SIKAP PEDULI TERHADAP KERUSAKAN LINGKUNGAN
RINGKASAN MATERI
Lingkungan merupakan tempat menausia menjalani segala aktifitas kehidupan. Lingkungan sangat besar pengaruhnya terhadap kelangsungan kehidpan manusia. kerusakan lingkungan yang terjadi dewasa ini semakin komplek baik dalam tatanan lingkungan global , regional dan lokal. Untuk mencagah peningkatan kerusakan lingkungan tersebut berbagai kesepakatan internasiona. telah dibuat. namun kenyataan yang terjadi permasalahan dan kerusakan lingkungan terus saja meningkat , seirama dengan meningkatnya arogansi manusia untuk mengekploitasi sumber daya alam yang ada. Indonesia telah memiliki Undang Undang Nomor 32 tahun 2004 yang mewajibkan pemerintah daerah untuk melaksanakan pengendalian lingkungan hidup.
Peraturan tersebut mamberikan kewenangan kepada daerah untuk merencanakan , memanfaatkan dan mengelola sumberdaya alam yang ada diwilayahnya. Daerah dapat mengangkat dan memperdayakan segala kearifan lokal yang ada sehingga terwujudnya pembangunan yang berkelanjutan yang berwawasan lingkungan.
Dewasa ini yang menjadi permasalahan lingkungan adalah semakin bertambahnya populasi manusia. Meningkatnya populasi manusia / kepadatan penduduk akan meningkatkan pula kebutuhan pangan , bahan bakar, pemukiman dan kebutuhan dasar lainnya . Semua ini nantinya akan berpengaruh juga terhadap meningkatnya limbah rumah tangga dan limbah industri . Peningkatan limbah ini berpengaruh pula terhadap perubahan kualitas lingkungan hidup, terutama di negara yang sedang berkembang seperti Indonesia.
Selain itu kerusakan lingkungan , juga sangat dipengaruhi oleh aktifitas antropogenik yang akan memungkinkan terjadinya perubahan iklim sehingga akan memberikan ancaman yang lebih luas terhadap kerusakan lingkungan. Dalam kondisi alami , lingkungan dengan segala keragamannya mampu utnuk menyeimbangkan keadaan. namun tidak tertutup pula kemungkinan kondisi yang demikian itu dapat berubah oleh campur tangan manusia dengan segala aktifitas pemenuihan kebutuhan yang terkadang melampaui batas. Kerusakan lingkungan di Indonesia , khususnya di bali sudah tergolong cukup tinggi .
Ada beberapa kerusakan lingkungan antara lain ;
1. Kerusakan hutan dapat memberikan dampak yang sangat luas dan mendalam kebergai bidang . kerusakan hutan seperti bencana alam berupa kekeringan, kebanjiran, erosi dan sebagainya,
yang dapat memberikan dampak negatif baik secara material, maupun spiritual. Perubahan
lingkungan mempengaruhi aspek kehidupan.
2. kerusakan keanekaraman hayati , Kerusakan keanekaragaman hayati dapat dikenali dengan mudah
baik secara langsung maupun tidak langsung. Indikator kerusakan lingkungan terkait dengan fator
biodiversitas . Biodiversitas adalah terganggunya kondisi fisik habitat , terputusnya mata rantau makanan
berkurangnya popilasi , bertambahnya populasi yang tidak wajar , berkurangnya jenis biotik langka ,
rekayasa genetika, kulturjaringan, hidroponik dan lain sebagainya. Di Bali banyak habitat yang sudah
tergolong langka sudah hampir punah, seperti harimau, jalak putih dan kalong.
3. Kerusakan lahan akibat penambangan galian C di Bali, tertama disebabkan oleh adanya penambangan
liar dan penambangan tanpa izin , Jumlah pengusaha yang tidak memiliki SIPD ( Surat Ijin Penambangan
Daerah ) sangat banyak. Kerusakan lingkungan akibat penambangan galian C yang pertama adalah;
Berubahnya bentang lahan yang berupa terbukanya lahan dan perubahan topografi . lahan yang terbuka
akan menjadi gersang , tumbuh tumbuhan dan hewan akan hilang dan berganti. pada beberapa lahan
seperti pertambangan batu kapur , batu padas, untuk mengemballikan menjadi lahan hijau memerlukan
waktu yang sangat lama.
4. Kerusakan daerah aliran sungai ( DAS ) belakangan ini semakin meningkat.. Jika hal ini tidak ditangani
dengan serius maka ancaman terhadap degradasi kualitas daerah aliran sungai lambat laun dapat
mencapai tingkat yang semakin kritis. Beberapa penyebab terjadinya kerusakan daerah aliran sungai
adalah karena sering terjadi banjir , terjadi erosi di bagian hulu dan pendangkalan dibagian hilir dan
adanya letusan gunung berapi.
5. Permasalahan sampah dan limbah . Semua kegiatan memanfaatan sumberdaya alam . Dari pemanfaatan
sumberdaya alam tersebut hampir selalu menghasilkan limbah /sampah yang merupakan sisa sisa dan
aktifitas manusia yang tidak digunakan lagi. Jumlah penduduk yang besar dengan segala aktivitasnya
yang dilakukan telah mendorong terjadinya berbagaoi bentuk pencemaran , seperti pencemaran terhadap
air , tanah maupun udara yang berasal dari emisi buang gas.
Terjadinya degredasi kualitas lingkungan juga disebabkab karena apresiasi masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan masih sangat rendah . Sikap dan tanggung jawab masyarakat produsen ( pabrik ) dan perilaku masyarakat konsumen masih belum banyak memperhatikan kelestarian lingkungan. Masih banyak kita lihat bahwa penggunaan barang barang berupa plastik , kaleng dan sejenisnya yang bersifat " undegradeble " ( Tidak terurai oleh alam ) yang ahirnya harus dibuang begitu saja kelingkungan dengan tanpa memperhatikan dampaknya . Dipihak lain sistem penanganan dan pengelolaan limbah padat ( sampah ) belum seimbang dengan jumlah sampah , pengelolaan sampah selama ini masih terpaku pada penyelesaian ditingkat pengumpulan akhir ( and pipe ) yang disebut TPA ( tempat pembuangan akhir ). Upaya upaya penguranganh sampah ( Reduce) dari sumber hasil sampah masih belum banyakl memberikan hasil. Kesadaran masyarakat untuk berperilaku untuk mengurangi sampah , apalagi memilah sampah masih jauh dari harapan. . Menyadari hal tersebut maka perlu ada upaya upaya untuk mencegah dan menanggulangi kerusakan lingkungan oleh semua pihak.
Ada tiga cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dan menanggulangi pencemaran dan kerusakan lingkungan , yaitu secara administratif , secara teknologis dan secara educatif /pendidikan.
1. Secarara administratif , pada umumnya dilakukaan oleh peperintah , dengan cara mengeluarkan kebijakan
kebijakan dam bentuk Undang Undang dan peraturan peraturan untuk mencehak pencemaran
lingkungan serta ekploitasi sumberdaya alam secara berlebihan.
2. Secara Teknologis, dapat dilakukan dengan mengadakan unit pengolahan terhadap limbah terhadap
limbah yang ditimbulkan oleh suatu industri sebelum dibuang kelingkungan , agar limbah tersebut tidak
mencemari lingkungan.
3. Secara Educatif /pendidikan. misalnya melalui berbagai kegiatan penguluhan masyarakat dan kompanye mengenai pentingnya lingkungan yang bersih , indah, sehat dan lestari.
Langkah langkah yang perlu dilakukan untuk mengurangi pencemaran dan kerusakan lingkungan adalah memanfaatkan kembali sampah tersebut melalui proses penggunaulangan atau pendaurulangan adalah;
1. Menghemat sumberdaya alam , terutama sumberdaya alam yang tek terpulihkan .
2. Mengurai sampah , sehingga mencegah pencemaran.
Berdasarkan njenis bahan penyusunnya , maka limbah tersebut dapat dibedakan menjadi dua., yaitu limbah organik dan limbah anorganik.Limbahg organik merupakan sisia sisa bahan hidup , seperti sampah daun, kertas, sisa sisa bahan pertanian dan kulit natau kotoran hewan.
Limbah Anorganik merupakan sisa sisa aktifitas yang terdiri dari bahan bahan tak hidup atau bahan sintetis, seperti minyak bumi , sisa sisa bahan kimia , kaleng aluminium dan besi . Agas sumberdaya alam dapat lestari, maka adanya kepedulian dengan mmengembangkan etika lingkungan. Etika lingkungan pada dasarnya adalah perbuatan apa yang dinilai baik untuk lingkungan dan apa yang tidak baik untuk lingkungan. Prinsip prinsip etika lingkungan adalah prinsip yang mengatur sikap dan tingkah laku manusia dengan lingkungan.
LEMBAR KERJA SISWA.
A. Asah Suara Hati.
Dibeberapa tempat yang dianggap penting , pemerintah memasang tanda larangan untuk mendirikan
bangunan dengan maksud membuat kawasan jalur hijau . namun kenyataannya justru di jalur tersebut
rumah rumah , pertokoan, dan bahkan usaha usaha yang besar berdiri dengan ntegaknya. bagaimana
tanggapan anda tentang hal tersebutn dan apa saran anda kepada pemerintah yang terkait dengan
pelestarian lingkungan.
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
B.Tugas Membuat Kliping.
UJI KOMPETENSI
I.Silanglah ( X ) pada huruf a, b, c, atau d. di depan jawaban yang paling benar,
1. Di bawah ini adalah merupakan contoh sikap peduli terhadap kelestarian lingkungan .
kecuali; ...
a. mencegah orang mebuang sampah kesungai.
b. memberikan ceramah tentang pentingnya lingkungan yang sehat.
c. membuat karya tulis tentang pentingnya lingkungan.
d. menayangkan film film tentang kerusakan lingkungan.
