiri.
18. Memberi salim/salam pada orang tua menjel;ang sekolah adalah. ....
a. sikap berlebihan.
b. sikap tidak wajar.
c. sakap penghormatan.
d. sikap over akting.
19. Jika kita dianggap anak yang sopan dan hormat pasti. .....
a. mengutamakan keluarga.
b. mengutamakan orang yang sudah tua.
c. mengutamakan diri sendiri.
d. mengutamakan tamu kita.
20. Bila kalian anak yang dapat menghormati orang lain , parkir sepeda atau kendaraan semestinya. .....
a. di mulut gang.
b. di depan rumah.
c. di tempat parkir.
d. di pinggir gang.
21. Kita semua harus merubah karakter negatif ke positif , dibawah ini contoh karakter positif . .....
a. tidak punya rasa malu untuk kebaikan.
b. boleh malu bila disuruh kedepan oleh guru.
c. tidak perlu malu sms-an ketika pelajaran berlangsung.
d. boleh malu jika HP nya buatan yang terbaru.
22. Menghargai, menghormati, memberi apresiasi pada orang lain adalah bagian terpenting dalam hidup.
sikap ini mengantar kita pada. .......
a. merendahkan harkat dan martabat diri.
b. mendeskriditkan nilai nilai kebenaran.
c. menciptakan persaingan yang tidak fair.
d. mengangkat harkat dan martabat diri.
23. Jika kita mau diberikan julukan gagah , berani, tanggung jawab , julurkanlah tangan dahulu kepada.
a. orang yang ada masalah,
b. orang yang sebaya dengan kita.
c. semua orang yang ada di sekiutar kita.
d. sahabat kita.
24. Usaha untuk mengevaluasi diri bagian terpenting untuk melangkah lebih arif dan bijaksana .
hal semacam ini disebut. .....
a. refleksi diri.
b. intripeksi diri.
c. reproduksi diri.
d. revitalisasi diri.
25. Kita sehari-hari dirumah diberi tu8gas ngepel , menyepu, seharusnya kita bersyukur ternyata orang
tua kita menanamkan sikap pada kita tentang. ......
a. egoisma.
b. arogansi.
c. kesetiakawanan.
d. berlawanan.
26. Dirumah tangga masing-masing perlu dibentuk rasa kesetiakawanan dalam wujud. .....
a. ngayah ke banjar.
b. ngayah di pura desa.
c. ngayah di pelinggih sekolah.
d. kerjasama pekerjaan rumah tangga di rumah.
27, Sikap kesetiakawanan adalah praktek nyata dari ajaran tri Hita karana pada bagian. ....
a. Tri.
b. Parahyangan.
c. pawongan.
d. palemahan.
28. Kawanan berarti kawan yang artinya. .....
a. orang tua.
b. masyarakat.
c. tetangga.
d. teman.
29. Keseiakawanan berasal dari kata setia ( satya ) yang artinya. .....
a. jujur.
b. teman.
c. saudara.
d. ingkar.
30. dari terbiasa bersikap tenggang rasa akan juga bersamaan muncul sikap, kecuali. ......
a. menghormati orang lain.
b. saling menolong.
c. tidak egois.
d. mementingkan diri sendiri.
31. Jika kalian disuruh memoloh yang mana kalian pilih dari sikap dibawah ini.
a. menerima pemberian, sangat menyenangkan.
b. dapat membantu orang lain .membahagiaakan.
c. dapat mengolok-olok menyenangkan.
d. melihat orang kena musibah, prihatin.
a. orang tua.
b. masyarakat.
c. tetangga.
d. teman.
29. Keseiakawanan berasal dari kata setia ( satya ) yang artinya. .....
a. jujur.
b. teman.
c. saudara.
d. ingkar.
30. dari terbiasa bersikap tenggang rasa akan juga bersamaan muncul sikap, kecuali. ......
a. menghormati orang lain.
b. saling menolong.
c. tidak egois.
d. mementingkan diri sendiri.
31. Jika kalian disuruh memoloh yang mana kalian pilih dari sikap dibawah ini.
a. menerima pemberian, sangat menyenangkan.
b. dapat membantu orang lain .membahagiaakan.
c. dapat mengolok-olok menyenangkan.
d. melihat orang kena musibah, prihatin.
32. Ciri pemilik sikap kesetiakawanan adalah mempunyai rasa. ....
a. setia.
b. taat.
c. kasih sayang.
d.irihati.
33. Sikap setia, taat, patuh, jujur pada teman tergolong sikap....
a. demokratis.
b. sosial.
c. kesetiakawanan.
d. nasionalis.
34. Bagi orang-orang yang baik , arif dan bijaksana yang paling dipentingkan n dalam hidupnya . ....
a. kesehatan.
b. pendidikan.
c. kekayaan.
d. kebaikan.
35.Bagi orang yang mencari dan mendengar pengetahuan yang benar berhitung mempunyai telinga yang...
a. tajam.
b. simetris.
c. terganggu.
d. indah.
36. Kasih sayang, belas kasihan, rasa iba adalah rasa yang dimiliki seseorang dengan hati yang. ....
a. besar.
b. indah.
c. sehat,
d, kuat.
37. Selalu memenangkan kebenaran sebagai pertanda memiliki bahu yang . ....
a. kekar.
b. lebar.
c. kuat.
d. indah.
38. Sangat indah benar bibir orang tersebut karena selalu. ....
a. jujur.
b.dilipstik.
c. seksi.
d. tersenyum.
39. Memberi hormat dan menundukkan kepala pada guru adalah kepala yang tergolong. ....
a. cerdas.
b. sombong.
c. agung.
d. besar.
40. Tangan yang indah adalah tangan yang selalu..... pada orang lain.
a. meminta.
b. menyumbang.
c. bersih.
d. mulus.
II.Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawanan yang benar.
a. setia.
b. taat.
c. kasih sayang.
d.irihati.
33. Sikap setia, taat, patuh, jujur pada teman tergolong sikap....
a. demokratis.
b. sosial.
c. kesetiakawanan.
d. nasionalis.
34. Bagi orang-orang yang baik , arif dan bijaksana yang paling dipentingkan n dalam hidupnya . ....
a. kesehatan.
b. pendidikan.
c. kekayaan.
d. kebaikan.
35.Bagi orang yang mencari dan mendengar pengetahuan yang benar berhitung mempunyai telinga yang...
a. tajam.
b. simetris.
c. terganggu.
d. indah.
36. Kasih sayang, belas kasihan, rasa iba adalah rasa yang dimiliki seseorang dengan hati yang. ....
a. besar.
b. indah.
c. sehat,
d, kuat.
37. Selalu memenangkan kebenaran sebagai pertanda memiliki bahu yang . ....
a. kekar.
b. lebar.
c. kuat.
d. indah.
38. Sangat indah benar bibir orang tersebut karena selalu. ....
a. jujur.
b.dilipstik.
c. seksi.
d. tersenyum.
39. Memberi hormat dan menundukkan kepala pada guru adalah kepala yang tergolong. ....
a. cerdas.
b. sombong.
c. agung.
d. besar.
40. Tangan yang indah adalah tangan yang selalu..... pada orang lain.
a. meminta.
b. menyumbang.
c. bersih.
d. mulus.
II.Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawanan yang benar.
- Jika kalian disuruh memilih enak jadi orang kaya atau orang miskin.........
