Kamis, 20 Desember 2012

BAHAN AJAR PENDIDIKAN BUDI PEKERTI. KELAS.VIII SEMESTER 2.


                                1. MEMILIKI RASA KESETIAKAWANAN.

                                                 RINGKASAN MATERI.

             Tangan yang indah  adalah tangan yang selalu menymbang  kepada orang lain. kepala yang agung  selalu menunduk di depan guru. Keindahan bibir adalah  yang selalu berkata benar , bahu yang indah  adalah memiliki kekuatanuntuk menang , hati yang baik adalah memiliki belas kasihan . telingan yang indah  adalah  mendengan pengetahuan yang benar . Bagi orang orang yang baik keindahan-keindahan tersebut  merupakan busana yang terbaik , bukan kekayaan ( Bhartrihari ).           

              kesetiakawanan sikap setia, taat, patuh dan jujur kepada teman , kita harus mempunyai respek  yang tinggi  kepada nilai nilai kesetiakawanan karena negara Indonesia termasuk negara yang rawan musibah bencana alam. . Caranya mulai diajar  memberi dari  yang sangat sederhana , umpamanya anak dikasih satu kue disuruh membagi  dengan anak anak yang lainnya, anak sekolah  sewaktu waktu mengadakan  aksi sosial  kepanti jompo, panti asuhan, korban bencana alam  dan lain lainnya.
             Kesetiakawanan tumbuh dan berkembang  dengan subur bila  ada sikap kesetiakawanan  yaitu merasa iba bila melihat orang lain menderita, bergerak jiwa dan raganya  untuk membantu ( tepo seliro ).
             Sikap tenggangrasa  membentuk karekterkita  menjadi menghormati orang lain , merasakan penderitaan orang lain, mencintai orang lain, jujur, setia, taat,  patuh kepada orang lain.

                                                               UJI KOMPETENSI

 I. Pilihan Ganda.
    Silanglah ( X ) pada huruf . a. b. c. atau d. didepan jawaban yang paling benar.

    1. Dibawah ini semua bencana alam  disebabkan oleh air. kecuali....
        a). banjir bandang.
        b). tsunami.
        c). puting beliung.
        d. tanang longsor.
   2.  Organisasi masyarakat di Bali yang paling banyak  bergerak  dalam bidang kesetiakawanan  adalah.....
        a). Sekolah.
        b). banjar.
        c). koporasi.
        d). pesantian.
    3. Contoh bencana alam yang dapat menumbuhkan  rasa kesetiakawanan  adalah kecuali. ....
        a). gempa bumi di sumatra barat.
        b). tsunami di aceh.
        c). lumpur lapindo di jawa timur.
        d) reboisasi hutan di Kalimantan Timur.
   4. Dalam ceritera tersebut diatas , yang banyak kehilangan telur / anaknya  adalah. ....
       a). ayam hutan.
       b). burung kadasih.
       c). burung gagak.
       d). merpati.
   5. Dalam salah satu bagian ceritera tantri , ada disebutkan bahwa Si Gajah besar berbuat " Nyapa kadi
       Aku "  artinya gajah berbuat. ....
       a). sewenang wenang.
       b). tenggang rasa.
       c). tolong menolong.
       d). individual.
   6. Contoh kegiatan yang banyak mengandung nilai kesetiakawanan  adalah. ....
       a). pekerjaan borongan.
       b). gotong royong.
       c). kerja rodi.
       d). buruh harian.
   7. Dalam kabinet Indonesia Bersatu , kementerian yang banyak  adalah. ....
       a). kementerian agama.
       b). kementerian pendidikan.
       c). kemeterian  perdagangan.
       d). kemeterian sosial.
   8. Organisasi /kelompok  petani  yang menangani rasa kesetiakawananan  disawah disebut. ....
       a). Banjar.
       b). RT.
       c). Subak.
       d). KK.
   9. Organisasi  yang menangani rasa kesetiakawanan  disekolah adalah. ....
       a). Pramuka.
       b).PMR.
       c). OSIS.
       d). PMI.
  10.Contoh kegiatan  OSIS  yang banyak mengandung nilai nilai kesetiakawanan  adalah. ....
       a). mengikuti lomba dalam PSR.
       b). mengikuti lomba dalam PORSENI.
       c). mengadakan lomba kebersihan kelas.
       d). mengadakan kunjungan  ke panti asuhan  dan menymnbangkan pakaian bekas.
  11. Mengirim karangan bunga  yang berisi tulisan . selamat dan sukses selalu  kepada teman yang baru saja
        memenangkan PILKADA  adalah contoh perbuatan  kesetiakawanan  yang bersifat. ....
       a). menyedihkan.
       b). menyenangkan.
       c). biasa saja.
       d). memperihatinkan.
  12. Salah satu contoh rasa kesetiakawanan  yang mengembirakan adalah. ....
        a).  mendoakan teman agar selalu sukses.
        b). mengucapkan selamat kepada teman  yang menjadi juara kelas.
        c). ikut prihatin  atas musibah  yang dialami teman.
        d). mengirim karangan bunga  kepada teman   yang ditinggal selama lamanya  oeleh orang tuanya.
  13. Kesetiakawanan yang dapat berarti peduli  terhadap kejadian yang. ....
        a). menyenangkan.
        b). menyedihkan.
        c). menyengsarakan.
        d). menyenangkan dan menyedihkan.
  14. Dalam kata-kata mutiara  yang diuraikan oleh Bhartrihari bahwa orang-orang  yang baik ( bijaksana )
        akan selalu berkata yang benar , menggunakan tangannya nuntuk selalu menyumbang  kepada orang
        lain  serta selalu. .....
       a). mendengar nasehat guru.
       b). menunduk di depan guru.
       c). menentang nasehat guru.
       d). hormat kepada guru di dalam kelas.
  15. Rasa kesetiakawanan  sebaiknya dimulai. ....
       a). di rumah.
       b). di sekolah.
       c). di masyarakat.
       d). setelah  berkeluarga.
  16. Hari kesetiakawanan  sosial yang kita peringati  setiap tahun adalah  untuk menumbuhkan rasa . ....
       a). kebebasan.
       b). kekeluargaan.
       c). hormat menghormati.
       d). kesetiakawanan
  17.Saling membantu dalam menyelesaikan tugas  kebersihan di rumah  adalah contoh kesetiakawanan
       di dalam. ....
       a). sekolah.,
       b). keluarga.
       c). masyarakat.
       d). banjar.
  18, Rasa kesetiakawanan yang sangat penting  dimiliki oleh setiap orang , karena kita sebagai mahluk. .....
       a). individu.
       b). sosial.
       c). Tuhan.
       d). umat beragama.
  19. lain kata dari  kawan adalah. ....
        a). sahabat.
        b). saudara.
        c). keluarga.
        d). tetangga.
  20. Berusaha untuk tidak ingkar  janji atau terbiasa  menepati janji  adalah arti dari dari. ...
        a). setiakawan.
        b). setia.
        c). kawan.
        d). kesetiakawanan.

II. Menjodohkan.
     Isilah titik-titik di bawah ini  dengan jawaban yang telah disediakan  di sampingnya.


No
Pernyataan
Jawaban

1


2


3



4


5

6


7





8


9


10

Kesetiakawanan adalah  sikap setia , jujur dan patuh  kepada. …..

Kesetiakawanan dapat terjadi  baik yang menyenangkan  aupun dalam keadaan. ….

Untuk menumbuhkan rasa kesetia kawanan  pada anak dapat dilakukan  melalui pendidikan  di keluarga , masyarakat dan di . …..

Menurut Bhartrihari , bibir yang indah adalah selalu berkata. ….

Telinga yang indah adalah mendengarkan. ….

Untuk menumbuhkan rasa kesetiakawanan pada anak , maka perlu diajak menengok. …..

OSIS mengumpulkan uang dari  siswa secara sukarela , karena ada orang tua siswa yang meninggal , ini adalah pendidikan   untuk menumbuhkan rasa kesetiakawanan  sebagai ungkapan. ….

Karena tempatnya sangat jauh  maka rasa kesetiakawanan   dapat disampaikan  melalui. ….

Panti asuhan  untuk orang tua  yang tidak ada  yang mengurusi  di keluarganya disebut. ….

Untuk menyelamatkan  masa anak – anak yatim piatu sebaiknya dititipkan di salah satu. …..


  1. Ikut berbela sungkawa.
  2. Panti Asuhan.
  3. Karangan bunga.
  4. Menyedihkan.
  5. Sahabat.
  6. Sekolah.
  7. Jujur.
  8. Benar.
  9. Pengetahuan yang benar.
  10. Teman yang sakit.
  11. Panti jompo.
  12. Ikut bergembira.
  13. Jujur.
        
III . Isian Singkat.
       Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar. !.