2. Banyak kita lihat penggunaan terhadap barang barang berupa plastik , kaleng dan sejenisnya
yang bersifat "undegradeble " yang ahirnya harus dibuang begitu saja kelingkungan dengan
tanpa memperhatikan dampaknya. Undegradeble " artinya; ..
a. tidak terurai oleh alam.
b. mudah hancur.
c. cepat terurai oleh alam.
d. sanghat berguna.
3. Kompos sangat berguna untuk menuburkan tanah sehingga tanaman bisa tumbuh dengan
baik. kompos merupakan hasil daur ulang dari ; ...
a. limbah organik.
b. limbah anorganik.
c. limbah abiotik.
d, limbah minyak bumi.
4. Sisa sisa aktifitas yang berasal dari haban tak hidup atau bahan sintetis , seperti minyak
bumi, sisa sisa bahan kimia , kaleng aluminium dan besi termasuk ....
a. limbah organik.
b. limbah anorganik.
c. limbah abiotik.
d. limbah rumah tangga.
5. Bilka terjadi perubahan berupa pengurangan fungsi dari komponen atau hilangnya sebagian
komponen yang dapat menyebabkan putusnya mata rantai dalam ekosistem . maka ....
a. keseimbangan lingkungan dapat terganggu.
b. keseimbangan lingkungan tetap lestari.
c. keseimbangan lingkungan dapat tertahan.
d. keseimbangan lingkungan tidak terpengaruh
6. Meyakini bahwa apa yang ada di dunia ini secara religius akan mempangaruhi baik buruknya
kehidupan kita , sehingga kita akan terpacu untuk berbuat yang terbaik bagi lingkungan .
Hal ini merupakan contoh melestarikan lingkungan melalui;m ...
a. pengembangan pengetahuan.
b. pengembangan nilai nilai sosial.
c. pengembangan penelitian ilmiah.
d. pengembangan keimanan dan ketakwaan.
7. Pemanfaatan sumberdaya alam hampir semua menghasilkan limbah /sampah yang merupakan
sisa sisa aktifitas manusia yang tidak digunakan lagi , Sampah daun, kertas, sisa sisa bahan
pertanian dan kulit atau kotoran hewan termasuk....
a. limbah industri.
b. limbah organik.
c. limbah abiotik.
d. limbah organik.
8. Salah satu perilaku atau kebiasaan orang bali adalah sehabis menebang pohon , maka ranting
pohon yang ditebang tersebut ditancapkan pada pangkal pohon yang ditebang, perilaku ini
mengandung makna; ...
a. habis menebang harus ditanami kembali.
b. agar roh yang mendiami kayu tersebut tidak marah.
c. sebagai tanda ada ijin menebang kayu tersebut.
d. agar selalu berhati hati jika menebang kayu.
9. Upaya yang dilakukan oleh masyarakat Bali untuk memelihara lingkungan agar tetap
seimbang adalah dengan melaksanakan upacara; ...
a. Bhuta Yadnya.
b. Dewa Yadnya.
c. Rsi Yadnya.
d. Manusia Yadnya.
10. Untuk menanggulangi kerusakan lingkungan , pemerintah mengeluarkan kebijakan kebijakan
dalam bentuk undang undang dan peraturan peraturan . hal ini termasuk upaya secara; ...
a. administratif.
b. Tenologis.
c. edukatif.
d. yudikatif.
11. Berbagai masalah akan dapat ditimbulkan oleh kerusakan hutan . seperti bencana alam
berupa kekeringan, kebanjiran , erosi dan sebagainya . fungsi vital dari hutan adalah; ...
a. untuk mendapatkan kayu sebagai bahan bangunan.
b. sebagai lahan untuk beternak.
c. sebagai objek wisata.
d. sebagai paru parunya dunia.
12. Disamping karena meningkatnya populasi manusia , permasalahan dan kerusakan lingkungan
juga sangan dipengaruhi oleh aktifitas antropogenik yang akan memungkinkan terjadinya; ....
a. perubahan iklim.
b. perubahan etika.
c. perubahan kecerdasan.
d. perubahan intlektual.
13. Meningkatnya populasi manusia akan meningkatkan limbah rumah tangga dan limbah
industri . peningkatan limbah ini dapat mengakibatkan; ....
a. meningkatkan kualitas lingkungan.
b. meningkatkan kualitas pendidikan.
c., meningkatkan kualistas alam.
d. menurunnya kualitas lingkungan
14. Peraturan yang memberikan kewenangan kepada daerah untuk merencanakan ,
memanfaatkan dan mengelola sumberdaya alam yang ada diwilayahnay adalah Undang
Undang Nomor; ...
a. 31 tahun 2002.
b. 32 tahun 2003.
c. 32 tahun 2004.
d. 33 tahun 2004.
15.Menurut para pakar lingkungan , kerusakan lingkungan yang terjadi dewasa ini sudah pada
tahap; ....
a. lokal.
b. regional.
c. lokal dan regional.
d. lokan, regional dan global
II. Essay.
1. Apa yang menyebabkan lahan di baliu terus mengalami kerusakan ?.
Jawab; ........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
2. Apa isi Undang Undang Nomor 32 Tahun 2004 ?.
Jawab ; .......................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
3. Ada beberapa upaya yang dapat ditempuh untuk mengatasi kerusakan lingkungan
sebutkan dan jelaskan;
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
4. Coba sebutkan beberapa penyebab terjadinya kerusakan daerah alioran sungai.
Jawab.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
5. Sampah organik dapat dimanfaatkan dengan didaur ulang maupun tanpa didaur ulang
terlebih dahulu. terutama limbah organik padat. Sebutkan beberapa contoh yang dapat
didaur ulang serta hasil daur ulangnya; ..
Jawab; ........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
6. Sampah yang tidak dapat diuraikan akan tetap sebagai sampah jika dibiarkan dilingkungan
yang dan dapat dimanfaatkan melalui proses penggunaulangan atau daur ulang . Coba
jelaskan fungsi dari adanya penggunaulangan atau pendaurulangan tersebut.
Jawab; .......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
7. Pada dasarnya ada tiga cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dan menanggulangi
pencemaran dan kerusakan lingkungan, sebutkan dan jelaskan; ...
jawab; .......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
8. Kerusakan ndapat memberikan dampak yang sangat luas dan mendalam keberbagai
bidang. sebutkan dampak negatif tersebut; ..
Jawab; ......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
9. Indikator kerusakan lingkungan terkait dengan faktor biodiversitas, apa yang dimaksud
dengan biodiversitas ?.
Jawab; .....................................................................................................................................
.....................................................................................................................................
.....................................................................................................................................
10. Jelaskan permasalahan yang ditimbulkan oleh kepadatan penduduk terhadap kualitas
lingkungan. !.
Jawab; ....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
III. Tugas -tugas
jawablah pertanyaan pertanyaan dibawah ini dengan benar !.
1. Tugas Mandiri
a. Sebutkan beberapa jenis tanaman yang ada dirumahmu !.
Jawab; ....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
b. Bagaimanha cara keluargamu ikut melestarikan lingkungan.
...................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
2. Tugas Kelompok.
a. Coba buat kelompok 3-5 orang . lalu amati lingkungan sekolahmu yang terbersih
( terindah ) atau yang paling kotor dan jorok.
yang diamati lingkungan kelompok guru , kelompok TU, Perpustakaan, lab, ruang
belajar,tempat suci, parkir, kantin dll.
Hasil Pengamatan.
...................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
...................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
...................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
b. Buat program untuk pelestarian lingkungan.
a. Harian.
b. Mingguan.
c. Bulanan.
d. Tri Wulan.
e. Semesteran.
f. Tahunan.
a. Lembar Program Pelestarian Lingkungan harian.
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
b. Lembar Program Pelestarian Lingkungan Mingguan
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
c. Lembar Program Pelestarian Lingkungan Bulanan.
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
d. Lembar Program Pelestarian Lingkungan Tri Wulan.
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
e. Lembar Program Pelestarian Lingkungan Semesteran.
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
f. Lembar Program Pelestarian Lingkungan Tahunan.
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
2. MENGUNGKAPKAN RASA INDAH TERHADAP ALAM.
RINGKASAN MATERI.
Pandanglah alam secara baik dan nikmati keindahannya. tataplah keindahan laut airnya membiru dan ombaknya bergulung serta mahluk dan tumbuhan beraneka ragam ada di dalamnya. Batu karang, palung , seolah olah menambah kekaguman kita . Demikian juga di darat gunung, sungai, pohon bukit, hewan dan sebagainya. Anugrah yang kuasa yang tak ternilai indahnya.
Bagi insan yang beragama rasa syukur dan ungkapan beribu terimakasih kepada Tuhan. Tidak cukup mewakili betapa besar dan agung hasil ciptaannya. Keindahan ini harus dijaga jangan dikotori dan dirusak.
Kita semua mempunyai kewajiban moral untuk menjaga alam ini agar selalu lestari dan dapat diwariskan kepada anak cucu kita mendatang. Corat coret disembarang tempat tindakan primitif segera dihentikan , bahkan harus merasa terpanggil menghilangkan coretan coretan yang ada dan mengganggu pemandangan itu. buatlah kelompok kecil yang menyasar pelestarian lingkungan dan sadarkan orang orang disekitar kita yang suka usil dan corat coret.
Mencorat coret bangku, tembok, pohon, batu, obyek obyek wisata sebagai cermin rendahnya kepedulian kita terhadap kelestariang lingkungan dan sekaligus menggambarkan bangsa yang tidak maju.
Dalam sastra -sastra dapat kita temukan syair -syair yang disusun atau diciptakan oleh para sastrawan atau para rakawi yang kebanyakan menceriterakan keindahan panorma alam digunung dan di pantai maupun dihutan sangat " Nglangunin " atau sangat menghasilkan dan dapat menenangkan pikiran yang susah atau dapat refressing untuk menghilangkan stress. karena dikota pemandangan serba sempit dan udara sudah kena polusi. Walaupun sudah banyak dibuat taman taman , tetapi dak dapat menyamai keindahan alam yang sebenarnya yaitu asri dan menawan hati. terutama kesejukan udaranya sangat terasa sekali. beberapa panorama alam yang indah di pulau bali seperti Gunung Batur dan Danau baturnya, bedugul dan danau beratan, danau tamblingan , Air terjun gitgit , pantai lovina, pantai kuta, pantai sanur dan masih banyak sekali obyek obyek wisata lainnya dapat mengundanjg wisatawan lokal maupun manca negara untuk menikmatinya.