- Hari HUT sekolahmu sekarang , kegiatan yag bersentuhan langsung pada kesetiakawanan dan langsung dirasakan warga sekolah adalah. .......
- Jika salah satu orang tua kalian sakit opname di rumah sakit , tindakan kalian yang baik adalah. .......
- Jika temanmu ada dirumah sakit sudah seminggu . yanga harus kalian lakukan adalah. ............
- orangh yang kena musibah bantuan yang harus kita berikan secara meterial dan. .......
- Rasa kesetiakawanan biasa diuji lewat. ..........
- Jika temanmu sakit sudah seminggu , langkah yang dapat dilakukan . ........
- Dalam ajaran kesetiakawanan sosiual yang perlu dijalankan adalah sifat suku, agama, ras, dan . .....
- Orang tua menganggap putra-putrinya sewaktu-waktu jika ada rejeki, perlu berkunjung ke panti jompo, panti asuhan, tempat penampungan bencana . hal ini orang tua telah. ....... dengan cara yang benar.
- Orang tua memberi contoh perhatian terhadap kaum fakir miskin , duafa, Hal ini orang tua menanamkan sikap. .................
- merokok sebaiknya dihindari karena merugikan diri sendiri dan. ..........
- Setiap orang harus berusaha menjadi tauladan kepada lingkungannya dalam pelestarian lingkungan. dalam kehidupan sehari-hari yang dapat dilakukan adalah. ......
- Salah satu wujud nyata peduli lingkungan adalah. ............
- Salah satu dari orang yang berjiwa besar adalah. ..............
- Mengupayakan/memberi salam hormat pada setiap perayaan hari raya keagamaan pertanda kita menjaga. .................
- Menyetujui apapun hasil rapat , rembug, diskusi adalah ciri dari sikap yang. ............
- Menyampaikan salam, menanyakan nomor yang dituju , berbicara dengan siapa , kesopanan berkomunikasi dengan sarana . ..................
- Bila berbahasa santun, tidak suka menyela pembicaraan , iramanya diatur, singkat, tepat jelas ciri kesopanan dalam. ....................
- Fungsi Zebra Cross adalah. .............
- Jika kita mentaati aturan lalu lintas setiap mengendarai motor harus sudah punya. .............
III. Jawablah pertanyaan di bawah ini secara singkat dan jelas.
1. Cari lima ( 5 ) kegiatan sekolah yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan.
a.
.........................................................................................................................................
b..........................................................................................................................................
c. ........................................................................................................................................
d. .......................................................................................................................................
e.. ......................................................................................................................................
2. bagaimana caranya berkomunikasi dengan handphone agar elegan dan terdidik.
a. .........................................................................................................................................
b..........................................................................................................................................
c. ........................................................................................................................................
d. .......................................................................................................................................
3. Sebutkan 5 ( lima ) langkah menghormati sesama.
c. ........................................................................................................................................
d. .......................................................................................................................................
e.. ......................................................................................................................................
2. bagaimana caranya berkomunikasi dengan handphone agar elegan dan terdidik.
a. .........................................................................................................................................
b..........................................................................................................................................
c. ........................................................................................................................................
d. .......................................................................................................................................
3. Sebutkan 5 ( lima ) langkah menghormati sesama.
a.
.........................................................................................................................................
b..........................................................................................................................................
c. ........................................................................................................................................
d. .......................................................................................................................................
e.. ......................................................................................................................................
b..........................................................................................................................................
c. ........................................................................................................................................
d. .......................................................................................................................................
e.. ......................................................................................................................................
4. Sebutkan 4 ( empat ) contoh perbuatan Bhakti ( taqwa ).!
a. .........................................................................................................................................
b..........................................................................................................................................
c. ........................................................................................................................................
d. .......................................................................................................................................
5.Sebutkan 4 ( empat ) contoh perbuatan Sradha ( iman ).!
a.
.........................................................................................................................................
b..........................................................................................................................................
c. ........................................................................................................................................
d. .......................................................................................................................................
4. MEMILIH TEMAN.
RANGKUMAN MATERI
Karena perasaan kemanusiaan, manusia membuat aturan untuk mengatur pola hubungan diantara mereka. Aturan aturan untuk mengatur pola hubungan ini dinamakan etika. Dengan etika manusia mengatur tata krama atau sopan santun berbicara dan bertingkah laku. tata krama berbicara dan bertingkah laku setiap daerah berbeda beda antara satu daerah dengan lainnya . hal ini sesuai dengan kultur atau budaya masyarakat setempat. Di Negara Eropa dan Amerika berbicara langsung pada titik persoalan dipandang sebagai hal biasa. tetapi di Masyarakat Sunda atau Jawa Barat hal yang sama dianggap sebagai perbuatan yang kurang sopan.
b..........................................................................................................................................
c. ........................................................................................................................................
d. .......................................................................................................................................
4. MEMILIH TEMAN.
RANGKUMAN MATERI
Karena perasaan kemanusiaan, manusia membuat aturan untuk mengatur pola hubungan diantara mereka. Aturan aturan untuk mengatur pola hubungan ini dinamakan etika. Dengan etika manusia mengatur tata krama atau sopan santun berbicara dan bertingkah laku. tata krama berbicara dan bertingkah laku setiap daerah berbeda beda antara satu daerah dengan lainnya . hal ini sesuai dengan kultur atau budaya masyarakat setempat. Di Negara Eropa dan Amerika berbicara langsung pada titik persoalan dipandang sebagai hal biasa. tetapi di Masyarakat Sunda atau Jawa Barat hal yang sama dianggap sebagai perbuatan yang kurang sopan.
- Tata krama adalah aturan untuk berbuat atau peraturan untuk melakukan sesuatu, seperti tata makan di restoran , Tata krama berbusana ke tempat suci dan lain lain.
- Sopan santun adalah perbuatan yang tidak bertentangan dengan nilai nilai kesopanan , misalnya berbuat sopan santun kepada orang tua , bapak / ibu guru , saudara serta menyayangi semua mahluk dan bhakti kepada Tuhan Yang maha Esa.
- Contoh perbuatan tata krama dan sopan santun seperti.
b). Selalu hormat dan bhakti kepada guru.
c). Segala tindak tanduknya selalu berdasarkan iman dan taqwa.
d). memelihara dan menyayangi semua mahluk.
e). Berbicara yang sopan pada orang tua , guru, teman dan saudara.
f). Mentaati dan melaksanakan tata tertib sekolah.
g). Mentaati dan melaksanakan rambu-rambu lalu lintas.
h). menghargai orang lain yang telah berbuat kepada kita.
i). Dapat menahan marah atau emosi dan tidak cepat tersinggung.
j). Memiliki toleransi dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dimanapun kita berada.
k). Tidak mementingkan diri sendiri.
l). Selalu berusaha menyenangkan orang lain.
m). Tidak menonjokan kehebatan , kekayaan, kegagahan, dan kecantikan.
n). Tidak berbicara bohong.
o). Tidak memotong pembicaraan orang lain.
p). Mau berbicara dan mengeluarkan pendapat secara jujur dengan cara yang baik dan benar.
UJI KOMPETENSI
I. Pilihan Ganda.
Berilah tanda silang ( x ) pada huruf a. b. c atau d di depan jawaban yang paling benar.
1. Berikut ini adalah upaya -upaya hidup rapi. kecuali. ....
a. berpakaian sesuai dengan kegiatan yang diikuti.
b. mengikuti istiadat dimana kita berada.
c. menunaikan tugas sesuai dengan waktu yang tersedia.
d. mengikuti pengaruh pergaulan bebas dengan tanpa mengindahkan aturan yang ada.
