Halaman

Kamis, 20 Desember 2012

BAHAN AJAR PENDIDIKAN B P . KELAS IX SEMESTER 2

SIKAP PEDULI TERHADAP KERUSAKAN LINGKUNGAN


RINGKASAN MATERI


                      Lingkungan merupakan  tempat menausia menjalani segala aktifitas  kehidupan. Lingkungan sangat besar pengaruhnya  terhadap kelangsungan kehidpan manusia. kerusakan lingkungan yang terjadi  dewasa ini semakin komplek baik dalam tatanan  lingkungan global , regional  dan lokal. Untuk mencagah  peningkatan kerusakan  lingkungan tersebut  berbagai kesepakatan internasiona.  telah dibuat. namun kenyataan yang terjadi  permasalahan dan kerusakan  lingkungan terus saja  meningkat , seirama  dengan meningkatnya  arogansi manusia untuk mengekploitasi  sumber daya alam yang ada. Indonesia telah memiliki Undang Undang  Nomor 32 tahun 2004 yang mewajibkan  pemerintah daerah  untuk melaksanakan  pengendalian lingkungan hidup.

                    Peraturan tersebut mamberikan kewenangan  kepada daerah untuk merencanakan , memanfaatkan  dan mengelola sumberdaya  alam yang ada  diwilayahnya. Daerah dapat mengangkat  dan memperdayakan   segala kearifan lokal  yang ada  sehingga terwujudnya pembangunan yang berkelanjutan  yang berwawasan lingkungan.

                     Dewasa ini yang menjadi permasalahan  lingkungan adalah semakin bertambahnya populasi  manusia. Meningkatnya populasi manusia / kepadatan penduduk  akan meningkatkan pula  kebutuhan pangan , bahan bakar,  pemukiman dan kebutuhan dasar lainnya . Semua ini nantinya  akan berpengaruh juga  terhadap meningkatnya  limbah rumah tangga dan  limbah industri . Peningkatan limbah ini  berpengaruh pula terhadap perubahan  kualitas lingkungan hidup,  terutama di negara yang sedang berkembang seperti Indonesia. 

                    Selain itu kerusakan lingkungan , juga sangat dipengaruhi  oleh aktifitas antropogenik  yang akan memungkinkan terjadinya  perubahan iklim  sehingga akan memberikan ancaman  yang lebih luas terhadap  kerusakan lingkungan. Dalam kondisi alami , lingkungan dengan segala keragamannya  mampu utnuk menyeimbangkan  keadaan. namun tidak tertutup pula kemungkinan kondisi yang demikian itu  dapat berubah oleh campur tangan manusia  dengan segala aktifitas  pemenuihan kebutuhan yang terkadang  melampaui batas. Kerusakan lingkungan di Indonesia , khususnya di bali sudah tergolong cukup tinggi . 

Ada beberapa kerusakan lingkungan  antara lain ;  
1. Kerusakan hutan  dapat memberikan dampak yang sangat luas  dan mendalam  kebergai bidang .                  kerusakan hutan seperti bencana alam  berupa kekeringan, kebanjiran, erosi dan sebagainya,               
    yang     dapat    memberikan dampak negatif  baik secara material, maupun spiritual.  Perubahan 
    lingkungan mempengaruhi aspek  kehidupan.
2. kerusakan keanekaraman hayati , Kerusakan keanekaragaman hayati  dapat dikenali dengan mudah
    baik secara langsung maupun tidak langsung. Indikator kerusakan lingkungan terkait  dengan fator 
    biodiversitas . Biodiversitas adalah terganggunya kondisi fisik habitat , terputusnya mata rantau makanan
    berkurangnya popilasi , bertambahnya populasi yang tidak wajar , berkurangnya jenis biotik langka , 
    rekayasa genetika, kulturjaringan, hidroponik  dan lain sebagainya. Di Bali banyak habitat yang sudah 
    tergolong langka  sudah hampir punah, seperti harimau, jalak putih dan kalong.
3. Kerusakan lahan akibat penambangan  galian C  di Bali,  tertama disebabkan oleh adanya  penambangan
    liar dan penambangan tanpa izin , Jumlah pengusaha yang tidak memiliki SIPD ( Surat Ijin Penambangan
    Daerah )  sangat banyak. Kerusakan lingkungan akibat penambangan galian C  yang pertama adalah; 
    Berubahnya bentang lahan yang berupa terbukanya lahan  dan perubahan topografi . lahan yang terbuka 
    akan menjadi gersang , tumbuh tumbuhan dan hewan akan hilang  dan berganti. pada beberapa lahan 
    seperti pertambangan  batu kapur , batu padas,  untuk mengemballikan menjadi lahan hijau  memerlukan 
    waktu yang sangat lama.
4. Kerusakan daerah aliran sungai ( DAS )  belakangan ini semakin  meningkat.. Jika hal ini tidak ditangani 
    dengan serius  maka ancaman terhadap degradasi kualitas daerah  aliran sungai  lambat laun dapat   
     mencapai tingkat  yang semakin kritis. Beberapa penyebab  terjadinya kerusakan  daerah aliran sungai  
    adalah karena sering terjadi banjir , terjadi erosi  di bagian hulu  dan pendangkalan dibagian hilir  dan 
    adanya letusan gunung berapi.
5. Permasalahan sampah dan limbah . Semua kegiatan memanfaatan  sumberdaya alam . Dari pemanfaatan
    sumberdaya alam  tersebut  hampir selalu menghasilkan limbah /sampah yang merupakan sisa sisa dan 
    aktifitas manusia yang tidak digunakan lagi. Jumlah penduduk yang besar dengan segala aktivitasnya 
    yang dilakukan telah mendorong  terjadinya berbagaoi bentuk pencemaran , seperti  pencemaran terhadap
    air , tanah maupun udara  yang berasal dari emisi  buang gas.

                       Terjadinya degredasi  kualitas lingkungan  juga disebabkab karena apresiasi masyarakat akan pentingnya  menjaga kelestarian lingkungan  masih sangat rendah . Sikap dan tanggung jawab  masyarakat produsen  ( pabrik )  dan perilaku masyarakat konsumen  masih belum banyak  memperhatikan kelestarian lingkungan. Masih banyak kita lihat bahwa penggunaan barang barang berupa plastik , kaleng dan sejenisnya  yang bersifat " undegradeble " ( Tidak terurai oleh alam )  yang ahirnya harus dibuang begitu saja kelingkungan dengan tanpa memperhatikan  dampaknya . Dipihak lain sistem penanganan  dan pengelolaan  limbah padat ( sampah )  belum seimbang dengan jumlah sampah , pengelolaan sampah selama ini  masih terpaku pada penyelesaian  ditingkat pengumpulan akhir ( and pipe )  yang disebut TPA  ( tempat pembuangan akhir ). Upaya upaya penguranganh sampah ( Reduce)  dari sumber hasil sampah  masih belum banyakl  memberikan hasil. Kesadaran masyarakat  untuk berperilaku untuk mengurangi sampah , apalagi memilah sampah  masih jauh dari harapan. . Menyadari hal tersebut maka  perlu ada upaya upaya  untuk mencegah  dan menanggulangi  kerusakan lingkungan oleh semua pihak. 


                         Ada tiga cara yang dapat dilakukan  untuk mencegah dan menanggulangi  pencemaran dan  kerusakan  lingkungan , yaitu secara  administratif , secara teknologis dan secara educatif /pendidikan.