  1. Yang harus kita lakukan  apa bila menemukan orang buta yang kehilangan tongkatnya  di tengah jalan adalah. ......
  2. Kota jakarta setiap musim hujan sering  terkena. .....
  3. Gelombang laut yang tinggi akibat gempa  yang kuat seperti di Sumatra barat  baru-baru ini  disebut. .....
  4. Sebagai rasa ikut bersyukur  kepada teman yang menduduki jabatan  baru maka kita  menyampaikan. .,...
  5. Kepada teman yang kehilangan orang yang sangat dicintai untuk selama lamanya  maka kita harus ikut. ......
  6. Telinga yang indah adalah telinga yang selalu. ....
  7. hati yang baik adalah hati yang memiliki. ......
  8. Bibir yang selalu berkata benar adalah. .....
  9. Kepala yang agung adalah kepala yang selalu menunduk . .....
  10. Tangan yang indah adalah tangan yang selalu. ......
IV. Soal Uraian.
      Jawablah pertanyaan di bawah ini  dengan jawaban yang singkat.
      1. Sebutkan tiga jenis penyakit  yang sering menimpa saudara kita  di pengungsian  !. 
          a. ...................................................................................................................................................
          b. ...................................................................................................................................................
          c. ...................................................................................................................................................

      2.Sebutkan empat jenis benda  yang dapat disampaikan  kepada saudara kita  yang kena tsunami !
         a. ....................................................................................................................................................
         b. ....................................................................................................................................................
         c. ....................................................................................................................................................
         d. ....................................................................................................................................................
     3. Sebutkan tiga jenis barang  yang umumnya diberikan  apa bila menjenguk  temannya di rumah sakit.  !
         a. ....................................................................................................................................................
         b. ....................................................................................................................................................
         c. ....................................................................................................................................................
    4. Sebutkan lima jenis keberhasilan  teman yang wajib hukumnya  bagi kita  untuk menyampaikan ucapan
        selamat  dan sukses. !
        a. ......................................................................................................................................................
        b. ......................................................................................................................................................
        c. ......................................................................................................................................................
        d. .....................................................................................................................................................
        e. .....................................................................................................................................................
    5. Sebutkan empat jenis bencana  alam  yang kamu ketahui !.
        a. ......................................................................................................................................................
        b. ......................................................................................................................................................
        c. ......................................................................................................................................................
        d. .....................................................................................................................................................


V. Jawablah pertanyaan - pertanyaan di bawah ini  dengan benar !.

  1. Apa kepanjangan PMI  dan sebutkan tugas pokoknya. ?
          Jawab. ..........................................................................................................................................
                      ..........................................................................................................................................
     2.Apa kepanjangan WHO  dan sebutkan tugas pokokny .?
        Jawab. ............................................................................................................................................                    ..............................................................................................................................................    
     3.Sebutkan dua kemeterian  yang banyak bertugas  menangani kerawanan  sosial akibat  bencana alam!.
        Jawab. .............................................................................................................................................                   ................................................................................................................................................    
    4. Apakah yang dimaksud dengan kesetiakawanan sosial ?.
        Jawab. ............................................................................................................................................
                    ............................................................................................................................................
  5. Apakah artinya rasa kesetiakawanan ?.
      Jawab. ..............................................................................................................................................
                  .............................................................................................................................................

VI .Tugas mandiri
      Buat karangan ringkasan  tentang PMI.

    Tempat mengarang. 
      .........................................................................................................................................................
      .........................................................................................................................................................
      .........................................................................................................................................................
      .........................................................................................................................................................
      .........................................................................................................................................................
         .........................................................................................................................................................
      .........................................................................................................................................................
      .........................................................................................................................................................
      .........................................................................................................................................................
      .........................................................................................................................................................
       .........................................................................................................................................................
      .........................................................................................................................................................
      .........................................................................................................................................................
      .........................................................................................................................................................
      .........................................................................................................................................................
       .........................................................................................................................................................
      .........................................................................................................................................................
      .........................................................................................................................................................
      .........................................................................................................................................................
      .........................................................................................................................................................
         .........................................................................................................................................................
      .........................................................................................................................................................
      .........................................................................................................................................................
      .........................................................................................................................................................
      .........................................................................................................................................................
         .........................................................................................................................................................
      .........................................................................................................................................................
      .........................................................................................................................................................
      .........................................................................................................................................................
      .........................................................................................................................................................
                               2. MENUNJUKKAN SIKAP SALING MENGHORMATI


                                                      RINGKASAN MATERI.

        Saling menghormati berarti  ada kesetaraan  hidup yang  mau dibangun dengan prinsip " duduk sama rendah  berdiri sama tinggi ".
        Tamu adalah orang yang dihormati . Menemani  tamu atau bila kita bertamu kerumah orang lain  maka haruslam memperhatikan tata cara bertamu  seperti;  waktu bertamu,pakaian yang digunakan , perhatikan situasi,  kondisi saat bertamu.
         Sebagai pribadi yang baik  orang harus mempunyai perilaku ' hormat "  sikap hormat bisa diwujudkan  dalam tiga katagori  yang besar yaitu;
1. Hormat kepada Tuhan  Yang Maha Esa berarti pantang melanggar perintah/larangannya.
2. Hormat kepada sesama  seperti pada orang tua , guru, pemerintah , orang yang lebih tua  atau pada teman
    sederajat.
3. Hormat kepada lingkungan  artinya kita  dengan penuh kesadaran  menjadikan lingkungan  yang bersih , 
    aman, lestari,  dan indah.
 
      Untuk itu sebagai bagian  dari penduduk Indonesia  sikap saling menghormati  di masyarakat  harus kita lakukan dengan cara tindakan nyata seperti di bawah ini ;
  1. Menggunakan jalan harus menghormati tata aturan  lalulintas secara baik dan cerdas seperti ; bila mengendarai sepeda motor  pastikan sudah punya SIM , pakai helm, sperpartnya standar , suara kendaraannya standar,  dan mendukung  untuk mencegah polusi udara , mengendarai sepeda motor  tidak lebih memuat  dari dua orang.
  2. Bila menyebrang jalan pastikan sudah ada Zebra cross, berjalan disebelah kiri , tidak berjajar  lebih dari dua orang , bila perlu gunakan  trotoar jalan  yang ada.
  3. Bila terlibat percakapan  perhatikan umur ,  bila lebih tua gunakan bahasa yang santun, tekanannya lembut, dan jangan sampai menyela pembicaraanorang tua, Bila se umur jangan  menggunakan bahasa kasar , mengejek, menghina, meremehkan lawan bicara , hormati perasaan lawan bicara . dan ditempatkan pada pilihan yang cerdas , bila kurang nyambung tutup pembicaraan dengan cara yang elegan , maaf  sayua ada urusan penting  tidak dapat melanjutkan pembicaraan ini lain kali  kita sambung lagi.
  4. Bila berada dalam situasi  belajar atau jam jam pelajaran  perhatika: tekanan bicara, hindari keras, lantang kasar, atau percakapan yang ngalor ngidul  yang tak berguna , hargai teman kelas , kelas-kelas lain  sangat memerlukan ketenangan  dan kenyamanan konsentrasi  untuk dapat menyerap ilmu  yang diajarkan oleh gurunya. 
          Sikap saling menghormati adalah  nilai nilai mkeselarasan  yang terjadi karena  kita saling menghargai  satu sama lain.
          Sikap saling menghormati bisa dipraktekkan  didalam kehidupan keluarga  dibawah kendali  orang tua  sebagai pendidik  pertama dan utama.
          Sikap saling menghormati di sekolah  bisa diawali dengan sikap  keteladanan  warga sekolah  mulai dari kepala sekolah , wakil kepala sekolah , guru, pegawai  dan seluruh staf  diikuti oleh siswa siswinya.
          Sikap saling menghormati di masyarakat  diawal dengan sikap keteladanan  oleh orang-orang  tua, tokoh masyarakat , pejabat, abdi negara  yang lain  sejalan dengan apa yang dipikirkan , diucapkan  nyambung dengan pelaksanaannya.
                                                            UJI KOMPETENSI  