2. Kalau kita berpakaian sudah tentu patut dicocokkan dengan . ....
a. aturan dan keserasian pakaian..
b. pengaruh teman.
c. pakaian teman.
d. model dan kemewahan.
3. Aturan -aturan yang sudah disepakati di banjar namanya. ......
a. susila.
b. rambu-rambu.
c. awig-awig.
d. ancang - ancang.
4. Makan bersama atau pesta-pesta baik secara umum maupun secara kekeluargaan
merupakan upaya untuk mengembangkan keharmonisan antara manusia dengan. ....
a. Tuhan.
b. lingkungan.
c. manusia.
d. hewan.
5. Setiap agama mengajarkan umatnya untuk hidup sederhana . Contohnya adalah. .....
a. mensyukuri apa adanya.
b. selalu ingin bagian terbanyak.
c. ingin kaya sendiri.
d. menikmati keuntungan sendiri saja.
6. Pedoman atau peraturan di sekolah yang harus ditaati oleh para siswa di sekolah tersebut
namanya. ....
a. undang-undang sekolah.
b. tata tertib sekolah.
c. visi sekolah.
d, misi sekolah.
7. tata krama berarti. ....
a. aturan untuk berbuat.
b. sangsi untuk perbuatan.
c. larangan untuk berbuat.
d. tidak boleh berbuat.
8. Merasa tidak enak hati dan hina jika melanggar norma dan etika adalah pengertian. ....
a. rasa malu.
b. rasa bersalah.
c. rasa menyesal.
d. rasa takut.
9. Waktu bertamu yang dibenarklan dalam etiket bertamu adalah. .....
a. pukul 10.00
b. pukul 16.00
c. pukul 20.00
d. pukul 05.00
10. Contoh sikap sopan tampak seperti dibawah ini. kecuali. ....
a. Ayu menyapa Ibu tri dengan ramah.
b. Sinta menyalami tamu yang datang.
c. Dani tersenyum dengan Pak Iwan.
d. Susi membelakangi ayahnya.
11. Bersikap ramah dan sopan membuka peluang untuk menjalin hal-hal sebagai berikut.
kecuali. ......
a. persahabatan.
b. persatuan.
c. permusuhan.
d. kerjasama.
12. Bersikap ramah dan sopan menguntungkan bagi. ....
a. orang lain.
b. diri sendiri.
c. orang tua.
d. masyarakat.
13. manusia harus sopan kepada orang lain karena manusia. .....
a. mempunyai perasaan.
b. memiliki akal sehat.
c. memiliki martabat.
d. memiliki harga diri.
14. Baik tutur kata dan ucapan kepada orang lain adalah pengertian dari. ....
a. ramah.
b. setia kawan.
c. sopan santun.
d. baik budi.
15. Taat pada semua perintah guru , hormat dan bhakti pada semua guru adalah arti dari. ....
a. Guru susrusa..
b. Asewaka guru.
c. Aguru bhakti.
d. Alpaka guru.
16. Setelah Bima meninggal dan terdampar ditepi pantai , ahirnya Bima dihidupkan kembali
oleh dewa. ....
a. Brahma.
b. Wisnu.
c. Siwa.
d. Ruci.
17. Ceritera perjalanan Bima mencari Tirta Amertha terdapat pada bagian. ....
a. Swarga Rohana Parwa.
b. Bhima Swarga Parwa.
c. Adhi Parwa.
d. Drona Parwa.
18. Contoh perbuatan dibawah ini yang bertentangan dengan tata krama dan sopan santun adalah.
....
a. hormat dan bhakti pada orang tua.
b. hormat pada guru yang mengajar kita saja.
c. hormat kepada semua guru . pegawai dan staf lainnya.
d. selalu berbuat sesuai dengan norma yang ada.
19. Tata krama dan sopan santun lebih banyak ada pada hubungan. ....
a. manusia dengan Tuhan.
b. manusia dengan lingkungan.
c. atara manusia dengan sesama manusia.
d. manusia dengan roh leluhur.
20. Agar dapat menarik perhatian banyak orang , seorang siswa memakai pakaian diluar
ketentuan tata tertib sekolah , atas perbuatan siswa tersebut maka. ....
a. dipulangkan oleh guru.
b. siswa disuruh berdiri di depan kelas.
c. dibiarkan saja.
d. dihukum berlari keliling lapangan sebanyak 2 x.
II. Menjodohkan.
Isilah titik-titrik dibawah ini dengan jawaban yang telah disediakan disampingnya !
III. Isian Singkat.
Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang singkat !
IV. Soal Uraian.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang benar.
1. Sebutkan 5 contoh perbuatan tentang tata cara bersopan santun dalam kehidupan sehari-hari
dan terhadap guru disekolah. !
Jawab. ...............................................................................................................................................
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
2. Sebutkan lima perilaku yang baik dlam mengunjungi orang sakit. !.
jawab. ................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
3. Apa saja manfaat sikap ramah dan sopan bagi keluarga ?.
jawab. .................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
4. Coba sebutkan tiga contoh perbuatan yang sopan dan bertata krama dalam acara makan
bersama di rumah !
Jawab .................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
5. Coba jelaskan arti kata dan pengertian dari tata krama dan sopan santun.
Jawab .................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
V. Tugas mandiri.
Buatlah karangan ringkas dengan Judul " Surga Ada Di Telapak Kaki Ibu " , dimana setiap
anak agar sukses di kemuadian hari , maka setiap anak harus hormat dan bhakti kepada
orang tua /ibu.
Tempat mengarang.
..........................................................................................................................................................
b. menolongnya dengan segera.
c. menuruh orang lain untuk menolongnya.
d. menangis karena terharu.
3. pada waktu kita berjalan lewat didepan orang tua yang sedang duduk , sikap sopan yang kita
tunjukkan dengan cara. ......
a. berjalan sambil berlari.
b. berjalan dengan tegap.
c. minta izin sambil berjalan menundukkan kepala .
d. minta izin sambil berjalan cepat.
4. Terhadap pemeluk agama yang berbeda , kita harus mempunyai sikap tenggang rasa .
sikap tersebut dapat tercermin dalam tindakan. ...
a. memberi kesempatan pada pemeluk agama yang lain untuk melaksanakan ibadah .
b. pura-pura tidak kenal kepada pemeluk agama lain.
c. tidak mau tahu urusan pemeluk agama lain.
d. acuh tak acuh kepada pemeluk agama lain.
5. Apabila akan bermain kerumah teman , sebaiknya kita minta. ......
a. uang jajan ibu.
b. diantar ibu.
c. izin kepada ayah dan ibu.
d. dijemput ayah.
6. karena melanggar tata tertib sekolah pak Guru menghukum siswanya mebersihkan WC hal
tersebut berarti. ....
a. melanggar hak belajar anak.
b. melanggar nilai - nilai kependidikan.
c.elanggar kode etik guru.
d. telah menerapkan nilai-nilai kependidikan.
7. Apa yang diajarkan , dinasehati bimbingan gurunya secara tulus iklas dilaksanakan oleh semua
siswa kelas VIII. ini berarti kelas VIII telah melaksanakan yang. .....
a. para bhakti.
b. agama bhakti.
c. bhakti marga.
d. ajaran bhakti.