1. Secarara administratif , pada umumnya dilakukaan oleh peperintah , dengan cara mengeluarkan  kebijakan
    kebijakan dam bentuk Undang Undang  dan peraturan peraturan  untuk mencehak  pencemaran 
    lingkungan  serta ekploitasi  sumberdaya alam  secara berlebihan. 
2. Secara Teknologis, dapat dilakukan dengan mengadakan  unit pengolahan terhadap limbah terhadap  
    limbah yang ditimbulkan oleh suatu industri  sebelum dibuang kelingkungan , agar limbah tersebut tidak 
    mencemari lingkungan.
3. Secara Educatif /pendidikan. misalnya melalui berbagai kegiatan  penguluhan  masyarakat  dan kompanye mengenai  pentingnya lingkungan  yang bersih , indah, sehat dan lestari.

                       Langkah langkah yang perlu dilakukan  untuk mengurangi pencemaran  dan kerusakan  lingkungan  adalah memanfaatkan  kembali sampah  tersebut melalui proses  penggunaulangan atau pendaurulangan adalah; 

1. Menghemat sumberdaya alam , terutama sumberdaya alam yang tek terpulihkan .
2. Mengurai sampah , sehingga mencegah pencemaran.

                       Berdasarkan njenis bahan penyusunnya , maka limbah tersebut dapat dibedakan menjadi dua., yaitu limbah organik  dan limbah anorganik.Limbahg organik merupakan sisia sisa  bahan hidup , seperti sampah daun, kertas, sisa sisa bahan pertanian  dan kulit natau kotoran hewan. 

Limbah Anorganik merupakan sisa sisa aktifitas  yang terdiri dari bahan bahan  tak hidup atau bahan sintetis, seperti minyak bumi , sisa sisa bahan kimia , kaleng aluminium dan besi . Agas sumberdaya alam dapat lestari, maka adanya kepedulian  dengan mmengembangkan etika lingkungan. Etika lingkungan pada dasarnya  adalah perbuatan apa yang dinilai baik  untuk lingkungan  dan apa yang tidak baik  untuk lingkungan. Prinsip prinsip etika lingkungan  adalah prinsip yang mengatur sikap  dan tingkah laku  manusia dengan lingkungan.

LEMBAR KERJA SISWA.


A. Asah Suara Hati.


     Dibeberapa tempat yang dianggap penting , pemerintah memasang tanda larangan  untuk mendirikan 

     bangunan  dengan maksud membuat kawasan jalur hijau . namun kenyataannya  justru di jalur tersebut 
     rumah rumah , pertokoan,  dan bahkan usaha usaha yang besar  berdiri dengan ntegaknya. bagaimana 
     tanggapan anda  tentang hal tersebutn  dan apa saran anda  kepada pemerintah  yang terkait dengan 
     pelestarian lingkungan.
     ..........................................................................................................................................................
     ..........................................................................................................................................................
     ..........................................................................................................................................................
     ..........................................................................................................................................................
     ..........................................................................................................................................................
     ..........................................................................................................................................................
B.Tugas  Membuat Kliping.
    
NO
Kasus Pencemaran
 Dampak
Usaha Penanggulangan
1
………………...........

………………...........
……………………...
………………………
………………………
………………………
………………...........
……………………...
………………………
………………………
………………………
2.
………………...........

………………...........
……………………...
………………………
………………………
………………………
………………...........
……………………...
………………………
………………………
………………………
3
………………...........

………………...........
……………………...
………………………
………………………
………………………
………………...........
……………………...
………………………
………………………
………………………
4
………………...........

………………...........
……………………...
………………………
………………………
………………………
………………...........
……………………...
………………………
………………………
………………………
5
………………...........

………………...........
……………………...
………………………
………………………
………………………
………………...........
……………………...
………………………
………………………
………………………






























                                                             UJI KOMPETENSI

I.Silanglah ( X ) pada huruf a, b, c, atau d.  di depan jawaban yang paling benar,

1. Di bawah ini adalah merupakan contoh  sikap peduli  terhadap kelestarian lingkungan . 

    kecuali; ...
    a. mencegah orang mebuang sampah  kesungai.
    b. memberikan ceramah tentang pentingnya  lingkungan yang sehat.
    c. membuat karya tulis tentang pentingnya lingkungan.
    d. menayangkan film film tentang  kerusakan lingkungan.
2. Banyak kita lihat penggunaan terhadap  barang barang berupa plastik , kaleng dan sejenisnya 
    yang bersifat "undegradeble " yang ahirnya harus dibuang begitu saja  kelingkungan dengan 
    tanpa memperhatikan dampaknya. Undegradeble " artinya; ..
    a. tidak terurai oleh alam.
    b. mudah hancur.
    c. cepat terurai oleh alam.
    d. sanghat berguna.
3. Kompos sangat berguna untuk menuburkan tanah  sehingga tanaman bisa tumbuh  dengan  
    baik. kompos merupakan hasil daur ulang  dari ; ... 
    a. limbah organik.
    b. limbah anorganik.
    c. limbah abiotik.
    d, limbah minyak bumi.  
4. Sisa sisa aktifitas yang berasal dari haban  tak hidup  atau bahan sintetis , seperti minyak
    bumi, sisa sisa bahan kimia , kaleng aluminium dan besi termasuk ....
     a.  limbah organik.
     b. limbah anorganik.
     c. limbah abiotik.
     d. limbah rumah tangga.
5. Bilka terjadi perubahan berupa  pengurangan fungsi dari komponen atau hilangnya  sebagian 
    komponen  yang dapat menyebabkan putusnya  mata rantai  dalam ekosistem . maka ....
    a. keseimbangan lingkungan dapat terganggu.
    b. keseimbangan lingkungan tetap lestari.
    c. keseimbangan lingkungan  dapat tertahan.
    d. keseimbangan lingkungan  tidak terpengaruh 
6. Meyakini bahwa  apa yang ada di dunia ini  secara religius akan mempangaruhi  baik buruknya 
    kehidupan kita , sehingga kita akan terpacu  untuk berbuat yang terbaik  bagi lingkungan . 
    Hal ini merupakan contoh  melestarikan lingkungan melalui;m ...
    a. pengembangan pengetahuan.
    b. pengembangan nilai nilai sosial.
    c. pengembangan penelitian ilmiah.
    d. pengembangan keimanan dan ketakwaan.
7. Pemanfaatan sumberdaya alam  hampir semua menghasilkan limbah /sampah  yang merupakan 
    sisa sisa aktifitas  manusia yang tidak digunakan lagi , Sampah daun, kertas,  sisa sisa bahan 
    pertanian  dan kulit atau kotoran  hewan termasuk....
    a. limbah industri.
    b. limbah organik.
    c. limbah abiotik.
    d. limbah organik.
8. Salah satu perilaku atau kebiasaan  orang bali adalah  sehabis menebang pohon , maka ranting 
    pohon yang ditebang  tersebut ditancapkan  pada pangkal pohon yang ditebang, perilaku ini 
    mengandung makna; ...
    a. habis menebang harus ditanami kembali.
    b. agar roh yang mendiami kayu tersebut tidak marah.
    c. sebagai tanda ada ijin menebang kayu tersebut.
    d. agar selalu berhati hati  jika menebang kayu.
9. Upaya yang dilakukan oleh masyarakat Bali untuk memelihara lingkungan  agar tetap 
    seimbang  adalah dengan melaksanakan upacara; ...  
    a. Bhuta Yadnya.
    b. Dewa Yadnya.
    c.  Rsi Yadnya.
    d. Manusia Yadnya.
10. Untuk menanggulangi kerusakan lingkungan , pemerintah mengeluarkan kebijakan kebijakan
      dalam bentuk undang undang  dan peraturan peraturan . hal ini termasuk upaya secara; ...
      a. administratif.
      b. Tenologis.
      c. edukatif.
      d. yudikatif.
11. Berbagai masalah akan dapat ditimbulkan  oleh kerusakan hutan . seperti bencana alam  
     berupa kekeringan, kebanjiran , erosi dan sebagainya . fungsi vital dari hutan adalah; ...
      a. untuk mendapatkan kayu sebagai bahan bangunan.
      b. sebagai lahan untuk beternak.
      c. sebagai objek wisata.
      d. sebagai paru parunya dunia.
12. Disamping karena meningkatnya populasi manusia , permasalahan dan kerusakan lingkungan 
      juga sangan dipengaruhi oleh aktifitas  antropogenik yang akan memungkinkan  terjadinya; ....
      a. perubahan iklim.
      b. perubahan etika.
      c. perubahan kecerdasan.
      d. perubahan intlektual.
13. Meningkatnya populasi manusia  akan meningkatkan limbah rumah tangga  dan limbah 
      industri . peningkatan limbah ini dapat  mengakibatkan; ....
      a. meningkatkan kualitas lingkungan.
      b. meningkatkan kualitas pendidikan.
      c., meningkatkan kualistas alam.
      d. menurunnya kualitas lingkungan
14. Peraturan yang memberikan kewenangan  kepada daerah  untuk merencanakan , 
      memanfaatkan  dan mengelola sumberdaya alam  yang ada diwilayahnay  adalah Undang 
      Undang Nomor; ...
      a. 31 tahun 2002.
      b. 32 tahun 2003.
      c. 32 tahun 2004.
      d. 33 tahun 2004.
15.Menurut para pakar lingkungan , kerusakan lingkungan yang terjadi dewasa ini  sudah pada 
     tahap; ....
      a. lokal.
      b. regional.
      c. lokal dan regional.
      d. lokan, regional dan global