I. Pilihan Ganda
   Silanglah ( x )pada huruf , a. b. c. atau d. didepan jawaban yang paling benar.
  1. Perilaku menjaga keharmonisan  antgar umat  dapat dilakukan dengan berbagai cara  terbaik 
      adalah.
      a). menjungjung tinggi pendapat orang lain.
      b). menjungjung tinggi nilai nilai kemanusiaan.
      c). toleransi antar umat beragama.
      d). memberikan kemudakan kepada seseorang.
  2. Dalam tata kehidupan bermasyarakat , derajat manusia adalah. ...
      a). berbeda beda.
      b. tergantung tingkat pendidikan.
      c). tergantung lingkungan.
      d). sama tingginya.
  3. Kelebihan manusia sebagai mahluk Tuhan  dibandingkan dengan mahluk lainnya  adalah 
      karena manusia  memiliki. ...
      a).cipta, rasa dan karsa.
      b). perasaan dan keturunan.
      c). jasmani dan rohani yang sempurna.
      d). kasih sayang dengan sesamanya. 
  4. Setiap orang hendaknya dapat mempertahankan  harga dirinya karena manusia mempunyai . ..
      a). kekuasaan.
      b). kewajiban.
      c). hak.
      d). kemauan.
  5.  Beriman dan bertaqwa  bagi setiap umat manusia  adalah contoh perbuatan yang hormat  
       kepada. ..
      a). sesama manusia.
      b). sesama mahluk.
      c). lingkungan.
      d). Tuhan Yang maha Esa.
  6. Memberi salam kepada guru yang masuk kelas kita  ini berarti sudah melakukan 
      penghormatan  kepada. ...
      a). lingkungan.
      b). Tuhan yang maha Esa.
      c). Sesama manusia.
      d). sesama mahluk hidup.
  7. Kita ikut gotong royong membersihkan got  dan taman pinggir jalan , ini berarti kita telah    
      ikut   menghormati. ..
      a). sesama manusia.
      b). pada lingkungan.
      c). pada Tuhan Yang Maha Esa..
      d). Pada ibu pertiwi.
 8. Saling menghormati antar sesama pemeluk agama merupakan sikap  mulia  yang tercermin 
     dalam sikap. ....
     a). kebersamaan.
     b). toleransi.
     c). gotong royong.
     d). tenggang rasa.
 9.  Sikap saling menghormati antar suku bangsa  merupakan kewajiban dalam pergaulan  antar
      sesama manusia , terutama disebabkan oleh. ... 
      a). selalu berbeda pendapat.
      b). selalu membantu.
      c). menerima sifat perbedaan.
      d). dapat berkawan dengan baik.
10. Ciri ciri dalam satu keluarga  adanya saling menghormati  adalah apabila dalam keluarga  
      tersebut terjadi. ..
      a). perceraian orang tua.
      b). hidup rukun.
      c). saling caci maki.
      d). sering terjadi keributan.
11. Semua pernyataan dibawah nini  adalah bagian dari tri kerukunan umat beragama  di 
      Indonesia. kecuali. ...
      a). rukun tetangga ( RT )
      b). rukun antar penganut agama  satu dengan agama lainnya.
      c). rukun dengan penganut umat beragama dengan pemerintah..
      d). rukun antar penganut  dalam satu agama. 
12. Perbuatan yang dapat merusak  sikap saling menghormati adalah. ....
      a). pengemis. 
      b). teroris.
      c). pedagang.
      d). pendidik,
13. Pernyataan dibawah ini yang tergolong perbuatan saling menghormati  adalah, ....
      a). menerima tamu dari dalam pagar.
      b). mempersilahkan tamu  untuk duduk , sebelum diajak bicara.
      c). mempersilahkan tamu untuk duduk .tanpa diajak bicara.
      d). melarang tamu masuk  pekarangan. karena merasa terganggu.
14. Bentuk perbuatan saling menghormati adalah. ..
      a). saling mencibir.
      b). saling bersalaman.
      c). saling ejek.
      d). saling caci maki.
15. Prinsip hidup duduk sama rendah  berdiri sama tinggi  adalah contoh perbuatan kepada. ....
      a). lingkungan.
      b). sesama manusia.
      c). Tuhan Yang Maha Esa.
      d). manusia dengan lingkungannya.
16. Hidup yang harmonis  didunia ini  apa bila kita dapat menjalankan ajaran. ...
      a). Tri Sandhya.
      b), Tri Kona.
      c). Tri Hita karana.
      d). Tri Mala.
17. Sikap menjaga harga diri  dan kehormatan bangsa  serta negara  adalah merupakan 
      kewajiban  dari. ....
      a). Seluruh warga negara Indonesia.
      b). para birokrasi kita.
      c). pemerintah.
      d). Tentara nasional Indonesia.
18. Sikap myang dapat memecah belah  persatuan bangsa  hendaknya kita hindari seperti....
      a). menghormati orang yang berbeda agama.
      b). sikap tenggang rasa.
      c). saling penuh pengertian.
      d). fanatisma berlebih.
19. Kesanggupan dan kerelaan  berkorban untuk bangsa  dan negara  merupakan cerminan 
      sikap   ..
      a). merasa diri kuat.
      b). tidak mementingkan diri sendiri.
      c). tidak sukan di jajah.
      d). tidak suka ditindas.
20. Sloka " Bhineka  Tunggal Ika " yang tertera dalam lambang negara kita merupakan bukti 
      bahwa negara kita. ... 
      a). mengakui adanya perbedaan   tetapi tetap merupakan kesatuan.
      b). mengakui bahwa  setiap manusia memiliki perbedaan.
      c). mengakui bahwa  cara melaksanakan aturan berbeda.
      d). mengakui bahwa  setiap manusia memiliki perbedaan.


II. Menjodohkan.

     Isilah titik-titik dibawah ini  dengan jawaban yang telah disediakan  disampingnya.!


No
Pernyataan
Jawaban

1

2

3

4

5

6

7


8

9

10

Sikap toleransi adalah  sikap saling menghormati  dalam hidup ….
Sikap saling menghargai  antara sesame manusia  adalah bentuk pelaksanaan., ….
Yang dianggap sebagai pertama dan utama adalah. ….
Sikap saling menghormati  disekolah harus diawali  dari keteladanan. ….
Ikut menjaga lingkungan yang BALI ( bersih, aman, lestari, dan indah  adalah sikap hormat. ….
Mentaati tata tertib berlalu lintas , ini berarti kita telah  menghormati. ….
Biasa melakukan ibadah  atau sembahyang sesuai dengan agama masing masing  dengan tertib dan teratur artinya. ….
Terbiasa berdoa dalam keadaan apapun  yang dialami artinya. ….
Biasa bersikap dan berbuat  sesuai dengan norma norma yang berlaku  …..
Selalu berpikir, berkata dan bertindak dalam keadaan banar  ….

a.       Orang tua.
b.      Warga sekolah
c.       Lingkungan.
d.      Guru wisesa(pemerintah).
e.       Mengekang/mengendalikan diri.
f.       Sikap hormat.
g.      Teguh hati /kukuh hati.
h.      Sikap adil.
i.        Rasa malu.
j.        Bersyukur.
k.      Beriman.
l.        Beragama.
m.    Sikap saling menghormati.

III. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang singkat.


  1. Dalam forum-forum resmi , para pemimpin atau pembicara  biasanya mengucapkan salam  beberapa agama  sesuai dengan agama para peserta forum tersebut. Jadi berarti pemimpin atau pembicara  telah menunjukan sikap. .....
  2. Dalam salah satu desa atau kampung  yang penduduknya terdiri dari beberapa menganur agama  tertentu,  maka ada tradisi ngejot ( saling memberi makanan ) Budaya ngejot adalah  salah satu bentuk  toleransi  beragama dalam. .........
  3. Penggunaan SOR/SINGGIH  ( kasar/halus )dalam bahasa daerah  adalah alat untuk menunjukkansikap saling menghormati  karena perbedaan. .........
  4. Yang mengendalikan  praktek saling menghormati  di keluarga adalah. .......
  5. Demi keselamatamn dan menghormati  peraturan pemerintah  kita harus menyebrang jalan pada. .....
  6. Dalam berdiskusi kita harus menghargai perbedaan pendapat , ini adalah bentuk pelaksanaan . ........
  7. Sebagai umat beragama , kita wajib beriman , artinya. .......
  8. Hormat kepada orang tua , guru , pemerintah ( masyarakat ) , adalah arti9 dari hormat kepada. ....
  9. Waktu untuk bertemu yang baik adalah. .........
  10. Duduk sama rendah,  berdiri sama tinggi artinya,. ......... 
IV. Soal uraian.
      Jawablah pertanyaan -pertanyaan di bawah ini  dengan jawaban yang benar.

      1. Catur Guru Bhakti  adalah sikap hormat  dan berbakti kepada empat orang guru  yang sangat berjasa
          dalam kehidupan kita . Sebutkan bagian-bagian catur giru  Bhakti  beserta artinya. ...
          Jawab. a. .........................................................................................................................................
                      b..........................................................................................................................................
                      c. ........................................................................................................................................
                      d. .......................................................................................................................................

      2. Sebutkan tiga kewajiban orang tua  kepada anaknya  agar anaknya menjadi dewasa  secara fisik
          maupun mental . ....
          Jawab. a. .........................................................................................................................................
                      b..........................................................................................................................................
                      c. ........................................................................................................................................
                      d. .......................................................................................................................................
     3. Sebutkan empat contoh perbuatan  yang harus dilakukan  seorang anak  sebagai wujud  sikap hormat  
         kepada orang tua. .....
         Jawab.   a. .......................................................................................................................................                        b........................................................................................................................................
                       c. ......................................................................................................................................
                       d. ......................................................................................................................................
     4. Sebutkan bagian-bagian Tri Kerukunan umat beragama   di Indonesia. .....
         jawab.    a. .......................................................................................................................................                        b........................................................................................................................................
                       c. ......................................................................................................................................
                       