8. Kadek Dharma sangat dimaklumi datang terlambat ke kelas oleh gurunya. apa lagi dapat
melakukan tata krama dengan baik dapat dipastikan Kadek Dharma ....
a. dihukum demi tata tertib.
b. disuruh belajar diluar.
c. disuruh duduk dikelas dan belajar.
d. disuruh mengambil sampah karena terlambat.
9. Kematian Bima karena bhisma Parwa merupakan contoh keiklasan berbahkti kepada sang
gurunya. kemudian Bima dihidupkan kembali oleh dewa Ruci karena Bima dianggap. ....
a. Sakti.
b. bakti.
c. pemberani.
d. putra dewa bayu.
10. Tulus iklas bisa menerima perintah gurunya Drona untuk mencari Tirtha Amertha patut
diteladani hal ini dianut dalam ceritera. ...
a. Swarga Rohina Parwa / Swarga Rohana Parwa.
b. Adi Parwa.
c. Drons parwa.
d. Bhuana Swanga Parwa.
11. Ketika berbicara menunjuk-nunjuk apa lagi dengan tangan kiri melanggar norma , ....
a. agama.
b. budaya.
c. kesopanan.
d. kebiasaan.
12. Sendawa salah satu kenikmatan sendiri oleh orang yang melakukan , jika dilakukan didepan
umum menjadi. ....
a. sopan.
b. biasa.
c. memaklumi.
d. tidak sopan.
13. Menyantap hidangan /secara resmi yang perlu diperhatikan. ....
a. jenis menunya.
b. jumlah orang yang hadir.
c. tingkat umur orang yang hadir.
d. suara mulut dan sendok.
14. Menyela pembicaraan bisa dilakukan bila ada kata pembuka yang elegan seperti. ....
a. mohon maaf.
b. bertanya langsung.
c. berkomentar langsung.
d. maaf saya menyela pembicaraan.
15. Bila pelajaran sedang berlangsung ingin ke belakang ( ke - Wc ) cara terbaik. .,....
a. acungkan tangan lalu keluar.
b. langsung kedepan permisi keluar.
c. mohon izin pada teman kelasmu.
d. acunghkan tangan, kemuadian ijin keluar.
16. Datang terlambat kesekolah karena hujan , dikelas sudah belajar langkah pertama yang
harus dilakukan ....
a. melapor pada guru yang mengajar.
b. ketok pintu bila diijinkan masuk dan ucapkan salam.
c. duduk manis di tempat belajar seperti biasa.
d. pulang kerumah tidak jadi sekolah.
17. Ajaran tata krama lebih banyak diterapkan pada. ....
a. hubungan manusia dengan Tuhan.
b. hubungan manusia dengan sesama.
c. hubungan manusia dengan lingkungan.
d. hubungan manusia dengan mahluk bawahan.
18. Hal yang sangat penting yang harus dilakukan bila kita ingin menghadap pejabat kantor
adalah. ....
a. membuat laporan tertulis mengenai tujuan.
b. mengisi buku tamu.
c. langsung menemui pejabat.
d. menunggu dengan sabar diruang iunggu.
19. Meludah ketika kita sedang ada diatas kendaraan melanggar aturan. ....
a. lalu lintas.
b. etika di jalan.
c. tata krama.
d. tata tertib.
20. jika aturan mesjid di bawa kepura pasti tidak nyambung , untuk itu kita harus melakukan
tata krama secara. ....
a. adaptif.
b. kaku.
c. apa adanya.
d. sesuai dengan budaya kita.
21. Aturan memasuki pura , mesjid, gereja , pagoda diatur dalam. ....
a. aturan agama.
b. tata krama.
c. sopan santun.
d. tata tertib.
22. Jika ada orang makan sambil bicara , bersendawa pasti orang tersebut melanggar. .....
a. tata susila.
b. tata busana.
c. tata wedana.,
d. tata krama.
23. Jika terpaksa harus memegang kepala orang tua atau orang yang lebih ntua umurnya harus
mengungkapkan kata-kata.....
a. maaf permisi.
b. hormat gerak.
c. awignam astu.
d. astungkara,
24. Nilai kepatuhan dalam bergaul didapat dalam ajaran. .....
a. agama.
b. PKn.
c. sopan santun.
d. tata susila.
25. Aturan yang benar dalam berbuat atau berperilaku disebut. ....
a. tata susila.
b. tata krama.
c. tata wedana.
d. tata boga.
26. Sikap kita terhadap orang yang lebih tua adalah. ..
a. selalu bersikap hormat.
b. selalu bersikap sayang.
c. selalu mengejeknya.
d. kadang-kadang menbghormatinya.
27. Sikap yang tepat saat memberikan usul dalam musyawarah adalah. ...
a. langsung berbicara panjang lebar.
b. mengacungkan tangan kemudian menyampaikan usul.
c. menggebrak meja supaya di dengarkan.
d. menyela pembicaraan teman.
28. Ketika datang bertamu ke rumah teman, yang pertama kali kamu lakukan adalah. ....
a. mengucapkana salam.
b. mengenalkan diri.
c. memberi buah tangan.
d. memberikan senyuman.
29. Ketika orang lain sedang berbicara , sikap hormat kita tunjukkan dengan cara. ....
a. menghentikan pembicaraan.
b. tanpa menghiraukannya.
c. mendengarkannya.
d. menyela pembicaraannya.
30. Saling menyayangi antar sesama akan terwujud , bila kita telah membiasakan sikap. ....
a. bangga hati.
b. tenggang rasa.
c. iri hati.
d. kepuasan hati.
31. Rasa setiakawan yang benar dibawah ini adalah. ....
a. memberi contekan pada teman sebangku saat ulangan.
b. memberi contekan pada teman yang tidak mengerjakan PR.
c. membantu teman yang kesulitan dalam belajar.
d. mentraktir teman teman makan.
32. Nilai ulangan Budi Pekerti Umi jelek. cara Umi mengendalikan diri agar tidak marah bila
diejek teman-temannya adalah.
a. mentraktir makan teman-temannya.
b. tidak masuk sekolah.
c. belajar giat dan bertanya kepada teman-temannya yang memadai.
d. les prifat dengan guru agar diberi nilai tinggi.
33. Perbuatan yang mencerminkan sikap tenggang rasa yaitu, ..
a. bercanda ketika menengok teman yang sakit.
b. membelikan obat kepada teman yang sedang sakit.
c. ikut sakit ketika teman sebangku sakit.
d. menghibur teman yang sedang sakit.
34. Temanmu yang berbeda agama minta izin untuk melaksanakan kewajibannya. sikap kamu
adalah. ....
a. pura-pura tidak tahu.
b. mempersilahkannya.
c. menolak dengan halus.
d. acuh tak acuh.
35. Ada seorang anak kecil berdiri sendirian di tepi jalan. Ia menangis tersedu-sedu dan tampak
kebingungan . tindakan apa yang kita tunjukan kepada anak tersebut adalah. ...
a. memerahinya.
b. menggodanya.
c. menghiburnya.
d. mendiamkannya.
36. Kita harus. .......... terhadap perbuatan yang tidak menghormati antar pemeluk agama.
a. mengingat-ingat.
b. melanggar.
c. mematuhi.
d. mengendalikan diri.
37. Kita mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai
dengan ajaran. ...
a. agama lain.
b. agama masing masing.
c. orang tua.
d. guru.