II. Essay.

      1. Apa yang menyebabkan  lahan di baliu terus mengalami kerusakan ?.
          Jawab; ........................................................................................................................................
                       ........................................................................................................................................
                       ........................................................................................................................................

      2. Apa isi Undang Undang  Nomor 32 Tahun 2004  ?.
          Jawab ; .......................................................................................................................................
                       ........................................................................................................................................
                       ........................................................................................................................................

      3. Ada beberapa upaya  yang dapat ditempuh untuk mengatasi  kerusakan lingkungan 
          sebutkan dan jelaskan; 
                       ........................................................................................................................................
                       ........................................................................................................................................
                       ........................................................................................................................................

      4. Coba sebutkan  beberapa penyebab  terjadinya kerusakan  daerah alioran sungai.
           Jawab.........................................................................................................................................
                      .........................................................................................................................................
                      .........................................................................................................................................

      5. Sampah organik dapat dimanfaatkan  dengan didaur ulang  maupun tanpa didaur  ulang 
          terlebih dahulu. terutama limbah organik padat. Sebutkan beberapa contoh yang dapat 
          didaur  ulang  serta hasil daur ulangnya; ..
          Jawab; ........................................................................................................................................
                       ........................................................................................................................................
                       ........................................................................................................................................

      6. Sampah yang tidak dapat diuraikan akan tetap sebagai sampah  jika dibiarkan dilingkungan 
          yang dan dapat dimanfaatkan  melalui proses penggunaulangan  atau daur ulang . Coba 
          jelaskan fungsi dari adanya  penggunaulangan atau pendaurulangan  tersebut.
          Jawab; .......................................................................................................................................
                       .......................................................................................................................................
                       .......................................................................................................................................

      7. Pada dasarnya ada tiga cara  yang dapat dilakukan untuk mencegah  dan menanggulangi 
          pencemaran  dan kerusakan lingkungan, sebutkan dan jelaskan; ...
          jawab; .......................................................................................................................................
                      .......................................................................................................................................
                      .......................................................................................................................................

      8. Kerusakan ndapat memberikan dampak  yang sangat luas dan mendalam  keberbagai 
          bidang. sebutkan dampak negatif tersebut; ..
          Jawab; ......................................................................................................................................
                       ......................................................................................................................................
                       ......................................................................................................................................

      9. Indikator kerusakan lingkungan terkait dengan faktor biodiversitas, apa yang dimaksud 
          dengan biodiversitas ?.
          Jawab; .....................................................................................................................................
                       .....................................................................................................................................
                       .....................................................................................................................................

     10. Jelaskan permasalahan  yang ditimbulkan oleh  kepadatan penduduk  terhadap kualitas
           lingkungan. !.
           Jawab; ....................................................................................................................................
                        ....................................................................................................................................
                        ....................................................................................................................................

III. Tugas -tugas
       jawablah pertanyaan pertanyaan dibawah ini dengan  benar !.

1.    Tugas Mandiri
       a. Sebutkan  beberapa jenis  tanaman yang ada dirumahmu !.
           Jawab; ....................................................................................................................................
                        ....................................................................................................................................
                        ....................................................................................................................................
                        ....................................................................................................................................
                        .................................................................................................................................... 
                        ....................................................................................................................................
                        ....................................................................................................................................
                        ....................................................................................................................................
                        ....................................................................................................................................
                        ....................................................................................................................................
                        .................................................................................................................................... 

       b. Bagaimanha cara keluargamu  ikut melestarikan lingkungan.        
                        ...................................................................................................................................
                        ....................................................................................................................................
                        ....................................................................................................................................
                        ....................................................................................................................................
                        .................................................................................................................................... 
                        ....................................................................................................................................
                        ....................................................................................................................................
                        ....................................................................................................................................
                        ....................................................................................................................................
                        ....................................................................................................................................
                        ....................................................................................................................................

  2. Tugas Kelompok.
       a. Coba buat  kelompok 3-5 orang . lalu amati lingkungan sekolahmu  yang terbersih
           ( terindah )  atau yang paling kotor dan jorok. 
           yang diamati lingkungan kelompok guru , kelompok TU, Perpustakaan, lab, ruang 
           belajar,tempat suci, parkir, kantin dll.

           Hasil Pengamatan.
           
                        ...................................................................................................................................
                        ....................................................................................................................................
                        ....................................................................................................................................
                        ....................................................................................................................................
                        .................................................................................................................................... 
                        ....................................................................................................................................
                        ....................................................................................................................................
                        ....................................................................................................................................
                        ....................................................................................................................................
                        ....................................................................................................................................
                        ....................................................................................................................................
                        ...................................................................................................................................
                        ....................................................................................................................................
                        ....................................................................................................................................
                        ....................................................................................................................................
                        .................................................................................................................................... 
                        ....................................................................................................................................
                        ....................................................................................................................................
                        ....................................................................................................................................
                        ....................................................................................................................................
                        ....................................................................................................................................
                        ....................................................................................................................................
                        ...................................................................................................................................
                        ....................................................................................................................................
                        ....................................................................................................................................
                        ....................................................................................................................................
                        .................................................................................................................................... 
                        ....................................................................................................................................
                        ....................................................................................................................................
                        ....................................................................................................................................
                        ....................................................................................................................................
                        ....................................................................................................................................
                        ....................................................................................................................................

       b. Buat program untuk  pelestarian lingkungan.
            a. Harian.
            b. Mingguan.
            c. Bulanan.
            d. Tri Wulan.
            e. Semesteran.
            f. Tahunan.

            a. Lembar Program Pelestarian Lingkungan harian.
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 ............................................................................................................................................. 
                  .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
 
            b. Lembar Program Pelestarian Lingkungan Mingguan
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................