Sebagai generasi muda yang baik dan terpuji jagalah alam lingkungan kalian dengan baik Dan semoga kalian diberi berkah keselamatan dan kesejahtraan hidup
LEMBAR KERJA SISWA.
A. Asah Suara Hati.
1. Sebutkan empat cara mencegah sifat buruk teman kalian uang suka corat coret disembarang
tempat.
Jawab; .............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
2. Bagaimana cara menjaga keindahan sekolahmu,!.
Jawab; ..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
3. Apa manfaat keindahan bagi kalian . sebutkan dua manfaat !.
Jawab; .............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
4. Alam yang indah ini tercipta oleh Tuhan Yang Maha Esa. menurut kalian bagaimana cara
memanfaatkan dengan cara yang bijak. ?.
Jawab; .............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
5.Bagaimana alam yang ada dilingkungan kalian ?. amati baik dan buruknya untuk dicatan.
jawab; ..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
UJI KOMPETENSI
I. Berilah tanda silang ( x) pada huruf a . b. c. atau d. di depan jawaban yang kamu anggap
paling benar.
1. Kita perlu berpartisipasi mejaga ketertiban dan keindahan ...
a. disekolah.
b. di rumah sakit.
c. dimanasaja kita berada.
d. dirumah.
2. Apa yang paling tepat dipakai untuk menyebut tanggung jawab dalam hal ikut menjaga
kelestarian dan keindahan lingkungan.
a. tanggung jawab akibatnya.
b. tanggung jawab moral.
c. tanggung jawab bersama.
d. tanggung jawab pribadi.
3. Berikut ini merupakan manfaat daripada keindahan bagi kita. kecuali.
a. dapat memicu sikap egoisma.
b. dapat menumbuhkan ide positif.
c. dapat menyenangkan pikiran.
d. dapat menyenangkan perasaan.
4. Keindahan alam ini bisa kita nikmati apabila.
a. keberadaannya sangat menedihkan.
b. kelestariannya kita jaga.
c. keberadaannya kita campakan.
d. keberadaannya sudah tercemar.
5. Tertitnya Undang Undang No; 5 tahun 1990 menandakan bahjwa pemerintah Indonesia peduli
dengan lingkungannya . UU tersebut memuat tentang.
a. penataan penduduk dan lingkungannnya.
b. penataan perkotaan dan lingkungannya.
c. penataan budaya dan lingkungan.
d. konsefasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya.
6. Menanam dan memelihara berbagaimacam tanaman bermanfaat disekitar lingkungan
pekarangan rumah kita berarti yang bersangkutan telah ikut berupaya...
a. menanggulangi bahaya banjir.
b. melestarikan lingkungan.
c. melakukan kegiatan reboisasi.
d. merusak lingkungan.
7. Berupaya merusak lingkungan disekitar kita berarti yang bersangkutan telah berbuiat;..
a, memeliharanya.
b. melestarikannya.
c. menjaga dari pencemaran.
d. merusak dirinya sendiri.
8. Lingkungan sekitar kitasekarang kondisinya sudah tercemar berat, pencemaran itu terjadi
paling banyak diakibatkan oleh adanya..
a. limbah besar.
b. kegiatan peternakan.
c. limbah rumah tangga.
d. kegiatan pertanian.
9. Keberadaan lingkungan itu memberikan pengaruh besar terhadap kelangsungan hidup
manusia . dengan demikian manusia memiliki kewajiban moral untuk...
a. melestarikannya.
b. mengabaikannya.
c. menjualnya.
d. merusaknya.
10.Analisa mengenai dampak lingkungan diatur dengan peraturan pemerintah nomor;...
a. 4 tahun 1982.
b. 29 tqhun 1990.
c. 5 tahun 1960.
d. 29 tahun 1986.
11. Cara yang dilakukan manusia untuk menjaga kelestarian lingkungan . kecuali....
a. reboisasi.
b. cagar alam.
c. ladang perpindah.
d. suaka marga satwa.
12. Kerusakan lingkungan akibat ulah manusia adalah..
a. banjir.
b. gempa.
c angin topan.
d. kemarau panjang.
13. Tanaman umbi umbian yang dapat dipergunakan untuk obat antara lain...
a. jahe.
b. ketela.
c. talas.
d. ubikayu.
14. Air terjun yang indah biasanya terdapat didaerah...
a. daerah dataran.
b. pantsi ysng berbukit.
c. sungai dataran.
d. sungai di pegunungan.
15. Panorama alam yang indah yang berupa danau yang diberi nama danau batur terletak
didaerah...
a. Tabanan.
b. Bangli.
c. Singaraja.
d. Gianyar,
II. Jodohkan pernyataan yang ada disebelah kiri dengan jawaban yang ada disebelah kanan.
RINGKASAN MATERI
Lingkungan merupakan tempat menausia menjalani segala aktifitas kehidupan. Lingkungan sangat besar pengaruhnya terhadap kelangsungan kehidpan manusia. kerusakan lingkungan yang terjadi dewasa ini semakin komplek baik dalam tatanan lingkungan global , regional dan lokal. Untuk mencagah peningkatan kerusakan lingkungan tersebut berbagai kesepakatan internasiona. telah dibuat. namun kenyataan yang terjadi permasalahan dan kerusakan lingkungan terus saja meningkat , seirama dengan meningkatnya arogansi manusia untuk mengekploitasi sumber daya alam yang ada. Indonesia telah memiliki Undang Undang Nomor 32 tahun 2004 yang mewajibkan pemerintah daerah untuk melaksanakan pengendalian lingkungan hidup.
Peraturan tersebut mamberikan kewenangan kepada daerah untuk merencanakan , memanfaatkan dan mengelola sumberdaya alam yang ada diwilayahnya. Daerah dapat mengangkat dan memperdayakan segala kearifan lokal yang ada sehingga terwujudnya pembangunan yang berkelanjutan yang berwawasan lingkungan.
Dewasa ini yang menjadi permasalahan lingkungan adalah semakin bertambahnya populasi manusia. Meningkatnya populasi manusia / kepadatan penduduk akan meningkatkan pula kebutuhan pangan , bahan bakar, pemukiman dan kebutuhan dasar lainnya . Semua ini nantinya akan berpengaruh juga terhadap meningkatnya limbah rumah tangga dan limbah industri . Peningkatan limbah ini berpengaruh pula terhadap perubahan kualitas lingkungan hidup, terutama di negara yang sedang berkembang seperti Indonesia.
Selain itu kerusakan lingkungan , juga sangat dipengaruhi oleh aktifitas antropogenik yang akan memungkinkan terjadinya perubahan iklim sehingga akan memberikan ancaman yang lebih luas terhadap kerusakan lingkungan. Dalam kondisi alami , lingkungan dengan segala keragamannya mampu utnuk menyeimbangkan keadaan. namun tidak tertutup pula kemungkinan kondisi yang demikian itu dapat berubah oleh campur tangan manusia dengan segala aktifitas pemenuihan kebutuhan yang terkadang melampaui batas. Kerusakan lingkungan di Indonesia , khususnya di bali sudah tergolong cukup tinggi .
Ada beberapa kerusakan lingkungan antara lain ;
1. Kerusakan hutan dapat memberikan dampak yang sangat luas dan mendalam kebergai bidang . kerusakan hutan seperti bencana alam berupa kekeringan, kebanjiran, erosi dan sebagainya,
yang dapat memberikan dampak negatif baik secara material, maupun spiritual. Perubahan
lingkungan mempengaruhi aspek kehidupan.
2. kerusakan keanekaraman hayati , Kerusakan keanekaragaman hayati dapat dikenali dengan mudah
baik secara langsung maupun tidak langsung. Indikator kerusakan lingkungan terkait dengan fator
biodiversitas . Biodiversitas adalah terganggunya kondisi fisik habitat , terputusnya mata rantau makanan
berkurangnya popilasi , bertambahnya populasi yang tidak wajar , berkurangnya jenis biotik langka ,
rekayasa genetika, kulturjaringan, hidroponik dan lain sebagainya. Di Bali banyak habitat yang sudah
tergolong langka sudah hampir punah, seperti harimau, jalak putih dan kalong.
3. Kerusakan lahan akibat penambangan galian C di Bali, tertama disebabkan oleh adanya penambangan
liar dan penambangan tanpa izin , Jumlah pengusaha yang tidak memiliki SIPD ( Surat Ijin Penambangan
Daerah ) sangat banyak. Kerusakan lingkungan akibat penambangan galian C yang pertama adalah;
Berubahnya bentang lahan yang berupa terbukanya lahan dan perubahan topografi . lahan yang terbuka
akan menjadi gersang , tumbuh tumbuhan dan hewan akan hilang dan berganti. pada beberapa lahan
seperti pertambangan batu kapur , batu padas, untuk mengemballikan menjadi lahan hijau memerlukan
waktu yang sangat lama.
4. Kerusakan daerah aliran sungai ( DAS ) belakangan ini semakin meningkat.. Jika hal ini tidak ditangani
dengan serius maka ancaman terhadap degradasi kualitas daerah aliran sungai lambat laun dapat
mencapai tingkat yang semakin kritis. Beberapa penyebab terjadinya kerusakan daerah aliran sungai
adalah karena sering terjadi banjir , terjadi erosi di bagian hulu dan pendangkalan dibagian hilir dan
adanya letusan gunung berapi.