38. Kita menghormati dan menghargai orang tua tanpa .... agama dan kepercayaan yang dianut.
a. membeda-bedakan.
b. mempercayai.
c. mempengaruhi.
d. mengagumi.
39. Sikap berikut yang dapat memupuk persatuan dan kesatuan bangsa adalah. .
a. tidak saling menyapa.
b. merasa dirinya paling baik.
c. menghormati antar umat beragama.
d. merasa dirinya paling pintar.
40. Perbuatan yang sesuai dengan sikap saling menghormati antar pemeluk agama yaitu.
a. memiliki teman sebangku yang seagama.
b. menirukan cara teman berdoa.
c. menjauhi teman yang sedang beribadah.
d. memberi kesempatan teman yang sedang beribadah.
41. Sikap menghormati teman yang berbeda agama dapat diwujudkan dalam perbuatan
contohnya. ..
a. selalu memuji perbuatannya.
b. membahas pelajaran bersama tanpa membedakan.
c.mengerjakan tugas kelompok sendiri.
d. takut kepadanya.
42. Apabila ada teman kita yang lalai menjalankan ibadah sebaiknya kita. ...
a. mengingatkan.
b. mengikutinya.
c. mencelanya.
d. mendiamkannya.
43. Beriman dan bertaqwa bagi setiap umat manusia adalah contoh perbuatan yang hormat
kepada ....
a. sesama manusia.
b. sesama mahluk.
c. lingkungan.
d. Tuhan Yang Maha Esa.
44. Memberikan salam kepada guru yang masuk kelas kita , ini berarti sudah melakukan
penghormatan kepada. ....
a. lingkungan.
b. Tuhan Yang Maha Esa.
c. sesama manusia.
d. Sesama mahluk Tuhan.
45. Kita ikut gotong royong membersihkan got dan taman dipinggir jalan . ini berarti kita telah
ikut menghormati. ....
a. sesama manusia.
b. pada lingkungan.
c. pada Tuhan Yang Maha Esa.
d. pada ibu pertiwi.
46. Dari bertenggang rasa akan terlaksana sikap baik yaitu . ....
a. menolong teman untuk menyakiti seseorang.
b. memperlakukan orang seperti memperlakujkan diri sendiri untuk kebenaran.
c. menyarankan orang lain untuk patuh kepada diri kita sendiri.
d. menuruti perintah orang lain.
47. Tepo Seliro adalah istilah dalam bahasa jawa yang berarti . .....
a. dapat bersendaguau dengan orang lain.
b. dapat mencintai sesama manusia .
c. dapat merasakan perasaan orang lain.
d. dapat hidup bahagia dengan orang lain.
48. Menghargai orang lain itu sangat penting sekali karena. ....
a. orang lain itu sifatnya selalu berbeda.
b. orangh lain itu perlu dipakai sebagai sahabat.
c. orang lain itu tidak usah kita perlukan.
d. orang lain itu bagian dari diri kita sendiri.
49. Sebagai orang yang gagah dan pemberani secara positif kalau ia merasa bersalah kepada
orang lain sudah tentu bersikap. ...
a. dengan jujur menunjukan sikap minta maaf kepada orang bersangkutan.
b. dengan agak terpaksa minta maaf kepada orang bersangkutan.
c. berusaha bersikap acuh tak acuh kepada orang bersangkutan.
d. mencari teman untuk bersekongkol mempertahankan kesalahan itu.
50. kalau dengan introspeksi diri kita tahu kesalahan diri kita sendiri , maka tindak lanjutnya
kita yang paling benar adalah. ....
a. ditutup-tutupi kesalahan itu dengan pandai berbicara.
b. diupayakan agar kesalahan itu menjadi pelajaran.
c. diupayalkan jangan pedulikan.
d. diupayakan agar kesalahan itu tidak terulang dan menjadi pelajaran buat diri kita untuk
melangkah labih baik lagi ke depan.
II. Isilah Titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar.
1. Berikut ini adalah upaya -upaya hidup rapi. kecuali. ....
a. berpakaian sesuai dengan kegiatan yang diikuti.
b. mengikuti istiadat dimana kita berada.
c. menunaikan tugas sesuai dengan waktu yang tersedia.
d. mengikuti pengaruh pergaulan bebas dengan tanpa mengindahkan aturan yang ada.
2. Kalau kita berpakaian sudah tentu patut dicocokkan dengan . ....
a. aturan dan keserasian pakaian..
b. pengaruh teman.
c. pakaian teman.
d. model dan kemewahan.
3. Aturan -aturan yang sudah disepakati di banjar namanya. ......
a. susila.
b. rambu-rambu.
c. awig-awig.
d. ancang - ancang.
4. Makan bersama atau pesta-pesta baik secara umum maupun secara kekeluargaan
merupakan upaya untuk mengembangkan keharmonisan antara manusia dengan. ....
a. Tuhan.
b. lingkungan.
c. manusia.
d. hewan.
5. Setiap agama mengajarkan umatnya untuk hidup sederhana . Contohnya adalah. .....
a. mensyukuri apa adanya.
b. selalu ingin bagian terbanyak.
c. ingin kaya sendiri.
d. menikmati keuntungan sendiri saja.
6. Pedoman atau peraturan di sekolah yang harus ditaati oleh para siswa di sekolah tersebut
namanya. ....
a. undang-undang sekolah.
b. tata tertib sekolah.
c. visi sekolah.
d, misi sekolah.
7. tata krama berarti. ....
a. aturan untuk berbuat.
b. sangsi untuk perbuatan.
c. larangan untuk berbuat.
d. tidak boleh berbuat.
8. Merasa tidak enak hati dan hina jika melanggar norma dan etika adalah pengertian. ....
a. rasa malu.
b. rasa bersalah.
c. rasa menyesal.
d. rasa takut.
9. Waktu bertamu yang dibenarklan dalam etiket bertamu adalah. .....
a. pukul 10.00
b. pukul 16.00
c. pukul 20.00
d. pukul 05.00
10. Contoh sikap sopan tampak seperti dibawah ini. kecuali. ....
a. Ayu menyapa Ibu tri dengan ramah.
b. Sinta menyalami tamu yang datang.
c. Dani tersenyum dengan Pak Iwan.
d. Susi membelakangi ayahnya.
11. Bersikap ramah dan sopan membuka peluang untuk menjalin hal-hal sebagai berikut.
kecuali. ......
a. persahabatan.
b. persatuan.
c. permusuhan.
d. kerjasama.
12. Bersikap ramah dan sopan menguntungkan bagi. ....
a. orang lain.
b. diri sendiri.
c. orang tua.
d. masyarakat.
13. manusia harus sopan kepada orang lain karena manusia. .....
a. mempunyai perasaan.
b. memiliki akal sehat.
c. memiliki martabat.
d. memiliki harga diri.
14. Baik tutur kata dan ucapan kepada orang lain adalah pengertian dari. ....
a. ramah.
b. setia kawan.
c. sopan santun.
d. baik budi.
15. Taat pada semua perintah guru , hormat dan bhakti pada semua guru adalah arti dari. ....
a. Guru susrusa..
b. Asewaka guru.
c. Aguru bhakti.
d. Alpaka guru.
16. Setelah Bima meninggal dan terdampar ditepi pantai , ahirnya Bima dihidupkan kembali
oleh dewa. ....
a. Brahma.
b. Wisnu.
c. Siwa.
d. Ruci.