                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 ............................................................................................................................................. 
                  .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
 


            c.  Lembar Program Pelestarian Lingkungan Bulanan.
                  .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................

                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 ............................................................................................................................................. 
                  .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
 

            d.  Lembar Program Pelestarian Lingkungan Tri Wulan.
                  .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................

                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 ............................................................................................................................................. 
                  .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
 

            e.  Lembar Program Pelestarian Lingkungan Semesteran.
                .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................

                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 ............................................................................................................................................. 
                  .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
 
 

            f.  Lembar Program Pelestarian Lingkungan Tahunan. 
                  .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................

                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 ............................................................................................................................................. 
                  .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................





2. MENGUNGKAPKAN RASA INDAH TERHADAP ALAM.


                                            RINGKASAN MATERI. 

         Pandanglah alam secara baik  dan nikmati keindahannya. tataplah keindahan laut airnya membiru  dan ombaknya bergulung  serta mahluk dan tumbuhan  beraneka ragam ada di dalamnya. Batu karang, palung , seolah olah menambah kekaguman kita . Demikian juga di darat  gunung, sungai, pohon bukit, hewan dan sebagainya. Anugrah yang kuasa yang tak ternilai indahnya.

          Bagi insan yang beragama  rasa syukur dan ungkapan  beribu terimakasih  kepada Tuhan. Tidak cukup  mewakili betapa besar  dan agung hasil ciptaannya.  Keindahan ini harus dijaga  jangan dikotori dan dirusak.

        Kita semua mempunyai kewajiban  moral untuk menjaga alam ini agar selalu lestari  dan dapat diwariskan kepada anak cucu  kita mendatang. Corat coret disembarang tempat  tindakan primitif segera dihentikan , bahkan harus merasa terpanggil  menghilangkan coretan coretan  yang ada dan mengganggu  pemandangan itu. buatlah kelompok kecil yang menyasar  pelestarian lingkungan dan sadarkan orang orang disekitar kita  yang suka usil dan corat coret.

        Mencorat coret bangku, tembok, pohon, batu, obyek obyek wisata  sebagai cermin rendahnya kepedulian  kita  terhadap kelestariang lingkungan dan sekaligus menggambarkan bangsa yang tidak maju.

         Dalam sastra -sastra dapat kita temukan  syair -syair yang disusun  atau diciptakan oleh para sastrawan  atau para rakawi yang kebanyakan menceriterakan  keindahan panorma alam digunung dan  di pantai maupun dihutan  sangat " Nglangunin "  atau sangat  menghasilkan dan dapat menenangkan pikiran  yang susah  atau dapat refressing  untuk menghilangkan  stress. karena dikota pemandangan serba  sempit dan udara sudah  kena polusi. Walaupun sudah banyak dibuat taman taman , tetapi dak dapat menyamai keindahan alam yang sebenarnya yaitu asri dan menawan  hati. terutama kesejukan udaranya  sangat terasa sekali. beberapa panorama alam yang indah  di pulau bali  seperti Gunung Batur dan Danau baturnya, bedugul dan danau beratan, danau tamblingan , Air terjun gitgit , pantai lovina, pantai kuta, pantai sanur  dan masih banyak sekali  obyek obyek wisata lainnya  dapat mengundanjg wisatawan  lokal maupun manca negara  untuk menikmatinya.
         Sebagai generasi muda yang  baik dan terpuji  jagalah alam lingkungan kalian  dengan baik Dan semoga   kalian diberi  berkah  keselamatan dan kesejahtraan  hidup



                                                                LEMBAR KERJA SISWA. 

A. Asah Suara Hati.

1. Sebutkan empat cara  mencegah sifat buruk  teman kalian  uang suka corat coret  disembarang
    tempat.
    Jawab; .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................

2. Bagaimana cara menjaga keindahan sekolahmu,!.
    Jawab; ..............................................................................................................................................
                 ..............................................................................................................................................
                 ..............................................................................................................................................
                 ..............................................................................................................................................

3. Apa manfaat keindahan bagi kalian . sebutkan  dua manfaat !.
     Jawab; .............................................................................................................................................
                  .............................................................................................................................................
                  .............................................................................................................................................

4. Alam yang indah ini tercipta oleh Tuhan  Yang Maha Esa. menurut kalian bagaimana cara
    memanfaatkan dengan cara yang bijak. ?.
    Jawab; .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................
                 .............................................................................................................................................

5.Bagaimana alam yang ada dilingkungan kalian  ?. amati baik dan buruknya  untuk dicatan.
    jawab; ..............................................................................................................................................
                ..............................................................................................................................................
                ..............................................................................................................................................



                                                                   UJI KOMPETENSI
 
 I. Berilah tanda silang ( x) pada huruf   a  . b.  c. atau d.  di depan jawaban yang kamu anggap 
     paling benar.

1. Kita perlu berpartisipasi  mejaga ketertiban dan keindahan ...
    a. disekolah.
    b. di rumah sakit.
    c. dimanasaja kita berada.
    d. dirumah.
2. Apa yang paling tepat dipakai  untuk menyebut tanggung jawab  dalam hal ikut  menjaga 
    kelestarian  dan keindahan lingkungan.
    a. tanggung jawab akibatnya.
    b. tanggung  jawab moral.
    c. tanggung jawab bersama.
    d. tanggung jawab pribadi.
3. Berikut ini merupakan manfaat  daripada keindahan  bagi kita. kecuali.
    a. dapat memicu sikap egoisma.
    b. dapat menumbuhkan ide positif.
    c. dapat menyenangkan pikiran.
    d. dapat menyenangkan perasaan.
4. Keindahan alam ini bisa kita nikmati  apabila.
    a. keberadaannya sangat menedihkan.
    b. kelestariannya kita jaga.
    c. keberadaannya kita campakan.
    d. keberadaannya sudah tercemar.
5. Tertitnya Undang Undang No; 5 tahun 1990 menandakan bahjwa  pemerintah Indonesia  peduli 
    dengan lingkungannya . UU tersebut memuat tentang.
    a. penataan penduduk dan lingkungannnya. 
    b. penataan perkotaan dan lingkungannya.
    c. penataan budaya dan lingkungan.
    d. konsefasi sumber daya alam  hayati  dan ekosistemnya.
6. Menanam dan memelihara berbagaimacam tanaman  bermanfaat disekitar lingkungan  
    pekarangan rumah kita  berarti yang bersangkutan telah ikut  berupaya...
    a. menanggulangi bahaya banjir.
    b. melestarikan lingkungan.
    c. melakukan kegiatan reboisasi.
    d. merusak lingkungan.  
7. Berupaya merusak lingkungan disekitar kita  berarti yang bersangkutan telah berbuiat;..
    a, memeliharanya.
    b. melestarikannya.
    c. menjaga dari pencemaran.
    d. merusak dirinya sendiri.
8. Lingkungan sekitar kitasekarang kondisinya sudah tercemar berat, pencemaran itu terjadi 
    paling banyak  diakibatkan oleh adanya..
    a. limbah besar.
    b. kegiatan peternakan.
    c. limbah rumah tangga.
    d. kegiatan pertanian.
9. Keberadaan lingkungan itu  memberikan pengaruh besar  terhadap kelangsungan hidup  
    manusia . dengan demikian manusia  memiliki kewajiban moral untuk...
    a. melestarikannya.
    b. mengabaikannya.
    c. menjualnya.
    d. merusaknya.
10.Analisa mengenai dampak lingkungan  diatur dengan peraturan pemerintah  nomor;...
     a. 4 tahun 1982.
     b. 29 tqhun 1990.
     c. 5 tahun 1960.
     d. 29 tahun 1986.
11. Cara yang dilakukan manusia untuk menjaga kelestarian lingkungan . kecuali....
      a. reboisasi.
      b. cagar alam.
      c. ladang perpindah.
      d. suaka marga satwa.
12. Kerusakan lingkungan akibat ulah manusia adalah..
      a. banjir.
      b. gempa.
      c angin topan.
      d. kemarau panjang.
13. Tanaman umbi umbian  yang dapat dipergunakan untuk obat  antara lain...
      a. jahe.
      b. ketela.
      c. talas.
      d. ubikayu.
14. Air terjun yang indah biasanya terdapat didaerah...
      a. daerah dataran.
      b. pantsi ysng berbukit.
      c. sungai dataran.
      d. sungai di pegunungan.
15. Panorama alam yang indah  yang berupa danau  yang diberi nama danau batur  terletak 
     didaerah...
      a. Tabanan.
      b. Bangli.
      c. Singaraja.
      d. Gianyar,