5. Permasalahan sampah dan limbah . Semua kegiatan memanfaatan sumberdaya alam . Dari pemanfaatan
sumberdaya alam tersebut hampir selalu menghasilkan limbah /sampah yang merupakan sisa sisa dan
aktifitas manusia yang tidak digunakan lagi. Jumlah penduduk yang besar dengan segala aktivitasnya
yang dilakukan telah mendorong terjadinya berbagaoi bentuk pencemaran , seperti pencemaran terhadap
air , tanah maupun udara yang berasal dari emisi buang gas.
Terjadinya degredasi kualitas lingkungan juga disebabkab karena apresiasi masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan masih sangat rendah . Sikap dan tanggung jawab masyarakat produsen ( pabrik ) dan perilaku masyarakat konsumen masih belum banyak memperhatikan kelestarian lingkungan. Masih banyak kita lihat bahwa penggunaan barang barang berupa plastik , kaleng dan sejenisnya yang bersifat " undegradeble " ( Tidak terurai oleh alam ) yang ahirnya harus dibuang begitu saja kelingkungan dengan tanpa memperhatikan dampaknya . Dipihak lain sistem penanganan dan pengelolaan limbah padat ( sampah ) belum seimbang dengan jumlah sampah , pengelolaan sampah selama ini masih terpaku pada penyelesaian ditingkat pengumpulan akhir ( and pipe ) yang disebut TPA ( tempat pembuangan akhir ). Upaya upaya penguranganh sampah ( Reduce) dari sumber hasil sampah masih belum banyakl memberikan hasil. Kesadaran masyarakat untuk berperilaku untuk mengurangi sampah , apalagi memilah sampah masih jauh dari harapan. . Menyadari hal tersebut maka perlu ada upaya upaya untuk mencegah dan menanggulangi kerusakan lingkungan oleh semua pihak.
Ada tiga cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dan menanggulangi pencemaran dan kerusakan lingkungan , yaitu secara administratif , secara teknologis dan secara educatif /pendidikan.
1. Secarara administratif , pada umumnya dilakukaan oleh peperintah , dengan cara mengeluarkan kebijakan
kebijakan dam bentuk Undang Undang dan peraturan peraturan untuk mencehak pencemaran
lingkungan serta ekploitasi sumberdaya alam secara berlebihan.
2. Secara Teknologis, dapat dilakukan dengan mengadakan unit pengolahan terhadap limbah terhadap
limbah yang ditimbulkan oleh suatu industri sebelum dibuang kelingkungan , agar limbah tersebut tidak
mencemari lingkungan.
3. Secara Educatif /pendidikan. misalnya melalui berbagai kegiatan penguluhan masyarakat dan kompanye mengenai pentingnya lingkungan yang bersih , indah, sehat dan lestari.
Langkah langkah yang perlu dilakukan untuk mengurangi pencemaran dan kerusakan lingkungan adalah memanfaatkan kembali sampah tersebut melalui proses penggunaulangan atau pendaurulangan adalah;
1. Menghemat sumberdaya alam , terutama sumberdaya alam yang tek terpulihkan .
2. Mengurai sampah , sehingga mencegah pencemaran.
Berdasarkan njenis bahan penyusunnya , maka limbah tersebut dapat dibedakan menjadi dua., yaitu limbah organik dan limbah anorganik.Limbahg organik merupakan sisia sisa bahan hidup , seperti sampah daun, kertas, sisa sisa bahan pertanian dan kulit natau kotoran hewan.
Limbah Anorganik merupakan sisa sisa aktifitas yang terdiri dari bahan bahan tak hidup atau bahan sintetis, seperti minyak bumi , sisa sisa bahan kimia , kaleng aluminium dan besi . Agas sumberdaya alam dapat lestari, maka adanya kepedulian dengan mmengembangkan etika lingkungan. Etika lingkungan pada dasarnya adalah perbuatan apa yang dinilai baik untuk lingkungan dan apa yang tidak baik untuk lingkungan. Prinsip prinsip etika lingkungan adalah prinsip yang mengatur sikap dan tingkah laku manusia dengan lingkungan.
LEMBAR KERJA SISWA.
A. Asah Suara Hati.
Dibeberapa tempat yang dianggap penting , pemerintah memasang tanda larangan untuk mendirikan
bangunan dengan maksud membuat kawasan jalur hijau . namun kenyataannya justru di jalur tersebut
rumah rumah , pertokoan, dan bahkan usaha usaha yang besar berdiri dengan ntegaknya. bagaimana
tanggapan anda tentang hal tersebutn dan apa saran anda kepada pemerintah yang terkait dengan
pelestarian lingkungan.
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
B.Tugas Membuat Kliping.
NO
|
Kasus
Pencemaran
|
Dampak
|
Usaha
Penanggulangan
|
1
|
………………...........
|
………………...........
……………………...
………………………
………………………
………………………
|
………………...........
……………………...
………………………
………………………
………………………
|
2.
|
………………...........
|
………………...........
……………………...
………………………
………………………
………………………
|
………………...........
……………………...
………………………
………………………
………………………
|
3
|
………………...........
|
………………...........
……………………...
………………………
………………………
………………………
|
………………...........
……………………...
………………………
………………………
………………………
|
4
|
………………...........
|
………………...........
……………………...
………………………
………………………
………………………
|
………………...........
……………………...
………………………
………………………
………………………
|
5
|
………………...........
|
………………...........
……………………...
………………………
………………………
………………………
|
………………...........
……………………...
………………………
………………………
………………………
|
UJI KOMPETENSI
I.Silanglah ( X ) pada huruf a, b, c, atau d. di depan jawaban yang paling benar,
1. Di bawah ini adalah merupakan contoh sikap peduli terhadap kelestarian lingkungan .
kecuali; ...
a. mencegah orang mebuang sampah kesungai.
b. memberikan ceramah tentang pentingnya lingkungan yang sehat.
c. membuat karya tulis tentang pentingnya lingkungan.
d. menayangkan film film tentang kerusakan lingkungan.
2. Banyak kita lihat penggunaan terhadap barang barang berupa plastik , kaleng dan sejenisnya
yang bersifat "undegradeble " yang ahirnya harus dibuang begitu saja kelingkungan dengan
tanpa memperhatikan dampaknya. Undegradeble " artinya; ..
a. tidak terurai oleh alam.
b. mudah hancur.
c. cepat terurai oleh alam.
d. sanghat berguna.
3. Kompos sangat berguna untuk menuburkan tanah sehingga tanaman bisa tumbuh dengan
baik. kompos merupakan hasil daur ulang dari ; ...
a. limbah organik.
b. limbah anorganik.
c. limbah abiotik.
d, limbah minyak bumi.
4. Sisa sisa aktifitas yang berasal dari haban tak hidup atau bahan sintetis , seperti minyak
bumi, sisa sisa bahan kimia , kaleng aluminium dan besi termasuk ....
a. limbah organik.
b. limbah anorganik.
c. limbah abiotik.
d. limbah rumah tangga.
5. Bilka terjadi perubahan berupa pengurangan fungsi dari komponen atau hilangnya sebagian
komponen yang dapat menyebabkan putusnya mata rantai dalam ekosistem . maka ....
a. keseimbangan lingkungan dapat terganggu.
b. keseimbangan lingkungan tetap lestari.
c. keseimbangan lingkungan dapat tertahan.
d. keseimbangan lingkungan tidak terpengaruh
6. Meyakini bahwa apa yang ada di dunia ini secara religius akan mempangaruhi baik buruknya
kehidupan kita , sehingga kita akan terpacu untuk berbuat yang terbaik bagi lingkungan .
Hal ini merupakan contoh melestarikan lingkungan melalui;m ...
a. pengembangan pengetahuan.
b. pengembangan nilai nilai sosial.
c. pengembangan penelitian ilmiah.
d. pengembangan keimanan dan ketakwaan.
7. Pemanfaatan sumberdaya alam hampir semua menghasilkan limbah /sampah yang merupakan
sisa sisa aktifitas manusia yang tidak digunakan lagi , Sampah daun, kertas, sisa sisa bahan
pertanian dan kulit atau kotoran hewan termasuk....
a. limbah industri.
b. limbah organik.
c. limbah abiotik.
d. limbah organik.
8. Salah satu perilaku atau kebiasaan orang bali adalah sehabis menebang pohon , maka ranting
pohon yang ditebang tersebut ditancapkan pada pangkal pohon yang ditebang, perilaku ini
mengandung makna; ...
a. habis menebang harus ditanami kembali.
b. agar roh yang mendiami kayu tersebut tidak marah.
c. sebagai tanda ada ijin menebang kayu tersebut.
d. agar selalu berhati hati jika menebang kayu.
9. Upaya yang dilakukan oleh masyarakat Bali untuk memelihara lingkungan agar tetap
seimbang adalah dengan melaksanakan upacara; ...
a. Bhuta Yadnya.
b. Dewa Yadnya.
c. Rsi Yadnya.
d. Manusia Yadnya.
10. Untuk menanggulangi kerusakan lingkungan , pemerintah mengeluarkan kebijakan kebijakan
dalam bentuk undang undang dan peraturan peraturan . hal ini termasuk upaya secara; ...
a. administratif.
b. Tenologis.
c. edukatif.
d. yudikatif.
11. Berbagai masalah akan dapat ditimbulkan oleh kerusakan hutan . seperti bencana alam
berupa kekeringan, kebanjiran , erosi dan sebagainya . fungsi vital dari hutan adalah; ...
a. untuk mendapatkan kayu sebagai bahan bangunan.
b. sebagai lahan untuk beternak.
c. sebagai objek wisata.
d. sebagai paru parunya dunia.
12. Disamping karena meningkatnya populasi manusia , permasalahan dan kerusakan lingkungan
juga sangan dipengaruhi oleh aktifitas antropogenik yang akan memungkinkan terjadinya; ....
a. perubahan iklim.
b. perubahan etika.
c. perubahan kecerdasan.
d. perubahan intlektual.