17. Ceritera perjalanan Bima mencari Tirta Amertha terdapat pada bagian. ....
a. Swarga Rohana Parwa.
b. Bhima Swarga Parwa.
c. Adhi Parwa.
d. Drona Parwa.
18. Contoh perbuatan dibawah ini yang bertentangan dengan tata krama dan sopan santun adalah.
....
a. hormat dan bhakti pada orang tua.
b. hormat pada guru yang mengajar kita saja.
c. hormat kepada semua guru . pegawai dan staf lainnya.
d. selalu berbuat sesuai dengan norma yang ada.
19. Tata krama dan sopan santun lebih banyak ada pada hubungan. ....
a. manusia dengan Tuhan.
b. manusia dengan lingkungan.
c. atara manusia dengan sesama manusia.
d. manusia dengan roh leluhur.
20. Agar dapat menarik perhatian banyak orang , seorang siswa memakai pakaian diluar
ketentuan tata tertib sekolah , atas perbuatan siswa tersebut maka. ....
a. dipulangkan oleh guru.
b. siswa disuruh berdiri di depan kelas.
c. dibiarkan saja.
d. dihukum berlari keliling lapangan sebanyak 2 x.
II. Menjodohkan.
Isilah titik-titrik dibawah ini dengan jawaban yang telah disediakan disampingnya !
No
|
Pernyataan
|
Jawaban
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
Salah satu tujuan dari tata karma dan sopan santun adalah untuk menjaga hubungan kita . …….
Hubungan harmonis antara manusia dengan lingkungannya adalah bagian dari ajaran . …….
Seorang tamu yang ingin menghadap seorang pejabat hendaknya menunggu dengan sabar diruang tamu serta. …..
Teman yang baik adalah menolong kita dalam keadaan. …….
Murid yang suka berbohong disekolah oleh teman-temannya akan. ……
Sifat yang selalu jujur
bagi setiap siswa dapat
mengantarkan siswa tersebut ke jalan
yang. ……
Setiap pemakai jalan harus taat pada tata karma. ……
Dalam kehidupan bermasyarakat , manusia bersdatu dengan
yang lainnya saling. ……
Dalam kehidupan sehari hari istilah hidup sederhana . ……..
tertulis.
Aturan-aturan tentang tata karma dan sopan santun yang berlaku di banjar/desa disebut. ……
|
a.
Tidak berlebihan.
b.
Awig-awig.
c.
Susah.
d.
Tidak dipercaya.
e.
Harmonis.
f.
Tri Hita Karana.
g.
Mengisi buku tamu
h.
Benar.
i.
Membutuhkan
j.
Salah.
k.
Kalpa.
l.
Tata Tertib Banjar.
m.
Berlalu lintas.
|
III. Isian Singkat.
Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang singkat !
- Bersikap ramah dan wajah berseri-seri adalah sopaan santun dalam. ........
- Menggunakan bahasa dan tulisan yang baik dan jelas adalah sopan santun dalam. ......
- Biasanya siswa dihukum oleh guru karena. ........
- tata krama dan sopan santun dalam kehidupan bersahabat /berteman disebut. ......
- Contoh perbuatan sopan santun dalam berbicara adalah. ......
- berakit-rakit ka hulu berenang-renang ketepian artinya. .......
- Perbuatan baik akan mendatangkan kebahagiaan sedangkan perbuatan yang tidak baik akan mendatangkan. ......
- Biasanya hidup bertata krama dan sopan santun setiap. .....
- tata krama dan sopan santun disekolah disebut. ....
- pola hidup sederhana hendaknya dimulai dari lingkungan. ........
IV. Soal Uraian.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang benar.
1. Sebutkan 5 contoh perbuatan tentang tata cara bersopan santun dalam kehidupan sehari-hari
dan terhadap guru disekolah. !
Jawab. ...............................................................................................................................................
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
2. Sebutkan lima perilaku yang baik dlam mengunjungi orang sakit. !.
jawab. ................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
3. Apa saja manfaat sikap ramah dan sopan bagi keluarga ?.
jawab. .................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
4. Coba sebutkan tiga contoh perbuatan yang sopan dan bertata krama dalam acara makan
bersama di rumah !
Jawab .................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
5. Coba jelaskan arti kata dan pengertian dari tata krama dan sopan santun.
Jawab .................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
V. Tugas mandiri.
Buatlah karangan ringkas dengan Judul " Surga Ada Di Telapak Kaki Ibu " , dimana setiap
anak agar sukses di kemuadian hari , maka setiap anak harus hormat dan bhakti kepada
orang tua /ibu.
Tempat mengarang.
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
5. LATIHAN ULANGAN AKHIR SEMESTER.
I. Silanglah ( x ) pada hiruf, a, b, c, atau d didepan jawaban yang kamu anggap benar.
1. Dalam musyawarah , setiap anggota mempunyai hak untuk mengemukakan pendapatnya. untuk itu ,
terhadap pendapat orang lain , kita harus. ....
a. mengacuhkannya.
b. mempertimbangkannya.
c. menghormatinya.
d. menertawakannya.
2. Jika kita melihat orang yang sedang kesakitan minta tolong , maka rasa setia kawan yang dapat kita
tunjukkan adalah. ....
a. mendekati dan melihatnya.5. LATIHAN ULANGAN AKHIR SEMESTER.
I. Silanglah ( x ) pada hiruf, a, b, c, atau d didepan jawaban yang kamu anggap benar.
1. Dalam musyawarah , setiap anggota mempunyai hak untuk mengemukakan pendapatnya. untuk itu ,
terhadap pendapat orang lain , kita harus. ....
a. mengacuhkannya.
b. mempertimbangkannya.
c. menghormatinya.
d. menertawakannya.
2. Jika kita melihat orang yang sedang kesakitan minta tolong , maka rasa setia kawan yang dapat kita
tunjukkan adalah. ....
b. menolongnya dengan segera.
c. menuruh orang lain untuk menolongnya.
d. menangis karena terharu.
3. pada waktu kita berjalan lewat didepan orang tua yang sedang duduk , sikap sopan yang kita
tunjukkan dengan cara. ......
a. berjalan sambil berlari.
b. berjalan dengan tegap.
c. minta izin sambil berjalan menundukkan kepala .
d. minta izin sambil berjalan cepat.
4. Terhadap pemeluk agama yang berbeda , kita harus mempunyai sikap tenggang rasa .
sikap tersebut dapat tercermin dalam tindakan. ...
a. memberi kesempatan pada pemeluk agama yang lain untuk melaksanakan ibadah .
b. pura-pura tidak kenal kepada pemeluk agama lain.
c. tidak mau tahu urusan pemeluk agama lain.
d. acuh tak acuh kepada pemeluk agama lain.
5. Apabila akan bermain kerumah teman , sebaiknya kita minta. ......
a. uang jajan ibu.
b. diantar ibu.
c. izin kepada ayah dan ibu.
d. dijemput ayah.
6. karena melanggar tata tertib sekolah pak Guru menghukum siswanya mebersihkan WC hal
tersebut berarti. ....
a. melanggar hak belajar anak.
b. melanggar nilai - nilai kependidikan.
c.elanggar kode etik guru.
d. telah menerapkan nilai-nilai kependidikan.
7. Apa yang diajarkan , dinasehati bimbingan gurunya secara tulus iklas dilaksanakan oleh semua
siswa kelas VIII. ini berarti kelas VIII telah melaksanakan yang. .....
a. para bhakti.
b. agama bhakti.
c. bhakti marga.
d. ajaran bhakti.