II. Jodohkan pernyataan yang ada disebelah  kiri  dengan jawaban  yang ada disebelah kanan.


No
Pernyataan
Jawaban

1

2


3

4

5

6

7
8
9

10


Keindahan gunung agung terletak dikabupaten …
Keindahan dan kesejukan  pantai Sanur  dengan matahari terbitnya  termasuk wilayah. ….
Burung jalak putih yang ada di wilayah Bali Barat  termasuk wilayah. ….
Keindahan pura Rambut Siwi terletak di kabupaten. ….
Keindahan Istana Tampak Siring  berada diwilayah. ….
Keindahan Pura Luhur  Uluwatu  terletak dikabupaten. ….
Keindahan pantai tanah Lot  dengan Pura Tanah Lot  terletak di kabupaten. ….
Keindahan Danau batur  dengan Gunung baturnya  berada diwilayah. ….
Adanya penangkaran penyu  yang sangat menarik  dan indah terdapat. ….

  1. Beleleng.
  2. Gianyar.
  3. Jembrana.
  4. Badung.
  5. Bangli.
  6. Klungkung.
  7. P.Serangan.
  8. Karangasem.
  9. P.Nusa Penida.
  10. Tabanan.
  11. P.Manjangan.
  12. Kota Denpasar



III. Isilah titik titik dibawah ini  dengan jawaban yang benar.

  1. Keindahan pemandangan yang ada disekitar lapangan renon , apa nama areal / kawasan tersebut . ….
  2. Keindahan terumbu karang  dilaut bali utara  tepatnya terdapat  diareal pulau. ….
  3. Hari lingkungan hidup /pelestarian  dengan melaksanakan upacaranya  bagi umat hindu setiap. ….
  4. Indahnya pengairan yang dipakai  untuk kepentingan sawah  dibali disebut. ….
  5. Jalan raya /by pas yang menghubungkan Denpasar  dengan klungkung bernama. ….
  6. Hotel yang terbesar di Snur  hadiah dari Jepang bernama. ….
  7. Di Desa Sanur terdapat peninggalan  prasasti yang bernama . ….
  8. Desa Sanur termasuk Kecamatan Denpasar. ….
  9. Museum yang ada di Sanur ( Sanur Kaja ) adalah. ….
  10. Di Kota Denpasar yang mempunyai pantai  yang indah di desa. ….

IV. Tuliskanlah tanda silang ( x) pada kolom ; S ( bila setuju ), RR ( bila ragu - ragu
       )dan TS ( bila tidak setuju ). Lengkap dengan alasannya  untuk pertanyaan
       pertanyaan berikut di bawah ini. 

No
Pernyataan
S
RR
TS
Alasan

1

Alam semesta ini yang mamiliki  keindahan  diciptakan oleh Ida Sanghyang Widhi  Wasa







2

Perbuatan manusia  itu benar apabila mereka mau menjaga keindahan lingkungan  yang berada disekitarnya.






3

Manusia hendaknya selalu bersaha  menyadarkan  dirinya  melestarikan alam  dengan keindahan serta orang orang  yang sadar  dengan keindahan.






4

Disekitar sekolah  ada corat coret yang dilakukan  oleh siswa siswa yang tidak bertanggung jawab  perlu dijaga.






5

Sesungguhnya keberadaan tanam tanaman  disekitar atau  disekeliling sekolah  menjadi tanggung jawab tukang kebun.






 
V. Diskusikan dengan kelompok kerja  yang telah di bentuk.

  1. Bagaimana  lingkungan sekolah anda  bias dikatakan indah  dan lestari ?.
Hasil  diskusi;
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................. 
 ..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................. 
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
 ..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
  1. Apa manfaat  disekolah anda dibuatkan kebun  dan diserahkan  pada      masing masing kelas  untuk merawat / menjaga supaya  tetap indah. 
 Hasil diskusi.:
.................................................................................................................................................. 
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................. 
 ..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................. 
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
 ..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................