13. Meningkatnya populasi manusia akan meningkatkan limbah rumah tangga dan limbah
industri . peningkatan limbah ini dapat mengakibatkan; ....
a. meningkatkan kualitas lingkungan.
b. meningkatkan kualitas pendidikan.
c., meningkatkan kualistas alam.
d. menurunnya kualitas lingkungan
14. Peraturan yang memberikan kewenangan kepada daerah untuk merencanakan ,
memanfaatkan dan mengelola sumberdaya alam yang ada diwilayahnay adalah Undang
Undang Nomor; ...
a. 31 tahun 2002.
b. 32 tahun 2003.
c. 32 tahun 2004.
d. 33 tahun 2004.
15.Menurut para pakar lingkungan , kerusakan lingkungan yang terjadi dewasa ini sudah pada
tahap; ....
a. lokal.
b. regional.
c. lokal dan regional.
d. lokan, regional dan global
II. Essay.
1. Apa yang menyebabkan lahan di baliu terus mengalami kerusakan ?.
Jawab; ........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
2. Apa isi Undang Undang Nomor 32 Tahun 2004 ?.
Jawab ; .......................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
3. Ada beberapa upaya yang dapat ditempuh untuk mengatasi kerusakan lingkungan
sebutkan dan jelaskan;
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
4. Coba sebutkan beberapa penyebab terjadinya kerusakan daerah alioran sungai.
Jawab.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
5. Sampah organik dapat dimanfaatkan dengan didaur ulang maupun tanpa didaur ulang
terlebih dahulu. terutama limbah organik padat. Sebutkan beberapa contoh yang dapat
didaur ulang serta hasil daur ulangnya; ..
Jawab; ........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
6. Sampah yang tidak dapat diuraikan akan tetap sebagai sampah jika dibiarkan dilingkungan
yang dan dapat dimanfaatkan melalui proses penggunaulangan atau daur ulang . Coba
jelaskan fungsi dari adanya penggunaulangan atau pendaurulangan tersebut.
Jawab; .......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
7. Pada dasarnya ada tiga cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dan menanggulangi
pencemaran dan kerusakan lingkungan, sebutkan dan jelaskan; ...
jawab; .......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
8. Kerusakan ndapat memberikan dampak yang sangat luas dan mendalam keberbagai
bidang. sebutkan dampak negatif tersebut; ..
Jawab; ......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
9. Indikator kerusakan lingkungan terkait dengan faktor biodiversitas, apa yang dimaksud
dengan biodiversitas ?.
Jawab; .....................................................................................................................................
.....................................................................................................................................
.....................................................................................................................................
10. Jelaskan permasalahan yang ditimbulkan oleh kepadatan penduduk terhadap kualitas
lingkungan. !.
Jawab; ....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
III. Tugas -tugas
jawablah pertanyaan pertanyaan dibawah ini dengan benar !.
1. Tugas Mandiri
a. Sebutkan beberapa jenis tanaman yang ada dirumahmu !.
Jawab; ....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
b. Bagaimanha cara keluargamu ikut melestarikan lingkungan.
...................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
2. Tugas Kelompok.
a. Coba buat kelompok 3-5 orang . lalu amati lingkungan sekolahmu yang terbersih
( terindah ) atau yang paling kotor dan jorok.
yang diamati lingkungan kelompok guru , kelompok TU, Perpustakaan, lab, ruang
belajar,tempat suci, parkir, kantin dll.
Hasil Pengamatan.
...................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
...................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
...................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
b. Buat program untuk pelestarian lingkungan.
a. Harian.
b. Mingguan.
c. Bulanan.
d. Tri Wulan.
e. Semesteran.
f. Tahunan.
a. Lembar Program Pelestarian Lingkungan harian.
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
b. Lembar Program Pelestarian Lingkungan Mingguan
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
c. Lembar Program Pelestarian Lingkungan Bulanan.
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
d. Lembar Program Pelestarian Lingkungan Tri Wulan.
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
e. Lembar Program Pelestarian Lingkungan Semesteran.
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
f. Lembar Program Pelestarian Lingkungan Tahunan.
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
2. MENGUNGKAPKAN RASA INDAH TERHADAP ALAM.
RINGKASAN MATERI.
Pandanglah alam secara baik dan nikmati keindahannya. tataplah keindahan laut airnya membiru dan ombaknya bergulung serta mahluk dan tumbuhan beraneka ragam ada di dalamnya. Batu karang, palung , seolah olah menambah kekaguman kita . Demikian juga di darat gunung, sungai, pohon bukit, hewan dan sebagainya. Anugrah yang kuasa yang tak ternilai indahnya.
Bagi insan yang beragama rasa syukur dan ungkapan beribu terimakasih kepada Tuhan. Tidak cukup mewakili betapa besar dan agung hasil ciptaannya. Keindahan ini harus dijaga jangan dikotori dan dirusak.
Kita semua mempunyai kewajiban moral untuk menjaga alam ini agar selalu lestari dan dapat diwariskan kepada anak cucu kita mendatang. Corat coret disembarang tempat tindakan primitif segera dihentikan , bahkan harus merasa terpanggil menghilangkan coretan coretan yang ada dan mengganggu pemandangan itu. buatlah kelompok kecil yang menyasar pelestarian lingkungan dan sadarkan orang orang disekitar kita yang suka usil dan corat coret.
Mencorat coret bangku, tembok, pohon, batu, obyek obyek wisata sebagai cermin rendahnya kepedulian kita terhadap kelestariang lingkungan dan sekaligus menggambarkan bangsa yang tidak maju.
Dalam sastra -sastra dapat kita temukan syair -syair yang disusun atau diciptakan oleh para sastrawan atau para rakawi yang kebanyakan menceriterakan keindahan panorma alam digunung dan di pantai maupun dihutan sangat " Nglangunin " atau sangat menghasilkan dan dapat menenangkan pikiran yang susah atau dapat refressing untuk menghilangkan stress. karena dikota pemandangan serba sempit dan udara sudah kena polusi. Walaupun sudah banyak dibuat taman taman , tetapi dak dapat menyamai keindahan alam yang sebenarnya yaitu asri dan menawan hati. terutama kesejukan udaranya sangat terasa sekali. beberapa panorama alam yang indah di pulau bali seperti Gunung Batur dan Danau baturnya, bedugul dan danau beratan, danau tamblingan , Air terjun gitgit , pantai lovina, pantai kuta, pantai sanur dan masih banyak sekali obyek obyek wisata lainnya dapat mengundanjg wisatawan lokal maupun manca negara untuk menikmatinya.
Sebagai generasi muda yang baik dan terpuji jagalah alam lingkungan kalian dengan baik Dan semoga kalian diberi berkah keselamatan dan kesejahtraan hidup
LEMBAR KERJA SISWA.
A. Asah Suara Hati.
1. Sebutkan empat cara mencegah sifat buruk teman kalian uang suka corat coret disembarang
tempat.
Jawab; .............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
2. Bagaimana cara menjaga keindahan sekolahmu,!.
Jawab; ..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
3. Apa manfaat keindahan bagi kalian . sebutkan dua manfaat !.
Jawab; .............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
4. Alam yang indah ini tercipta oleh Tuhan Yang Maha Esa. menurut kalian bagaimana cara
memanfaatkan dengan cara yang bijak. ?.
Jawab; .............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
5.Bagaimana alam yang ada dilingkungan kalian ?. amati baik dan buruknya untuk dicatan.
jawab; ..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
UJI KOMPETENSI
I. Berilah tanda silang ( x) pada huruf a . b. c. atau d. di depan jawaban yang kamu anggap
paling benar.
1. Kita perlu berpartisipasi mejaga ketertiban dan keindahan ...
a. disekolah.
b. di rumah sakit.
c. dimanasaja kita berada.
d. dirumah.
2. Apa yang paling tepat dipakai untuk menyebut tanggung jawab dalam hal ikut menjaga
kelestarian dan keindahan lingkungan.
a. tanggung jawab akibatnya.
b. tanggung jawab moral.
c. tanggung jawab bersama.
d. tanggung jawab pribadi.
3. Berikut ini merupakan manfaat daripada keindahan bagi kita. kecuali.
a. dapat memicu sikap egoisma.
b. dapat menumbuhkan ide positif.
c. dapat menyenangkan pikiran.
d. dapat menyenangkan perasaan.
4. Keindahan alam ini bisa kita nikmati apabila.
a. keberadaannya sangat menedihkan.
b. kelestariannya kita jaga.
c. keberadaannya kita campakan.
d. keberadaannya sudah tercemar.
5. Tertitnya Undang Undang No; 5 tahun 1990 menandakan bahjwa pemerintah Indonesia peduli
dengan lingkungannya . UU tersebut memuat tentang.
a. penataan penduduk dan lingkungannnya.
b. penataan perkotaan dan lingkungannya.
c. penataan budaya dan lingkungan.
d. konsefasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya.
6. Menanam dan memelihara berbagaimacam tanaman bermanfaat disekitar lingkungan
pekarangan rumah kita berarti yang bersangkutan telah ikut berupaya...
a. menanggulangi bahaya banjir.
b. melestarikan lingkungan.
c. melakukan kegiatan reboisasi.
d. merusak lingkungan.
7. Berupaya merusak lingkungan disekitar kita berarti yang bersangkutan telah berbuiat;..
a, memeliharanya.
b. melestarikannya.
c. menjaga dari pencemaran.
d. merusak dirinya sendiri.
8. Lingkungan sekitar kitasekarang kondisinya sudah tercemar berat, pencemaran itu terjadi
paling banyak diakibatkan oleh adanya..
a. limbah besar.
b. kegiatan peternakan.
c. limbah rumah tangga.
d. kegiatan pertanian.
9. Keberadaan lingkungan itu memberikan pengaruh besar terhadap kelangsungan hidup
manusia . dengan demikian manusia memiliki kewajiban moral untuk...
a. melestarikannya.
b. mengabaikannya.
c. menjualnya.
d. merusaknya.
10.Analisa mengenai dampak lingkungan diatur dengan peraturan pemerintah nomor;...
a. 4 tahun 1982.
b. 29 tqhun 1990.
c. 5 tahun 1960.
d. 29 tahun 1986.