8. Kadek Dharma sangat dimaklumi datang terlambat ke kelas oleh gurunya. apa lagi dapat
melakukan tata krama dengan baik dapat dipastikan Kadek Dharma ....
a. dihukum demi tata tertib.
b. disuruh belajar diluar.
c. disuruh duduk dikelas dan belajar.
d. disuruh mengambil sampah karena terlambat.
9. Kematian Bima karena bhisma Parwa merupakan contoh keiklasan berbahkti kepada sang
gurunya. kemudian Bima dihidupkan kembali oleh dewa Ruci karena Bima dianggap. ....
a. Sakti.
b. bakti.
c. pemberani.
d. putra dewa bayu.
10. Tulus iklas bisa menerima perintah gurunya Drona untuk mencari Tirtha Amertha patut
diteladani hal ini dianut dalam ceritera. ...
a. Swarga Rohina Parwa / Swarga Rohana Parwa.
b. Adi Parwa.
c. Drons parwa.
d. Bhuana Swanga Parwa.
11. Ketika berbicara menunjuk-nunjuk apa lagi dengan tangan kiri melanggar norma , ....
a. agama.
b. budaya.
c. kesopanan.
d. kebiasaan.
12. Sendawa salah satu kenikmatan sendiri oleh orang yang melakukan , jika dilakukan didepan
umum menjadi. ....
a. sopan.
b. biasa.
c. memaklumi.
d. tidak sopan.
13. Menyantap hidangan /secara resmi yang perlu diperhatikan. ....
a. jenis menunya.
b. jumlah orang yang hadir.
c. tingkat umur orang yang hadir.
d. suara mulut dan sendok.
14. Menyela pembicaraan bisa dilakukan bila ada kata pembuka yang elegan seperti. ....
a. mohon maaf.
b. bertanya langsung.
c. berkomentar langsung.
d. maaf saya menyela pembicaraan.
15. Bila pelajaran sedang berlangsung ingin ke belakang ( ke - Wc ) cara terbaik. .,....
a. acungkan tangan lalu keluar.
b. langsung kedepan permisi keluar.
c. mohon izin pada teman kelasmu.
d. acunghkan tangan, kemuadian ijin keluar.
16. Datang terlambat kesekolah karena hujan , dikelas sudah belajar langkah pertama yang
harus dilakukan ....
a. melapor pada guru yang mengajar.
b. ketok pintu bila diijinkan masuk dan ucapkan salam.
c. duduk manis di tempat belajar seperti biasa.
d. pulang kerumah tidak jadi sekolah.
17. Ajaran tata krama lebih banyak diterapkan pada. ....
a. hubungan manusia dengan Tuhan.
b. hubungan manusia dengan sesama.
c. hubungan manusia dengan lingkungan.
d. hubungan manusia dengan mahluk bawahan.
18. Hal yang sangat penting yang harus dilakukan bila kita ingin menghadap pejabat kantor
adalah. ....
a. membuat laporan tertulis mengenai tujuan.
b. mengisi buku tamu.
c. langsung menemui pejabat.
d. menunggu dengan sabar diruang iunggu.
19. Meludah ketika kita sedang ada diatas kendaraan melanggar aturan. ....
a. lalu lintas.
b. etika di jalan.
c. tata krama.
d. tata tertib.
20. jika aturan mesjid di bawa kepura pasti tidak nyambung , untuk itu kita harus melakukan
tata krama secara. ....
a. adaptif.
b. kaku.
c. apa adanya.
d. sesuai dengan budaya kita.
21. Aturan memasuki pura , mesjid, gereja , pagoda diatur dalam. ....
a. aturan agama.
b. tata krama.
c. sopan santun.
d. tata tertib.
22. Jika ada orang makan sambil bicara , bersendawa pasti orang tersebut melanggar. .....
a. tata susila.
b. tata busana.
c. tata wedana.,
d. tata krama.
23. Jika terpaksa harus memegang kepala orang tua atau orang yang lebih ntua umurnya harus
mengungkapkan kata-kata.....
a. maaf permisi.
b. hormat gerak.
c. awignam astu.
d. astungkara,
24. Nilai kepatuhan dalam bergaul didapat dalam ajaran. .....
a. agama.
b. PKn.
c. sopan santun.
d. tata susila.
25. Aturan yang benar dalam berbuat atau berperilaku disebut. ....
a. tata susila.
b. tata krama.
c. tata wedana.
d. tata boga.
26. Sikap kita terhadap orang yang lebih tua adalah. ..
a. selalu bersikap hormat.
b. selalu bersikap sayang.
c. selalu mengejeknya.
d. kadang-kadang menbghormatinya.
27. Sikap yang tepat saat memberikan usul dalam musyawarah adalah. ...
a. langsung berbicara panjang lebar.
b. mengacungkan tangan kemudian menyampaikan usul.
c. menggebrak meja supaya di dengarkan.
d. menyela pembicaraan teman.
28. Ketika datang bertamu ke rumah teman, yang pertama kali kamu lakukan adalah. ....
a. mengucapkana salam.
b. mengenalkan diri.
c. memberi buah tangan.
d. memberikan senyuman.
29. Ketika orang lain sedang berbicara , sikap hormat kita tunjukkan dengan cara. ....
a. menghentikan pembicaraan.
b. tanpa menghiraukannya.
c. mendengarkannya.
d. menyela pembicaraannya.
30. Saling menyayangi antar sesama akan terwujud , bila kita telah membiasakan sikap. ....
a. bangga hati.
b. tenggang rasa.
c. iri hati.
d. kepuasan hati.
31. Rasa setiakawan yang benar dibawah ini adalah. ....
a. memberi contekan pada teman sebangku saat ulangan.
b. memberi contekan pada teman yang tidak mengerjakan PR.
c. membantu teman yang kesulitan dalam belajar.
d. mentraktir teman teman makan.
32. Nilai ulangan Budi Pekerti Umi jelek. cara Umi mengendalikan diri agar tidak marah bila
diejek teman-temannya adalah.
a. mentraktir makan teman-temannya.
b. tidak masuk sekolah.
c. belajar giat dan bertanya kepada teman-temannya yang memadai.
d. les prifat dengan guru agar diberi nilai tinggi.
33. Perbuatan yang mencerminkan sikap tenggang rasa yaitu, ..
a. bercanda ketika menengok teman yang sakit.
b. membelikan obat kepada teman yang sedang sakit.
c. ikut sakit ketika teman sebangku sakit.
d. menghibur teman yang sedang sakit.
34. Temanmu yang berbeda agama minta izin untuk melaksanakan kewajibannya. sikap kamu
adalah. ....
a. pura-pura tidak tahu.
b. mempersilahkannya.
c. menolak dengan halus.
d. acuh tak acuh.
35. Ada seorang anak kecil berdiri sendirian di tepi jalan. Ia menangis tersedu-sedu dan tampak
kebingungan . tindakan apa yang kita tunjukan kepada anak tersebut adalah. ...
a. memerahinya.
b. menggodanya.
c. menghiburnya.
d. mendiamkannya.
36. Kita harus. .......... terhadap perbuatan yang tidak menghormati antar pemeluk agama.
a. mengingat-ingat.
b. melanggar.
c. mematuhi.
d. mengendalikan diri.
37. Kita mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai
dengan ajaran. ...
a. agama lain.
b. agama masing masing.
c. orang tua.
d. guru.