                                         SOAL - SOAL PENGAYAAN

I. Berilah tanda silang ( x ) pada huruf a, b, c, dan d di depan jawaban  yang paling benar.

1. Panorama indah Tirta Empul  berada di kabupaten. …
a)      Karangasem.
b)     Badung.
c)      Gianyar.
d)     Bangli.
2.      Lingkungan sekitar kita sekarang  kondisinya sudah tercemar barat , pencemaran itu terjadi  paling bnyak diakibatkan  aleh adanya…
a)      limbah besar.
b)     Kegiatan peternakan.
c)      Limbah ruymah tangga.
d)     Kegiatan pertanian.
3. Keberadaan lingkungan  memberikan pengaruh besar  terhadap  terhadap
    kelangsungan  manusia , dengan demikian manusia  memiliki kewajiban
    moral  untuk….
a)      Melestarikannya.
b)     Mengabaikannya.
c)      Menjualnya.
d)     Merusaknya.
4. Analisa mengenai dampak  lingkungan diatur  dengan peraturan  pemerintah
     nomor. ….
a)      4 tahun 1982.
b)     29 tahun 1990.
c)      5 tahun 1960.
d)     29 tahun 1986.
5. Cara yang dilakukan manusia  untuk menjaga  kelestarian lingkungan .
     kecuali ….
a)      Reboisasi.
b)     Cagar alam.
c)      Lading berpindah.
d)     Swaka marga satwa.
6. Kerusakan lingkungan  akibat ulah manusia  adalah.
      a). banjir.
      b). gempa. 
     c). angin topan.
     d). kemarau panjang.
7. Tanaman umbi - umbian  yang dapat dipergunakan untuk obat  antara lain...
    a). jahe.
    b). ketela.
    c). talas.
    d). ubi kayu.
8. Air terjun yang indah  biasanyua terdapat di daerah. ...
    a). Daerah daratan.
    b). pantai yang berbukit.
    c). sungai daratan
    d). sungai di pegunungan.
9. Panorama alam yang indah  yang berupa danau yang diberi nama danau batur  terletak di 
    daerah. ....
    a). Tabanan.
    b). Bangli.
    c). Singaraja. 
    d). Gianyar.
10.keadaan atau kondisi  kekuatan sekitar yang mempengaruhi perkembangan  dan tingkah 
     laku  organisma disebut. ...
    a). Lingkungan alam.
    b). Lingkungan sekitar rumah.
    c). lingkungan buatan.
    d). lingkungan indah.
11. Negara  mempunyai peran untuk mencegah  agar tidak ada yang mengeksploitasi  sumber
      daya alam  secara berlebihan  sehingga dapat merusak lingkungan dan diwujudkan dalam 
      bentuk Undang -Undang  yaitu, ....
     a). Undang - Undang Republik Indonesia No.6 Tahun 1990. 
     b). Undang - Undang Republik Indonesia No.4 Tahun 1990.  
     c). Undang - Undang Republik Indonesia No.5 Tahun 1990.  
     d). Undang - Undang Republik Indonesia No.3 Tahun 1990.  
12. Daerah-daerah yang telah berhasil membuat laporan neraca kependudukan  dan lingkungan 
      hidup  daerah ( NKLD ) diberi penghargaan bernama. .... 
      a). Kalpataru.
      b). Adipura.
      c). Global 500
      d). panasonic Award.
13. Di tingkat internasional , peringatan hari lingkungan hidup  ditandai dengan pemberian 
     penghargaan  kepada perorangan ataupun kelompok  atas sumbangan praktis mereka  yang  
     berharga bagi kelestarian lingkungan  atau perbaikan lingkungan .  penghargaan ini diberi 
     nama...
     a). Global 500.
     b). Global Award.
     c). kalpataru.
     d). Adipura.
14. Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tanggal...
      a). 17 Juni.
      b). 5 juni.
      c). 18 Juli.
      d). 20 Januari.
15. upaya lainnya yang juga sering dilakukan  berkaitan dengan pelestarian lingkungan , antara 
      di bawah ini, kecuali. ....
      a). menghemat penggunaan sumber daya alam.
      b). mengadakan reboisasi.
      c). tidak merusak lingkungan.
     d). mengeksploitasi lingkungan.
16. Perlindungan alam yang bertujuan  melindungi suku bangsa yang terisolir  tertentu . misalnya 
      suku indian di Amerika , suku Asmat di Irian jaya . suku badui di Banten  selatan di sebut. ... 
      a). Perlindungan Pemandangan Alam.
      b). Perlindungan Monumen Alam.
      c). Perlindungan Swaka margasatwa.
      d). Perlindungan  Antropologi.
17. Keadaan alam yang menempatidaerah yang luas dan tidak boleh ada rumah  tempat tinggal 
      maupunbangunan  bangunan industri  tanpa mengubah ciri -ciri  ekosistem disebut. ....
      a). Perlindungan alam ketat.
      b). perlindungan alam terbimbing.
      c). Taman Nasional.
      d). Perlindungan geologi.
18. perlindungan alam ketat  merupakan perlindungan terhadap  yang dibiarkan tanpa  campur 
      tangan manusia . kecuali dipandang perlu . Tujuannya untuk penelitian  dan kepentingan
      ilmiah , misalnya. ...
      a). Pulau Komodo.
      b). Ujung Kulon.
      c). Hutan Amazon.
      d). kepulauan Seribu.
19. Keadaan alam  ( tanah, flora dan keindahan   mempunyai nilai yang khas  bagi Ilmu 
      Pengatahuan dan kebudayaan serta bagi kepentingan umum  sehingga dirasa perlu  untuk 
      dipertahankan  dan tidak merusak keadaannya disebut. ...
      a). cagar alam.
      b). swaka margasatwa.
      c). flora dan fauna langka.
      d). satwa budaya.
20. Perlindungan dan pengawetan  alam di Indonesia  lahir pada tahun 1912 di. ....
     a). Denpasar.
     b). Bandung.
     c). Bogor.
     d). Kalimantan.
21. Menurut sejarah , gerakan perlindungan alam  dimulai di Perancis  pada tahun. ....
      a). 1999.
      b). 1845.
      c). 1853.
      d). 1876.
22. Mencorat - coret bangku,  tembok, pohon , batu, obyek-obyek wisata  sebagai cermin 
      rendahnya kepedulian kita  terhadap pelestarian. ....
      a). penduduk.
      b). lingkungan.
      c). pekerjaan.
      d). flora dan fauna. 
23. Beberapa panorama  alam yang indah yang ada di bali antara lain. ....
      a). Gunung batur, Kebun raya Bedugul, Danau Beratan.
      b). Kebun Raya Bogor, , Taman mini Indonesia Indah, Gunung salak.
      c).  Gunung Rinjani, Pantai Senggigi, Pulau Komodo.
      d). Gunung Kratau, Pegunungan Himalaya, Sungai mahakam.
24. kita perlu berpartisipasi  menjaga kebersihan dan keindahan  . .....
      a). di sekolah.
      b). di rumah sakit.
      c). dimana saja kita berada.
      d). di rumah.
25. Apa yang paling  tepat dipakai  untuk menyebut tanggung jawab  dalam hal ikut menjaga  
      kelestarian  dan keindahan lingkungan. .... 
      a). Tanggung jawab akibatnya.
      b). tanggung jawab moral.
      c). tanggung jawab bersama.
      d). tanggung jawab pribadi.
26. Berikut ini merupakan manfaat  dari pada keindahan bagi kita. kecuali. ....
      a). dapat memicu sikap egoisma.
      b). dapat menumbuhkan ide positif.
      c). dapat menyenangkan pikiran .
      d). dapat menyenangkan perasaan.
27. Keindahan alam bisa kita nikmati apabila......
      a). Keberadaannya sangat menyedihkan .
      b). Kelestariannya kita jaga.
      c). keberadaannya kita campakkan.
      d). keberadaannya sudah  tercemar.
28. Terbitnya Undang -Undang No. 5 Tahun 1990 menandakan bahwa pemerintah Indonesia 
      peduli dengan lingkungannya . UU tersebut memuat tentang. ...
      a). penataan penduduk dan lingkungan.
      b). penataan perkotaan dan lingklungannya.
      c). penataan budaya dan lingkungannya.
      d). konservasi sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya.
 
29. Menanam dan memelihara berbagai macam  tanaman bermanfaat 
       disekitar lingkungan pekarangan rumah  kita berarti  yang bersangkutan
       telah  ikut berupaya…
a)      Menanggulangi bahaya banjir.
b)      Melestarikan lingkungan.
c)      Melakukan kegiatan  reboisasi.
d)     Merusak lingkungan.
30. Berupaya merusak lingkungan  sekitar kita  yang bersangkutan telah
      berbuat. …
a)      Memeliharanya.
b)      Melestarikannya.
c)      Menjaga dari pencemaran.
      d). Merusak dirinya sendiri.
 31. Mengingat pentingnya pengelolaan limbah  , maka ditempuh berbagai   
       cara untuk menangani  masalah ini. Ada beberapa cara untuk
       menanggulangi  masalah limbah  yaitu dengan. ….
a)      Membuangnya kelaut.
b)      Pembakaran dan galian sanitasi
c)      Mendaur ulang limbah.
d)     Menjual kepada perusahaan asing.
32. Pengaruh pencemaran air  terhadap kesehatan  dapat menyebabkan
      pengakit. ….
a)      Kolera, desentri, gatal-gatal.
b)      Mata, migrain, batuk.
c)      TBC. Influenza.sesak nafas.
d)     Paru-paru, jantung koroner, diabetes.
33. Kawasan atau daerah dimana ada benda-benda  hidup dan benda tidak
      hidup, tetapi kawasan itu sudah tercemar  atau kena polusi disebut. ….
a)      Pemukiman elite.
b)      Lingkungan sehat.
c)      Lingkungan tidak sehat.
d)     Lingkungan perkotan.
34. Kawasan daerah dimana ada benda-benda hidup  dan benda tidak hidup
      Dalam keadaan bersih , rapid an masih belum  tercemar disebut. ….
a)      Lingkungan sehat.
b)      Lingkungan tidak sehat.
c)      Pemukiman kumuh.
d)     Pemukiman.
35. Kegiatan nyata  yang dapat kita lakukan  untuk memelihara kesehatan
      lingkungan  antara lain  menanam pohon, memberihkan saluran air dan. …
a)      Menebangpohon seenaknya.
b)      Membuang sampah pada tempatnya,
c)      Membuang limbah kesungai atau laut.
d)     Membuang sampah ke selokan.
36. Pemakaian pestisida  oleh petani ternyata  dapat menyebabkan pencemaran
      .pupuk komia yang terlalu banyak  akan merusak. …
a)      Tanah,
b)      Air.
c)      Udara.
d)     Lingkungan.