    5. Secara garis besarnyasikap hormat dapat dibagi  menjadi tiga katagori, sebutkan. ....
        Jawab.     a. .......................................................................................................................................                        b........................................................................................................................................
                       c. ......................................................................................................................................
V. Tugas Mandiri.
     Sekarang banyak anak melakukan ulang tahunnya di sekolah. Coba sebutkan nilai -nilai positif  ditinjau 
     dari sikap  saling menghormati  pada pelaksanaan ulang tahun di sekolah.
     Nilai-nilai positif yang dapat diambil.
     ..........................................................................................................................................................
     ..........................................................................................................................................................
     ..........................................................................................................................................................       .......................................................................................................................................................... 
      ..........................................................................................................................................................        .......................................................................................................................................................... 
      ..........................................................................................................................................................          ..........................................................................................................................................................
      ..........................................................................................................................................................
     ..........................................................................................................................................................
     ..........................................................................................................................................................       .......................................................................................................................................................... 
      ..........................................................................................................................................................        .......................................................................................................................................................... 
      ..........................................................................................................................................................          .......................................................................................................................................................... 
       ..........................................................................................................................................................
     ..........................................................................................................................................................
     ..........................................................................................................................................................       .......................................................................................................................................................... 
      ..........................................................................................................................................................        .......................................................................................................................................................... 
      ..........................................................................................................................................................          .......................................................................................................................................................... 
                               3. LATIHAN ULANGAN TENGAH SEMESTER GENAP.

I.  Silanglah ( x) pada huruf, a, b, c  atau d, didepan jawaban yang paling benar.!

    1. Diantara sampah yang paling membahayakan  kelestarian lingkungan adalah....
        a. limbah rumah tangga.
        b. sampah plastik.
        c. limbah pertanian.
        d. limbah meubel.
    2. Upaya sekolah menjaga kelestarian lingkungan sekolah  dengan cara menerapkan  peranan ......
        a. jumat bersih.
        b. sabtu bersih.
        c. senin apel bendera.
        d. lomba antar kelas.
    3. Kita harus membiasakan diri membuang sampah  ke dalam dua bagian , bagian organik dan 
        Non organik . yang dimaksud dengan sampah  organik adalah. ....
        a. plastik.
        b. kaleng bekas.
        c. bekas bangunan.
        d. daun-daunan.
    4. Jika kita peduli  terhadap kelestarian  alam ,berarti kita peduli terhadap. ...
        a. alam.
        b. lingkungan.
        c. tata ruang.
        d. tata bangunan.
    5. Jika teman kita corat-coret pasilitas sekolah  segeralah kita menegurnya , sikap kita tergolong . ......
        a. menghormati fasilitas.
        b. menghormati guru.
        c. menghormati pemerintah.
        d. menghormati warga sekolah.
    6. Pemerintah sangat peduli pada sarana dan prasarana pendidikan , rumah sakit dan lain-lainnya.
        Jika kita menghormati perhatian pemerintah  seharusnya kita. .....
        a. memanfaatkannya.
        b. merawatnya.
        c. menjaganya.
        d. memanfaatkan, menjaga dan merawat. 
   7.  Menyela pembicaraan atau perbincangan  orang tanpa permisi  menunjukan sikap. ......
        a. tidak hormat.
        b. tidak perhatian.
        c. tidak mengerti.
        d. tidak sayang,
   8. Jika kita sedang menumpang  kendaraan umum  ada orang tua berdiri sepatutnya  kita yang berdiri 
       dan orang tua dipersilahkan duduk . Hal ini bentuk sikap ...... pada orang tua. 
       a. perhatian.
       b. menghargai.
       c. penghormatan.
       d. sanjungan.
   9. Jika umat muslim mengucapkan " Alhamdullila" maka umat hindu mengucapkan.....
       a. astungkara.
       b. suksma.
       c. cantih.
       d. Om Swastyastu.
 10. Jika kita mengendarai kendaraan   atau sepeda sewajarnyalah kita menempatkan diri  pada posisi jalan 
       disebelah kiri  dan berjalan maksimal  2 ( dua )  orang . sikap semacam ini perlu dibiasakan  karena. ....
       a. menghormati tata tertib.
       b. menghormati pemakai jalan.
       c. menghormati orang asing.
       d. menghormati pemerintah.
 11. Walaupan Yanto merasa tersinggung  dengan ucapan temannya  namun Ia masih bisa menahan  
       amarahnya dan menerima kesalahannya  temannya itu dengan lapang dada. Yanto bersikap. ...
       a. penakut. 
       b. pengecut.
       c. pemberani. 
       d. berjiwa besar.
 12. Murid kelas  delapan ( VIII ) dengan seksama menyimak sambutan  kepala sekolah  setelah apel 
       bendera . Walaupun panas dan pegal-pegal berdiri  . Sikap ini gambaran  dari kelas VIII  telah      
       dapat.    .......
       a.  berdiri lama walaupun panas.
       b. menghormati kepala sekolahnya.
       c. menghormati bendera merah putihnya.
       d. cari perhatian kepala sekolahnya. 
 13, Seorang siswa atau siswi  SMP sangat patuh  pada tete tertib  lalau lintas berarti siswa / siswi itu 
       patuh pada peraturan. ........ 
       a. orang tuanya.
       b. gurunya.
       c. pemerintahnya.
       d. dirinya sendiri.
 14. Semua ucapan  salam yang meluncur dari mulut siswa  yang penuh keiklasan  adalah wujud hormat  
       pada. ....
       a. orang tuanya.
       b. gurunya.
       c. pemerintahnya.
       d. pemimpinnya.
 15. Menghormati sesama  adalah wajib hukumnya . dibawah ini  termasuk sesama , kecuali. .....
       a. orang tua.
       b. guru.
       c. pemerintah.
       d. alam lingkungan.
 16. Sembahyang atau sholat /kebaktian  adalah perwujudan  hormat manusia pada. .....
       a. Tuhan.
       b. Sesama.
       c. Lingkungan.
       d. Masyarakat.
 17. Seorang anak mengajak seluruh keluarganya  bersama-sama makan  hal ini tentu. ....
       a. membuang-buang energi.
       b. membuang-buang waktu.
       c. menghormati seluruh keluarga.
       d. menghormati dirinya sendiri.
 18. Memberi salim/salam  pada orang tua  menjel;ang sekolah adalah. ....
       a. sikap berlebihan.
       b. sikap tidak wajar.
       c. sakap penghormatan.
       d. sikap over akting.
 19. Jika kita dianggap anak yang  sopan dan hormat  pasti. .....
       a. mengutamakan keluarga.
       b. mengutamakan orang yang sudah tua.
       c. mengutamakan diri sendiri.
       d. mengutamakan tamu kita. 
 20. Bila kalian anak yang dapat menghormati  orang lain , parkir sepeda atau kendaraan semestinya. .....
       a. di mulut gang.
       b. di depan rumah.
       c. di tempat parkir.
       d. di pinggir gang.
 21. Kita semua harus merubah karakter  negatif ke positif , dibawah ini contoh karakter positif . .....
       a. tidak punya rasa malu untuk kebaikan.
       b. boleh malu bila disuruh kedepan oleh guru.
       c. tidak perlu malu sms-an  ketika pelajaran berlangsung.
       d. boleh malu jika HP nya  buatan yang terbaru.
 22. Menghargai, menghormati, memberi apresiasi  pada orang lain  adalah bagian terpenting dalam hidup. 
       sikap ini mengantar kita pada. .......
       a. merendahkan harkat dan martabat  diri.
       b. mendeskriditkan  nilai nilai kebenaran. 
       c. menciptakan persaingan yang tidak fair.
       d. mengangkat harkat dan  martabat diri.
 23. Jika kita mau   diberikan julukan  gagah , berani, tanggung jawab , julurkanlah tangan dahulu  kepada. 
       a. orang yang ada masalah,
       b. orang yang sebaya dengan kita.
       c. semua orang yang ada di sekiutar kita.
       d. sahabat kita.
 24. Usaha untuk mengevaluasi diri bagian terpenting  untuk melangkah lebih arif  dan bijaksana .
       hal semacam ini disebut. .....
       a. refleksi diri.
       b. intripeksi diri.
       c. reproduksi diri.
       d. revitalisasi diri.
 25. Kita sehari-hari dirumah  diberi tu8gas ngepel , menyepu,  seharusnya kita bersyukur ternyata  orang   
       tua  kita menanamkan  sikap pada kita  tentang. ......
       a. egoisma.
       b. arogansi.
       c. kesetiakawanan.
       d. berlawanan.
 26. Dirumah tangga masing-masing  perlu dibentuk rasa kesetiakawanan   dalam wujud. .....
       a. ngayah ke banjar.
       b. ngayah  di pura desa.
       c. ngayah di pelinggih sekolah.
       d. kerjasama  pekerjaan rumah  tangga di rumah.
 27, Sikap kesetiakawanan adalah praktek nyata dari ajaran tri Hita karana  pada bagian. ....
       a. Tri.
       b. Parahyangan.
       c. pawongan.
       d. palemahan.
 28. Kawanan berarti kawan yang artinya. .....
       a. orang tua.
       b. masyarakat.
       c. tetangga.
       d. teman.
29. Keseiakawanan berasal dari kata setia ( satya ) yang artinya. .....
      a. jujur.
      b. teman.
      c. saudara.
      d. ingkar.
30. dari terbiasa bersikap tenggang rasa  akan juga bersamaan  muncul sikap, kecuali. ......
      a. menghormati orang lain.
      b. saling menolong.
      c. tidak egois.
      d. mementingkan diri sendiri.
31. Jika kalian disuruh memoloh yang mana kalian pilih  dari sikap dibawah ini.
      a. menerima pemberian, sangat menyenangkan.
      b. dapat membantu orang lain .membahagiaakan.
      c. dapat mengolok-olok menyenangkan.
      d. melihat orang kena musibah, prihatin.
 32. Ciri pemilik sikap  kesetiakawanan  adalah mempunyai rasa. ....
      a. setia.
      b. taat.
      c. kasih sayang.
      d.irihati.
 33. Sikap setia, taat, patuh, jujur  pada teman tergolong sikap....
      a. demokratis.
      b. sosial.
      c. kesetiakawanan.
      d. nasionalis.
 34. Bagi orang-orang yang baik , arif dan bijaksana  yang paling dipentingkan n dalam hidupnya . ....
      a. kesehatan.
      b. pendidikan.
      c. kekayaan.
      d. kebaikan.
 35.Bagi orang yang mencari dan mendengar pengetahuan  yang benar  berhitung mempunyai telinga  yang...
      a. tajam.
      b. simetris.
      c. terganggu.
      d. indah.
 36. Kasih sayang, belas kasihan,  rasa iba  adalah rasa yang dimiliki  seseorang dengan hati yang. ....
       a. besar.
       b. indah.
       c. sehat,
       d, kuat.
 37. Selalu memenangkan kebenaran sebagai pertanda  memiliki bahu yang . ....
       a. kekar.
       b. lebar.
       c. kuat.
       d. indah.
 38. Sangat  indah benar bibir orang tersebut  karena selalu. ....
       a. jujur.
       b.dilipstik.
       c. seksi.
       d. tersenyum.
 39. Memberi hormat dan menundukkan kepala  pada guru  adalah kepala yang tergolong. ....
       a. cerdas.
       b. sombong.
       c. agung.
       d. besar.
40.  Tangan yang indah  adalah tangan yang selalu..... pada orang lain.
       a. meminta.
       b. menyumbang.
       c. bersih.
       d. mulus.