11. Cara yang dilakukan manusia untuk menjaga kelestarian lingkungan . kecuali....
a. reboisasi.
b. cagar alam.
c. ladang perpindah.
d. suaka marga satwa.
12. Kerusakan lingkungan akibat ulah manusia adalah..
a. banjir.
b. gempa.
c angin topan.
d. kemarau panjang.
13. Tanaman umbi umbian yang dapat dipergunakan untuk obat antara lain...
a. jahe.
b. ketela.
c. talas.
d. ubikayu.
14. Air terjun yang indah biasanya terdapat didaerah...
a. daerah dataran.
b. pantsi ysng berbukit.
c. sungai dataran.
d. sungai di pegunungan.
15. Panorama alam yang indah yang berupa danau yang diberi nama danau batur terletak
didaerah...
a. Tabanan.
b. Bangli.
c. Singaraja.
d. Gianyar,
II. Jodohkan pernyataan yang ada disebelah kiri dengan jawaban yang ada disebelah kanan.
No
|
Pernyataan
|
Jawaban
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
Keindahan gunung agung
terletak dikabupaten …
Keindahan dan
kesejukan pantai Sanur dengan matahari terbitnya termasuk wilayah. ….
Burung jalak putih
yang ada di wilayah Bali Barat termasuk wilayah. ….
Keindahan pura Rambut
Siwi terletak di kabupaten. ….
Keindahan Istana
Tampak Siring berada diwilayah. ….
Keindahan Pura
Luhur Uluwatu terletak dikabupaten. ….
Keindahan pantai
tanah Lot dengan Pura Tanah Lot terletak di
kabupaten. ….
Keindahan Danau
batur dengan Gunung baturnya berada diwilayah. ….
Adanya penangkaran
penyu yang sangat menarik dan indah terdapat. ….
|
|
III. Isilah titik
titik dibawah ini dengan jawaban yang
benar.
- Keindahan pemandangan yang ada disekitar lapangan renon , apa nama areal / kawasan tersebut . ….
- Keindahan terumbu karang dilaut bali utara tepatnya terdapat diareal pulau. ….
- Hari lingkungan hidup /pelestarian dengan melaksanakan upacaranya bagi umat hindu setiap. ….
- Indahnya pengairan yang dipakai untuk kepentingan sawah dibali disebut. ….
- Jalan raya /by pas yang menghubungkan Denpasar dengan klungkung bernama. ….
- Hotel yang terbesar di Snur hadiah dari Jepang bernama. ….
- Di Desa Sanur terdapat peninggalan prasasti yang bernama . ….
- Desa Sanur termasuk Kecamatan Denpasar. ….
- Museum yang ada di Sanur ( Sanur Kaja ) adalah. ….
- Di Kota Denpasar yang mempunyai pantai yang indah di desa. ….
IV. Tuliskanlah tanda silang ( x) pada kolom ; S (
bila setuju ), RR ( bila ragu - ragu
)dan TS (
bila tidak setuju ). Lengkap dengan alasannya
untuk pertanyaan
pertanyaan berikut di bawah ini.
No
|
Pernyataan
|
S
|
RR
|
TS
|
Alasan
|
1
|
Alam semesta ini yang
mamiliki keindahan diciptakan oleh Ida Sanghyang Widhi Wasa
|
||||
2
|
Perbuatan manusia itu benar apabila mereka mau menjaga
keindahan lingkungan yang berada
disekitarnya.
|
||||
3
|
Manusia hendaknya selalu
bersaha menyadarkan dirinya
melestarikan alam dengan
keindahan serta orang orang yang
sadar dengan keindahan.
|
||||
4
|
Disekitar sekolah ada corat coret yang dilakukan oleh siswa siswa yang tidak bertanggung
jawab perlu dijaga.
|
||||
5
|
Sesungguhnya keberadaan tanam tanaman disekitar atau disekeliling sekolah menjadi tanggung jawab tukang kebun.
|
V. Diskusikan dengan
kelompok kerja yang telah di bentuk.
- Bagaimana lingkungan sekolah anda bias dikatakan indah dan lestari ?.
Hasil diskusi;
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
- Apa manfaat disekolah anda dibuatkan kebun dan diserahkan pada masing masing kelas untuk merawat / menjaga supaya tetap indah.
Hasil diskusi.:
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
SOAL - SOAL PENGAYAAN
I. Berilah tanda
silang ( x ) pada huruf a, b, c, dan d di depan jawaban yang paling benar.
1. Panorama indah
Tirta Empul berada di kabupaten. …
a)
Karangasem.
b)
Badung.
c)
Gianyar.
d)
Bangli.
2. Lingkungan sekitar kita sekarang kondisinya sudah tercemar barat , pencemaran
itu terjadi paling bnyak
diakibatkan aleh adanya…
a) limbah besar.
b) Kegiatan peternakan.
c) Limbah ruymah tangga.
d) Kegiatan pertanian.
3. Keberadaan
lingkungan memberikan pengaruh
besar terhadap terhadap
kelangsungan manusia , dengan demikian manusia memiliki kewajiban
moral untuk….
a)
Melestarikannya.
b)
Mengabaikannya.
c)
Menjualnya.
d)
Merusaknya.
4. Analisa mengenai
dampak lingkungan diatur dengan peraturan pemerintah
nomor. ….
a)
4 tahun
1982.
b)
29 tahun
1990.
c)
5 tahun
1960.
d)
29 tahun
1986.
5. Cara yang
dilakukan manusia untuk menjaga kelestarian lingkungan .
kecuali ….
a)
Reboisasi.
b)
Cagar alam.
c)
Lading
berpindah.
d)
Swaka marga
satwa.
6. Kerusakan
lingkungan akibat ulah manusia adalah.
a). banjir.
b). gempa.
c). angin topan.
d). kemarau panjang.
7. Tanaman umbi - umbian yang dapat dipergunakan untuk obat antara lain...
a). jahe.
b). ketela.
c). talas.
d). ubi kayu.
8. Air terjun yang indah biasanyua terdapat di daerah. ...
a). Daerah daratan.
b). pantai yang berbukit.
c). sungai daratan
d). sungai di pegunungan.
9. Panorama alam yang indah yang berupa danau yang diberi nama danau batur terletak di
daerah. ....
a). Tabanan.
b). Bangli.
c). Singaraja.
d). Gianyar.
10.keadaan atau kondisi kekuatan sekitar yang mempengaruhi perkembangan dan tingkah
laku organisma disebut. ...
a). Lingkungan alam.
b). Lingkungan sekitar rumah.
c). lingkungan buatan.
d). lingkungan indah.
11. Negara mempunyai peran untuk mencegah agar tidak ada yang mengeksploitasi sumber
daya alam secara berlebihan sehingga dapat merusak lingkungan dan diwujudkan dalam
bentuk Undang -Undang yaitu, ....
a). Undang - Undang Republik Indonesia No.6 Tahun 1990.
b). Undang - Undang Republik Indonesia No.4 Tahun 1990.
c). Undang - Undang Republik Indonesia No.5 Tahun 1990.
d). Undang - Undang Republik Indonesia No.3 Tahun 1990.
12. Daerah-daerah yang telah berhasil membuat laporan neraca kependudukan dan lingkungan
hidup daerah ( NKLD ) diberi penghargaan bernama. ....
a). Kalpataru.
b). Adipura.
c). Global 500
d). panasonic Award.
13. Di tingkat internasional , peringatan hari lingkungan hidup ditandai dengan pemberian
penghargaan kepada perorangan ataupun kelompok atas sumbangan praktis mereka yang
berharga bagi kelestarian lingkungan atau perbaikan lingkungan . penghargaan ini diberi
nama...
a). Global 500.
b). Global Award.
c). kalpataru.
d). Adipura.
14. Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tanggal...
a). 17 Juni.
b). 5 juni.
c). 18 Juli.
d). 20 Januari.
15. upaya lainnya yang juga sering dilakukan berkaitan dengan pelestarian lingkungan , antara
di bawah ini, kecuali. ....
a). menghemat penggunaan sumber daya alam.
b). mengadakan reboisasi.
c). tidak merusak lingkungan.
d). mengeksploitasi lingkungan.
16. Perlindungan alam yang bertujuan melindungi suku bangsa yang terisolir tertentu . misalnya
suku indian di Amerika , suku Asmat di Irian jaya . suku badui di Banten selatan di sebut. ...
a). Perlindungan Pemandangan Alam.
b). Perlindungan Monumen Alam.
c). Perlindungan Swaka margasatwa.
d). Perlindungan Antropologi.
17. Keadaan alam yang menempatidaerah yang luas dan tidak boleh ada rumah tempat tinggal
maupunbangunan bangunan industri tanpa mengubah ciri -ciri ekosistem disebut. ....
a). Perlindungan alam ketat.
b). perlindungan alam terbimbing.
c). Taman Nasional.
d). Perlindungan geologi.
18. perlindungan alam ketat merupakan perlindungan terhadap yang dibiarkan tanpa campur
tangan manusia . kecuali dipandang perlu . Tujuannya untuk penelitian dan kepentingan
ilmiah , misalnya. ...
a). Pulau Komodo.
b). Ujung Kulon.
c). Hutan Amazon.
d). kepulauan Seribu.
19. Keadaan alam ( tanah, flora dan keindahan mempunyai nilai yang khas bagi Ilmu
Pengatahuan dan kebudayaan serta bagi kepentingan umum sehingga dirasa perlu untuk
dipertahankan dan tidak merusak keadaannya disebut. ...
a). cagar alam.
b). swaka margasatwa.
c). flora dan fauna langka.
d). satwa budaya.
20. Perlindungan dan pengawetan alam di Indonesia lahir pada tahun 1912 di. ....
a). Denpasar.
b). Bandung.
c). Bogor.
d). Kalimantan.
21. Menurut sejarah , gerakan perlindungan alam dimulai di Perancis pada tahun. ....
a). 1999.
b). 1845.
c). 1853.
d). 1876.