37. Lingkungan yang tidak sehat  membuat penghuninya mudah terserang
      berbagai ….
a)      Penyakit.
b)      Rejeki.
c)      Ketenangan.
d)     Keributan.
38. lingkungan sehat merupakan wilayah dimana kerapian  dan kebersihan
      benda-benda  didalamnya terjaga , Lingkungan  sehat akan tercapai  jika
      setiap orang . …… untuk menjaga  kebersihan  diri dan kebersihan
      lingkungan.
a)      Kejujuran.
b)      Kesetiaan.
c)      Kesadaran.
d)     Keiklasan.
39. Jumlah penduduk dunia semakin padat , barang kebutuhan hidup  pun
      meningkat. Perusakan lingkungan terjadi dimana mana , orang semakin
      kurang peduli  akan lingkungannya. Kalau hal itu dibiarkan  tentu akan
       menimbulkan berbagai macam akibat  yang . ……. Orang banyak.
a)      Menguntungkan.
b)      Menghasilkan.
c)      Merugikan.
d)     Meningkat.
40. Disamping karena meningkatnya populasi manusia , permasalahan dan kerusakan
       lingkungan  juga sangat dipengaruhi  oleh aktivitas antropogenik  yhang akan
       memungkinkan  terjadinya. ….,
a)      Meningkatnya kualitas lingkungan.
b)      Perubahan etika.
c)      Perubahan kecerdasan.
d)     Perubahan intelektual.
41. Meningkatnya populasi manusia akan meningkatkan limbah rumah tangga  dan
      limbah industri . peningkatan limbah ini dapat meningkatkan. ….
a)      Meningkatnya kualitas lingkungan.
b)      Meningkatnya kualitas pendidikan.
c)      Meningkatnya kualitas alam.
d)     Menurunnya kualitas lingkungan.
42. Peraturan yang memberikan kewenangan  kepada daerah  untuk merencanakan
      Memanfaatkan  dan mengelola  sumberdaya alam  yang ada di wilayahnya
      adalah Undang  Undang nomor. …..
a)      31 tahun 2002.
b)      32 tahun 2003.
c)      32 tahun 2004.
d)     33 tahun 2004.

43. Bila terjadi perubahan  berupa pengurangan fungsi  dari komponen  atau
      hilangnya sebagian komponen  yang dapat menyebabkan putusnya  mata rantai 
      dalam ekosistem, maka . ….
a)      Keseimbangan lingkungan dapat terganggu.
b)      Keseimbangan lingkungan tetap lestari.
c)      Keseimbangan lingkungan dapat bertahan.
d)     Keseimbangan lingkungan tidak terpengaruh.

44. Meyakini bahwa apa yang ada dimuka bumi ini secara religius akan
      mempengaruhi baik buruknya  kehidupan kita , sehingga kita akan terpacu  untuk
      berbuat yang terbaik  bagi lingkungan . hal ini merupakan contoh  melestarikan
      lingkungan melalui . …..
a)      Pengembangan pengetahuan.
b)      Pengembangan nilai nilai social.
c)      Pengembangan penelitian ilmiah.
d)     Pengembangan keimanan dan ketaqwaan.
45. Pemanfaatan sumberdaya alam hamper semuamenghasilkan limbah /sampah yang
      merupakan sisa sisa atau aktivitas  manusia yang tidak digunakan lagi. Sampah
      daun , kertas , sisa sisa bahan pertanian  dan kulit  atau kotoran hewan  termasuk.
       ….
a)      Limbah industri.
b)      Limbah anorganik.
c)      Limbah abiotik.
d)     Limbah organic.
46. Salah satu perilaku /kebiasaan  orang bali adalah sehabis menebang pohon ,
      maka ranting pohon yang di tebang  tersebut ditancapkan  pada pangkal pohon 
      yanga habis di tebang . perilaku ini mengandung nasehat. … 
a)      Habis ditebang harus ditanam kembali.
b)      Agar roh yang mendiami kayu tersebut tidak marah.
c)      Sebagai tanda ada ijin menebang  kayu tersebut.
d)     Agar selalu berhati hati  jika menebang kayu.
47. Upaya yang dilakukan oleh masyarakat Bali  untuk memelihara lingkungan  agar
       tetap seimbang  adalah dengan melaksanakan  upacara. …..
a)      Bhuta yadnya.
b)      Dewa yadnya.
c)      Rsi yadnya.
d)     Manusia yadnya.
48. Untuk menanggulangi kerusakan lingkungan , pemerintah mengeluarkan
      kebijakan kebijakan  dalam bentuk Undang  - Undang dan peraturan-peraturan .
      Hal ini termasuk upaya  secara. ….
a)      Administratif.
b)      Teknologis.
c)      Educatif.
d)     Yudikatif.
49. Pencemaran lewat udara  biasanya datang dari asap kendaraan bermotor , asap
      industri  dan . …..
a)      Pembakaran sampah.
b)      Air limbah industri,
c)      Hujan asam.
d)     Limbah nitrat.
50. Pencemaran air tanah , sungai, udara perkotaan, kontaminasi tanah oleh sampah ,
      hujan asam , perubahan iklim global , penipisan lapisan ozon, kontaminasi
      zat radio aktif  merupakan masalah yang harus segera diatasi  secara. …..
a)      Individual.
b)      Bersama.
c)      Perorangan.
d)     Organisasi tertentu saja.