II.Isilah titik-titik di bawah ini  dengan jawanan yang benar.

  1. Jika kalian disuruh memilih enak jadi orang kaya atau orang miskin.........
  2. Hari HUT  sekolahmu sekarang , kegiatan yag bersentuhan langsung  pada kesetiakawanan  dan langsung dirasakan  warga sekolah adalah. .......
  3. Jika salah satu orang tua kalian sakit opname di rumah sakit , tindakan kalian yang baik adalah. .......
  4. Jika temanmu ada dirumah sakit  sudah seminggu . yanga harus kalian lakukan adalah. ............
  5. orangh yang kena musibah  bantuan yang harus kita berikan secara meterial  dan. .......
  6. Rasa kesetiakawanan biasa diuji lewat. ..........
  7. Jika temanmu sakit sudah seminggu , langkah yang dapat dilakukan . ........
  8. Dalam ajaran kesetiakawanan  sosiual yang perlu dijalankan adalah sifat suku, agama, ras,  dan . .....
  9. Orang tua menganggap putra-putrinya sewaktu-waktu jika ada rejeki, perlu berkunjung ke panti jompo, panti asuhan, tempat penampungan bencana . hal ini orang tua telah. ....... dengan cara yang benar.
  10. Orang tua memberi contoh perhatian terhadap kaum fakir miskin , duafa, Hal ini orang tua  menanamkan sikap. .................
  11. merokok sebaiknya dihindari  karena merugikan diri sendiri dan. ..........
  12. Setiap orang harus berusaha menjadi tauladan kepada lingkungannya  dalam pelestarian lingkungan. dalam kehidupan sehari-hari yang dapat dilakukan adalah. ......
  13. Salah satu wujud nyata  peduli lingkungan adalah. ............
  14. Salah satu dari orang yang berjiwa besar adalah. ..............
  15. Mengupayakan/memberi salam hormat pada setiap perayaan  hari raya keagamaan  pertanda kita menjaga. .................
  16. Menyetujui apapun hasil rapat , rembug, diskusi adalah ciri dari sikap yang. ............
  17. Menyampaikan salam, menanyakan nomor yang dituju , berbicara dengan siapa , kesopanan berkomunikasi dengan  sarana . ..................
  18. Bila berbahasa santun, tidak suka menyela pembicaraan , iramanya diatur, singkat, tepat jelas  ciri kesopanan dalam. ....................
  19. Fungsi Zebra Cross adalah. .............
  20. Jika kita mentaati   aturan lalu lintas  setiap mengendarai motor  harus sudah punya. .............
III. Jawablah pertanyaan   di bawah ini  secara singkat dan jelas.

1. Cari lima ( 5 ) kegiatan sekolah yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan. 
                a. .........................................................................................................................................                b..........................................................................................................................................
                c. ........................................................................................................................................
                d. .......................................................................................................................................
                e.. ......................................................................................................................................

2. bagaimana caranya berkomunikasi  dengan handphone agar elegan dan terdidik.
                a. .........................................................................................................................................
                b..........................................................................................................................................
                c. ........................................................................................................................................
                d. .......................................................................................................................................

 3. Sebutkan 5 ( lima ) langkah  menghormati sesama.
                a. .........................................................................................................................................
                b..........................................................................................................................................
                c. ........................................................................................................................................
                d. .......................................................................................................................................
                e.. ......................................................................................................................................

4. Sebutkan 4 ( empat ) contoh perbuatan  Bhakti ( taqwa ).!
               a. .........................................................................................................................................
                b..........................................................................................................................................
                c. ........................................................................................................................................
                d. .......................................................................................................................................

5.Sebutkan 4 ( empat ) contoh perbuatan  Sradha ( iman ).!
                a. .........................................................................................................................................
                b..........................................................................................................................................
                c. ........................................................................................................................................
                d. .......................................................................................................................................




                                                                      4. MEMILIH TEMAN.

                                                                    RANGKUMAN  MATERI


                Karena perasaan kemanusiaan, manusia membuat aturan  untuk mengatur pola hubungan  diantara mereka. Aturan aturan untuk mengatur pola hubungan ini dinamakan etika. Dengan etika manusia mengatur tata krama  atau sopan santun  berbicara dan bertingkah laku. tata krama berbicara dan bertingkah laku  setiap daerah berbeda beda antara satu daerah dengan lainnya . hal ini sesuai dengan kultur  atau  budaya masyarakat setempat. Di Negara Eropa dan Amerika berbicara langsung  pada titik persoalan  dipandang sebagai hal biasa. tetapi di Masyarakat Sunda  atau Jawa Barat hal yang sama dianggap  sebagai perbuatan yang kurang sopan.
  1. Tata krama adalah aturan untuk berbuat atau peraturan untuk melakukan sesuatu, seperti tata makan di restoran , Tata krama berbusana  ke tempat suci dan lain lain.
  2. Sopan santun adalah perbuatan yang tidak bertentangan  dengan nilai nilai kesopanan , misalnya berbuat sopan  santun kepada orang tua , bapak / ibu guru , saudara serta menyayangi semua  mahluk dan bhakti kepada Tuhan  Yang maha Esa.
  3. Contoh perbuatan tata krama  dan sopan santun  seperti. 
           a). Selalu hormat dan bhakti kepada orang tua.
           b). Selalu hormat dan bhakti kepada guru.
           c). Segala tindak tanduknya selalu berdasarkan iman dan taqwa.
           d). memelihara dan menyayangi semua mahluk.
           e). Berbicara yang sopan pada orang tua , guru, teman dan saudara.
           f). Mentaati dan melaksanakan tata tertib sekolah.
           g). Mentaati dan melaksanakan rambu-rambu lalu lintas.
           h). menghargai orang lain yang telah berbuat kepada kita.
           i). Dapat menahan marah atau emosi dan tidak cepat tersinggung.
           j). Memiliki toleransi dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dimanapun kita berada.
           k). Tidak mementingkan diri sendiri.
           l). Selalu berusaha menyenangkan orang lain.
           m). Tidak menonjokan kehebatan , kekayaan, kegagahan, dan kecantikan.
           n). Tidak berbicara bohong.
           o). Tidak memotong pembicaraan orang lain.
           p). Mau berbicara dan mengeluarkan pendapat  secara jujur dengan cara  yang baik dan benar.