22. Mencorat - coret bangku, tembok, pohon , batu, obyek-obyek wisata sebagai cermin
rendahnya kepedulian kita terhadap pelestarian. ....
a). penduduk.
b). lingkungan.
c). pekerjaan.
d). flora dan fauna.
23. Beberapa panorama alam yang indah yang ada di bali antara lain. ....
a). Gunung batur, Kebun raya Bedugul, Danau Beratan.
b). Kebun Raya Bogor, , Taman mini Indonesia Indah, Gunung salak.
c). Gunung Rinjani, Pantai Senggigi, Pulau Komodo.
d). Gunung Kratau, Pegunungan Himalaya, Sungai mahakam.
24. kita perlu berpartisipasi menjaga kebersihan dan keindahan . .....
a). di sekolah.
b). di rumah sakit.
c). dimana saja kita berada.
d). di rumah.
25. Apa yang paling tepat dipakai untuk menyebut tanggung jawab dalam hal ikut menjaga
kelestarian dan keindahan lingkungan. ....
a). Tanggung jawab akibatnya.
b). tanggung jawab moral.
c). tanggung jawab bersama.
d). tanggung jawab pribadi.
26. Berikut ini merupakan manfaat dari pada keindahan bagi kita. kecuali. ....
a). dapat memicu sikap egoisma.
b). dapat menumbuhkan ide positif.
c). dapat menyenangkan pikiran .
d). dapat menyenangkan perasaan.
27. Keindahan alam bisa kita nikmati apabila......
a). Keberadaannya sangat menyedihkan .
b). Kelestariannya kita jaga.
c). keberadaannya kita campakkan.
d). keberadaannya sudah tercemar.
28. Terbitnya Undang -Undang No. 5 Tahun 1990 menandakan bahwa pemerintah Indonesia
peduli dengan lingkungannya . UU tersebut memuat tentang. ...
a). penataan penduduk dan lingkungan.
b). penataan perkotaan dan lingklungannya.
c). penataan budaya dan lingkungannya.
d). konservasi sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya.
29. Menanam dan memelihara berbagai macam tanaman bermanfaat
disekitar
lingkungan pekarangan rumah kita
berarti yang bersangkutan
telah ikut berupaya…
a) Menanggulangi
bahaya banjir.
b) Melestarikan
lingkungan.
c) Melakukan
kegiatan reboisasi.
d) Merusak
lingkungan.
30. Berupaya merusak lingkungan sekitar kita
yang bersangkutan telah
berbuat. …
a) Memeliharanya.
b) Melestarikannya.
c) Menjaga
dari pencemaran.
d). Merusak
dirinya sendiri.
31. Mengingat
pentingnya pengelolaan limbah , maka
ditempuh berbagai
cara untuk menangani masalah ini. Ada beberapa cara untuk
menanggulangi masalah limbah yaitu dengan. ….
a) Membuangnya
kelaut.
b) Pembakaran
dan galian sanitasi
c) Mendaur
ulang limbah.
d) Menjual
kepada perusahaan asing.
32. Pengaruh pencemaran air
terhadap kesehatan dapat
menyebabkan
pengakit. ….
a) Kolera,
desentri, gatal-gatal.
b) Mata,
migrain, batuk.
c) TBC.
Influenza.sesak nafas.
d) Paru-paru,
jantung koroner, diabetes.
33. Kawasan atau daerah dimana ada benda-benda hidup dan benda tidak
hidup, tetapi
kawasan itu sudah tercemar atau kena polusi
disebut. ….
a) Pemukiman
elite.
b) Lingkungan
sehat.
c) Lingkungan
tidak sehat.
d) Lingkungan
perkotan.
34. Kawasan daerah dimana ada benda-benda hidup dan benda tidak hidup
Dalam keadaan
bersih , rapid an masih belum tercemar
disebut. ….
a) Lingkungan
sehat.
b) Lingkungan
tidak sehat.
c) Pemukiman
kumuh.
d) Pemukiman.
35. Kegiatan nyata
yang dapat kita lakukan untuk
memelihara kesehatan
lingkungan antara lain
menanam pohon, memberihkan saluran air dan. …
a) Menebangpohon
seenaknya.
b) Membuang
sampah pada tempatnya,
c) Membuang
limbah kesungai atau laut.
d) Membuang
sampah ke selokan.
36. Pemakaian pestisida
oleh petani ternyata dapat
menyebabkan pencemaran
.pupuk komia
yang terlalu banyak akan merusak. …
a) Tanah,
b) Air.
c) Udara.
d) Lingkungan.
37. Lingkungan yang tidak sehat membuat penghuninya mudah terserang
berbagai ….
a) Penyakit.
b) Rejeki.
c) Ketenangan.
d) Keributan.
38. lingkungan sehat merupakan wilayah dimana kerapian dan kebersihan
benda-benda didalamnya terjaga , Lingkungan sehat akan tercapai jika
setiap orang .
…… untuk menjaga kebersihan diri dan kebersihan
lingkungan.
a) Kejujuran.
b) Kesetiaan.
c) Kesadaran.
d) Keiklasan.
39. Jumlah penduduk dunia semakin padat , barang kebutuhan
hidup pun
meningkat.
Perusakan lingkungan terjadi dimana mana , orang semakin
kurang
peduli akan lingkungannya. Kalau hal itu
dibiarkan tentu akan
menimbulkan
berbagai macam akibat yang . ……. Orang
banyak.
a) Menguntungkan.
b) Menghasilkan.
c) Merugikan.
d) Meningkat.
40. Disamping karena meningkatnya populasi manusia ,
permasalahan dan kerusakan
lingkungan juga sangat dipengaruhi oleh aktivitas antropogenik yhang akan
memungkinkan terjadinya. ….,
a) Meningkatnya
kualitas lingkungan.
b) Perubahan
etika.
c) Perubahan
kecerdasan.
d) Perubahan
intelektual.
41. Meningkatnya populasi manusia akan meningkatkan limbah
rumah tangga dan
limbah industri
. peningkatan limbah ini dapat meningkatkan. ….
a) Meningkatnya
kualitas lingkungan.
b) Meningkatnya
kualitas pendidikan.
c) Meningkatnya
kualitas alam.
d) Menurunnya
kualitas lingkungan.
42. Peraturan yang memberikan kewenangan kepada daerah
untuk merencanakan
Memanfaatkan dan mengelola sumberdaya alam yang ada di wilayahnya
adalah
Undang Undang nomor. …..
a) 31
tahun 2002.
b) 32
tahun 2003.
c) 32
tahun 2004.
d) 33
tahun 2004.
43. Bila terjadi perubahan
berupa pengurangan fungsi dari
komponen atau
hilangnya
sebagian komponen yang dapat menyebabkan
putusnya mata rantai
dalam ekosistem,
maka . ….
a) Keseimbangan
lingkungan dapat terganggu.
b) Keseimbangan
lingkungan tetap lestari.
c) Keseimbangan
lingkungan dapat bertahan.
d) Keseimbangan
lingkungan tidak terpengaruh.
44. Meyakini bahwa apa yang ada dimuka bumi ini secara
religius akan
mempengaruhi baik
buruknya kehidupan kita , sehingga kita
akan terpacu untuk
berbuat yang
terbaik bagi lingkungan . hal ini
merupakan contoh melestarikan
lingkungan
melalui . …..
a) Pengembangan
pengetahuan.
b) Pengembangan
nilai nilai social.
c) Pengembangan
penelitian ilmiah.
d) Pengembangan
keimanan dan ketaqwaan.
45. Pemanfaatan sumberdaya alam hamper semuamenghasilkan
limbah /sampah yang
merupakan sisa
sisa atau aktivitas manusia yang tidak
digunakan lagi. Sampah
daun , kertas ,
sisa sisa bahan pertanian dan kulit atau kotoran hewan termasuk.
….
a) Limbah
industri.
b) Limbah
anorganik.
c) Limbah
abiotik.
d) Limbah
organic.
46. Salah satu perilaku /kebiasaan orang bali adalah sehabis menebang pohon ,
maka ranting
pohon yang di tebang tersebut
ditancapkan pada pangkal pohon
yanga habis di tebang . perilaku ini
mengandung nasehat. …
a) Habis
ditebang harus ditanam kembali.
b) Agar
roh yang mendiami kayu tersebut tidak marah.
c) Sebagai
tanda ada ijin menebang kayu tersebut.
d) Agar
selalu berhati hati jika menebang kayu.
47. Upaya yang dilakukan oleh masyarakat Bali untuk memelihara lingkungan agar
tetap
seimbang adalah dengan melaksanakan upacara. …..
a) Bhuta
yadnya.
b) Dewa
yadnya.
c) Rsi
yadnya.
d) Manusia
yadnya.
48. Untuk menanggulangi kerusakan lingkungan , pemerintah
mengeluarkan
kebijakan
kebijakan dalam bentuk Undang - Undang dan peraturan-peraturan .
Hal ini termasuk
upaya secara. ….
a) Administratif.
b) Teknologis.
c) Educatif.
d) Yudikatif.
49. Pencemaran lewat udara
biasanya datang dari asap kendaraan bermotor , asap
industri dan . …..
a) Pembakaran
sampah.
b) Air
limbah industri,
c) Hujan
asam.
d) Limbah
nitrat.
50. Pencemaran air tanah , sungai, udara perkotaan,
kontaminasi tanah oleh sampah ,
hujan asam ,
perubahan iklim global , penipisan lapisan ozon, kontaminasi
zat radio
aktif merupakan masalah yang harus
segera diatasi secara. …..
a) Individual.
b) Bersama.
c) Perorangan.
d) Organisasi
tertentu saja.
II. Isilah titik – titik dibawah ini dengan jawaban yang benar !
- Suatu kawasan khusus untuk melindungi binatang tertentu agar tidak punah disebut. ….
- Secara umum yang menyebabkan ketidak seimbangan alam yaitu; perkembangan tehnologi dan . …..
- Lingkungan sekitar kita sekarang kondisinya telah tercemar berat . pencemaran itu terjadi paling banyak diakibatkan oleh adanya. …….