II. Isilah titik – titik dibawah ini  dengan jawaban yang benar !

  1. Suatu kawasan khusus untuk melindungi binatang  tertentu  agar tidak punah disebut. ….
  2. Secara umum yang menyebabkan ketidak seimbangan alam yaitu;  perkembangan tehnologi dan . …..
  3. Lingkungan sekitar kita sekarang  kondisinya telah tercemar berat . pencemaran itu terjadi paling banyak  diakibatkan oleh adanya. …….
  4. Oksigen sangat bermanfaat  dalam kehidupan manusia  yang merupakan sumber langsung  pemasok oksigen adalah. ….
  5. Untuk menghindari terjadinya abrasi maka disepanjang pinggiran pantai  perlu ditata dengan cara. ….
  6. Alam semesta  ini yang memiliki keindahan  diciptakan oleh. …….
  7. Kita perlu berpartisipasi  menjaga kebersihan  dan keindahan . …..
  8. Adanya penangkaran penyu yang sangat menarik dan  indah terdapat. ….. 
  9. keindahan Gunung Agung terletak dikabupaten. …..
  10. Menanam dan memelihara berbagai macam tanaman yang bermanfaat  disekitar lingkungan  pekarangan rumah kita berarti yang bersangkutan telah ikut berupaya. ……
  11. Keberadaan lingkungann itu memberikan pengaruh besar  terhadap kelangsungan hidup manusia, dengan demikian  manusia memiliki kewajiban  moral untuk. …..
  12. Air terjun yang indah  biasanya terdapat di daerah. …..
  13. Pencemaran udara dapat diklasifikasikan  menjadi dua macam berdasarkan ….
  14. Menjadi asinnya air tanah  sehingga menjadikan tanah tidak baik  untuk tanaman disebut. …..
  15. Terganggunya kesehatan air yang normal sebagai akmibat terkontaminasi  oleh cairan kimia  berbahaya disebut. …..
  16. Keindahan pemandangan yang ada disekitar lapangan renon , apa nama kawasan areal tersebut. …..
  17. keindahan trumbu karang  dilaut Bali utara  tepatnya terdapat diareal pulau. …
  18. Hotel yang terbesart di Sanur  hadiah dari Jepang bernama. ….  
  19. Indahnya pengairan yang dipakai untuk kepentingan sawah  di bali disebut . ....
  20. Jalan raya / by pass yang menghubungan denpoasar dengan Klungkung bernama. .....
  21. Pemeliharaan dan pengembangan  lingkungan hidup  harus dilakukan  dengan cara yang rasional  antara lain. .....
  22. Mengganti / menanami  kembali hutan  yang telah ditebang disebut. ....
  23. Undang-Undang Republik Indonesia No. 5 tahun 1990  berisi tentang. .....
  24. Manusia yang sudah memahami dan menerapkan prinsip prinsip ekologi dan etika lingkungan  disebut. .....
  25. Daerah daerah yang terbersih dan berhasil membuat laporan  neraca kependudukan  serta lingkungan hidup  daerah ( NKLD ) diberikan penghargaan disebut. .....
  26. mereka yang mengubah lingkungan  hidup yang kritis  menjadi subur kembali  diberikan penghargaan  yang disebut. ......
  27. Setiap tanggal 5 Juni diperingati sebagai hari. .....
  28. Panorama alam yang indah  Tanah Lot terdapat di kabupaten. .....
  29. perlindungan alam yang bertujuan melindungi  benda benda tertentu , misalnya goa , air tenjun, disebut perlindungan. ........ alam.  
  30. Perlindungan alam yang bertujuan melindungi komunitas tertentu , misalnya Kebun Raya Bogor,  disebut perlindungan alam. .....
  31. Sampah, limbah rumah tangga , limbah industri/pabrik , bangkai binatang yang hanyut, sisa -sisa pupuk kimia , dan kebiasaan jelek membuang hajat  di sungai  dapat mencemarkan. ....
  32. Sisa sisa pembakaran berupa gas karbon dioksida , asap pabrik atau industri , pembakaran hutan, pembakaran sampah , debu dari mesin penggiling padi , debu dari crobong pembuat kapur , dan buangan sampah atau bangkai di sembarang tempat  dapat mencemarkan. .....
  33.  Kawasan atau daerah dimana ada benda benda hidup  dan benda benda tidak hidup  dalam keadaan bersih , rapi dan belum tercemar  disebut. .....
  34. Adapun macam macam pencemaran  menurut tempat terjadinya  dapat dibedakan menjadi. .....
  35. Menumbuh kembangkan kesehatan lingkungan dengan cara melestarikan  dan menjaga kebersihan lingkungan /bumi  dan isinya  dengan penuh kasih sayang  termasuk contoh sikap. ..... 
  36. Punahnya species , peledakan hama,  gangguan keseimbangan lingkungan, kesuburan tanah berkurang ,  keracunan dan penyakit adalah efek . ..............
  37. Macam-macam pencemaran dilihat  dari bahannya adalah. ........
  38. Namun ironisnya kenyataan yang terjadi  justru penyebab terjadinya pencemaran  lingkungan  sebagian besar disebabkan oleh. .......
  39. Segala sesuatu yang dapat menyebabkan  pencemaran dinamakan. ......
  40. Pencemaran lingkungan  terdiri dari dua kata  pencemaran dan lingkungan. Kata pencemaran berasal dari kata cemar  yang artinya. ....
II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar
1. Apa yang dimaksud dengan sumberdaya alam.?
    Jawab. .............................................................................................................................................
                .............................................................................................................................................
2. Sebutkan usaha dan upaya  yang dilakukan dalam  menjaga kelestarian  lingkungan alam !.
    Jawab. .............................................................................................................................................
                .............................................................................................................................................
3. Sebutkan hasil-hasil tanaman perkebunan !.
    Jawab. .............................................................................................................................................
                .............................................................................................................................................
4. Sebutkan usaha -usaha  yang dilakukan dalam mengatasi air limbah. !
     Jawab. .............................................................................................................................................
                .............................................................................................................................................
5. Sebutkan akibat yang ditimbulkan  kemarau panjang  terhadap lingkungan sekitar. !.
    Jawab. .............................................................................................................................................
                .............................................................................................................................................
6. Jelaskan apa yhang dimaksud kemarau panjang.!
     Jawab. .............................................................................................................................................
                .............................................................................................................................................
7. Sebutkan kerusakan-kerusakan  lingkungan akibat terjadinya banjir.
    Jawab. .............................................................................................................................................
                .............................................................................................................................................
8. Ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik  antara mahluk hidup dengan lingkungan  disebut ekologi. 
    Jelaskan hubungan timbal bali  mahluk hidup ( manusia )  dengan lingkungan !. 
    Jawab. .............................................................................................................................................
                ............................................................................................................................................
9. Jelaskan apa yang dimaksud dengan polusi.
     Jawab. .............................................................................................................................................
                .............................................................................................................................................
10. Jelaskan apa yang dimaksud dengan erosi !
      Jawab. ..........................................................................................................................................
                ............................................................................................................................................
11.Apa manfaat keindahan panorama alam bagi kita.!
     Jawab. ...........................................................................................................................................
                ............................................................................................................................................
12. Sebutkan beberapa panorama alam yang ada di bali.!
     Jawab. ..........................................................................................................................................
                ............................................................................................................................................
13. Bagaimana alam yang ada dilingkungan  kalian ?. amati baik dan buruknya  untuk dicatat !
       Jawab. .........................................................................................................................................
                ............................................................................................................................................
14. Bagaimana cara menjaga keindahan lingkungan rumahmu. ?
      Jawab. .........................................................................................................................................
                ...........................................................................................................................................
15.Apa yang menyebabkan  lahan di bali terus mengalami kerusakan.!
     Jawab. .........................................................................................................................................
                ...........................................................................................................................................
16. Apa isi Undang-Undang No. 32 tahun 2004. ?
       Jawab. .........................................................................................................................................
                ...........................................................................................................................................
17. Ada beberapa upaya yang dapat ditempuh untuk mengatasi kerusakan lingkungan  sebutkan dan 
      jelaskan.! 
      Jawab. .........................................................................................................................................
                ...........................................................................................................................................
18.Coba sebutkan beberapa penyebab  terjadinya kerusakan  daerah aliran sungai !.
      Jawab. .........................................................................................................................................
                ...........................................................................................................................................
19. Sampah organik dapat dimanfaatkan  dengan didaur ulang maupun tanpa di daur ulang terlebih dahulu. 
      terutama limbah organik padat . Sebutkan beberapa contoh  yang dapat didaur ulang  serta hasil daur 
      ulangnya.  !
      Jawab. .........................................................................................................................................
                ...........................................................................................................................................
20. Sampah yang tidak dapat diuraikan  akan tetap sebagai sampah jika dibiarkan di lingkungan  dan dapat 
      dimanfaatkan  melalui proses penggunaulangan  atau daur ulang . Coba jelaskan fungsu dari adanya 
      penggunaulangan atau pendaurulangan  tersebut.
       Jawab. .........................................................................................................................................
                ............................................................................................................................................







                                                                             The And
 

     
      









Tidak ada komentar:

Posting Komentar