                                                                UJI KOMPETENSI
 
I. Pilihan Ganda.
   Berilah tanda silang ( x ) pada huruf a. b. c atau d di depan jawaban yang paling benar.

1. Berikut ini adalah upaya -upaya  hidup rapi. kecuali. ....
    a. berpakaian sesuai dengan kegiatan yang diikuti.
    b. mengikuti istiadat dimana  kita berada.
    c. menunaikan tugas sesuai dengan  waktu yang tersedia.
    d. mengikuti pengaruh pergaulan bebas  dengan tanpa mengindahkan  aturan yang ada.
2. Kalau kita berpakaian sudah tentu  patut dicocokkan dengan . ....
    a. aturan dan keserasian pakaian..
    b. pengaruh teman.
    c. pakaian teman.
    d. model dan kemewahan.
3. Aturan -aturan yang sudah disepakati  di banjar namanya. ......
    a. susila.
    b. rambu-rambu.
    c. awig-awig.
    d. ancang - ancang.
4. Makan bersama atau pesta-pesta baik secara umum maupun secara kekeluargaan
    merupakan    upaya untuk mengembangkan  keharmonisan antara manusia dengan. ....
    a. Tuhan.
    b. lingkungan.
    c. manusia.
    d. hewan.
5. Setiap agama mengajarkan umatnya  untuk hidup sederhana . Contohnya adalah. .....
    a. mensyukuri apa adanya.
    b. selalu ingin bagian terbanyak.
    c. ingin kaya sendiri.
    d. menikmati keuntungan sendiri saja.
6. Pedoman atau peraturan  di sekolah yang harus ditaati  oleh para siswa di sekolah tersebut
    namanya. ....
    a. undang-undang sekolah.
    b. tata tertib sekolah.
    c. visi sekolah.
    d, misi sekolah.
7. tata krama berarti. ....
    a. aturan untuk berbuat.
    b. sangsi untuk perbuatan.
    c. larangan untuk berbuat.
    d. tidak boleh berbuat.
8. Merasa tidak enak hati dan hina jika melanggar  norma dan etika  adalah pengertian. ....
    a. rasa malu.
    b. rasa bersalah.
    c. rasa menyesal.
    d. rasa takut.
9. Waktu bertamu  yang dibenarklan dalam etiket  bertamu adalah. .....
     a. pukul 10.00
     b. pukul 16.00
     c. pukul 20.00
     d. pukul 05.00
10. Contoh sikap sopan tampak seperti dibawah ini. kecuali. ....
      a. Ayu menyapa Ibu tri dengan ramah.
      b. Sinta menyalami tamu yang datang.
      c. Dani tersenyum dengan Pak Iwan.
      d. Susi membelakangi ayahnya.
11. Bersikap ramah dan sopan  membuka peluang untuk menjalin  hal-hal sebagai berikut.
      kecuali. ......
      a. persahabatan.
      b. persatuan.
      c. permusuhan.
      d. kerjasama.
12. Bersikap ramah dan sopan menguntungkan  bagi. ....
      a. orang lain.
      b. diri sendiri.
      c. orang tua.
      d. masyarakat.
13. manusia harus sopan kepada orang lain karena manusia. .....
      a. mempunyai perasaan.
      b. memiliki akal sehat.
      c. memiliki martabat.
      d. memiliki  harga diri.
14. Baik tutur kata dan ucapan  kepada orang lain  adalah pengertian dari. ....
      a. ramah.
      b. setia kawan.
      c. sopan santun.
      d. baik budi.
15. Taat pada semua perintah guru , hormat dan bhakti  pada semua guru  adalah arti dari. ....
       a. Guru susrusa..
       b. Asewaka guru.
       c. Aguru bhakti.
       d. Alpaka guru. 
16. Setelah Bima meninggal  dan terdampar ditepi pantai , ahirnya Bima dihidupkan kembali
      oleh dewa. ....
      a. Brahma.
      b. Wisnu.
      c. Siwa.
      d. Ruci.
17. Ceritera perjalanan Bima mencari Tirta Amertha  terdapat pada bagian. ....
      a. Swarga Rohana Parwa.
      b. Bhima Swarga  Parwa.
      c. Adhi Parwa.
      d. Drona Parwa.
18. Contoh perbuatan dibawah ini yang bertentangan dengan tata krama  dan sopan santun adalah.
       ....
      a. hormat dan bhakti pada orang tua.
      b. hormat pada guru yang mengajar kita saja.
      c. hormat kepada semua guru . pegawai dan staf lainnya.
      d. selalu berbuat sesuai dengan norma yang ada.
19. Tata krama dan sopan santun lebih banyak ada  pada hubungan. ....
       a. manusia dengan Tuhan.
       b. manusia dengan lingkungan.
       c. atara manusia dengan sesama manusia.
       d. manusia dengan roh leluhur.
20. Agar dapat menarik perhatian banyak orang , seorang siswa memakai pakaian  diluar
      ketentuan  tata tertib sekolah , atas perbuatan siswa tersebut maka. ....
      a. dipulangkan oleh guru.
      b. siswa disuruh berdiri di depan kelas.
      c. dibiarkan saja.
      d. dihukum berlari  keliling lapangan sebanyak 2 x.

II. Menjodohkan.
     Isilah titik-titrik dibawah ini  dengan jawaban yang telah disediakan  disampingnya !


No
Pernyataan
Jawaban

1

2

3


4

5

6

7

8

9

10


Salah satu tujuan dari tata karma dan  sopan santun  adalah untuk menjaga  hubungan kita . …….
Hubungan harmonis antara manusia dengan lingkungannya  adalah bagian dari ajaran . …….
Seorang tamu yang ingin menghadap seorang pejabat  hendaknya menunggu dengan sabar  diruang tamu serta. …..
Teman yang baik adalah menolong kita dalam keadaan. …….
Murid yang suka berbohong disekolah  oleh teman-temannya akan. ……
Sifat yang selalu jujur  bagi setiap siswa   dapat mengantarkan siswa  tersebut ke jalan yang. ……
Setiap pemakai jalan harus taat pada tata karma. ……
Dalam kehidupan bermasyarakat , manusia bersdatu dengan yang lainnya  saling. ……
Dalam kehidupan sehari hari istilah hidup sederhana . …….. tertulis.
Aturan-aturan tentang tata karma  dan sopan santun  yang berlaku di banjar/desa  disebut. ……


a.       Tidak berlebihan.
b.      Awig-awig.
c.       Susah.
d.      Tidak dipercaya.
e.       Harmonis.
f.       Tri Hita Karana.
g.      Mengisi buku tamu
h.      Benar.
i.        Membutuhkan
j.        Salah.
k.      Kalpa.
l.        Tata Tertib Banjar.
m.    Berlalu lintas.


III. Isian Singkat.
       Isilah titik-titik dibawah ini dengan  jawaban yang singkat !
  1. Bersikap ramah dan wajah berseri-seri adalah sopaan santun  dalam. ........
  2. Menggunakan bahasa dan tulisan yang baik  dan jelas adalah sopan santun dalam. ......
  3. Biasanya siswa dihukum oleh guru karena. ........
  4. tata krama dan sopan santun  dalam kehidupan bersahabat /berteman disebut. ......
  5. Contoh perbuatan sopan santun  dalam berbicara adalah. ......
  6. berakit-rakit ka hulu berenang-renang ketepian artinya. .......
  7. Perbuatan baik akan mendatangkan kebahagiaan  sedangkan perbuatan yang tidak baik akan mendatangkan. ......
  8. Biasanya hidup bertata krama  dan  sopan santun setiap. .....
  9. tata krama dan sopan santun disekolah disebut. ....
  10. pola hidup sederhana  hendaknya dimulai dari lingkungan. ........

IV. Soal Uraian.
      Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan  jawaban yang benar.

1. Sebutkan 5 contoh perbuatan tentang tata cara bersopan santun  dalam kehidupan sehari-hari 
    dan terhadap guru disekolah. !
    Jawab. ...............................................................................................................................................
                ................................................................................................................................................
                ................................................................................................................................................
                ................................................................................................................................................
                ................................................................................................................................................
2. Sebutkan  lima perilaku yang baik dlam mengunjungi  orang sakit. !.
    jawab. ................................................................................................................................................
               .................................................................................................................................................
                ................................................................................................................................................
               .................................................................................................................................................
               .................................................................................................................................................
3. Apa saja manfaat sikap ramah  dan sopan bagi keluarga ?.
    jawab. .................................................................................................................................................
               .................................................................................................................................................
4. Coba sebutkan tiga contoh perbuatan  yang sopan dan bertata krama  dalam acara makan 
    bersama  di rumah ! 
    Jawab .................................................................................................................................................
               .................................................................................................................................................
5. Coba jelaskan arti kata dan pengertian dari tata krama dan sopan santun. 
   Jawab .................................................................................................................................................
               .................................................................................................................................................

V. Tugas mandiri.

     Buatlah karangan ringkas  dengan Judul " Surga Ada Di Telapak Kaki Ibu " , dimana setiap 
     anak  agar sukses di kemuadian hari , maka setiap anak  harus hormat dan bhakti  kepada
     orang tua /ibu. 

     Tempat mengarang.
   
..........................................................................................................................................................
     ..........................................................................................................................................................
     ..........................................................................................................................................................       .......................................................................................................................................................... 
      ..........................................................................................................................................................        .......................................................................................................................................................... 
      ..........................................................................................................................................................          ..........................................................................................................................................................
      ..........................................................................................................................................................
     ..........................................................................................................................................................
     ..........................................................................................................................................................       .......................................................................................................................................................... 
      ..........................................................................................................................................................        .......................................................................................................................................................... 
      ..........................................................................................................................................................          .......................................................................................................................................................... 
       ..........................................................................................................................................................
     ..........................................................................................................................................................
     ..........................................................................................................................................................       .......................................................................................................................................................... 
      ..........................................................................................................................................................        .......................................................................................................................................................... 
      ..........................................................................................................................................................          ..........................................................................................................................................................