38. Kita menghormati dan menghargai orang tua tanpa .... agama dan kepercayaan yang dianut.
a. membeda-bedakan.
b. mempercayai.
c. mempengaruhi.
d. mengagumi.
39. Sikap berikut yang dapat memupuk persatuan dan kesatuan bangsa adalah. .
a. tidak saling menyapa.
b. merasa dirinya paling baik.
c. menghormati antar umat beragama.
d. merasa dirinya paling pintar.
40. Perbuatan yang sesuai dengan sikap saling menghormati antar pemeluk agama yaitu.
a. memiliki teman sebangku yang seagama.
b. menirukan cara teman berdoa.
c. menjauhi teman yang sedang beribadah.
d. memberi kesempatan teman yang sedang beribadah.
41. Sikap menghormati teman yang berbeda agama dapat diwujudkan dalam perbuatan
contohnya. ..
a. selalu memuji perbuatannya.
b. membahas pelajaran bersama tanpa membedakan.
c.mengerjakan tugas kelompok sendiri.
d. takut kepadanya.
42. Apabila ada teman kita yang lalai menjalankan ibadah sebaiknya kita. ...
a. mengingatkan.
b. mengikutinya.
c. mencelanya.
d. mendiamkannya.
43. Beriman dan bertaqwa bagi setiap umat manusia adalah contoh perbuatan yang hormat
kepada ....
a. sesama manusia.
b. sesama mahluk.
c. lingkungan.
d. Tuhan Yang Maha Esa.
44. Memberikan salam kepada guru yang masuk kelas kita , ini berarti sudah melakukan
penghormatan kepada. ....
a. lingkungan.
b. Tuhan Yang Maha Esa.
c. sesama manusia.
d. Sesama mahluk Tuhan.
45. Kita ikut gotong royong membersihkan got dan taman dipinggir jalan . ini berarti kita telah
ikut menghormati. ....
a. sesama manusia.
b. pada lingkungan.
c. pada Tuhan Yang Maha Esa.
d. pada ibu pertiwi.
46. Dari bertenggang rasa akan terlaksana sikap baik yaitu . ....
a. menolong teman untuk menyakiti seseorang.
b. memperlakukan orang seperti memperlakujkan diri sendiri untuk kebenaran.
c. menyarankan orang lain untuk patuh kepada diri kita sendiri.
d. menuruti perintah orang lain.
47. Tepo Seliro adalah istilah dalam bahasa jawa yang berarti . .....
a. dapat bersendaguau dengan orang lain.
b. dapat mencintai sesama manusia .
c. dapat merasakan perasaan orang lain.
d. dapat hidup bahagia dengan orang lain.
48. Menghargai orang lain itu sangat penting sekali karena. ....
a. orang lain itu sifatnya selalu berbeda.
b. orangh lain itu perlu dipakai sebagai sahabat.
c. orang lain itu tidak usah kita perlukan.
d. orang lain itu bagian dari diri kita sendiri.
49. Sebagai orang yang gagah dan pemberani secara positif kalau ia merasa bersalah kepada
orang lain sudah tentu bersikap. ...
a. dengan jujur menunjukan sikap minta maaf kepada orang bersangkutan.
b. dengan agak terpaksa minta maaf kepada orang bersangkutan.
c. berusaha bersikap acuh tak acuh kepada orang bersangkutan.
d. mencari teman untuk bersekongkol mempertahankan kesalahan itu.
50. kalau dengan introspeksi diri kita tahu kesalahan diri kita sendiri , maka tindak lanjutnya
kita yang paling benar adalah. ....
a. ditutup-tutupi kesalahan itu dengan pandai berbicara.
b. diupayakan agar kesalahan itu menjadi pelajaran.
c. diupayalkan jangan pedulikan.
d. diupayakan agar kesalahan itu tidak terulang dan menjadi pelajaran buat diri kita untuk
melangkah labih baik lagi ke depan.
II. Isilah Titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar.
- Yang termasuk tata krama dalam bergaul dengan teman adalah. ..... jika bertemu teman.
- Berperilaku sopana hendaknya dimulai dari. ....
- tata krama dalam pergaulan biasa disebut. .....
- Pada saat makan bersama keluarga , kita makan dengan tenang dan tidak gaduh. berarti kita melakukan tata krama dalam. ........
- Bicara yang lembut, nteratur dan sopan perlu dibiasakan apalagi lawan bicara kita adalah, ....
- Sikap sopan yang kita tunjukaan pada saat orang tua sedang beristirahat adalah tidak berbuat. ....
- perilaku sopan santun kepada pengemis ditunjukan dengan memberi sedekah secara. ....
- Apabila bertemu dengan ibu guru di jalan sebaiknya kita. ......
- Kamu harus dapat mengendalikan diri terhadap perbuatan ....... persatuan dan kesatuan bangsa.
- Tata krama diperlukan karena hubungan harmonis antara manusia dengan. ........
- Menghindari perselisihan antara pemeluk agama bertujuan membina. ........
- Salah satu cara bersikap hormat adalah bertingkah laku dan bertutur kata yang. ........
- Manusia tidak dapat hidup sendiri , karena pada dasarnya manusia adalah mahluk. ........
- Hidup berdampingan secara rukun dengan pemeluk agama lain akan memperkokoh ...... dan ......... bangsa.
- Agar dalam bicara kita dianggap sopan perhatikan tekanan suara , bahasa serta. ........l.
- Wujud tindakan rasa setia kawan kita terhadap korban bencana alam adalah memberikan. ....
- temanmu mengajakmu mengambil mangga miliki tetangga tanpa ijin , sipakpu sebaiknya. ..
- Sikap lapang dada kepada teman yang mengakui kesalahan terhadapmu adalah dengan. ...
- Sering turut kerja bakti dalam memelihara lingkungan di kampung adalah menunjukan sikap. .......
- Apa bila teman yang berlainan agama sedang sakit. tindakan kita adalah. ....
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang benar. !
1. Berilah tiga contoh kegiatan yang mencerminkan semangat kebersamaan antar umat beragama.
Jawab. ................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
2. berilah tiga contoh sikap saling menghormati antar umat beragama.
Jawab. ................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
3. Mengapa antar umat beraga harus saling menghormati ?
Jawab.
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
4. bagaimana sikapmu bila kamu diajak temanmu untuk melakukan perbuatan yang tidak baik. ?
Jawab.
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
5. bagaimana tindakanmu bila ada temanmu sedang mengalami kesusahan ?
Jawab.
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
6. Apa yang dimaksud dengan tenggang rasa ?
Jawab.
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
7. Bagaimana sikapmu jika ayah dan ibumu sedang menerima tamu di rumah ?
Jawab.
................................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
8. Tunjukan tata krama pada saat makan bersama keluarga ?
Jawab.
................................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
9. Berilah contoh sopan santun seorang siswa terhadap gurunya.?
Jawab.
................................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
10. Apakah yang dimaksud dengan tata krama.?
Jawab.
................................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
Thanks Mas Brow,.....
BalasHapusMohon ijin Share .
Siiiiip
BalasHapusAssalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya Sri Wulandari asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon Aki Sulaiman,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan Aki Sulaiman silahkan hub 085216479327 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB AKI SULAIMAN 085-216-479-327,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .
BalasHapusKalau berkenan boleh saya minta alamat Toko Elektronik Anda, sebagai bukti bahwa anda berniat ikhlas membantu saudara yang kurang beruntung.
Hapus