- Oksigen sangat bermanfaat dalam kehidupan manusia yang merupakan sumber langsung pemasok oksigen adalah. ….
- Untuk menghindari terjadinya abrasi maka disepanjang pinggiran pantai perlu ditata dengan cara. ….
- Alam semesta ini yang memiliki keindahan diciptakan oleh. …….
- Kita perlu berpartisipasi menjaga kebersihan dan keindahan . …..
- Adanya penangkaran penyu yang sangat menarik dan indah terdapat. …..
- keindahan Gunung Agung terletak dikabupaten. …..
- Menanam dan memelihara berbagai macam tanaman yang bermanfaat disekitar lingkungan pekarangan rumah kita berarti yang bersangkutan telah ikut berupaya. ……
- Keberadaan lingkungann itu memberikan pengaruh besar terhadap kelangsungan hidup manusia, dengan demikian manusia memiliki kewajiban moral untuk. …..
- Air terjun yang indah biasanya terdapat di daerah. …..
- Pencemaran udara dapat diklasifikasikan menjadi dua macam berdasarkan ….
- Menjadi asinnya air tanah sehingga menjadikan tanah tidak baik untuk tanaman disebut. …..
- Terganggunya kesehatan air yang normal sebagai akmibat terkontaminasi oleh cairan kimia berbahaya disebut. …..
- Keindahan pemandangan yang ada disekitar lapangan renon , apa nama kawasan areal tersebut. …..
- keindahan trumbu karang dilaut Bali utara tepatnya terdapat diareal pulau. …
- Hotel yang terbesart di Sanur hadiah dari Jepang bernama. ….
- Indahnya pengairan yang dipakai untuk kepentingan sawah di bali disebut . ....
- Jalan raya / by pass yang menghubungan denpoasar dengan Klungkung bernama. .....
- Pemeliharaan dan pengembangan lingkungan hidup harus dilakukan dengan cara yang rasional antara lain. .....
- Mengganti / menanami kembali hutan yang telah ditebang disebut. ....
- Undang-Undang Republik Indonesia No. 5 tahun 1990 berisi tentang. .....
- Manusia yang sudah memahami dan menerapkan prinsip prinsip ekologi dan etika lingkungan disebut. .....
- Daerah daerah yang terbersih dan berhasil membuat laporan neraca kependudukan serta lingkungan hidup daerah ( NKLD ) diberikan penghargaan disebut. .....
- mereka yang mengubah lingkungan hidup yang kritis menjadi subur kembali diberikan penghargaan yang disebut. ......
- Setiap tanggal 5 Juni diperingati sebagai hari. .....
- Panorama alam yang indah Tanah Lot terdapat di kabupaten. .....
- perlindungan alam yang bertujuan melindungi benda benda tertentu , misalnya goa , air tenjun, disebut perlindungan. ........ alam.
- Perlindungan alam yang bertujuan melindungi komunitas tertentu , misalnya Kebun Raya Bogor, disebut perlindungan alam. .....
- Sampah, limbah rumah tangga , limbah industri/pabrik , bangkai binatang yang hanyut, sisa -sisa pupuk kimia , dan kebiasaan jelek membuang hajat di sungai dapat mencemarkan. ....
- Sisa sisa pembakaran berupa gas karbon dioksida , asap pabrik atau industri , pembakaran hutan, pembakaran sampah , debu dari mesin penggiling padi , debu dari crobong pembuat kapur , dan buangan sampah atau bangkai di sembarang tempat dapat mencemarkan. .....
- Kawasan atau daerah dimana ada benda benda hidup dan benda benda tidak hidup dalam keadaan bersih , rapi dan belum tercemar disebut. .....
- Adapun macam macam pencemaran menurut tempat terjadinya dapat dibedakan menjadi. .....
- Menumbuh kembangkan kesehatan lingkungan dengan cara melestarikan dan menjaga kebersihan lingkungan /bumi dan isinya dengan penuh kasih sayang termasuk contoh sikap. .....
- Punahnya species , peledakan hama, gangguan keseimbangan lingkungan, kesuburan tanah berkurang , keracunan dan penyakit adalah efek . ..............
- Macam-macam pencemaran dilihat dari bahannya adalah. ........
- Namun ironisnya kenyataan yang terjadi justru penyebab terjadinya pencemaran lingkungan sebagian besar disebabkan oleh. .......
- Segala sesuatu yang dapat menyebabkan pencemaran dinamakan. ......
- Pencemaran lingkungan terdiri dari dua kata pencemaran dan lingkungan. Kata pencemaran berasal dari kata cemar yang artinya. ....
1. Apa yang dimaksud dengan sumberdaya alam.?
Jawab. .............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
2. Sebutkan usaha dan upaya yang dilakukan dalam menjaga kelestarian lingkungan alam !.
Jawab.
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
3. Sebutkan hasil-hasil tanaman perkebunan !.
Jawab.
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
4. Sebutkan usaha -usaha yang dilakukan dalam mengatasi air limbah. !
Jawab.
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
5. Sebutkan akibat yang ditimbulkan kemarau panjang terhadap lingkungan sekitar. !.
Jawab.
.............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
6. Jelaskan apa yhang dimaksud kemarau panjang.!
Jawab. .............................................................................................................................................
6. Jelaskan apa yhang dimaksud kemarau panjang.!
Jawab. .............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
7. Sebutkan kerusakan-kerusakan lingkungan akibat terjadinya banjir.
Jawab. .............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
8. Ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara mahluk hidup dengan lingkungan disebut ekologi.
Jelaskan hubungan timbal bali mahluk hidup ( manusia ) dengan lingkungan !.
Jawab. .............................................................................................................................................
7. Sebutkan kerusakan-kerusakan lingkungan akibat terjadinya banjir.
Jawab. .............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
8. Ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara mahluk hidup dengan lingkungan disebut ekologi.
Jelaskan hubungan timbal bali mahluk hidup ( manusia ) dengan lingkungan !.
Jawab. .............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
9. Jelaskan apa yang dimaksud dengan polusi.
Jawab. .............................................................................................................................................
9. Jelaskan apa yang dimaksud dengan polusi.
Jawab. .............................................................................................................................................
.............................................................................................................................................
10. Jelaskan apa yang dimaksud dengan erosi !
Jawab. ..........................................................................................................................................
10. Jelaskan apa yang dimaksud dengan erosi !
Jawab. ..........................................................................................................................................
............................................................................................................................................
11.Apa manfaat keindahan panorama alam bagi kita.!
Jawab. ...........................................................................................................................................
11.Apa manfaat keindahan panorama alam bagi kita.!
Jawab. ...........................................................................................................................................
............................................................................................................................................
12. Sebutkan beberapa panorama alam yang ada di bali.!
Jawab. ..........................................................................................................................................
12. Sebutkan beberapa panorama alam yang ada di bali.!
Jawab. ..........................................................................................................................................
............................................................................................................................................
13. Bagaimana alam yang ada dilingkungan kalian ?. amati baik dan buruknya untuk dicatat !
Jawab. .........................................................................................................................................
13. Bagaimana alam yang ada dilingkungan kalian ?. amati baik dan buruknya untuk dicatat !
Jawab. .........................................................................................................................................
............................................................................................................................................
14. Bagaimana cara menjaga keindahan lingkungan rumahmu. ?
Jawab. .........................................................................................................................................
14. Bagaimana cara menjaga keindahan lingkungan rumahmu. ?
Jawab. .........................................................................................................................................
...........................................................................................................................................
15.Apa yang menyebabkan lahan di bali terus mengalami kerusakan.!
Jawab. .........................................................................................................................................
15.Apa yang menyebabkan lahan di bali terus mengalami kerusakan.!
Jawab. .........................................................................................................................................
...........................................................................................................................................
16. Apa isi Undang-Undang No. 32 tahun 2004. ?
Jawab. .........................................................................................................................................
16. Apa isi Undang-Undang No. 32 tahun 2004. ?
Jawab. .........................................................................................................................................
...........................................................................................................................................
17. Ada beberapa upaya yang dapat ditempuh untuk mengatasi kerusakan lingkungan sebutkan dan
jelaskan.!
Jawab. .........................................................................................................................................
17. Ada beberapa upaya yang dapat ditempuh untuk mengatasi kerusakan lingkungan sebutkan dan
jelaskan.!
Jawab. .........................................................................................................................................
...........................................................................................................................................
18.Coba sebutkan beberapa penyebab terjadinya kerusakan daerah aliran sungai !.
Jawab. .........................................................................................................................................
18.Coba sebutkan beberapa penyebab terjadinya kerusakan daerah aliran sungai !.
Jawab. .........................................................................................................................................
...........................................................................................................................................
19. Sampah organik dapat dimanfaatkan dengan didaur ulang maupun tanpa di daur ulang terlebih dahulu.
terutama limbah organik padat . Sebutkan beberapa contoh yang dapat didaur ulang serta hasil daur
ulangnya. !
Jawab. .........................................................................................................................................
19. Sampah organik dapat dimanfaatkan dengan didaur ulang maupun tanpa di daur ulang terlebih dahulu.
terutama limbah organik padat . Sebutkan beberapa contoh yang dapat didaur ulang serta hasil daur
ulangnya. !
Jawab. .........................................................................................................................................
...........................................................................................................................................
20. Sampah yang tidak dapat diuraikan akan tetap sebagai sampah jika dibiarkan di lingkungan dan dapat
dimanfaatkan melalui proses penggunaulangan atau daur ulang . Coba jelaskan fungsu dari adanya
penggunaulangan atau pendaurulangan tersebut.
Jawab. .........................................................................................................................................
20. Sampah yang tidak dapat diuraikan akan tetap sebagai sampah jika dibiarkan di lingkungan dan dapat
dimanfaatkan melalui proses penggunaulangan atau daur ulang . Coba jelaskan fungsu dari adanya
penggunaulangan atau pendaurulangan tersebut.
Jawab. .........................................................................................................................................
............................................................................................................................................
The And
The And
Tidak ada komentar:
Posting Komentar