                                              5. LATIHAN ULANGAN AKHIR SEMESTER.

I. Silanglah ( x )  pada hiruf, a, b, c, atau d  didepan jawaban yang kamu anggap benar.

1. Dalam musyawarah , setiap anggota mempunyai hak  untuk mengemukakan  pendapatnya. untuk itu ,
    terhadap pendapat orang lain , kita harus. ....
    a. mengacuhkannya.
    b. mempertimbangkannya.
    c. menghormatinya.
    d. menertawakannya.
2. Jika kita melihat orang yang sedang kesakitan  minta tolong , maka rasa setia kawan yang dapat  kita
    tunjukkan adalah. ....
    a. mendekati dan melihatnya.
    b. menolongnya dengan segera.
    c. menuruh orang lain untuk menolongnya.
    d. menangis karena terharu.
3. pada waktu kita berjalan  lewat didepan orang tua yang sedang duduk , sikap sopan yang kita
    tunjukkan  dengan cara. ......
    a. berjalan sambil berlari.
    b. berjalan dengan tegap.
    c. minta izin sambil berjalan  menundukkan kepala .
    d. minta izin sambil berjalan cepat.
4. Terhadap pemeluk agama yang berbeda , kita harus mempunyai sikap tenggang rasa .
    sikap tersebut dapat tercermin  dalam tindakan. ...
    a. memberi kesempatan pada pemeluk agama yang lain  untuk melaksanakan ibadah .
    b. pura-pura tidak kenal  kepada pemeluk agama lain.
    c. tidak mau tahu  urusan pemeluk agama lain.
    d. acuh tak acuh kepada pemeluk agama lain.
5. Apabila akan bermain kerumah teman , sebaiknya kita minta. ......
    a. uang jajan ibu.
    b. diantar ibu.
    c. izin kepada ayah dan ibu.
    d. dijemput ayah.
6. karena melanggar tata tertib sekolah  pak Guru menghukum siswanya  mebersihkan WC hal
    tersebut berarti. ....
    a. melanggar hak belajar anak.
    b. melanggar nilai - nilai kependidikan.
    c.elanggar kode etik guru.
    d. telah menerapkan nilai-nilai kependidikan.
7. Apa yang diajarkan , dinasehati bimbingan gurunya  secara tulus iklas dilaksanakan oleh semua
    siswa  kelas VIII. ini berarti kelas VIII telah melaksanakan  yang. .....
    a. para bhakti.
    b. agama bhakti.
    c. bhakti marga.
    d. ajaran bhakti.
8. Kadek Dharma sangat dimaklumi  datang terlambat ke kelas oleh gurunya. apa lagi  dapat
    melakukan tata krama  dengan baik  dapat dipastikan Kadek Dharma ....
    a. dihukum demi tata tertib.
    b. disuruh belajar diluar.
    c. disuruh duduk dikelas dan belajar.
    d. disuruh mengambil  sampah karena terlambat.
9. Kematian Bima karena bhisma  Parwa merupakan contoh  keiklasan berbahkti kepada  sang
    gurunya. kemudian Bima dihidupkan kembali  oleh dewa Ruci  karena Bima dianggap. ....
    a. Sakti.
    b. bakti.
    c. pemberani.
    d. putra dewa bayu.
10. Tulus iklas bisa menerima perintah gurunya Drona  untuk mencari Tirtha  Amertha  patut
      diteladani   hal ini dianut dalam ceritera. ...
      a. Swarga Rohina Parwa / Swarga Rohana Parwa.
      b. Adi Parwa.
      c. Drons parwa.
      d. Bhuana  Swanga Parwa.
11. Ketika berbicara menunjuk-nunjuk  apa lagi dengan tangan kiri  melanggar norma , ....
      a. agama.
      b. budaya.
      c. kesopanan.
      d. kebiasaan.
12. Sendawa salah satu kenikmatan sendiri  oleh orang yang melakukan , jika dilakukan didepan
      umum menjadi. ....
      a. sopan.
      b. biasa.
      c. memaklumi.
      d. tidak sopan.
13. Menyantap hidangan /secara resmi  yang perlu diperhatikan. ....
      a. jenis menunya.
      b. jumlah orang yang hadir.
      c. tingkat umur orang yang hadir.
      d. suara mulut dan sendok.
14. Menyela pembicaraan  bisa dilakukan bila ada kata pembuka  yang elegan seperti. ....
      a. mohon maaf.
      b. bertanya langsung.
      c. berkomentar langsung.
      d. maaf saya menyela pembicaraan.
15. Bila pelajaran sedang berlangsung ingin ke belakang ( ke - Wc )  cara terbaik. .,....
      a. acungkan tangan lalu keluar.
      b. langsung kedepan permisi keluar.
      c. mohon izin pada teman kelasmu.
      d. acunghkan tangan, kemuadian ijin keluar.

16. Datang terlambat kesekolah karena hujan , dikelas sudah belajar  langkah pertama yang
      harus dilakukan ....
      a. melapor pada guru yang mengajar.
      b. ketok pintu bila diijinkan masuk dan ucapkan salam.
      c. duduk manis di tempat belajar  seperti biasa.
      d. pulang kerumah tidak jadi sekolah.
17. Ajaran tata krama lebih banyak diterapkan pada. ....
      a. hubungan manusia dengan Tuhan.
      b. hubungan manusia dengan  sesama.
      c. hubungan manusia dengan lingkungan.
      d. hubungan manusia dengan mahluk bawahan.
18. Hal yang sangat penting yang harus dilakukan  bila kita ingin menghadap  pejabat kantor
      adalah. ....
      a. membuat laporan tertulis mengenai tujuan.
      b. mengisi buku tamu.
      c. langsung menemui pejabat.
      d. menunggu dengan sabar diruang iunggu.
 19. Meludah ketika kita sedang  ada diatas kendaraan  melanggar aturan. ....
      a. lalu lintas.
      b. etika di jalan.
      c. tata krama.
      d. tata tertib.
20. jika aturan mesjid di bawa kepura  pasti tidak nyambung , untuk itu kita harus melakukan
      tata krama secara. ....
      a. adaptif.
      b. kaku.
      c. apa adanya.
      d. sesuai dengan budaya kita.
21. Aturan memasuki pura , mesjid, gereja ,  pagoda diatur dalam. ....
      a. aturan agama.
      b. tata krama.
      c. sopan santun.
      d. tata tertib.
22. Jika ada orang makan sambil bicara , bersendawa pasti orang tersebut  melanggar. .....
      a. tata susila.
      b. tata busana.
      c. tata wedana.,
      d. tata krama.
23. Jika terpaksa harus memegang kepala orang tua  atau orang yang lebih ntua  umurnya harus
      mengungkapkan kata-kata.....
     a. maaf permisi.
     b. hormat gerak.
     c. awignam astu.
     d. astungkara,
24. Nilai kepatuhan dalam bergaul  didapat dalam ajaran. .....
      a. agama.
      b. PKn.
      c. sopan santun.
      d. tata susila.
25. Aturan yang benar dalam berbuat  atau berperilaku disebut. ....
      a. tata susila.
      b. tata krama.
      c. tata wedana.
      d. tata boga.
26. Sikap kita terhadap orang yang lebih tua adalah. ..
      a. selalu bersikap hormat.
      b. selalu bersikap sayang.
      c. selalu mengejeknya.
      d. kadang-kadang menbghormatinya.
27. Sikap yang tepat saat memberikan usul  dalam musyawarah adalah. ...
      a. langsung berbicara panjang lebar.
      b. mengacungkan tangan kemudian  menyampaikan usul.
      c. menggebrak meja supaya di dengarkan.
      d. menyela pembicaraan teman.
28. Ketika datang bertamu ke rumah teman, yang pertama kali kamu lakukan adalah. ....
      a. mengucapkana salam.
      b. mengenalkan diri.
      c. memberi buah tangan.
      d. memberikan senyuman.
29. Ketika orang lain sedang berbicara , sikap hormat kita tunjukkan  dengan cara. ....
      a. menghentikan pembicaraan.
      b. tanpa menghiraukannya.
      c. mendengarkannya.
      d. menyela pembicaraannya.
30. Saling menyayangi antar sesama  akan terwujud , bila kita telah membiasakan sikap. ....
      a. bangga hati.
      b. tenggang rasa.
      c. iri hati.
      d. kepuasan hati.
31. Rasa setiakawan yang benar dibawah ini adalah. ....
      a. memberi contekan pada teman  sebangku saat ulangan.
      b. memberi contekan pada teman  yang tidak mengerjakan PR.
      c. membantu teman yang kesulitan dalam belajar.
      d. mentraktir teman teman makan.
32. Nilai ulangan Budi Pekerti Umi jelek. cara Umi mengendalikan diri agar tidak marah  bila
      diejek teman-temannya adalah.
      a. mentraktir makan teman-temannya.
      b. tidak masuk sekolah.
      c. belajar giat dan bertanya  kepada teman-temannya  yang memadai.
      d. les prifat dengan guru  agar diberi nilai tinggi.
33. Perbuatan yang mencerminkan sikap  tenggang rasa yaitu, ..
      a. bercanda ketika menengok teman yang sakit.
      b. membelikan  obat kepada teman yang sedang sakit.
      c. ikut sakit ketika teman sebangku sakit.
      d. menghibur teman yang sedang sakit.
34. Temanmu yang berbeda agama  minta izin untuk melaksanakan kewajibannya. sikap kamu
      adalah. ....
     a. pura-pura tidak tahu.
     b. mempersilahkannya.
     c. menolak dengan halus.
     d. acuh tak acuh.
35. Ada seorang anak kecil berdiri  sendirian di tepi jalan. Ia menangis tersedu-sedu dan tampak
      kebingungan . tindakan apa yang kita tunjukan kepada anak tersebut adalah. ...
     a. memerahinya. 
     b. menggodanya.
     c. menghiburnya.
     d. mendiamkannya.
36. Kita harus. .......... terhadap perbuatan yang tidak menghormati antar pemeluk agama.
     a. mengingat-ingat.
     b. melanggar.
     c. mematuhi.
     d. mengendalikan diri.
37. Kita mengembangkan sikap saling menghormati  kebebasan menjalankan ibadah  sesuai
      dengan ajaran. ...
      a. agama lain.
      b. agama masing masing.
      c. orang tua.
      d. guru.
38. Kita menghormati dan menghargai orang tua  tanpa .... agama dan kepercayaan  yang dianut.
      a. membeda-bedakan.
      b. mempercayai.
      c. mempengaruhi.
      d. mengagumi.
39. Sikap berikut yang dapat memupuk  persatuan dan kesatuan bangsa  adalah. .
      a. tidak saling menyapa.
      b. merasa dirinya paling baik.
      c. menghormati  antar umat beragama.
      d. merasa dirinya paling  pintar.
40. Perbuatan yang sesuai dengan sikap saling menghormati  antar pemeluk agama yaitu.
      a. memiliki teman sebangku yang seagama.
      b. menirukan cara teman berdoa.
      c. menjauhi teman yang sedang beribadah.
      d. memberi kesempatan  teman  yang sedang beribadah.
41. Sikap menghormati teman  yang berbeda agama  dapat diwujudkan dalam perbuatan
      contohnya. ..
      a. selalu memuji perbuatannya.
      b. membahas pelajaran bersama tanpa membedakan.
      c.mengerjakan tugas kelompok sendiri.
      d. takut kepadanya.
42. Apabila ada teman kita yang lalai  menjalankan ibadah  sebaiknya kita. ...
      a. mengingatkan.
      b. mengikutinya.
      c. mencelanya.
      d. mendiamkannya.
43. Beriman dan bertaqwa bagi setiap umat manusia  adalah contoh perbuatan  yang hormat
      kepada ....
      a. sesama manusia.
      b. sesama mahluk.
      c. lingkungan.
      d. Tuhan Yang Maha Esa.
44. Memberikan salam kepada guru  yang masuk kelas kita , ini berarti sudah melakukan
      penghormatan  kepada. ....
      a. lingkungan.
      b. Tuhan Yang Maha Esa.
      c. sesama manusia.
      d. Sesama mahluk Tuhan.
45. Kita ikut gotong royong membersihkan got  dan taman dipinggir jalan . ini berarti kita telah
      ikut menghormati. ....
      a. sesama manusia.
      b. pada lingkungan.
      c. pada Tuhan Yang Maha Esa.
      d. pada ibu pertiwi.
46. Dari bertenggang rasa  akan terlaksana sikap baik  yaitu . ....
      a. menolong teman untuk menyakiti seseorang.
      b. memperlakukan  orang seperti memperlakujkan diri sendiri  untuk kebenaran.
      c. menyarankan orang lain  untuk patuh kepada diri kita sendiri.
      d. menuruti perintah orang lain.
47. Tepo Seliro  adalah istilah dalam bahasa jawa  yang berarti . .....
       a. dapat bersendaguau dengan orang lain.
       b. dapat mencintai  sesama manusia .
       c. dapat merasakan perasaan orang lain.
       d. dapat hidup bahagia dengan orang lain.
48. Menghargai orang lain itu sangat penting sekali karena. ....
      a. orang lain itu sifatnya selalu berbeda.
      b. orangh lain itu perlu dipakai sebagai sahabat.
      c. orang lain itu tidak usah  kita perlukan.
      d. orang lain itu bagian dari diri kita sendiri.
49. Sebagai orang yang gagah  dan pemberani secara positif kalau ia merasa bersalah  kepada
      orang lain  sudah tentu bersikap. ...
      a. dengan jujur menunjukan sikap minta maaf  kepada orang bersangkutan.
      b. dengan agak terpaksa minta maaf  kepada orang bersangkutan.
      c. berusaha  bersikap acuh tak acuh kepada orang bersangkutan.
      d. mencari teman untuk bersekongkol  mempertahankan kesalahan itu.
50. kalau dengan introspeksi diri  kita tahu kesalahan diri kita sendiri , maka tindak lanjutnya
      kita yang paling benar  adalah. ....
      a. ditutup-tutupi kesalahan itu  dengan pandai berbicara.
      b. diupayakan agar kesalahan  itu  menjadi pelajaran.
      c. diupayalkan jangan pedulikan.
      d. diupayakan agar kesalahan itu  tidak terulang  dan menjadi pelajaran  buat diri kita  untuk
          melangkah  labih baik lagi  ke depan. 

II. Isilah Titik-titik di bawah ini  dengan jawaban yang benar.

  1. Yang termasuk tata krama dalam bergaul  dengan teman adalah. ..... jika bertemu teman.
  2. Berperilaku sopana hendaknya  dimulai dari. ....
  3. tata krama dalam pergaulan biasa disebut. .....
  4. Pada saat makan bersama keluarga , kita makan dengan tenang  dan tidak gaduh. berarti kita melakukan tata krama dalam. ........
  5. Bicara yang lembut,  nteratur dan sopan perlu dibiasakan apalagi lawan bicara kita adalah, ....
  6. Sikap sopan yang kita tunjukaan  pada saat orang tua sedang beristirahat  adalah tidak berbuat. ....
  7. perilaku sopan santun kepada pengemis ditunjukan dengan memberi sedekah  secara. ....
  8. Apabila bertemu dengan ibu guru di jalan sebaiknya kita. ......
  9. Kamu harus dapat mengendalikan diri terhadap perbuatan ....... persatuan dan kesatuan bangsa.
  10. Tata krama diperlukan karena hubungan harmonis  antara manusia dengan. ........
  11. Menghindari perselisihan antara pemeluk agama  bertujuan membina. ........
  12. Salah satu cara bersikap hormat  adalah bertingkah laku  dan bertutur kata yang. ........
  13. Manusia tidak dapat hidup sendiri , karena pada dasarnya manusia adalah mahluk. ........
  14. Hidup berdampingan secara rukun dengan pemeluk agama  lain  akan memperkokoh ...... dan ......... bangsa.
  15. Agar dalam bicara  kita dianggap sopan  perhatikan tekanan suara , bahasa serta. ........l.
  16. Wujud tindakan rasa setia kawan  kita terhadap korban  bencana alam  adalah memberikan. ....
  17. temanmu mengajakmu mengambil mangga  miliki tetangga tanpa ijin ,  sipakpu sebaiknya. ..
  18. Sikap lapang dada  kepada teman yang mengakui kesalahan  terhadapmu adalah  dengan. ...
  19. Sering turut kerja bakti  dalam memelihara lingkungan di kampung  adalah menunjukan sikap. .......
  20. Apa bila teman yang berlainan agama sedang sakit.  tindakan kita adalah. ....
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini  dengan jawaban yang benar. !

1. Berilah tiga contoh kegiatan  yang mencerminkan semangat kebersamaan  antar umat beragama. 
    Jawab. ................................................................................................................................................
                ................................................................................................................................................

2. berilah tiga contoh sikap saling menghormati  antar umat beragama. 
    Jawab. ................................................................................................................................................
                ................................................................................................................................................
3. Mengapa antar umat beraga harus saling menghormati ?
     Jawab. ................................................................................................................................................
                ................................................................................................................................................
4. bagaimana sikapmu bila kamu diajak temanmu  untuk melakukan perbuatan yang tidak baik. ?
    Jawab. ................................................................................................................................................
                ................................................................................................................................................
5. bagaimana tindakanmu bila ada temanmu  sedang mengalami kesusahan  ?
    Jawab. ................................................................................................................................................
                ................................................................................................................................................
6. Apa yang dimaksud dengan  tenggang rasa ?
     Jawab. ................................................................................................................................................
                ................................................................................................................................................
7. Bagaimana sikapmu jika ayah dan ibumu  sedang menerima tamu di rumah ?
     Jawab. ................................................................................................................................................
                ...............................................................................................................................................
8. Tunjukan tata krama  pada saat makan bersama keluarga ?
     Jawab. ................................................................................................................................................
                ...............................................................................................................................................
9. Berilah contoh sopan santun seorang siswa terhadap gurunya.?
      Jawab. ................................................................................................................................................
                   ...............................................................................................................................................
10. Apakah yang dimaksud dengan tata krama.?
       Jawab. ................................................................................................................................................                     ..............................................................................................................................................

1 komentar: